Kiat Dalam Menulis Artikel Original Di Blog


Jumat, 04 Juli 2014
Labels:
Advertisement
bikin artikel original blog

Tantangan terberat bagi seorang penulis blog adalah menulis artikel yang original atau asli bukan jiplakan maupun copas dari artikel milik orang lain. Selain hal ini bisa memberikan nilai plus bagi si penulis yang seratus persen menghasilkan karyanya sendiri juga bisa berpengaruh terhadap kemajuan blognya di mata mesin pencari misalnya google. Karena artikel original akan dengan mudah terindeks oleh robot google.

Namun, adakalanya seorang penulis blog kehilangan ide menulisnya. Sehingga dikarenakan ia dituntut untuk terus mengisi posting di blognya, maka biasanya tidak sedikit diantara mereka akhirnya mengambil jalan pintas dengan cara mengcopas artikel orang lain. Ini pun aku akui sendiri, saat aku kehilangan ide pasti ujung-ujungnya melakukan copas artikel orang lain. Entah itu sebagian maupun keseluruhan. Yang jelas, satu hal yang perlu diingat bagi blogger yang suka mengcopas, harap ia bisa menghargai hasil karya orang lain tersebut dengan cara mencantumkan link sumber artikel aslinya.

bikin artikel original blog

Lalu bagaimana caranya agar kita tidak kehilangan ide untuk menulis atau membuat artikel yang original?

Nah, disinilah aku ingin berbagi beberapa kiat yang sudah aku lakukan selama ini dalam memperoleh artikel yang original. Berikut kiat-kiat yang bisa sobat Penghuni 60 terapkan untuk bisa menulis artikel original di blog sobat:

1. Ketiklah artikel anda langsung di kolom postingan blogger

Yang paling pertama dan paling terpenting adalah usahakan sebisa mungkin anda menulis langsung artikel anda dalam kolom postingan yang disediakan oleh blogger. Jangan menulis artikel tersebut di media yang lain (misalnya di draf dulu di MS Word, notepad, wordpad, dsb) setelah jadi kemudian anda copy paste ke blogger. Jangan lakukan itu! Karena dengan begitu, otomatis sama saja kan kalian melakukan copas, padahal bukan copas langsung dari blog orang lain. Alangkah baiknya sih langsung diketik saja di tempat yang sudah disediakan oleh blogger, meskipun artikel anda itu panjang ataupun pendek. Maka disarankan jangan terlalu panjang membuat artikelnya.

2. Menulis artikel original dari hasil terjemahan

Saat anda kehilangan ide menulis, salah satu alternatif agar anda tetap bisa memperoleh artikel yang original adalah dengan cara menterjemahkan artikel bahasa asing. Bagi anda yang sudah mahir berbahasa Inggris misalnya, hal ini pasti sangatlah mudah. Namun bagaimana jika anda tidak bisa berbahasa Inggris? Gampang, mintalah bantuan fasilitas translate dari Google. Akan tetapi, jika anda menggunakan fasilitas ini, anda jangan asal comot saja terjemahannya. Silahkan anda baca ulang hasil terjemahannya karena biasanya terjemahan tersebut agak kacau dalam bahasa Indonesia, disinilah anda dituntut untuk bisa mengolah kata-kata hasil terjemahan itu ke dalam bahasa anda sendiri.

3. Menulis artikel original dari buku bacaan

Nah, salah satu pilihan lain jika anda kehilangan ide menulis, adalah dengan cara mencari artikel dari buku-buku bacaan, bisa majalah, surat kabar, buku cetak, tabloid, dan sebagainya. Tapi anda juga harus jeli, apakah artikel dalam buku tersebut bersumber dari internet juga atau tidak. Jika sumbernya dari internet, lebih baik jangan diambil. Karena dengan begitu sama saja anda juga melakukan copas. Ingat selalu cantumkan sumber tulisan anda.

4. Menulis artikel original dari hasil olah kata artikel orang lain

Jika anda memiliki keahlian dalam mengolah kata, pasti tidak ada yang namanya kata 'sulit' ketika anda kehilangan ide menulis. Anda akan dengan mudah merubah gaya bahasa serta penulisan artikel orang lain ke dalam gaya bahasa anda sendiri. Sebenarnya hal ini memang mudah dilakukan, asalkan kita tahu inti dari pembahasan artikel tersebut sudah pasti kita bisa merubah kata-katanya sesuai keinginan kita. Anda juga bisa menggunakan sistem 'persamaan kata / sinonim' dalam penerapan hal ini.

5. Menulis artikel original dari hati

Anda pernah menulis di buku harian? Mungkin dijaman sebelum adanya blog, banyak sekali orang-orang yang tidak sadar bahwa mereka telah menghasilkan karya tulis yang murni hasil karya sendiri yang mereka tuangkan ke dalam sebuah buku harian. Entah itu isinya ungkapan rasa baik suka maupun duka, ungkapan perasaan cinta, kecewa, benci, rindu, patah hati, dan sebagainya. Semua itu benar-benar keluar dari hati lalu tertuang ke dalam tulisan. Nah, begitu pun dengan menulis di blog. Jika anda ingin menghasilkan artikel yang original, maka menulislah dari hati.

Itulah kelima poin yang selama ini sudah aku terapkan ketika menulis di blog, terutama untuk menghasilkan artikel yang original. Semoga dari kelima poin di atas bisa membantu anda yang saat ini sedang kesulitan mencari ide untuk menulis di blog.

Apa yang sudah aku bagikan disini kepada anda semua adalah berdasarkan dari pengalamanku sendiri selama menjadi seorang blogger. Bukankah pengalaman adalah guru yang terbaik? Apakah anda setuju dengan pendapatku?

Maju terus blogger Indonesia, dan jadilah pengcopas yang baik... ^_^)b




Signp60



Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

26 comments:

  1. mksh mas wawan utk kiatnya, nanti saya terapin :) kebetulan lg gak dpt2 ide nih..

    BalasHapus
  2. Wah, kiat-kiat yg bagus sob untuk seorang blogger.

    BalasHapus
  3. @Obat: oke mbak Vie :)

    @Abdur rahman: mksh sob, silahkan dicoba

    BalasHapus
  4. itu yg selama ini saya lakukan (poin 2) :)

    BalasHapus
  5. mksh kang wawan, menambah semangat saya utk menulis yg original, byk alternatifnya sih

    BalasHapus
  6. kalo aku nulis di notepad dulu

    BalasHapus
  7. Memang kita harus rajin membaca agar bisa memngembangkan tuisan, terutama untuk menambah wawasan ya Kang, Terimakasih ilmunya.

    Salam

    BalasHapus
  8. inspirasi tambahan dalam menulis artikel original nih kang...diapalin ah tipsnya

    BalasHapus


  9. Blog yang bermanfaat ini sangat sayang untuk di lewatkan,

    http://goo.gl/nSqswM

    BalasHapus
  10. sangat bermanfaat sekali mas, artikelnya..trimakasih banyak

    BalasHapus
  11. saya pernah mencoba menterjemahkan artikel bahasa asing mas.. tapi hasilnya berantakan kalau pake google translate.. mau di terjemahkan sendiri saya nggak mudeng bahasa asing hehehehe :D

    BalasHapus
  12. tks kang,atS artikel yg sangat brwwasan tinggi
    ,,sempurna
    salam 2 jari

    BalasHapus
  13. Assallammualaikum..apa kabarnya bang? mantef nih tutornya..hahahhayyy

    BalasHapus
  14. no 2, 3, 4, ini yang saya sebut trik sesat. menghalalkan segala cara untuk sekedar update blog. kalo cuma otak-atik artikel orang itu sama saja copas, dan harus mencantumkan sumber.
    walau bagaimanapun, copas itu mencuri. dan mencuri itu salah. pelanggaran hak cipta malah. saya pribadi lebih memilih blog tak terupdate dari pada copas. lebih memilih menulis artikel sampah tapi original dari pada copas.
    no ofense. saya cuma mengingatkan. agar pola pikir kita berubah.

    BalasHapus
  15. @Amazing Sphere: oke sob, lanjutkan..

    @Info Peluang Usaha: sama2 sob..

    @Nandar: knp gak langsung aja sob?

    @Indra Kusuma: nah, setuju sekali tuh bang Indra, memang harus byk membaca biar tambah ilmu

    @Cilembu: oek mas, diapalin skrg ya, besok ulangan mas.. :D

    @ALDI: yg 1 ama 2 gimana?

    @Jus: mksh, gak repot2

    @Muroi: sama2 sob..

    @Mas Nady: emang iya mas, pasti berantakan, makanya saya tulis diatas jgn asal comot, perlu disusun kembali dgn kata2 sendiri, ambil poin2 pentingnya aja

    @Riefqie: salam 3 jari ah... :)

    @Icah: Wa'alaikum salam bang Icah, mksh msh inget ama saya... :D kbr baik bang..

    @MJ: itu kan pandangan arti copas menurut ente sendiri sob, tapi lain lagi pandangan arti copas menurut search engine. Kalo menurut search engine, yg namanya copas itu memindah semua isi ke tempat lain. tanpa adanya perubahan sedikit pun. Nah, yg aku maksudkan diatas, kita tetap harus bisa menuangkan kembali tulisan tersebut dgn gaya bahasa kita sendiri. meskipun memang sih kita dianjurkan utk mencantumkan sumbernya. Toh tdk ada yg bnr2 bs berpikir sempurna 100% tanpa bantuan karya org lain kan sob? bahkan penulis buku terkenal sekalipun, msh mencantumkan daftar pustaka dalam bukunya.
    Lalu yg kamu maksud dgn artikel sampah itu sendiri apa? tdk ada istilah bagiku yg namanya artikel sampah.

    BalasHapus
  16. mungkin yang saya pake yaitu no 1,2,3 dan tambahan referensi dari wikipedia :)

    BalasHapus
  17. perlu saya coba nih mas tipsnya, soalnya saya juga lagi buntu ide hikhik

    BalasHapus
  18. @Firman: oke deh, udah bagus itu sob.. lanjutkan ya..

    @Agus: wah, mas Agus kan jago bikin posting knp bs buntu?

    BalasHapus
  19. saya lbh suka nulis dari hati mas, tp utk referensi sih boleh dong pake artikel org lain

    BalasHapus
  20. saya gak setuju dgn pendapat mas Misterious J yg mengatakan ini trik sesat. justru disitu dijelaskan bahwa jgn asal comot tp hrs disadur ulang dgn gaya bahasa sendiri. berarti otomatis kita jg berpikir alias tdk asal copas. dan itu bagus jg, istilah kerennya seperti yg dikatakan oleh mbak Fitriyana yaitu sebagai referensi, mungkin itu yg dimaksud dgn mas admin.

    BalasHapus
  21. Trima Kasih gan .. saya sering bwt artikel di draf dulu di MS Word .. tpi artikel nya hasil dari translate.

    http://ootsuki-blogz.blogspot.com

    BalasHapus
  22. terima kasih infonya mas salam kenal

    BalasHapus
  23. wah ...... bgus semua tuh tips nya .... mksih sob ....

    Salam Sukses Mulia .... :)

    BalasHapus
  24. tips no 2 ini yang sering saya lakukan, yah walaupun sedikit repot menyusun ulang kata katanya, tapi ya lumayan lah buat nambah nambahin isi posting

    BalasHapus
  25. masukan yg sangat.....sangat berguna,aplg pemula spt sy..
    thank's sob
    minta ijin u/ d shere y

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.