Mengatur Permalink Blog Yang Baik Di Mata SEO


Kamis, 05 September 2013
Labels:
Advertisement

Awalnya, saat aku blogwalking sana-sini, tanpa sengaja aku menemukan sebuah blog dengan setting permalink postingan yang sangat panjang. Dari situ aku mulai bertanya-tanya sendiri, apa bisa membuat settingan permalink yang panjang di blogspot? Aku sendiri sudah mencobanya, tapi tetap saja hasilnya selalu pendek. Hanya maksimal berisi 5 atau 6 kata saja. Sehingga terkadang kalimat permalink menjadi terputus.

Karena aku penasaran, aku mencoba utak-atik setiap menu setelan yang ada pada blogger, dan akhirnya aku berhasil menemukan cara untuk setting permalink ini. Ternyata gampang juga caranya. Memang, pada tampilan blogger yang lama itu sepertinya belum ada fasilitas untuk menyeting permalink ini. Tapi pada tampilan blogger yang baru, kita bisa dengan mudah mengatur panjang pendeknya permalink sesuai dengan yang kita inginkan.

Namun sebelumnya, bagi sobat Penghuni 60 yang belum tahu apa itu Permalink?

Permalink itu kependekan dari Permanent Link. Atau bisa disebut juga alamat dari halaman sebuah website. Permalink terkadang sering disebut-sebut dengan kata "URL" yaitu kependekan dari Uniform Resource Locator, yang mana URL ini bisa diibaratkan sebagai alamat sebuah website. Nah, permalink ini biasanya digunakan sebagai alamat dari postingan di blog kita.

Pelajari contoh berikut:
  • http://penghuni60.blogspot.com –> adalah alamat halaman utama dari blogku ini.
  • http://penghuni60.blogspot.com/2013/09/mengatur-permalink-blog-yang-baik-di-mata-seo.html –> alamat halaman postingan yang kalian baca ini.
Nah, sekarang sudah lebih jelas kan?

Struktur permalink di blog kita harus bisa sedemikian rupa kita setting. Mengapa? Karena settingan permalink tersebut akan berpengaruh terhadap SEO (search engine optimization). Menurut Google sendiri, struktur permalink yang baik adalah struktur permalink yang mendeskripsikan konten halamannya. Sederhananya, struktur permalink blog akan berpengaruh terhadap posisi halaman blog anda di mata mesin pencari. Bukankah itu yang kita inginkan?

Sekarang, coba perhatikan contoh permalink berikut ini:

http://penghuni60.blogspot.com/2010/07/seberapa-pantaskah-kita-untuk-menjadi.html

(contoh permalink di atas adalah permalink yang kurang baik, secara logika saja ketika kita membaca permalink di atas kita pasti bertanya, “untuk menjadi apa?” disitu kan tidak ada kelanjutannya alias kalimat yang terputus. Sama halnya dengan mesin pencari, mungkin akan kebingungan apa isi konten di halaman tersebut)

Permalink di atas terjadi karena waktu itu aku masih belum tahu cara menyeting permalink yang baik di blogspot. Lalu bagaimana caranya membuat permalink yang baik, agar tidak terputus dan tidak terlalu pendek? Berikut ini tipsnya:

  1. Silahkan login ke akun blogger kalian
  2. Silahkan membuat postingan terlebih dahulu tanpa menuliskan judul
  3. Setelah postingan siap, barulah kalian persiapkan judulnya, usahakan judul itu tidak terlalu panjang dan juga tidak terlalu pendek. Maksimal terdiri dari 7 sampai 8 kata saja. Usahakan juga agar semua isi konten sudah terwakili oleh judul tersebut.
  4. Sekarang mari kita lihat judul yang aku tentukan untuk postingan yang sedang kalian baca ini, mulanya aku berikan judul postingan ini: “Mengatur Permalink Blog Yang Baik Di Mata SEO”. Namun, dikarenakan aku masih belum merubah setingannya, alias menggunakan setingan otomatis oleh blogger, maka hasilnya akan diperoleh:
    http://penghuni60.blogspot.com/2013/09/mengatur-permalink-blog-yang-baik-di.html
    (ternyata ada kata yang terpotong pada bagian belakang, sehingga permalink ini masih kurang baik)
  5. Sekarang perhatikan bagian kanan, disitu ada tulisan “Setelan entri” dengan berbagai pilihannya (lihat gambar-gambar dibawah ini), silahkan kalian pilih “Tautan permanen”, maka akan muncul 2 pilihan, Jika memilih “Tautan Permanen Otomatis” maka pihak blogger yang akan menentukan settingan dari permalink blog kita. Jika memilih “Tautan Permanen Khusus” maka kita yang menentukan sendiri permalink blog kita. Jadi pilihlah “Tautan Permanen Khusus”.


  6. Setelah kalian pilih “Tautan Permanen Khusus” maka akan muncul kolom kotak kosong tempat menuliskan kata-kata apa yang akan dijadikan permalink. Nah, silahkan tulislah apa saja yang kalian inginkan sebagai permalink, pisahkan setiap kata dengan menggunakan tanda hubung (-).
  7. Klik “Selesai

Sekarang, permalink sudah sesuai dengan yang kita inginkan. Tidak terlalu panjang dan tidak juga terlalu pendek tapi sudah mencakup isi konten dari postingan kita. Semoga saja permalink ini akan mudah dicerna oleh SEO, serta mendapatkan peringkat bagus di google.

Mudah bukan? Setelah tahu caranya pasti mudah. ^_^

Semoga bermanfaat...



Signp60



Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

33 comments:

  1. Dulu sih memang belum ada sob. Permalink sendiri mengadopsi wordpress

    BalasHapus
  2. asiiik, akhirnya aku menemukan jg yg membahas hal ini, akuu jg penasaran sob awalnya, sampe detik ini blm tau caranya sebelum baca artikelmu ini, thanks

    BalasHapus
  3. sangat bermanfaat terimakasih sobat, lama tak mampir nih

    BalasHapus
  4. wah saya malah baru tahu kalo ada fitur kayak begini, makasih master.

    BalasHapus
  5. mantab nih, saya jadi langsung pengen nyoba nih. ^_^

    BalasHapus
  6. kalau saya mending milih yang otomatis kang :D

    BalasHapus
  7. mantaap sob, akan saya coba secara bertahap untuk blog baru :)

    BalasHapus
  8. siipp,,bener banget,bebeerapa artikel saya juga permalink nya kaya gtu ngga komplit,,dan stelah serching ternyata dari tautan permanennya,,thanks

    http://goo.gl/YbwIlM

    BalasHapus
  9. Beberapa artikel blog saya juga menggunakan metoda seperti ini sobat, hanya beda dalam bentuk tulisan saja. Termasuk untuk artikel terakhir yang saya tulis

    BalasHapus
  10. @Yitno: iya bnr sob, dulu ada di wordpress ya?

    @Apache: wah, kebetulan sekali donk sob

    @Herman: sama2 sob, iya aku jg lama gak mampir, tungguin aja ya, maklum kadang koneksi lemot

    @Kolongtulis: hehe, apa iya baru tau?

    @Tips aneh: silahkan ^_^

    @Peluang Usaha: terima ksh :)

    @cak oni: lho, knp sob? bukannya gak enak jadi sering kepotong kata2nya, lebih enak pake yg khusus sob, bisa kita sesuaikan keinginan kita

    @AGxtra: silahkan sob, BTW, mksh udh mampir

    @info obat: sama kyk saya dulu tuh, byk yg kepotong

    @Ferry: iya sob, saya udh tahu, setiap kali mampir ke blogmu, saya jg selalu bertanya2, kok bisa ya? permalinknya seperti itu..

    @Pulau Tidung: bisa juga sob.. :D

    BalasHapus
  11. wah, ini bermanfaat sekali sob, terutama utk judul post di blogku yg terkadang sangat panjang, thanks ya

    BalasHapus
  12. Good job, very usefull tips for my SEO
    ^_^

    BalasHapus
  13. aku baru tau dari sini, mksh mas wawan, udh menambah ilmu bloggerku lg, ijin aku repost ya nanti
    :)

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. Makasih informasinya..
    Semoga di blog ttga bisa spt blogspot ya..
    Bsa mltkkan Permalink..

    Salam Blogger

    http://masragil.heck.in
    Kampus Blog

    BalasHapus
  16. Harus di coba nih Kang, dan nambah ilmu lagi aku dari sini.

    Salam wisata

    BalasHapus
  17. sayang di mywapblog gak bisa mengatur permalink..

    http://cungul.heck.in

    BalasHapus
  18. wah terimakasih yang tak terhingga sobat karena sudah memberi informasi tentang permanent link ini selama ini aku selalu kesulitan gimana caranya buat seperti ini, oh iya blog aku jadi daat banayk trafik dari blog ini terimakasih, mengenai innity dulu aku daftar ketika blog aku punya UV 5 ribu sehari sob, meski sekarang sudah tidak lagi

    BalasHapus
  19. tadi pas saya ngebuka blog. eh ada komentarnya admin penghuni60. thanks ya udah mampir dan follow blog saya. Saya juga udah follow back kok blog penghuni60. ngomong-ngomong soal permalink. Saya juga udah nerapin teknik itu setiap saya menulis di daily blogger pro biar tulisan kita lebih seo friendly. Nice tips.

    http://dailybloggerpro.blogspot.com/2013/08/cara-menentukan-blog-apa-yang-akan-anda-buat.html

    BalasHapus
  20. Iya, ya... judul postingannya tertata rapi gitu. Di blog Gen-Q yang judulnya panjang2 sering terpotong judulnya, jadi gak jelas apa maksudnya sewaktu kita posting ke FB karena cuma muncul setengah. Ternyata belajar SEO musti sedetail itu ya sobat

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  22. betul kang dengan permalink khusus kelihatan lebih rapih dan sesuai dengan judul posting, yang punya saya sudah dirubah sesuai tips akang. Terima kasih infonya

    BalasHapus
  23. blogger selalu menupdate optimasi SEO-nya. Saya juga pake permalink ini.Happy blogging!!

    BalasHapus
  24. Thanks infonya gan, sukses selalu :)

    BalasHapus
  25. saya coba gan, mudah-mudahan blog saya bisa mendapat seo yang baik dan dikunjungi banyak pengunjung

    BalasHapus
  26. kalo mengatur defaul permalink-nya gemana ya gan -- maksudnya gak per posting --terus postingan yang sudah di post sebelumnya kalo dirubah tanpa da tanggalnya bisa gak ya

    BalasHapus
  27. @Batik Rina: justru untuk permalink yg default nantinya akan menghasilkan permalink yg jelek, pendek, dan ada kata pada kalimat judul yg terputus. jadi musti dilakukan per posting tdk bisa dibikin default. sedangkan utk menghilangkan tanggal, sebenarnya bisa dihilangkan, hanya saja utk semua tanggal posting, tdk bs hanya utk 1 posting.. caranya dgn menghapus kode HTML tanggal posting yg ada di template blog.

    BalasHapus
  28. Saya sih pengennya ngilangin tanggalnya tapi gak boleh ya :( huhu..

    BalasHapus
  29. Sekarang emang dah gk da lg pilihan "otomatis" atau "khusus" ya gan? kok di settingan blog ane gk da pilihanya sich..?

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.