Menulis Kode Script Di Postingan


Jumat, 09 Maret 2012
Labels:
Advertisement

Ketika masih newbie, saya masih belum mengerti kenapa saat saya menulis sebuah kode Script atau HTML di dalam postingan selalu saja menghilang atau tampilannya berubah saat saya publish. Waktu itu saya masih belum paham, gimana caranya agar saya bisa berbagi kode tersebut di dalam postingan. Agar kode tersebut bisa muncul dan dapat dibaca oleh pembaca.

Akhirnya, saya searching sana sini, dan menemukan berbagai macam trik untuk mengatasi masalah saya saat itu. Nah Sobat Penghuni 60 semua, dalam In Trik kali ini, saya akan berbagi semua trik yang saya peroleh itu, agar kalian yang mengalami masalah yang sama dengan saya, bisa di atasi.

1. Melalui bantuan sebuah situs encode/parse

Cara ini mungkin cara yang paling gampang, silahkan kalian buka alamat situs dibawah ini:
centricle.com


silahkan kalian masukan kode script yang ingin kalian tulis di postingan itu ke dalam kotak yang tersedia. Setelah itu kalian klik button “Encode” yang ada dibawahnya. Maka tampilan kode pun akan berubah dengan sendirinya, nah, copy paste kan kode itu ke dalam postinganmu. Selesai. Gampang kan?

Atau kalian kunjungi situs yang ini:
blogcrowds


setelah kalian masukan kodenya, klik button merah “PARSE” yang ada dibawahnya.


2. Melalui Textarea

Dengan cara ini kita membutuhkan sebuah script untuk menampilkan kolom area, dimana semua tulisan yang kita tulis di dalam area tersebut, akan dibaca sebagai “text”. Jadi meskipun kita menuliskan kode javascript, tetap akan di anggap sebagai text bukan sebagai kode. Inilah kode script untuk membuat textarea tersebut:

<textarea cols="30" rows="3" readonly="readonly">
Disini tempat kalian menulis kode
</textarea>

untuk besar cols dan rows bisa kalian atur sesuka kalian.

3. Melalui bantuan “Post Options”

Cara yang ketiga ini kita cukup melakukan posting seperti biasa, tapi ingat anda harus menulis postingan tersebut di dalam bagian “Compose” bukan di “edit HTML”. Setelah anda selesai menulis, lihat bagian bawah kiri, akan anda temukan “post options” silahkan diklik lalu pilihlah “tunjukan HTML pada adanya”. Selesai. Silahkan kalian publish postingan anda.

Oke, semoga bermanfaat, sebenarnya masih banyak cara lagi selain ketiga cara yang diatas. Namun, yang saya coba baru ketiga cara itu saja.


UPDATE 12-03-2012
Ada satu komentar yang membuat saya tertarik untuk memasukannya ke dalam bagian posting.
Komentar dari Sobat Susu Segar:

bang, bisa ngerubah file PSD ke HTML ndak. . . biar bisa jadi template .. . ???

Jawaban Penghuni 60:

kalo aku pribadi sih gak bisa. tp kita minta bantuan aja ama sebuah situs yg bs convert file PSD, silahkan aja kamu coba main ke situs ini:
psd2cssonline
caranya: cukup upload file PSD kamu aja. trs download hasilnya. Dicoba ya, kalo berhasil, kabari aku...


Signp60



Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

76 comments:

  1. menyimak tutorialnya sob, skalian disave, thanks

    BalasHapus
  2. biasa sih dulu aku makenya text area
    klo encode/decode baru tau sekarang :D

    BalasHapus
  3. Hello! I wish a beautiful day To you friend :)

    BalasHapus
  4. Mantep sob, ilmu ane jd nambah :D

    BalasHapus
  5. mantap jaya!!! tutorial blog lagi nih!!! sip sob... ijin nyimak sekalian belajar.

    salam blogger^^

    BalasHapus
  6. pernah ngalamin juga saya, karena gak sesuai masud akhirnya saya delette itu postinganku hiks.

    BalasHapus
  7. Nah ini dia yang dicari.. beberapa tempat tutorialnya susah.. disini sepertinya gampang.. thanks yaaa

    BalasHapus
  8. Visiting here again. Smile!!!

    BalasHapus
  9. @wongcrewchild: silahkan sob..

    @Ria: berarti nambah ilmu lg donk.. gampang jg pake encode kok

    @Joli: thanks Joli.. :)

    @hzndi: siiiplah..

    @Jejak puisi: haha, salam jg sob.. iya nih, aku ingin bagi2 tutorial trs..

    @Mr Nyariadi: jd skrg udh tau jgn didelete lg ya

    @Asalasah:sama2 sob.. aku ingin memebrikan yg gampang2 saja.

    @Jeremy: thanks.. smile too!!

    BalasHapus
  10. Nice share, sangat membantu sekali bagi yang ingin share code HTML atau CSS.

    BalasHapus
  11. Waaaah pasang iklan disini memang murah ya ,,,,,

    tapi kok banner nya kecil jadi jarang kelihatan ama visitors nya sobat, ehhehehehehe

    nice share sobat and happy blogging sobat

    BalasHapus
  12. @arqu3fiq: makasih, semoga bermanfaat ya

    @Falah: haha, gak mungkin gak kliatan sob, apalagi naruhnya dibawah guestbook dan translate. trs jg kan aku beri 3 slot sekali pasang.
    murah kan?

    BalasHapus
  13. wah pake encode to.. ane juga pake gan, klo kata yang lain ini namaya di prase. wah ternyata ilmunya sama walau gurunya etah darimana. makasih sob

    BalasHapus
  14. wah aku kan mencoba kode scrip

    mantab :)

    BalasHapus
  15. permasalahan serupa pernah saya alami. Saya biasa mempergunakan textarea.

    Thanks tips parsenya

    BalasHapus
  16. info yg berguna kang..mantap N salam blogger

    BalasHapus
  17. Klau buat saya pilihan yang ketiga lebih simple ...hehehe

    BalasHapus
  18. penting berkunjung dulu, pahami dulu ya sob :p

    BalasHapus
  19. bermanfaat skali utk saya yg msh newbie bro..
    bro Penghuni 60 ini selalu menulis hal yg bermanfaat ya
    thnks

    happy weekend

    BalasHapus
  20. kayanya yang pertama paling gampang ya sob.. tinggal parse aja.. okelah, makasi bnget sob..

    BalasHapus
  21. Wah Kalau Saya make' Parse HTML Milik GOOGLE yang saya sediakan di menu blog saya :)

    BalasHapus
  22. hallo, thank you that you've visited my blog.. :)

    BalasHapus
  23. menyimak dan langsung coba mengaplikasikannya sob, makasih infonya.

    BalasHapus
  24. wahhh...saya cuma make yg nomer 3 tuh bang... belom bisa sih html yag hebat.. :)
    ntar tak coba pake yg nmr 1-2 deh bang...
    trims inpo entities htmlnya bang

    BalasHapus
  25. Terima kasih atas infonya.. Sangat membantu :)

    BalasHapus
  26. okeh sob, makasih banyak ya, berguna banget ini :D

    BalasHapus
  27. bru tahu ane triknya. thx gan

    BalasHapus
  28. bang, bisa ngerubah file PSD ke HTML ndak. . . biar bisa jadi template .. . ???

    BalasHapus
  29. Mantap bang, Thanks Infonya .
    Nice Post pokoknya .

    BalasHapus
  30. ^^ info yang sangat keren.
    aku hanya pake cara textarea

    BalasHapus
  31. mksih bang tutorialnya. .jd nmbah ilmu

    BalasHapus
  32. Sangat bermanfaat artikelnya
    Salam
    (www.superampuh.com)

    BalasHapus
  33. ini nih yang saya cari,, saya sering bingung kalau mau nulis code html dipostingan,,, maklum blogger baru
    thanks infonya

    BalasHapus
  34. terimakasih sob tutorialnya, menambah wawasan saya yang sedang belajar ng blog...
    mampir balik sob

    BalasHapus
  35. wah keren blognya... mantab dah

    BalasHapus
  36. Info yang sangat bermanfaat; saya lebih suka dan biasa pakai opsi yang ketiga, Bro... mudah dan gak ribet.
    Salam sahabat, miss you bacause I love you, Guys..!

    BalasHapus
  37. wha mpe pegel scroll kebawah. . . .

    kunjungan siang bang. . .

    BalasHapus
  38. @cari cost: oh gitu toh? sama ya sob? iya donk kan lbh gampang pake yg itu ya sob?

    @anisayu: hehe, silahkan dicoba, jgn cm nulis puisi aja donk Yu, skali kali bermain html, atw kalo bs sih, kolaborasi antara puisi dan html, apa bisa ya???

    @Citro: pada awalnya jg saya pake yg itu sob, tp setelah nemu situs encode, saya lngsung pindah ke lain hati deh..

    @Kang Cuys: salam blogger jg kang..

    @♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥: sama2 sob..

    @Ririe: emang sih, tp pilihan ketiga itu gak berlaku utk templateku sob, karena templateku pake yg klasik

    @Naspard: okelah kalo begitu... :P

    @Michael: haha, bs aja kamu, tp aku senang kalo artikelku itu bermanfaat utk kalian. berarti aku nulis gak sia2..

    @Ardhi: tuh bener kan kataku?

    @system of blog: nah kalo yg itu aku mlh blm tau sob, jujur itu hal baru bagi aku.. bagi2 disini caranya sob..

    @Sonnardo: your welcome! :D

    @vandroid: sama2 sob.. makasih kunjungannya

    @kang Farhan: oke kang, silahkan dicoba ya..

    @Elfrida: ah masa sih?

    @Stupid Monkey: Siiiplah...
    BTW, tuh monkeynya msh stupid aja ya sob? hehe :D

    @Kelompok 4: yang bener nih sob?

    @Sandy: OK juga...

    @Susu: Komenmu ini adalah yg terpilih, jd jawabannya kamu lihat ke dalam update postingan di atas ya..

    @Bukan Master: sama2 sob..

    @Lidya: ayo ayo siapa lg yg mau ikutan.. hehe

    @Tutorial Blog: iyalah, kamu kan masternya Tutorial, jd gak usah komen lg.. pasti udh tau kan?

    @Maya: sama kyk aku dulu May..

    @auni: sama2...

    @Mr. Choice: salam juga ya..

    @Malvin: semoga bermanfaat ya..

    @GDP: oke, nanti saya mampir, tunggu aja ya..

    @Gusti: makasih... :D

    @CahNdeso: halah2, kalimat akhirnya tuh bikin klepek2... hehe.. kalo utk template yg sesuai sih, mending pake yg ketiga. karena gak berlaku utk template klasik.

    @Susu Segar: pegel ya? kalo pegel gak ush diroll lg, lngsung loncat aja kan bisa

    BalasHapus
  39. thanks for the tips.
    I had been looking for this tips.

    BalasHapus
  40. Yang ini gw kurang enak sob, mendingan nulis sperti biasa aja!
    yng ini lebih repot!
    nice!
    thanks sebelumnya...........

    BalasHapus
  41. @Kay: oke Kay...

    @Irwan: yg kurang enak tuh yg mananya sih?trs yg km maksud dgn nulis seperti biasanya itu gimana nulisnya?
    coba terangin...!
    trs yg bikin repot tuh apanya?
    kyknya kamu sendiri deh yg bikin repot.

    atw jgn2 gak dibaca postingannya ya?

    BalasHapus
  42. hahahhaha. . untungnya aku dah pake ntu situs ntu bang. . . tapi tetep ndak bisa dipake hehehehhe tapi makasi ya bang dah mau ikut repot karena ulahku. .. . pppiiissss. ..

    BalasHapus
  43. Saya pernah beberapa kali membaca tutorial semacam ini tapi belum sekalipun mempraktekannya. Terima kasih ilmunya.

    salam.

    BalasHapus
  44. Good and nice post thanks for sharing.
    India dating

    BalasHapus
  45. buat kode"an kayak gini, aku masih belajarrrr

    BalasHapus
  46. emang pelajaran yang berharga kalo di rumah abang 60...sip bang...dan terima kasih bang

    BalasHapus
  47. wah ne ,,, ilmu yang bisa di implementasikan dengan cepat,,, thanks sob


    Visit Morning,,please support back

    BalasHapus
  48. Thks udah berbagi infonya.

    BalasHapus
  49. klo masalahku sekarang di blog ini klo pasang script di halaman ( gak di postingan ). klo di viuw bisa tampak hasilnya. tp klo dah di aktifkan selalu gak tampak hasilnya. apanya yang salah ya ... klo di blogku yang lama selalu sukses

    BalasHapus
  50. thanks sob baru tau ane lw ad yg seprti ini...... mksch dah sharing

    BalasHapus
  51. kayanya paling enak poin 3, gak ribet. sepertinya blogspot udah mulai memberi kemudahan pada penggunanya.

    BalasHapus
  52. Siip sob infonya,, ikut nyimak nich...:)

    BalasHapus
  53. Kalau script ditempatkan dalam postingan dengan mode html, maka akan bekerja. Tapi jika compose akan ditampilkan. Untuk beberapa symbol perlu mengetikkan karakter khusus seperti copyright dan trademark sob.

    BalasHapus
  54. bener banget nih sering banget ane butuhin kalo lagi posting, thanks banget infonya ya gan

    BalasHapus
  55. oke sob.. infonya.....
    Blognya juga keren..
    kunjungan balik ke blog ane ya...
    master-1st.blogspot.com

    BalasHapus
  56. Nice info. By. http://rockers90s.blogspot.com

    BalasHapus
  57. Terima kasih masa tas infonya.... jangan lupa mampir juga ya di blog saya..

    BalasHapus
  58. gan apa bsa tool parse HTML di pasang di blog

    BalasHapus
  59. @Aieza: wah, aku blm pernah mencobanya tuh, tp kyknya sih kemungkinan bisa, hanya butuh utak atik kodenya dulu nih..
    nanti deh saya coba utak atik.. kalo brhasil aku kabari

    BalasHapus
  60. informasi yang patut dicoba nih bro,,makasih sharenya :)

    BalasHapus
  61. Saya sdh pasang tools untuk mengkonversi kode HTML pada blog saya coz saya sering menggunakan tools yg satu ini untuk nulis artikel di blog....

    BalasHapus
  62. lam kenal sob, kunjungan perdana ni. Blog saya memang bukan blog misteri tapi saya paling suka sama blog2 misteri.

    by: BineX

    BalasHapus
  63. terima kasih atas tutorial nya sobat

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.