Posting Dan Blogwalking, Mana Yang Penting?


Jumat, 09 Mei 2014
Labels:
Advertisement
Posting Dan Blogwalking, Mana Yang Penting?

Postingan kali ini, aku hanya ingin curhat saja, tentang apa yang akhir-akhir ini sudah aku lakukan terhadap aktifitas ngeblogku. Bagi sobat Penghuni 60 yang selalu mengikuti setiap update postinganku, pasti akan menemukan banyak perubahan yang terjadi di blogku.

Memang, akhir-akhir ini aku sedang melakukan renovasi blog dan uji coba terhadap waktu aktifitas yang aku gunakan untuk ngeblog. Terutama untuk aku yang hanya bisa ngeblog paruh waktu saja. Bisa kalian bayangin sendiri, aku mengurus blog yang jumlahnya 4 buah, sedangkan waktu yang aku miliki itu hanya ada disela-sela kesibukanku di kantor. Dengan pekerjaan kantor yang lumayan numpuk di depan mata.

Perlu dicatat juga, bahwa tidak semua blogger memiliki waktu yang full untuk melakukan segala aktifitas blognya. Mulai dari membagi waktu untuk pekerjaan utamanya sehari-hari di dunia nyata, hingga dimana ia dituntut untuk melakukan update posting serta blogwalking bagi blog yang ia miliki.

Contohnya aku sendiri. Aku menetapkan diriku sebagai blogger paruh waktu. Sehingga aku bisa merasakan bagaimana rumitnya mengatur waktu antara mencari bahan untuk di posting hingga menyempatkan diri untuk melakukan yang namanya blogwalking. Disinilah pertanyaan yang selama ini aku cari jawabannya, akhirnya aku sendiri yang bisa membuktikannya. Antara blogwalking dan melakukan update postingan itu harus bisa dilakukan secara seimbang oleh seorang blogger.

Bagaimana caranya aku membuktikan hal itu? Mulanya, aku ingin sekali mencoba bisa melakukan posting setiap hari satu kali. Memang bisa sih, tapi sayangnya, ada yang musti dikorbankan agar semua itu bisa terwujud. Apa saja itu?
  1. Karena setiap hari aku dituntut untuk menemukan bahan untuk nulis, akhirnya aku jadi kehilangan waktu untuk blogwalking
  2. Beberapa blogku yang lain terpaksa gak bisa update rutin
  3. Aku jadi gak punya waktu untuk membalas setiap kunjungan dan komentar sobat semua
  4. Aku merasa traffik blogku justru makin menurun, itu terlihat dari angka alexa yang semakin bertambah besar
  5. Page rank juga ikut turun, entah kenapa
Nah, berdasarkan kelima poin di atas, aku jadi bertanya-tanya lagi, sebenarnya penting mana sih, selalu update posting, atau rajin blogwalking?

Jujur, minggu terakhir ini, sama sekali aku tidak melakukan yang namanya aktifitas blogwalking. Entah itu membalas kunjungan dan komentar sobat, atau sekedar berjalan-jalan ke blog sobat. Padahal, aku sendiri sudah tahu, bahwa blogwalking itu merupakan salah satu faktor penting juga dalam membangun SEO blog.

Dan dari hasil uji cobaku ini, memanglah terbukti, blogwalking itu sangatlah penting. Jika dibandingkan dengan selalu update posting, sangat jauh sekali. Tapi ini bukan berarti kita tidak melakukan update posting sama sekali, bukan! Yang aku maksudkan disini adalah update posting itu 'gak musti setiap hari', minimal rutin dilakukan saja itu sudah lebih dari cukup.

Segitu saja curhatanku, akhir kata, aku mohon maaf kalo minggu terakhir ini, aku jadi jarang blogwalking ke blog kalian semua. Insya Allah, akan aku kembalikan lagi jadwal ngeblogku seperti semula. Agar aku bisa punya waktu untuk blogwalking lagi. Kangen deh ama blog sobat semua, hehe... ^_^

Tapi sebelumnya, aku juga ingin minta pendapat sobat semua tentang hal ini, menurut sobat sendiri, antara update posting dan blogwalking, mana sih yang lebih penting? share ya di komentar....



Signp60



Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

31 comments:

  1. pantes aja jadi jarang kliatan..
    trs byk beda di blogmu sob..

    BalasHapus
  2. Benar sob, saya sendiri udah pernah ngalami dan melakukan riset juga, pertama saya lakukan update rutin sehari sekali, BW ya ala kadarnya saja tidak maksimal, peringkat alexa malah stagnan, kemudian kedua saya tidak update tapi maksimal BW, terbukti peringkat alexa menurun tajam, ini membuktikan bahwa BW bisa diandalkan untuk membuat peringkat alexa jadi langsing, akhir kata semoga tetap semangat :)

    BalasHapus
  3. @Download Serba Mp3: hehe, iya sob, sori ya sob.. BTW, msh update lagu2 Dewanya sob? :)

    @Yobert Parai: ternyata memang terbukti ya sob, blogwalking itu memang bs meningkatkan traffik, terutama angka alexa tuh.. tp ya menurutku sih, keduanya memang harus seimbang, thanks sob masukannya

    BalasHapus
  4. eh, tapi blognya jd agak ringan nih sob..

    BalasHapus
  5. @Sutardi: iya mas, lg renovasi nih, hehe

    @Lidya: setuju ama mbak Lidya, hrs seimbang aja :)

    BalasHapus
  6. Upadte posting dan blogwalking yang seimbang kayaknya lebih bagus walaupun ga bisa setiap hari

    BalasHapus
  7. @Virlyz Nyzam: sangat setuju sekali sob :)

    BalasHapus
  8. kalo menurut saya sib, posting itu ya sama pentingnya dgn blogwalking, kedua2nya saling mendukung satu sama lain.

    BalasHapus
  9. Iya bener banget gan,, saya juga sudah membuktikan sendiri

    BalasHapus
  10. seperti 1:1, Kang...posting berkaitan erat dg blogwalking, begitu jg blogwalking mesti harus disertai posting, kalau sy pribadi 1 hari posting, 2 hari blogwalking, hehe lihat dari alexa kang..dulu posting tiap hari alexa gendut, baru dua bulanan tambahin blogwalking, lumayan alexanya bisa langsing, kunjungan rutin

    BalasHapus
  11. Update posting artikel yang bagus dan berkualitas akan menambah lalu lintas dari mesin pencarian dan blogwalking adalah salah satu cara untuk belajar dan mendapatkan pengetahuan juga.
    Jadi dua-duanya juga saya rasa penting juga untuk dilakukan sahabat...

    BalasHapus
  12. itu juga yg terjadi ama gue akhir2 ini! gak bw, update lambat, alexa gendut, dkk. :(

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  14. @Fitriyana: setuju bgt mbak :)

    @Game Kapuk: oke sob, thanks masukannya

    @Oyo Sukarya: berarti yg mempengaruhi alexa itu blogwalking ya sob?

    @Ferry: oke mas Ferry, mksh ya pendapatnya, ^_^ setuju bgt tuh.. tp agak susah jg bikin artikel yg bagus, apalagi skrg jamannya byk pengcopas yg tdk bertanggung jwb, kita udh bikin artikel bgs, trs dicopas, alhasil robot menyangka artikel milik kita yg hasil copasan

    @Eksak: hehe, iya nih sibuk trs ya sob?

    @Stella: sori, gak pake link ya

    BalasHapus
  15. betul bgt mas, aku jg udh jarang online plus BW, hasilnya ya blogku gak punya page rank..

    BalasHapus
  16. menurut saya dua duanya penting mas atau mala berimbang saat posting disempurnakan dengan blog walking

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  18. Mnrt ku keduanya penting bro..salam.kenal ya..boleh donk mampir ke blog ku: petria-primashop.blogspot.com

    BalasHapus
  19. @Michael: oke sob, mksh masukannya

    @Sri Paryati: yups, sangat setuju sekali mbak, pokoknya hrs seimbang

    @Petria: oke sob, thanks pendapatnya, menurutku jg demikian, insyaAllah langsung mampir :)

    BalasHapus
  20. bukankah segala sesuatu itu memang hrs dilakukan secara seimbang, nah menurut saya keduanya memang hrs seimbang, sebab kalo tdk pasti akan timbul efek samping ke lainnya

    BalasHapus
  21. sama seperti ente
    saya juga hanyalah blogger paruh waktu
    cuman klo balik ke konteks judul
    2-2nya penting
    yang membedakannya
    hanya intensnya saja
    seperti sekarang
    ketika saya kehabisa ide untuk menulis
    saya lebih suka blogwalking
    atau pun menyalin konten blog ke blog dummy saya

    BalasHapus
  22. Menurut saya, keduanya sama penting Mas Wawan :)

    BalasHapus
  23. menurut saya kedua dua nya penting deh ... tapi lebih penting blog walking kayak nya

    BalasHapus
  24. Semuanya penting mas,, antara blogwalking dan update posting.

    Rajin update posting dan gak pernah blogwalking ya sama aja.

    Setuju artikelnya

    BalasHapus
  25. oh yach gan salam kenal n kujungan dari blogger surabaya, kunjungi jg blog saya gan, mari kita sharing

    BalasHapus
  26. Sama gan.... ane jg bingung antara bagi waktu kerja ama ngurus blog.

    Brarti paling ga posting artikel rutin & blogwalking sebisanya gitu ya...


    Mampir ke sini buat liat blog ane :

    http://modifycar.org/
    http://clickontrends.com/

    BalasHapus
  27. oh begitu mas... baru paham saya lebih tokcer Blogwalking dibanding Posting, trims infonya..

    oh iya, Salam kenal, saya Ali, orang biasa-biasa saja

    BalasHapus
  28. benar juga ya bahwa blogwalking itu memang penting, aku dari dulu memang tidak pernah blogwalking karna ketika aku mulai ngblog cuma ada support dari temen dan dia bilang "yang penting sekarang kamu buat blog trus suka posting itu saja dulu" akhirnya aku ikuti ucapannya dan adanya cuma posting aja.. sampai saat ini aku baru aja sadar bhwa blogwalking itu penting dan aku ingin mulai blogwalking tp malah bingung mau mulai darimana? hingga aku menuliskan kata di kolom pencarian "darimana aku harus mulai blogwalking" dan akhirnya nemu artikel ini deh...

    salam kenal aja

    BalasHapus
  29. @Qiqi Jho: terima ksh sudah terdampar di blogku ini ya? :D dari sini kamu mulai kok, tuh liat aja yg komentar kan byk, kunjungin aja semuanya satu-persatu... itu namanya blogwalking.. :D good luck ya, salam kenal jg

    BalasHapus
  30. oke mas admin ini lagi mulai tumbuh gregetnya untuk walking2 hehe

    tp ini juga harus bisa bagi2 waktu sob kaya sampean soale pekerjaan di dunia nyata juga menanti.

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.