Tips Sehat Nonton Bola Piala Dunia 2014


Minggu, 15 Juni 2014
Labels: ,
Advertisement
Demam piala dunia mulai melanda semua orang di dunia. Tidak mengenal usia baik tua maupun muda, bahkan anak-anak sekalipun, tidak ingin melewatkan laga besar empat tahunan ini. Sepak bola memang sudah menjadi ajang olah raga terfavorit di dunia. Sehingga informasi perkembangannya pun selalu di cari oleh setiap penggila bola.

Satu hal yang berkaitan dengan pelaksanaan Piala Dunia 2014 di Brasil ini adalah waktu siarannya yang berlangsung tengah malam atau dini hari. Tentunya jika kita ingin bisa mengikuti perkembangannya dengan baik tanpa mengurangi kesehatan tubuh kita. Yang mana malam-malam kita harus membuka mata, disinilah sebisa mungkin kita mengatur waktu jam tidur kita.

Piala Dunia 2014

Mengapa demikian?

Jangan karena tidak mau ketinggalan info bola, lalu kita mengabaikan kepentingan yang lain. Ingatlah, jika Anda seorang pekerja, maka jangan sampai karena malamnya nonton bola, lalu siangnya mengganggu aktifitas kerja Anda. Begitupula dengan kalian yang berstatus siswa, kalian harus bisa mengatur waktu istirahat kalian dengan baik. Jangan sampai ketiduran di kelas.

Memang, dampak dari adanya nonton bola tengah malam, jelas akan mempengaruhi kinerja kita di siang hari lantaran mata yang mengantuk, serta badan terasa penat akibat kurang istirahat.

Menurut seorang Sleep Scientist ternama, Dokter Andreas Prasaja mengatakan bahwa sebenarnya cara agar badan tetap fit saat musim piala dunia seperti sekarang ini, sangatlah sederhana.

"Cukup tambah jam tidur, dengan memajukan jam tidur dari hari-hari biasanya. Jika biasa tidur jam 12 malam, maka bisa lebih awal misalnya jam 9 malam," ujar dokter yang juga ahli RPSGT (Registered Polysomnographic Technologist) itu.

Tapi mengubah pola jam tidur kan juga hal yang tidak gampang?

Memang benar, Andreas juga mengakui hal itu. Karenanya, mestinya perubahan jam tidur ini mulai dilakukan pelan-pelan, jauh hari sebelum musim piala dunia berlangsung. "Misal 10 hari sebelum piala dunia digelar, setiap harinya jam tidur dimajukan sedikit-sedikit, misal setengah jam, sehingga pas piala dunia, kita sudah terbiasa tidur lebih awal," urainya.

Nah, bagi yang tidak bisa mengubah pola jam tidur dan paginya harus beraktifitas normal, seperti PNS dan karyawan kantoran di perusahaan-perusahaan swasta, Andreas memberikan resep sederhana.

Apa resepnya? Ini nih tips untuk sobat Penghuni 60 yang ingin tetap fit sepanjang piala dunia belangsung:

  • Pagi hari sebelum berangkat kerja, minum kopi, tapi jangan terlalu banyak. Alasannya, pengaruh cafein itu bisa mencapai sekitar 12 jam. Nah, porsi minum kopi harus disesuaikan agar siang hari pas jam istirahat kerja, mata sudah bisa mengantuk.
  • Di jam istirahat, sisihkan waktu 15 menit hingga 20 menit untuk memejamkan mata. Karena 15 menit hingga 20 menit itu sudah bisa membuat tubuh kita menjadi rileks.
  • Setelah siang hari, jangan lagi minum kopi. Karena kalau minum kopi, petang atau malam harinya jadi susah tidur lagi padahal dini hari harus nonton bola lagi.
  • Disarankan kepada para pimpinan di instansi pemerintah atau pun swasta, agar memberikan kesempatan kepada para bawahannya bisa menggunakan jam istirahat untuk tidur sejenak. Jangan jam istirahat masih dibebani dengan pekerjaan, hasilnya juga tidak akan baik.

Andreas juga membandingkan kebiasaan-kebiasaan di negara-negara maju, di mana para pegawai atau karyawannya, malah dikondisikan bisa tidur sesaat di jam istirahat.

"Di Jepang misalnya, pas jam istirahat, lampu dibuat temaram, ruangan sejuk, sehingga karyawan bisa istirahat sebentar, setelah itu badan kembali fit, kerja pun jadi bagus," pungkas Andreas.

Hal ini seharusnya bisa dicontoh oleh instansi atau perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia, jangan hanya karena menguber omzet perusahaan agar bisa mencapai target, tapi mengesampingkan kesehatan para karyawannya.

Itulah Tips Sehat Nonton Bola Piala Dunia 2014, ingatlah jangan sampai karena nonton bola, kesehatan tubuh kita tidak terjaga dengan baik.

So, siapa jagoan Sobat tahun ini? ^_^



Signp60



Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

20 comments:

  1. Ya Sob, demam World Cup sedang mewabah. maklum 4 tahun sekali. Untung saya terbiasa dinas full day. dan saya bisa menikmati tayangan pertandingan di saat dinas. Untungnya lagi pas pasien sepi.

    BalasHapus
  2. @Rachmat Tubagus: ternyata mas Rachmat ini gila bola juga ya... ^_^

    BalasHapus
  3. @Obat Sakit: oke sob.. thanks... :)

    BalasHapus
  4. Saya gak hobi nonton bola mas, paling suami ku tuh kalo piala dunia hobi bgt

    BalasHapus
  5. klo saya sih nontonnya yang subuh aja, males nonton yg tengah malam/dinihari :)

    BalasHapus
  6. Hello my friend, thank you very much for your visit, have a beautiful day with happiness. Hugs Valter.

    BalasHapus
  7. waiish.. mantep banget mas penghuni 60 ini!!

    kalau Ishmah mah memanfaatan waktu liburan, jadi enaak :D

    BalasHapus
  8. Numpang Dikit Gan !!!
    http://blogmangun.blogspot.com/
    http://kursichairman.com/

    BalasHapus
  9. @Fitriyana: wah, kalo gitu tipsnya sampein ke suaminya mbak..

    @Rezki: hehe, siiiplah, yg penting nonton ya sob.. :D

    @Valter: you'r welcome :)

    @Holabda: ^_^

    @Maryam: O iya ya, skrg lg pada liburan ya anak sekolah, wah, berarti bs full nonton bolanya :)

    @Dhani: penumpang harap membayar dgn uang pas sob..

    BalasHapus
  10. wah, rumah sakit penuh donk sob, kan pada kena demam semua, haha..

    BalasHapus
  11. Beritanya sangat menarik terimakasih banyak atas informasinya..

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  13. untung saya tidak begitu suka bola, paling suami yang rebutan lihat tv yang acara bola melulu, pasang alarm buat nonton bola hehe
    bisa juga itu tipsnya mas
    selamat bersuka ria buat para penggila bola

    BalasHapus
  14. siaran langsung piala dunia sering nya tengah malam, jadi nya nggak bisa nonton deh hmmm :)

    BalasHapus
  15. Kebetulan pas sebelum Piala Dunia ini saya mulai ngebiasain lagi tidur sebelum jam 12 bangun jam 5, eh gegara piala dunia ini jadwal tidur jadi berantakan lagi. hemeh

    Btw, Ah Itali kemaren kalah. Gak asik

    BalasHapus
  16. saya salah satu penggila bola, apalagi jagoan saya brazil masih bertengker dipapan atas, jadi sangat butuh pengetahuan tentang tips agar selalu sehat walopun nonton danngomongin bola setiap waktu dengan siapa dan dalam kondisi apapun, apalagi kalau ada yang ngajakin tarohan kecil kecilan...yeah sekedar untuk menggregetkan nontonnya gituh.
    makasih ah tips nya

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  18. Semua demi Piala Dunia mas bro !

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.