Cara Blogwalking Menghasilkan Traffic Balik


Rabu, 04 Juni 2014
Labels:
Advertisement
Penghuni 60 | Trailer Resmi Film Komedi Horor 'Deadstream'
Sebenarnya aktifitas blogwalking itu mengasikkan. Karena dari blogwalking ini selain kita bisa mendapatkan berbagai macam ilmu pengetahuan yang kita peroleh dari blog yang kita kunjungi, kita juga bisa memperoleh kawan baru dan tentunya traffic balik yang berguna untuk menaikkan posisi page rank blog milik kita. Hal ini tentunya sudah dibuktikan sendiri olehku, yang mana hanya dengan melakukan blogwalking saja, kita bisa menaikkan page rank. Percaya atau tidak, bisa Anda buktikan sendiri.

Akan tetapi, untuk mendapatkan kunjungan balik dari pemilik blog yang kita kunjungi tidak segampang kita berbicara. Karena tidak semua pemilik blog dengan serta merta membalas kunjungan kita. Alasannya mungkin yang tahu adalah admin blog itu sendiri. Entah mereka sibuk, atau belum sempat berkunjung balik. Lalu bagaimana caranya kita bisa dengan mudah memperoleh kunjungan balik dari blog yang kita kunjungi?

blogwalking cepat

Berikut ini adalah beberapa tips yang aku susun sendiri berdasarkan pengalamanku dalam blogwalking, silahkan disimak tapi sebelumnya siapkan kertas untuk mencatat, sebenarnya tips ini khusus untuk sobat Penghuni 60 yang baru pertama kali melakukan blogwalking, tapi siapa saja boleh menerapkannya kok, yuk diintip:

  • Ketika Anda memulai blogwalking dari sebuah blog yang pertama Anda kunjungi, carilah buku tamu atau Guestbook di blog tersebut, umumnya para blogger lebih senang menggunakan widget cbox untuk buku tamu mereka. Anda tahu Cbox? Kalo belum, seperti gambar di bawah ini tampilannya. Memang bentuk serta warnanya bisa dimodifikasi sendiri. Yang terpenting Anda tahu bentuknya, setelah Anda temukan, silahkan Anda ikut serta mengisinya. Namun, terlebih dahulu Anda lihat siapa yang terakhir mengisi buku tamu itu, lihat juga tanggalnya, apakah tanggalnya masih baru, atau sudah lama (jika tanggalnya lama, berarti yang punya blog jarang blogwalking). Jika tanggalnya masih baru, berarti Anda mendapatkan target blog kedua dan seterusnya untuk Anda kunjungi lagi. Yaitu dari buku tamu tersebut.
cbox
  • Setelah Anda berpindah blog, jangan tutup dulu blog yang sebelumnya. Anda lihat dulu, tanggal update postingan blog tersebut, apakah rajin update atau tidak. Jika iya, lebih baik tinggalkan komentar Anda di kotak komennya. Karena siapa tahu, si pemilik blog selalu online dan bisa langsung berkunjung balik ke blog Anda. Setelah itu catat alamat URL blognya dikertas yang sudah disediakan. Ingat, saat Anda berkomentar, lihat opsi untuk komentatornya. Jika ada opsi Name/URL alangkah baiknya Anda gunakan saja opsi itu. Karena dengan memakai opsi Name/URL, maka yang punya blog bisa langsung tahu alamat blog milik Anda. Lain halnya jika memakai profil G-Plus. Bagi yang belum pengalaman, pasti akan kebingungan mencari alamat URL blognya. Jika tidak ada, Anda bisa gunakan alternatif lain, yaitu dengan memakai profil OpenID. Bagaimana cara berkomentar dengan OpenID?
  • Kini Anda boleh meninggalkan blog pertama setelah meninggalkan komentar dipostingan terbarunya. Ingat juga, usahakan berkomentarlah yang baik. Bagaimana cara berkomentar yang baik? Diblog yang kedua, lakukan hal yang sama. Cari buku tamunya. Isi buku tamunya. Lalu lihat update postingannya. Biasanya, bagi blogger yang sering terlihat di buku tamu Cbox, itu sudah jelas dia memiliki hobi blogwalking, dan tentunya juga sudah pasti dia akan membalas kunjungan Anda dengan cepat. Jadi catat lagi alamat URL blognya.
  • Lakukanlah hal ini begitu seterusnya. Itulah yang namanya blogwalking. Yang perlu Anda ingat adalah lihat tanggal update postingan blog dan lihat juga tanggal komentar pengunjung di buku tamunya. Jika tanggalnya selalu update setiap hari. Maka Anda boleh mencatat blog tersebut dan mengunjunginya setiap hari.

Lalu bagaimana jika tidak ditemukan buku tamu?

Ya tidak masalah, tulis saja komentar di postingannya. Tapi ingat, selalu terapkan tata cara berkomentar yang baik. Jika belum tahu, baca disini.

Cara diatas, sudah aku lakukan semenjak blogku belum mendapatkan traffic dan page rank dari google. Serta mendapatkan nilai alexa masih di atas 1 jutaan (bahkan sekarang pun sedang aku terapkan untuk blog baruku, hasilnya bisa dilihat sendiri, baru 12 hari launching udah dapat alexa 5 Juta). Hampir setiap hari ada sebanyak 200 lebih blog yang aku kunjungi. Baik itu blog dari dalam negeri, maupun blog dari luar. Gunakan saja bahasa Inggris ketika Anda berkunjung ke blog luar. Dari kesemua blog yang aku kunjungi itu memang ada yang selalu update ada juga yang tidak. Maka disinilah gunanya kita mencatat.

Perlu Anda ketahui, catatan blog yang aku miliki mungkin jumlahnya sudah ribuan. Dan itu masih ada catatannya sampai sekarang. Alhamdulillah, kini traffik blogku sudah stabil dan muncul dengan sendirinya. Jadi aku sudah jarang blogwalking ke blog-blog yang aku catat hampir ribuan jumlahnya itu. Tapi kadang-kadang saja aku kunjungi kembali blog-blog itu, hanya untuk “say hello” dan menanyakan kabar mereka. Toh, tanpa mereka semua, blog kita bukanlah apa-apa.

Tapi mohon maaf ya, sekiranya akhir-akhir ini aku jadi tidak bisa leluasa membalas setiap komen dan kunjungan dari sobat semua. Dikarenakan waktu untukku bisa online jadi terbatas karena pekerjaanku. Yang jelas aku tetap berusaha membalas kunjungan kalian.

Semoga apa yang kutulis ini berguna untuk kalian... ^_^
happy blogging always smiling, no smoking no pusing, hehe....

*******
Signp60


Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

47 comments:

  1. Jadi cara untuk menghasilkan trffic balik dari blogwalking seperti itu ya Kang. Hm,,,, terimakasih atas informasinya.

    Salam

    BalasHapus
  2. wajib dilakukan cara di atas, tapi saya jarang pake openID, karena sekarang harus lewat pihak ketiga

    BalasHapus
  3. Jangan lupakan hutang komentar mas, karena blogwalking tanpa balasan juga kurang efesien. ^.^

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. cara diatas memang sangat membantu sekali untuk mendatangkan traffik dari sesama blogger yia bos.. sangat bermanfaat sekali bos, thx yia...

    BalasHapus
  6. yups sangat membimbing...articel yang sangat membantu..nuwun kang...

    BalasHapus
  7. #postPENTING

    sayang saya blogger yg tidak begitu aktif. lebih aktif berkomen lebih tepatnya daripada harus udate postingan,, hehe

    BalasHapus
  8. Saya memakai profil openID sudah tidak bisa mas... Tidak tahu kenapa.

    Betul mas, blogwalking bisa tambah-tambah teman dari kalangan blogger. Asyik!

    BalasHapus
  9. tambah lagi ilmu saya hari ini tentang ngeblog...

    kalay saya malah aktif update tapi agak sedikit sibuk blogwalking mas. tapi jangan kuatir saya akan berusaha membalas semua yang singgah di blog saya, tapi waktunya yang sedikit agak lama hehehe

    BalasHapus
  10. @Indra Kusuma Sejati: aku cm bercerita apa yg aku lakukan aja sob.. seprti itulah yg aku lakukan

    @Kang Ucup: iya deh sob, gak pa2 kok, aku jg jarang tuh.. :)

    @Muhammad Adam: ini nih pikiran seorg komentator yg tdk ikhlas, maka mereka berpikir komentarnya itu adalah hutang

    BalasHapus
  11. aku datang walaupun telat ya :) Inysa Allah kalau aku selalu berkunjung balik kok

    BalasHapus
  12. sudah nerapin sih, walau gak sering juga..
    maklum, waktu dunia nyata memakan waktu utk ngeblog..

    BalasHapus
  13. @Comtell cell: aku cm berbagi pengalman aja sob, soal bnr gak nya sih hrs dicoba dulu biar tahu

    @Arma Yoga: sama2 sob..

    @Uswah: ya itu juga namanya blogwalking mbak... ^_^ kan disini lg bercerita tentang blogwalking

    @Bagus Prehan: Lho, knp sob, kode scriptnya kehapus gak di dalam templatenya?

    @Yono Karyono: Ah, bukannya Kang Yono nih yg punya byk ilmu ngeblog? ^_^

    @Lidya: gak pa2 mbak Lid, aku mlh jarang bgt balas kunjungan mbak Lidya :) kalo sempat aja sih

    @JIM: nah, setuju bgt ama ente sob, kesibukan dunia nyata memang tetap nomor 1

    BalasHapus
  14. banyak sekali syarat untuk mendapat backlink yang mendasarkan dari komentar, pertanyaaan saya apa nggak sama efeknya ya berkomentar melalui open google dengan name/url?

    BalasHapus
  15. saya kalau BW dengan hati loch kang...cuman pas nulis komentar, kadang hati dan pikiran suka ngga nyambung, jadinya komentarnya suka ngaco...maafin saya yah.

    BalasHapus
  16. tips yang mantep mas, kayanya bisa saya coba beberapa poinnya...

    BalasHapus
  17. @Thanjawa Arif: maksud mas Arif itu Open ID kan, bukan open google? kalo Open Id dgn Name/URL itu sama aja hasilnya, langsung mengarahkan link profil ke blog, kalo pake Gplus linknya akan mengarahkan ke halaman profil Gplus. bukan ke blog.

    @Cilembu: kok minta maaf sih kang? yg hrs minta maaf itu yg melanggar aturan kang, alias yg meninggalkan link dan iklan. kan diperaturan aku tulisnya begitu, gak ada peraturan untuk berkomentar tdk ngaco kan? berarti komentar ngaco jg diperbolehkan disini :D

    @Muroi: boleh mas silahkan dicoba

    BalasHapus
  18. menghasilkan trafik atau ga nya sih juga tergantung admin blognya yia bos... tp meskipun ga komen balik, bagi saya ga begitu masalah, tapi ngarep juga sih...

    BalasHapus
  19. @Comtell cell: yg penting kita komen ikhlas aja sob, jgn terlalu ngarepin. Karena meskipun gak dpt balasan dr si admin, pasti ada blogger lain yg siapa tau penasaran trs mengunjungi kita sob..

    BalasHapus
  20. mantep kang, kalo ane biasanya cuma ngasih komentar, itupun dulu, sekarang jarang blogwalking.. :D

    BalasHapus
  21. waaaah ternyata cara blogwalkingku gak maksimal ya sob? ok akan aku coba sob
    trimakasih sangat membantu sekali

    BalasHapus
  22. tipsnya berdasar pengalaman, patut dicontoh, hasilnyapun memusakan..

    makasih mas, smoga tambah sukses blog barunya juga

    BalasHapus
  23. cara diatas memang sangat membantu sekali untuk mendatangkan traffik dari sesama blogger yia bos.. sangat bermanfaat sekali bos, thx yia...

    BalasHapus
  24. Ohhhh begitu toh ,,,
    kalo saya koment diblog ini dibalas gak ya ama admin ny hehehe

    BalasHapus
  25. @Ilham: sibuk ya sob?

    @Qiqi jho: oke sob, silahkan dicoba

    @wongcrewchild: amiin, mksh jg ya sob

    @Pengusaha: sama2 sob.. :)

    @Munawir: gak tau tuh... hehe.. :D tanyakan saja sama rumput yg bergoyang ^_^

    BalasHapus
  26. jaman sekarang itu pada jarang make guest book kang... untung di jelasin caranya kalau ada yang engga make..

    mantap :D

    BalasHapus
  27. @RaihanSadi: iya sob, biasanya sih yg make itu para blogger yg hobinya blogwalking sob, mereka paling jarang nulis di kotak komentar :D, jd gak ada salahnya sih kita berikan ruang guestbook utk mereka..

    BalasHapus
  28. maksih mas wawan utk tipsnya, dulu saya suka blogwalking, tp kerna kesibukan yg bertambah jangankan blogwalking, bls komentar aja agaknya susah bgt gitu nyari waktunya :D

    BalasHapus
  29. Aiih, aku jadi malu karena jarang update :(

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  31. wih, betul juga tuh gan, selain itu blogwalking juga membantu blog agar lebih dipandang oleh google .

    BalasHapus
  32. @Fitriyana: wah, udh jd wanita karir nih jd sibuk deh.. hehe :D

    @Try2bcool: kenapa sob, sibuk juga ya?

    @Ahmad: sip, setuju bgt sob ^_^

    BalasHapus
  33. Blogwalking itu, sama aja kyk kita liburan sob, jalan2 ketempat2 yg blm pernah kita ketahui :D asik deh

    BalasHapus
  34. aku jarang blogwalking sob jadinya, maklum laptop kesayanganku rusak sob..

    BalasHapus
  35. Setuju aja saya mah, soalnya saya msh newbie nih perlu byk beajar dari para master

    BalasHapus
  36. nice gan xD

    visit back gan >>> berbagisesama123.blogspot.com

    BalasHapus
  37. nice gan, visit balik ya http://x-ids.blogspot.com/

    BalasHapus
  38. heheeee.. ada namaku di gambar Buku Tamunya xixii... :D nice info kang, maaf baru sempet mampir lagi :)

    BalasHapus
  39. Juujur ane hampir ga pernah pake akun OPENID, malah keseringan pake akun blogger karena lebih ringan ( makanya view akun blogger ane sampe 5k haha ), pake akun G+ pun jarang juga :D

    BalasHapus
  40. terimakasih gan pencerahannya,
    segera diamalkan..
    http://kencaniwanitaindonesia.blogspot.com

    BalasHapus
  41. Nice Share :D
    http://abdeeneugara.blogspot.com

    BalasHapus
  42. mantap... :) jangan lupa bg, follow backnya yah...
    http://bona09.blogspot.com

    BalasHapus
  43. nice info

    http://www.khalidherbal.com/

    BalasHapus
  44. berkunjung baca2 artikelnya. siip mas.
    salam :)

    BalasHapus
  45. artikelnya sangat berguna gan
    meluncur ke : www.jualjeansbatik.com

    BalasHapus
  46. Dicoba tipsya karena saya masih baru didunia blog

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.