Memasang Kotak Komentar Klasik


Sabtu, 02 Juni 2012
Labels:
Advertisement
Memasang Kotak Komentar Klasik

Terkadang ada rasa kesal juga sih saat koneksi internet kita itu lagi lambat. Soalnya pas kita hendak berkomentar di postingan blog teman kita, susahnya minta ampun, jangankan berkomentar, loading untuk memunculkan kotak komentarnya aja itu kadang gak bisa muncul-muncul. Hal itu juga yang terkadang bikin aku jadi malas meninggalkan komentar, lalu aku tinggalin begitu aja.

Nah, terdorong dari kasus-kasus seperti itu, aku jadi inget komentar temanku yang pernah juga memberitahu kepadaku bahwa loading blogku ini lumayan berat untuk ukuran koneksi internetnya, lalu dia menyarankan kepadaku agar aku memasang Form Komentar Klasik di atas kotak komentarku agar dia bisa lebih mudah untuk berkomentar. Awalnya sih aku bingung, karena kode script untuk form komentar klasik tersebut hanya bisa digunakan untuk jenis template yang baru. Sedangkan template blogku ini memakai jenis template yang lama.

Aku sempat utak-atik, tetep aja gak bisa. Aku gak bisa menemukan kode script untuk memunculkan id dari postinganku. Akhirnya aku putar otak, aku pakai saja cara manual, yaitu setiap kali posting, aku copas id postinganku lalu aku masukan ke dalam script form komentar klasik tersebut. Ternyata berhasil. Tapi sayang, aku gak bisa menempatkannya tepat di atas kotak komentar yang seharusnya. Makanya jangan aneh, Form komentar klasik di blogku ini posisinya hanya bisa aku pasang tepat di bawah postingan saja.



Oleh karena itu aku mohon kepada kalian semua sobat setia Penghuni 60, bagi blog kalian yang belum memasang form komentar klasik di atas kotak komentarnya, mohon dipasang ya, agar memudahkanku untuk membalas komentar kalian disaat koneksi internetku lagi lambat. Lalu bagaimana sih cara memasangnya, gampang kok, terutama untuk blog kalian yang mempunyai template baru pasti akan lebih mudah untuk memasangnya.



Berikut ini caranya:
1. Seperti biasa, silahkan kalian Login terlebih dahulu.
2. Kemudian pilih Template - Edit HTML
3. Setelah itu cari kode ini <data:blogTeamBlogMessage/> , untuk lebih cepatnya silahkan gunakan CTRL+F
4. Setelah ketemu, paste kode di bawah ini setelah kode tersebut di atas


<div style='margin-bottom: 5px;'>

<a expr:href='&quot;http://www.blogger.com/comment.g?blogID=tuliskan
blog id anda &amp;postID=&quot; +data:post.id+ &quot;&amp;isPopup=true&quot;'
href='' onclick='javascript:window.open (this.href,&quot;bloggerPopup&quot;,&quot;toolbar=0,location=0,statusbar=1,
menubar=0,scrollbars=yes,width=400,height=450&quot;); return false;' title='Form
Komentar Klasik'>

<b style='-moz-border-radius: 5px 5px 5px 5px; background-color: #f6f6f6;
border: 2px solid rgb(192, 192, 192); color: #333333; padding: 2px 10px;'>Gunakan
Form Komentar Klasik</b>

</a></div>


Catatan :
- kata “tuliskan blog id anda” silahkan kalian ganti dengan digit blog id anda. Dari mana kita bisa tau blog id kita? Caranya, buatlah draft postingan baru, lalu kalian lihat di address bar atas, disitu akan terlihat tulisan, sebagai contoh:
http://www.blogger.com/post-create.g?blogID=7584266778839768843
nah, deretan digit tersebut adalah blogID anda.

- untuk kata “Gunakan Form Komentar Klasik” bisa di ganti sesuai selera.

5. Silahkan kalian Simpan. Selesai deh...

Semoga bermanfaat ya.. Semoga tidak akan ada halangan lagi yang menyusahkan kita untuk berkomentar.

Happy Weekend!!!!


Signp60



Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

51 comments:

  1. nice share ne sob..

    BalasHapus
  2. bukannya enggak mau masang form komen klasik kakak... (T^T)
    tapi enggak bisa dipasangin form ini deh keknya.
    (T_T).

    Tiap ngoprek html, malah jadinya ancur...
    udah nyoba pake script kakak di atas, tetep aja belum bisa munculin form komen klasik ini.
    huaaaaa,, apa yg salah dg templetku ya??

    #atau, jangan2 kesalahan bukan pada templetnya, tapi saya'nya yg gaptek. :(

    BalasHapus
  3. @gopar: thanks

    @Enha: mau aku bantuin gak? kalo mau, bisa gak kamu save template kamu, trs kamu kirimin ke alamat emailku yg ada di bawah blog. nanti aku coba utak-atik, siapa tau bisa..
    oke, kabari ya...

    BalasHapus
  4. Pada template yg lama saya pernah masang form klasik utk komentar. Tp yg sekarang sdh gak lagi, karena sdh lbh friendy [semoga].

    Oia, biasanya klo lg koneksi krg bagus dan sdh nulis comment banyak..eh tiba-2 jaringan DC...kadang ya saya tulis ulang, kadang saya tinggal deh

    BalasHapus
  5. kalok kotak komentar kayak wordpress itu gimana sob....?
    owh ya kunjungan perna n lam knal

    BalasHapus
  6. Benar saya juga pernah ngalamin, saya bookmark dulu dech, Siapa tahu nanti dibutuhkan

    BalasHapus
  7. Wah keren sob. Ternyata form komentar klasik itu buatan too. Tak kirain selama ini, form komentar klasik itu asli dari blogger. Makanya ane bingung nyarinya di pengaturan kok nggak ada. Makasih informasinya kang. Bisa buat eksperimen ane sob.

    BalasHapus
  8. mendingan kalau inet lagi lambat pake trik ane aja, buka blog lewat mobile dengan cara ditambahkan ?m=1 di belakang alamat blog. contohnya http://penghuni60.blogspot.com/2012/06/memasang-kotak-komentar-klasik.html?m=1

    BalasHapus
  9. Tapi yombol replaynya gak muncul ya sob ?

    BalasHapus
  10. hahahay, udah bisa masbro.
    seharian ngoprek html, lupa makan, lupa mandi... :P
    ternyata, triknya gampang banget.

    copast kan kode di atas, di bawah semua kode: yg ada!

    Di templateku sendiri, kalo enggak salah ada lebih dari 3 kode tadi. Akhirnya, karena lelah dan frustasi, aku copast kan kode baru ke dalam template, sebanyak2nya. wkkwkkwkk.

    Padahal, dihampir semua tutorial yg aku pernah baca, katanya copast kan sekali saja kode script tambahannya.

    tapi ya itu, hasil tampilannya bukan di atas kolom komen, tapi di bawah kolom komen.
    (=..=)

    BalasHapus
  11. Kalau saya malah pingin pasang komentar model threaded comment itu mas bro. Cuma gagal mulu. Kira-kira mas bro punya tutor lain untuk pasa threaded komen yang pas untuk template blog saya.
    Btw, makasih sharingnya.

    BalasHapus
  12. udah dicoba.
    tapi gag berhasil om..

    BalasHapus
  13. Ok,dterima...
    dari e-mail juga udah kan ??

    BalasHapus
  14. Tapi kode yang dikasih
    ada 3 ,yang mana ya ??

    BalasHapus
  15. @Ririe: kalo blh jujur sih, blogmu msh berat sob utk koneksi internetku. apalagi kalo jumlah komentar diblogmu itu lg byk bgt, ngbukanya lamaaaaaa bgt, udh lama, eh kotak komennya gak muncul lg, saya reload lg saya reload lg, pernah ampe 4 kali sih...

    @Unik: nanti deh aku posting..

    @Ferry: silahkan sob

    @Yitno: semoga berhasil ya sob..!!

    @Hzndi: sebenarnya aku udah tau soal itu, link itu kan udh aku pajang dari dulu, tuh di sidebar kiri atas, "akses lewat hape"
    thanks ya...

    @Anak Rantau: kalo soal tombol reply musti ada tambahan kode lagi sob..

    @enha: haha, ampe lp mandi?? waduh... skrg udh mandi blm?hehe...
    knp gak lngsung nanya aja. emang sih ada 3 kode, pake yg paling atas aja, atau kode yg terpisah sendiri. disitu kan ada 3 kode sama, yg 2 kode itu kan berdekatan jaraknya, nah kamu pake yg kodenya misah sendiri...
    kalo gak salah yg berdekatan dgn kode ini nih:
    a name='comment-form'

    @Penerjemah: tar deh kalo aku punya aku akan sharing

    @Riva'i: salah paste kali, ingat pastenya di kode yg pertama ya..

    @ilham: dari email?maksudnya? emang ada 3 sob, pake yg paling atas posisinya.

    BalasHapus
  16. Wah aku udah pasang lebih dulu sob, hehe...
    :D

    BalasHapus
  17. awalnya jg aku mengalami hal yg sama dgn sist enha. tapi bnr tuh sob, paste di kode yg ada paling awal.
    aku udh pasang sob, blm lama sih..

    BalasHapus
  18. @enha: oya untuk posisinya yg bnr emang seperti itu en, posisi yg bnr itu ada di atas kotak komentar atw di bawah kolom komen. kalo yg ada diblogku itu salah.

    BalasHapus
  19. Aku standar aja pakai form comment'a mas,soalnya Load speed blog aku riang kok :)
    Yang membuat form comment menjadi lemot itu karena banyak'a widget yg kita pasang di blog setahu saya :)

    BalasHapus
  20. banyak nanya memalukan masbro, hehehehe...
    :P

    BalasHapus
  21. iya kan penghuni60 ngasih lewat e-mail juga...

    BalasHapus
  22. nostalgia blogger....hehehe

    BalasHapus
  23. Memang lebih enak yang jadul gan.. lebih ringan...

    BalasHapus
  24. kalau inet lelet coba buka versi mobile saja

    *aku malah saranin agar opsi name/url dibuka, sebab banyak yg protes profil Google+ sulit dibuka

    BalasHapus
  25. wah, jadi tambah klasik aja nih :D

    BalasHapus
  26. Aku tadinya pasang form komentar klasik,
    tapi kalau mau ada replynya bawaan blogger gak muncul :(
    Yaudah deh kuilangin hehe :D

    BalasHapus
  27. komentar blog aku itu klasik ato apa yaa...??

    BalasHapus
  28. mantappp.. bisa langsung dipraktekkan nih..
    thanks sobat...

    salam hangat dari saya. .
    mampir balik yak :)

    Fokus Kita

    BalasHapus
  29. makin asyik dengan berita klasik.

    BalasHapus
  30. sangat keren juga sih kotak komentarnya pake yang klasik,.,.

    http://acemaxs-herbal.com/obat/cara-menyembuhkan-trigliserida/

    BalasHapus
  31. artikel yang bagus om, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  32. o, jadinya popup kayak di blog ini ya sob...

    BalasHapus
  33. Boleh dicoba juga nih, manatau ada teman2 yang pengen komentar di blogku, biar lebih gampang :)

    BalasHapus
  34. info yg mnarik, ,memang nih, blog saudara berat bnget mgkin nympek 200an klo dtimbang :D.
    btw skalian, ikon profil yg komen dbwt yg sbenarnya, nggak gambar blogger... just suggestion.

    BalasHapus
  35. thanks sobat atas infonya.
    lama enggk mampir di mari,
    jujur ya sob, sbnrnya ane kurng enak dtng kemari karena loading blog sobat yg super lambat.
    sebelumnya maaf sobat klw saya brkata seperti ini...

    BalasHapus
  36. dengan komentar klasik jadinya lebih ringan ya Sob, wah.... boleh juga neh.... Makasih banyak ya... telah berbagi.

    BalasHapus
  37. bisa di coba untuk mengurangi berat blog,makasih ,....

    BalasHapus
  38. Sob, saya sudah coba cara di atas tapi kok komentar klasiknya nda muncul2 ya. Atau mungkin templateq yg nda support ya atau ada hal lain yg harus diatur dulu sebelum menerapkan hal ini....???
    Jadi bingung sendiri nih....

    BalasHapus
  39. keungulanya apa yaaaaaaaaa

    BalasHapus
  40. @Agung Talaga: salah gak sob nempatinnya? awas loh ada 3 kode yg sama. pasang di kode yg paling awal.coba deh kamu baca komentar2 di atas terlebih dahulu, mungkin ada masalah yg sama dgnmu.

    @Eka Heriyansah: kan udah jelas sob, gunanya utk meringankan loading saat koneksi inet lg lemot, jd kamu bisa berkomentar dgn cpt meskipun koneksinya lambat.

    BalasHapus
  41. nice tips, kalau di blogku tampilannya udah hampir mirip, tp kok nggak ada scroll-an nya ya?
    makasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  42. mau aku coba ah... makasih sob, infonya penting bgt utkku yg msh baru

    BalasHapus
  43. masih gagl jg nih...percobaan yg kedua..
    apa templateku yg gk cocok ya

    BalasHapus
  44. mulai dulu punyaku diotak atik templateku gak bisa dipasangin komentar mass tolongin ding coz ini blog sekolah mohon bantuannya

    BalasHapus
  45. nice info .. kunjungan balik ya..
    follow aja.. ntar saya follow balik..
    www.stylirrx.blogspot.com

    BalasHapus
  46. maaf saya pemula di dunia blog jadi saya mengalami hal yang sama....tolong dong bantuannya ?

    kunjungi saya di zhendragon.blogspot.com

    BalasHapus
  47. Kalau untuk ngoprek-ngoprek html mah, musti banyak belajar di sini tempatnya nih. Biar nambah ilmu.

    Salam wisata

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.