Agar Google Adsense Anda Bisa Bertahan Lama


Senin, 09 Juni 2014
Labels:
Advertisement
Kini semakin banyak saja dijumpai para blogger Indonesia yang sudah memanfaatkan ruang diblog mereka untuk menampilkan iklan dari google, apalagi kalo bukan yang namanya Google Adsense. Memang, setelah google adsense mendukung Bahasa Indonesia dalam adsense mereka, sepertinya mendaftar ke google adsense semakin dipermudah saja. Jika kita bisa mematuhi persyaratan kebijakan yang diberlakukan, sudah otomatis kita pasti akan diterimanya.

Namun, perlu anda ketahui, ternyata untuk mempertahankan google adsense agar awet lama ditayangkan di blog milik kita, tidaklah semudah itu. Jika kita sudah menyetujui perjanjian kontrak kita dengan google adsense, otomatis kita pun harus siap, semua seluk beluk isi di blog kita dimata-matai oleh tim khusus google adsense. Salah sedikit saja kita melangkah, konsekuensinya adalah adsense kita terkena banned.

google adsense awet

Nah, berdasarkan pengalamanku yang sudah-sudah, aku ingin berbagi tips agar google adsense Anda bisa awet ditayangkan di blog Anda, siapa tahu tips ini bermanfaat:

1. Jangan memiliki trafik di atas 1000 per hari

Lho kok kenapa gak boleh? Pasti Anda melontarkan pertanyaan seperti itu. Kenapa aku melarang blog Anda memiliki trafik di atas 1000 perhari, karena semakin banyak trafik blog Anda setiap harinya, maka semakin banyak pula pengunjung yang hadir diblog Anda. Jika blog Anda mampu menghasilkan banyak pengunjung, otomatis pendapatan google adsense Anda pun akan ikut naik, dan jika pendapatan adsense Anda terus menerus naik, maka blog Anda akan dimasukan ke dalam daftar penting tim khusus google adsense, yang mana setiap perilaku blog Anda akan terus-menerus dipantau oleh mereka. Alhasil, kesalahan kecil sedikit saja, akan dijadikan alasan oleh mereka untuk menonaktifkan adsense Anda. Jadi jika adsense Anda ingin awet bertahan lama, jangan punya trafik blog yang tinggi, usahakan sedang-sedang saja. Dengan begitu blog Anda tidak akan mendapatkan perhatian khusus dari tim google adsense. Malah, Anda posting artikel copasan pun tidak akan bermasalah. (tapi lebih baik sih jangan).

2. Jangan submit artikel Anda ke situs berita umum

Mengapa kita tidak diperbolehkan submit artikel kita ke situs berita umum? Sebab, jika kita melakukan hal itu, maka otomatis trafik blog kita akan naik secara cepat. Justru hal itulah yang akan menimbulkan kecurigaan tim google adsense terhadap blog milik kita. Alhasil, akan mengundang tim mereka untuk mereview blog kita secara menyeluruh. Intinya blog kita akan mendapatkan perhatian khusus lagi.

3. Jangan memiliki page rank yang tinggi

Semakin blog Anda memiliki page rank yang tinggi, semakin banyak pula pengunjung yang hadir ke blog Anda. Otomatis lama kelamaan bisa menaikan jumlah trafik blog Anda. Dan nantinya akan berhubungan dengan poin yang pertama.

4. Jangan perbolehkan siapapun mengcopas artikel Anda

Mungkin, poin yang keempat ini sangatlah sulit. Karena seperti yang sudah kita ketahui. Kejahatan copaser itu tidak bisa diatasi oleh siapa pun, terkecuali ada polisi yang memang benar-benar menangani kasus ini secara khusus, dan itu pun masih aku ragukan. Memang sih, ada pihak google yang bisa mengatasinya, namun bagiku secara pribadi, gerak google dalam menanggapi masalah serius tentang Hak Cipta atau masalah copas ini kurang begitu cepat. Terkecuali blog kita memiliki domain yang khusus, serta memiliki sertifikat DMCA yang terverifikasi dan Anda juga memiliki seorang pengacara pribadi, mungkin lain lagi masalahnya. Akan tetapi kita ini hanyalah bagian dari blogger yang memanfaatkan gratisan, apa yang bisa kita perbuat?

Contohnya saja, seperti yang pernah aku alami beberapa hari terakhir ini. Meskipun sudah aku laporkan ulah para copaser ini ke google, tapi mengapa blog mereka masih saja muncul? Kita memang maklumin, pekerjaan google itu banyak, makanya disini aku katakan bahwa google tidak bisa dijadikan andalan dalam menangani masalah copaser. Lalu apa hubungannya copaser dengan google adsense? Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, kalian harus simak cerita pengalamanku ketika google adsense mencabut iklan mereka dari blog ini.

Begini ceritanya:
Google Adsense menonaktifkan iklan mereka di blog Penghuni 60 karena alasan terdapat konten duplikat (salinan). Mereka tidak memberi tahu secara jelas kepadaku konten mana yang duplikat itu, sehingga mempermudahku untuk menghapusnya. (Masa sih aku harus menghapus semua postingan di blogku, gak mungkin kan?) Disinilah aku dibuat bingung hampir 2 minggu lamanya oleh tuduhan mereka itu. Aku sudah hapus lebih dari 100 artikel hanya untuk menemukan artikel mana yang mereka anggap duplikat itu. Tapi itu semuanya sia-sia saja. Tuduhan mereka masih dilancarkan ke blogku ini. Akhirnya, aku berinisiatif mencari tahu melalui pencarian keyword artikelku satu persatu di google, disitulah, aku akhirnya dikejutkan ternyata blogku punya banyak kembaran. Entah siapa oknumnya, dan tujuan mereka membuat blog itu. Yang jelas, mereka membuat sebuah blog dengan isi artikel yang sama persis dengan artikel di blogku, semuanya. Bahkan labelnya pun juga sama persis. Tidak ada satu huruf pun yang mereka ganti. 100% sama. Yang membedakan hanyalah tanggal dari postingan itu saja. Anehnya tanggalnya mundur satu hari dari tanggal postingan diblogku. Aku jadi berpikir, apakah karena postingan mereka ini hingga google menganggap postinganku adalah hasil copas dari mereka? Bisa saja itu terjadi, karena melihat dari tanggal yang selisih satu hari itu. Aku sudah mengajukan keberatan kepada google, tapi satu yang paling aku benci dari google adalah mereka selalu mewakili keputusan mereka dengan melalui robot. Jadi ketika anda mengirim email ke google, maka yang membalas email Anda adalah robot. Kalian tahu sendiri kan bagaimana keputusan yang diambil oleh robot. Padahal sih, masalah ini bisa aku atasi dengan jalan mengapus semua postingan yang ada di blogku. Tapi itu tidak aku lakukan. Karena aku merasa, akulah yang memiliki Hak Cipta dari artikel-artikelku ini. Dan jalan yang terbaik yang aku tempuh adalah mengikhlaskan google adsenseku. Sedih memang, tapi aku yakin, siapa tahu jalan rejekiku bukan dari google adsense.

Itulah keempat poin yang menurutku sangat penting untuk dipikirkan lebih lanjut jika Anda ingin google adsense Anda bisa bertahan lama. Karena hal ini sudah aku alami sendiri, dulu sebelum blogku ini memiliki trafik diatas 1000 perhari, adsenseku baik-baik saja. Tapi setelah sebaliknya, malah terkena banned.

Jadi kesimpulannya, jika Anda ingin adsense Anda baik-baik saja. Maka jadilah blogger yang tidak terkenal. Dijamin, bertahun-tahun adsense Anda akan awet, meskipun dengan penghasilan yang minim. Seperti sebuah pepatah asing mengatakan,
"alon-alon asal kelakon"

Tapi jujur, setelah aku tidak menampilkan google adsense diblogku, aku malah merasa seperti seseorang yang baru bebas dari penjara. Mau nulis ini atau itu, tidak takut salah lagi. Itu hikmahnya.

Semoga bermanfaat, happy blogging always smiling... :D




Signp60



Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

29 comments:

  1. berarti bukan masalah trafik dan PR yang tinggi dong mas, 100% karena copaser.
    benar-benar copaser sangat merugikan ya mas, mungkin rejeki bukan dari blog ini mas, tapi dari blog yang baru.

    BalasHapus
  2. @Kang Ucup: tapi kalo trafik blogku gak tinggi, kemungkinan tim GA gak akan mereview blogku sob, meskipun para copaser itu ada.
    tp ya sudahlah, gak pa2, semoga doamu manjur sob, amiin.. mksh ya
    ^_^.

    BalasHapus
  3. Poin ke 1, 3 ane ga setuju. karena tidak ada hubungannya trafik + PR tinggi dengan akun adsense yang di banned.

    Poin ke-4, rasanya mustahil buat ga ngopas, blog itu pasti ada di Internet, Internet aja dunia bebas, kalo ga mau di copas ya buat blognya di localhost aja. oh ya, google tidak bisa menanggapi karena yang lapor ke google kan bukan ente doang, tapi ribuan orang tiap hari -__-

    BalasHapus
  4. Sebenarnya sih tidak masalah memiliki trafik atau pagerank yang tinggi. Itu kembali kepada diri kita masing-masing, apakah kita siap menjadi bagian penting dari Google atau tidak.

    Karena menurutku semakin baik suatu blog, maka akan semakin baik juga admin yang mengelola blog itu. Salah satunya bisa semakin bertanggung jawab terhadap konten supaya mematuhi kebijakan yang sudah ada.

    Anggaplah itu tantangan diluar zona aman. Kalau hanya di dalam zona aman terus kita tidak akan bisa berkembang.

    Ya yang penting jangan membatasi apa yang sudah ada.

    Tetapi saya setuju yang poin 4.

    BalasHapus
  5. Tetap semangat dan terus tingkatkan trafik blog, sekalipun tanpa google adsense, dengan trafik yang bagus earning juga kemungkinan akan bagus pula

    BalasHapus
  6. luar biasa mas sangat lengkap sekali tips menjaga akun adsense ini, izin belajar di blog penghuni 60 ya ;)

    BalasHapus
  7. waduh... kok susah bermain adsense yia, udah diterimanya susah, mempertahankannya juga susah, hmm....

    BalasHapus
  8. @Uda Awak: yups, bnr bgt sob, trafik yg alami yg datangnya dari mesin pencari itu yg paling bagus.. :)

    @Hzndi: semua yg mas Hzndi bilang memang bnr semua, tp setidaknya dgn semakin baiknya trafik blog kita itu maka akan membuat blog kita itu masuk ke dlm daftar perhatian khusus oleh mereka, alias mereka akan memata2i blog kita trs. soal tanggapan google, memang bukan saya sendiri tp jutaan org, tp apa iya bisa menanggapinya sampe berbulan2 lamanya? bukankah mereka punya mesin robot canggih yg bs membantu?

    @Bagus Prehan: nah, kalo pendapat mas Bagus ini aku suka. terutama utk pernyataan yg mana kalo kita ada dlm zona aman trs, kita tdk akan bs berkembang. aku setuju sekali. ini terbukti dari pengalamanku, ketika aku akhirnya hrs menerima keluar dari zona aman. lahirlah blog baru. berarti aku semakin berkembang kan? Sayangnya utk mengatasi poin 4 itu yg agak ribet.

    @Citro Mduro: oke mas Citro, thanks motivasinya :D msh ada adsense yg lain kok

    @Ririn: kalo bercerita soal GA, pasti mbak Ririn langsung muncul, hehe... :D
    kayaknya aku deh yg musti belajar dari mbak Ririn, gmn caranya bs byk yg pasang iklan di blog, kyk blog mbak Ririn tuh..

    @Comtel cell: ya begitulah sob.. :)

    BalasHapus
  9. Hmm, ternyata agak ruwet juga ya mas utk memepertahankannya, semoga di blogku bisa ertahan lama, hrs ekstra menjaga kualitas konten nih

    BalasHapus
  10. untungnya trafik blog punya saya msh sedikit mas, setuju dgn alon-alon asal kelakonnya, hehe.. bahasa mana tuh mas?

    BalasHapus
  11. Satu lagi gan tips super Ampuh dari saya... :D

    jangan pasang slot iklan Adsense di manapun . Pasti akun awet anti banned :v

    lha lucu kok sampeyan ki.. masak trafik nggak boleh lebih dari 1000.. kalau blog indo.. oleh opo? setahun baru gajian :D hehehe
    jangan takut mas.. sama google

    BalasHapus
  12. aku mau coba daftar lagi ah, bebeapa tahun llau daftar tapi ditolak

    BalasHapus
  13. @Fitriyana: semoga saja mbak, aku turut doain

    @Apache: bahasa mana hayoo.. ada yg tau gak? :) kalo mas Pache tau artinya, berarti tau donk dari mana

    @Herma: hahaha, yg lucu yo sampeyan mas, la kok nanya dijawab sendiri, sampeyan nanya oleh opo? yo oleh gajian toh.. kan dijawab sendiri..
    yg takut ama google tuh siapa mas? justru aku tuh benci ama robotnya google.. apa aku musti jd robot lagi kali ya... haha :D

    @Lidya: coba lagi mbak, jgn kapok

    BalasHapus
  14. FYI, yang menanggapi itu bukan google robotnya, tapi staff googlenya, setau ane, robot google fungsinya cuma nge-crawl alias melacak satu-satu blog melalui meta-tag yang di pasang di blog. Ya jelas memakan waktu sampe berbulan-bulan, bahkan mustahil untuk ditanggapi scara langsung sama staff mereka. Oh ya satu lagi, buat di koreksi, PageRank yang tinggi tidak ada hubungannya dengan jumlah trafik suatu blog, alias ga berbanding lurus, kenyataanya ada blog yang ga berpagerank tinggi malah trafiknya biasa-biasa saja.

    BalasHapus
  15. kalo aku sih gak berminat ikutan google adsense.
    sebab dari pengalaman beberapa blogger, banyak yang fee nya blm dibayar krnaa blm memenuhi target hehehe...
    apalagi setelah baca artikel ini,
    jadi makin gak berminat hehehe
    gak adil ya kita yg punya hak cipta artikel eh seenaknya aj dicopas

    BalasHapus
  16. gan, punya artikel gk tentang tata cara menangkal copaser, karena itu sangat penting bagi saya..

    BalasHapus
  17. nyimak aja sob, belum pernah di approve adsense...

    salam: http://blogku-al.blogspot.com/

    BalasHapus
  18. @Hzndi: okelah aku maklumin kerjaan google memang byk, dan aku akan bersabar menunggu sampe blog copaser itu hilang. Akan tetapi keputusan google adsense yg waktu itu ngejudge blogku sebagai copaser apakah bs nunggu lama jg? tdk kan? seandainya waktu itu jg mereka tau mana yg posisinya sebagai copaser, kemungkinan blogku bs terselamatkan. Itu jg baru dugaanku aja. kalo soal PR dan trafik, itu aku lihat berdasarkan pengalaman pribadi sendiri, tanpa melihat blog lain. Mungkin apa yg mas Hzndi bilang ada benarnya. thanks mas utk koreksinya.. :D

    @Ina Rakhmawati: memang bnr mbak Ina, batas maksimal pembayarannya itu sebesar $100, kalo msh dibawah itu blm bs dicairkan. kalo soal copaser itu kan bukan salahnya google adsense mbak, tp salah kita knp bikin artikelnya bagus, jd mengundang mereka untuk mengcopas, haha.. :D jd lbh baik bikin artikel yg jelek2 aja mbak, biar gak ada yg copas

    @Adi Darmawan: udah pernah aku posting sob, yaitu cara untuk mematikan fungsi klik kanan, coba ente baca disini:
    http://penghuni60.blogspot.com/2011/12/budayakan-copas-yang-sehat.html
    tp gak menjamin 100% sob, soalnya byk cara lg yg digunakan oleh copaser

    @Anggi al: oke, mksh udh berkunjung :)

    BalasHapus
  19. Terima kasih nih Mas atas tips GOOGLE ADSENSE yang sangat berharga bagi saya.

    BalasHapus
  20. kok sama nasibnya sama seperti aku, itu yang copas pakai wilayah negara lain sehingga lebih terbit dahulu terbitnya. ah tak mau ambil pusing..ihklaskan saja. yang penting tetap semangat ngeblog.

    BalasHapus
  21. O.o Info yang bagus ini buat yang blognya sudah dihinggapi si google adsense.
    Oya, ada award di Blog Dhe buat dirimu, diambil ya :) makasii

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum Sob...sillaturahmi memenuhi undanganmu. hehehehe...

    Betul yang anda sampaikan.tetapi menurut saya, menaikkan trafik sah-sah saja. Sebaiknya naikkan dulu trafik, dengan tanpa memasang google adsense di blog. setelah blognya terkenal, barulah dipasangi GA. Jadi kesannya, google menganggap blog tersebut murni mendapatkan trafik secara rasional, bukan bertujuan untuk meningkatkan peluang trafik adsense.

    BalasHapus
  23. ini berarti karena duplikat konten ya mas ?

    BalasHapus
  24. Nice Post kang
    Blogwalking http://azurfachryblog.blogspot.com/

    BalasHapus
  25. yang penting gak copas dan kontennya bermanfaat..gan itu aja simple.

    BalasHapus
  26. poin 1 trafik di atas seribu, ndak apa
    malah bagus

    BalasHapus
  27. Terkadang persaingan dunia internet hal seperti itu harus di hadapi sob, karena banyak kepentingan para pelaku yang menggugurkan para blog-blog gratisn untuk melakukan upaya merontokan kreatifitas di mata google.

    Salam

    BalasHapus
  28. alhamdulillah, adsense saya udah dibanned...

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.