Budayakan Copas Yang Sehat


Sabtu, 03 Desember 2011
Labels:
Advertisement
Budayakan Copas Yang Sehat

Kegiatan copy paste (copas) sudah tidak asing lagi dalam dunia blogger. Kegiatan ini bisa memicu berbagai pro dan kontra. Mengapa? Mungkin pertanyaannya adalah, “siapa sih orangnya yang rela kalo artikel asli tulisannya dicopas begitu saja oleh oknum tertentu tanpa menerapkan kode etik dalam pengcopasan?”

Lalu apa sih kode etiknya? Tentunya semua sudah pada tau kan, bahwa siapa yang mengcopas harus rela mencantumkan backlink sumbernya. Untuk mengetahui sumber aslinya memang sangatlah sulit, terlebih kalo ternyata artikel yang kita copas itu juga adalah artikel hasil copasan lagi.

Baru-baru ini saya mendapati artikel asli tulisan saya dicopas begitu saja. Memang sih “dia” memasang link sumber dengan nama Penghuni 60, tapi yang saya sesalkan, link tersebut ngaco, alias tidak mengarah ke sumber yang benar. Tentu saja hal itu bikin saya dongkol. Ini bukan untuk yang pertama kalinya. Sudah banyak artikel Penghuni 60 ini dicopas tanpa melakukan proses ijin terlebih dahulu. Ingatlah bahwa saya bisa melacak artikel mana dari blog saya yang sudah dicopas.

Kalo mau jujur, memang sebagian besar artikel di blog Penghuni 60 ini adalah juga hasil copy paste. Namun, setiap ada tulisan yang saya copas itu gak semuanya betul-betul saya copas, mungkin sebagian, atau intinya saja, kemudian saya kumpulkan lagi dari berbagai sumber lalu saya tambahkan dengan kata-kata saya sendiri. Dan yang paling penting, saya selalu mencantumkan sumbernya tepat di bawah postingan. Terkecuali jika sumber tersebut ternyata situsnya sudah terkena “Account Suspended”. Dari pada nantinya saya memasang broken link yang bisa mengacaukan SEO, lebih baik saya tidak menulis sumber tersebut.

Sebenarnya kegiatan copas ini bisa kita kunci hanya dengan menempatkan kode-kode Javascript tertentu di template kita. Berikut kodenya :

<!-- Start of NO RIGHT CLICK code -->

<NOSCRIPT>
<h2>
<font color="red">
Please enable JavaScript in your browser preferences and then Reload this page!!!
</font>
</h2>
</NOSCRIPT>


<script language="JavaScript">

<!--

var message="Sorry, that function is currently disabled for this page.nThis Page Copyrighted and Images and Text protected!nnAll Rights Reserved";

// Right Click function

function click(e) {
if (document.all) {
if (event.button == 2) {
alert(message);
return false;
}
}
if (document.layers) {
if (e.which == 3) {
alert(message);
return false;
}
}
}
if (document.layers) {
document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);
}
document.onmousedown=click;
// -->

</script>

<!-- End of NO RIGHT CLICK code -->

Kode javascripts diatas akan memblokir fungsi klik kanan di browser kita, tapi tetap saja kita masih bisa mengakalinya dengan cara menekan tombol CRTL+C di keyboard kita setelah kita menyorot isi dari website yang akan kita copy.

Nah, itulah beberapa trik untuk mengunci blog agar tidak bisa dicopas. Semoga bagi kalian yang punya hobi mengcopas Budayakan Copas Yang Sehat, harap setidaknya menghargai hasil karya mereka dengan cukup mencantumkan link sumbernya. Apa susahnya sih mencantumkan link sumber?

Aku secara pribadi tidak mempermasalahkan masalah copy paste ini. Bagiku seorang blogger atau penulis handal pun pasti butuh referensi untuk tulisannya. Sedikit kata atau beberapa kalimat pasti juga pernah dicopas oleh mereka.

Namun bagi kalian yang tulisannya memang benar-benar 100 % asli, saya acungin jempol 10 deh untuk kalian, itupun jika saya punya jempol 10... hehe..

Pertanyaan terakhir, pernahkah kalian melakukan copy paste dalam hidup kalian?

Karena menurutku budaya copas bukan hanya terjadi dalam dunia blogger saja, melainkan dalam berbagai hal di kehidupan kita ini.

Oya, sekedar berbagi kebahagiaan, hari ini saya merasa senang sekali, karena blog saya selama 24 jam hari ini berada di halaman depan blog terkenal yaitu "Link Chronicle". Sebuah blog luar yang memiliki banyak traffik. Wow!!

yuk kita intip halaman depan yang dipajang (klik gambar untuk memperbesar):



Thank you for "Link Chronicle". No words can I say besides "thank you". I love your blog!!


Signp60



Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

51 comments:

  1. tugas kuliah saya kadang mengharuskan nyari artikel di internet Kang, trus disuruh meringkas sama ngasih kesimpulan sm dicantumin urlnya atau nama penulis :D. Kendalanya ya itu tadi-ada saja yang nggak bisa dicopas alias kita harus beli pake paypal klw nggak salah ingat dulu2 itu.

    selamat ya Kang, blognya bisa eksis :D

    BalasHapus
  2. @Sadako: terima kasih sob.. ^_^
    ya begitulah terkadang copas itu hampir menjadi bagian dari hidup kita. karena seperti yg aku bilang td, copas itu bkn hanya ada didunia blogger saja.

    semoga saja trik yg aku berikan bs membantumu sob, terutama kuliahmu ya... selamat jd pengomentar pertama.

    BalasHapus
  3. Artikel terbaru sayapun hasil kopas,namun letak etika kopas tak pernah di hilangkan.Nice post,happy weekend.

    BalasHapus
  4. aku tuh gak peduli tulisanku di copas, lagian ada yang bilang tulisanku berat... gimana ya, bawaannya emang gitu sih...

    BalasHapus
  5. benar juga ya. di blog linus, postingannya juga ada yang copas tanpa link, jd ini namanya linus colong paste ya? berarti harus linus kasih link itu posting. terimakasih sudah mengingatkan, Saudaraku :)
    Selamat ya, Penghuni 60 jadi "Blog of the Day" sekarang. jarang-jarang ada yang tembus tuh :)

    BalasHapus
  6. artikel gw juga banyak dicopas tanpa sumber sob,, dongkol sangat emg,, tapi mau gimana lagi,, namanya dunia maya,, itu udah hal yg lumrah,, hehee

    BalasHapus
  7. feel no guilty to copas my blog :D

    BalasHapus
  8. Asal nyantumin nama blognya, kayagnya nggak apa2 deh copas. apalagi kalo tentang informasi penting... :)

    BalasHapus
  9. Beberapa postingan saya juga hasil copas sobat..tetapi saya selalu sertakan link hidup sumbernya di dalamnya...
    Terima kasih telah mengingatkan

    BalasHapus
  10. kalau saya sendiri sih sudah pasrah kalau soal copas sob.
    yang namanya web/blog sudah dipublish ke publik,mau dikunci pakai javascript apapun juga kalau emang orangnya niat copas pasti bobol.

    jadi , kalau saya pribadi sihh saya serahkan semua ke otoritas dunia maya : google. Walaupun dongkol dan jengkel juga, tapi mau gimana lagi.

    Mau pakai jasa anti copas , bayarnya mahal.
    Mau report ke google, harus menyertakan bukti hak cipta / hak atas kekayaan itelektual.

    Saya punya pengalaman nih.
    beberapa saat yang lalu saya menemukan salah satu artikel blog saya tentang Power Rangers di copas sama orang. Bahkan di SERP, blog yang ngopas artikel saya itu nangkring di bawah blog saya persis.

    Tapi seiring waktu berlalu ternyata google menunjukkan keampuhan algoritma pencariannya. Blog itu sekarang tidak lagi muncul di SERP alias ditendang entah kemana. Padahal saya tidak pernah report ke google sama sekali.

    Wah maaf nih kalau komentarnya jadi kepanjangan :P
    Sekedar berbagi cerita saja :)

    BalasHapus
  11. artikel yang patut disimak gan.dan jadi pelajaran juga buat kita semua tentang kode etik copas...

    BalasHapus
  12. hahahaha :) jadi nyuguhin cara co-pas nih yaa ^^

    ehmm.. aku pernah co-pas tulisan orang buat tugas :p

    BalasHapus
  13. @Er'end: okelah kalo begitu

    @Ami: haha, tulisan kok bs berat sih :D

    @Linus Tua: trima ksh jg saudara Linus,sudah mampir diantara kesibukannya.
    Semoga makin semangat trs utk ngblog...

    @Rama: ya begitulah sob, tp yg jls artikel kita kan jd terkenal, tul gak?

    @Skydrugs: :D who's do you mean?

    @Tiva: jgn namanya aja sob, tp URLnya donk...

    @Ferry: siiplah...

    @Kevin: oke sob, makasih udh dishare, ini bs menjadi pelajaran bwt kita semua, memang Google pasti taulah, artikel mana yg asli dan hsl copas.

    @Ageboy: silahkan disimak ya..smoga brmanfaat

    @AmusingOcean: thanks for visit my blog

    @Nurmayanti: biarin ajalah sekalian saya ajarin cara ngopasnya... :D hehe

    BalasHapus
  14. kalau pakai anti copas dan anti klik seperti pada blog saya kira-kira bisa dicolong ga om artikel saya ini ??

    BalasHapus
  15. @Honda: aku udh cek barusan ke blogmu, mmm.. kalo anti copasnya km pake yg seperti itu, bagiku sih gak masalh, aku msh bs kok copas artikelmu, percaya gak?

    BalasHapus
  16. walaupun dengan cara seperti kalau copaser maniak juga pasti bisa tembus melewatinya :( btw thanks banget ya sharenya. wahhhh lagi senang ya sobat :)) bagi traktirannya dong :P wkwowko btw ane gak liat blog sobat di sana ?

    BalasHapus
  17. komentar nya kok di tempat saya rada aneh sob. setiap kali komentar muncul halaman : "This page has been removed temporarily" (halaman putih dengan tulisan itu aja).

    Jadi saya kira,komentar belum masuk, eh ternyata komentar saya kemarin dah masuk yah ternyata.

    BalasHapus
  18. Sob, apa kabar? Maap neh lama ga main dimari. yang BW biasanya laki gw, secara gw sibyuk sama Princess Double Zee :-)

    Oya, kemarin istri dikau melahirkan anak laki2 / perempuan? Sapa namanya? Hehehe, ketauan banget kan gw baru turun gunung

    Ohh gituh ternyata caranya supaya blog kita ga dikopas. Tapi gw mah biarin ajah deh ah kalo mo dikopas. Berarti kan dijadikan rujukan sama orang laen :-)

    BalasHapus
  19. tentu sangat dirugikan,menurut saya ini juga bisa di gugat loh....

    BalasHapus
  20. haha, sayangnya cara gitu bisa dihentikan dengan stop java scriptnya, dan lagi kalau lihat dengan view source tetep aja bisa
    kembali ke orangnya lah dia punya hati apa enggak sob jejee

    BalasHapus
  21. mas lama tak kemari, tips nya bagus mas dulu pernah coba tapi gagal, mungkin sya coba yang dari mas ya. Terima kasih dan klau sempat Mampir ke blog saya ya sobat ada sebuah tulisan tentangAndai Aku Jadi Anggota DPD RI hehe.

    BalasHapus
  22. @Farixsan: haha, km sih ngaco aja sob.. aku bikin postingnya kan tanggal 3 sedangkan kamu mampir kesininya tanggal 4, ya blog aku udh gak dipajang lg sob.. kan cm 24 jam. alias cm tanggal 3 doank tuh.. :D

    @Kevin: Nah loh, kasus baru lg tuh.. km browsernya pake apa sob, kalo mau buka blog aku, disarankan pake Firefox ya.. kalo Firefoxnya versi lama lbh bagus lg tuh... atw mungkin koneksi jg ngaruh kali sob..

    @Zulfadhli: hehe, sibuk niyee... iya tuh aku jg mulai ngrasain sibuknya ngurus baby. alhamdulillah udh lahir dgn selamat, cowo. kalo namanya mending km baca postinganku yg ini nih: Dirimu Adalah Sahabat Sejatimu tp kalo fotonya blm aku pamerin, tar deh kalo dpt ekspresi yg bagus.

    @M Fauzi: ya jelas bisa sob, itu kan berkaitan dgn hak cipta.

    @Naspard: aku yakin km slh satu yg hobi copas ya... haha :D ketahuan tuh dari komentarnya. semua script bakal kalah kok, kalo kita udh munculin source nya..

    @auraman: sori sob, komenmu aku edit,coz km dah pasang link sembarangan. oya, dicoba trs aja sob, siapa tau berhasil, biar blogmu gak ada yg bs copas.
    :D tunggu aja aku pasti berkunjung balik

    BalasHapus
  23. Copas memang gak baik sih, tapi kalo copas di blog kita dicantumin blog yang kita copas sih gak masalahd deh kayanya.. Hehehehe..

    Salam kenal ya gan.
    Pabrik Tas Jakarta

    BalasHapus
  24. kalo pake script anti klik tar kalo bikin posting tutor gmna cra copy kodenya sob?

    kalo saya gak masalah artikel di copas yangpenting sertakan link sumber

    trimakasih untuk indonya sob

    BalasHapus
  25. lapor sob, link anda sudah terpasang di blog saya :

    http://bloggerspemalang.blogspot.com/

    jgn lupa pasang jg link blog saya yah. thanks.

    BalasHapus
  26. wah, kalo copas itu udh menyangkut hak cipta sob.. kan ada UU nya loh..
    tp kalo utk referensi sih menurutku gak pa2 lah..

    BalasHapus
  27. betul banget sob,, terkadang malah artikel yang hasil copas yang nengger di atas serp artikel asli,, kan bikin kesel tu,,

    BalasHapus
  28. saya juga pernah copas sobat, dan hasil copas-nya diberikan bumbu kalimat dan info tambahan penyedap rasa milik sendiri agar aroma-nya khas saya :-)
    dan bagi saya kalau copas-nya untuk berbagi dan menebar kebaikan tanpa niat mengeruk keuntungan untuk diri sendiri tak apalah,
    apalagi kalau pelaku COPAS berkenan mencantumkam SUMBER ASLINYA dan juga berbagi keuntungan...tak apalah juga :-)
    btw-selamat ya atas peroleh prestasitampil di halaman depan Link Chronicle :-)

    BalasHapus
  29. @zeanee: ^_^ copas boleh kok, yg penting tau aturan..

    @Bobby: setuju bgt sob.. :)

    @Rizky: siiplah...

    @Aditya: link sudah terpasang sob.. makasih.

    @Dr Sukma: emang sih, makanya musti tau aturan dan porsinya

    @Mister: tenang aja sob, mbah Google lbh tau dr kita kok, lama2 jg yg hsl copas ditentang oleh Google

    @pelangi: ^_^

    @Hariyanto: berarti kita punya kesamaan ya sob, sama2 mencopas utk referensi. sori ya sob, komenmu kena edit tuh, coz km udh masang link sembarangan.

    BalasHapus
  30. gwe juga sering copas,tapi tak lupa mencantumkan link sumber nya juga,,,tapi namanya manusia kadang ada juga yang suka copas tanpa mencantumkan sumber nya ya gan,,, info di atas sangat bermanfaat gan,thank's

    BalasHapus
  31. wahhh,, beberapa artikel kopi anget jg dikopas tnpa link back kang, yg lbih parah artikelnya berurutan persis kayak kopi anget blog,, ntar kalo dah 'murka' baru tak ancurin tuh blog,,

    BalasHapus
  32. Saya lelah ngurusi artikel saya di copas, biarlah yang tahu hanya Tuhan dan aku saja atau teman-teman yang tahu kalau itu artikel saya sendiri.

    Artikel saya di copas di KASKUS, ada juga di blog milik pribadi.

    Ya sudahlah hidup dlam dunia maya lebih kejam dari dunia nyata. Happy blogging.

    BalasHapus
  33. Mudah mudahan sampai saat ini (dan smoga sampai sterusnya) untuk postingan di blog saya (yg masih unyu2 huek..hehehe) tidak copas dari orang lain..:) Salam kenal:)

    BalasHapus
  34. oke mas langsung saya praktekkan, smile disini jg mas

    BalasHapus
  35. copas juga harus menampilkan sumber nya ya bro?

    BalasHapus
  36. @kehidupan: ya begitulah sob..

    @kangtopjer: waduh, sepertinya apa yg kamu alami jg aku alami sob.. bentar lg aku akan posting nih biar tau rasa tuh org.

    @arqu3fiq: kita pasrah aja ya sob ya, biar mbah Google yg ngurus

    @kay: really??

    @Juwita: mudah2an... amiin :)

    @arr rian: makasih komentarnya :)

    @Edy: silahkan..

    @live: oh harus itu.. karena itu kan bkn tulisan kita.

    BalasHapus
  37. keren bgt blognya....kunjungi balik ya kartikasel.blogspot.com

    BalasHapus
  38. begitu ya gan.........
    makasih infonya...
    ternyata bisa ngunci fungsi klik kanan jg...
    sangat bermanfaat sekali.......

    http://twokanggrafis.blogspot.com/

    BalasHapus
  39. sekalian tak beritahu, kalau blog ini punya dua aktif mobile view, pake yang ?m=1 sih ok, tapi yang pake blogger touch ini ! Jadi gak bisa full site via hp. Mau folow jadi gak bisa lewat sini, harus lewat dasbor saya, he..

    BalasHapus
  40. sip man..
    follow blogku jg ya gan, sama2 pecinta blogger

    BalasHapus
  41. Tapi sebenarnya kalau yang copas itu niatnya share sama temen2nya sih nggak apa2 asal mau cantumin sumbernya.

    BalasHapus
  42. Saya juga pernah mengalami hal yg demikian sob bahkan ada 6 artikel kebanggan pada blog saya di copas begitu saja. Saya berkunjung ke blognya dan memberitahunya untuk mengaktifkan link-nya ke blog saya malah tidak di approve komentar saya. Berapa kali saya coba berkomentar pada blog tsb untuk memberitahunya, tapi selalu tidak di approve. Ya udah biarkan aja mudah2 dia kena imbasnya

    Persoalan copy paste memang merupakan hal yg dilematis dalam dunia blogging. Karna selagi masih menyertakan link sumbernya, katanya itu masih wajar2 aja...

    BalasHapus
  43. berhubung saya masih blogger pemula mungkin belum ada post saya yang dicopas orang.. tapi saya tentu bisa merasakan bagaimana rasanya bila artikel kita dicopas tanpa penghargaan terhadap kita yang membuat, merawat dan membesarkan (udah seperti anak saja ya :D) artikel tersebut.. tetap semangat sob

    BalasHapus
  44. ada tambahan dari saya (Penulis Buku Fenomena Remaja), kalau ingin mencantumkan sumber asli begini caranya.

    Nama Penulis. Tahun Publikasi. Judul Artikel. Alamat Artikel. (diakses tanggal berapa, jam berapa).

    Lebih lengkapnya, baca artikelnya saja.

    Semoga menjadi penulis yang handal, bukan cuma Blogger semata.

    BalasHapus
  45. Sabar aja lah gan. Bukan cuma ente. Artikel ane sebagian di copas ama yang gak bertanggungjawab -_-
    Kunbal ya gan :-D : masotong.web.id

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.