Labah-labah Si Penjaga Rumah yang Penuh Misteri


Sabtu, 31 Maret 2012
Labels: ,
Advertisement
[Penghuni 60] | Labah-labah Si Penjaga Rumah yang Penuh Misteri

Apa kabar sobat Penghuni 60 semua? Semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja. Tidak seperti keadaan Indonesia saat ini yang sedang dilanda oleh demo dimana-mana. Hampir seluruh acara berita diberbagai media memuat hal yang sama, yaitu demo kenaikan BBM. Bosaaan !

Postinganku kali ini, hanya akan berbagi sedikit cerita yang aku alami. Kalian percaya dengan sebuah mitos? Atau entah apalah namanya, yang jelas semua bermula dari omongan orang tua, lebih tepatnya nenekku. Dulu. Dulu sekali, saat usiaku masih kecil.

Baca Juga:

Perlu kalian ketahui, dan mungkin sudah pernah aku singgung di postinganku “Identity of Penghuni 60”, bahwa aku fobia banget terhadap hewan yang bernama Labah-labah.

Ceritanya gini:

Dulu, saat aku masih kecil, aku menemukan seekor labah-labah yang berukuran besar di dalam rumahku, kira-kira besarnya sebesar telapak tanganku waktu itu, sontak aku pun ketakutan. Kakakku yang waktu itu berusia selisih 2 tahun denganku, mencoba membantuku dengan cara mengusir labah-labah itu dengan sapu, malah sapu itu hampir saja membunuh si labah-labah. Namun waktu itu nenekku mengetahui kejadian itu, nenekku berteriak,”jangan dibunuh labah-labah itu, biarkan dia pergi sendiri”.

Aku searching di google kira-kira bentuk labah-labahnya seperti ini:


“Emangnya kenapa Nek?” tanyaku,

“Jangan dibunuh, dia itu penjaga rumah sini”.

Walaupun aku dan kakakku masih belum mengerti apa yang dimaksud omongan nenek, tapi kemudian nenek pun bercerita tentang kisah labah-labah dan Rasulullah SAW. Kayaknya gak perlu aku ceritain disini lagi, karena aku yakin kalian pasti udah pada tahu ceritanya kan?

Sejak saat itu, setiap kali labah-labah besar itu muncul, kami gak pernah lagi merisaukan, atau bahkan mencoba membunuhnya, mungkin cukup mengusirnya saja.

Singkat cerita, usiaku sudah remaja, nenekku pun sudah tiada, suatu hari entah datang darimana, tiba-tiba saja labah-labah itu kembali muncul di tembok kamarku. Aku pun terkejut. Namun mendadak ada keinginan di benakku untuk berusaha menangkap labah-labah itu. Ya memang seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usiaku, rasa takutku itu agak sedikit berkurang. Malah semakin ingin mengetahui lebih banyak tentang labah-labah ini. Kenapa labah-labah ini bisa hidup di rumahku, tanpa sarang lagi, ukurannya tidak pernah berubah, bentuknya juga masih sama seperti dulu.

Dengan memberanikan diri aku mengambil sebuah toples plastik yang berukuran sedang, dengan perlahan tapi pasti aku dekati labah-labah itu, aku arahkan toples itu persis di atasnya. Setelah jaraknya pas langsung deh “hap !”

Berhasil!!!

Labah-labah itu masuk tepat ke dalam toples. Lalu dengan bantuan kertas karton yang udah aku persiapkan, aku selipkan kertas itu tepat di mulut toples yang masih aku tempelkan ke tembok, akhirnya aku berhasil menangkap labah-labah itu. Bayangkan, sedari umurku masih anak-anak baru sekarang aku berhasil menangkapnya.

Lalu aku apain labah-labah itu? Satu hari aku masih mengurungnya didalam toples. Malah aku berusaha memberinya makan, setiap hari aku beri dia beberapa ekor lalat yang masih hidup. Syukurlah dia mau memakan lalat itu. Tapi perlu kalian ketahui, ternyata labah-labah itu tidak memakan mangsanya sampai habis. Intinya, si mangsa hanya dihisap sari tubuhnya saja, sedangkan jasadnya dibuang begitu saja dalam keadaan mengering. Itu adalah sebuah pelajaran yang aku dapatkan waktu itu.

Dua hari berlalu. Tepat di hari ketiga, dia mogok makan. Aku merasa bersalah waktu itu, timbul juga rasa kasihan. Akhirnya, aku ambil keputusan, aku akan melepaskannya lagi, tapi tidak dirumahku. Aku bawa jauh-jauh ke sebuah kebun bambu yang jaraknya lumayan jauh dari rumahku. Disitulah labah-labah itu aku lepaskan.

Sejak itu aku merasa aman dirumahku...

Singkat cerita lagi. Setelah aku menikah, aku masih menumpang di rumah mertuaku sampai sekarang. Maklum, aku masih belum bisa mengontrak sebuah rumah. Ada hal yang bikin aku terkejut saat hari-hari pertama aku tinggal di rumah mertua. Apa coba? Labah-labah itu ternyata aku temui lagi di rumah mertuaku! Wah, gila! Aku yakin jenisnya sama, ukurannya juga sama. Aku tanya ke istriku, “labah-labah itu udah lama ada disini?”

“Iya” jawab istriku.

Disini aku kembali teringat dengan omongan nenek waktu dulu. Nenek pernah bilang, kalo kamu temui seekor labah-labah besar di dalam rumah, jangan kamu bunuh labah-labah itu, karena sebenarnya labah-labah itu adalah penjaga rumahmu. Apa benar omongan itu? Apakah semua rumah memiliki seekor labah-labah yang besar?

Sampai detik ini, pertanyaan itu masih terus mengambang di benakku. Hingga sampai kejadian tadi malam. Saat aku dan istriku terbangun di waktu subuh, istriku menunjuk ke arah langit-langit kamar. Mataku pun langsung tertuju pada objek yang nemplok di langit-langit kamarku, aku kaget, labah-labah besar itu sudah nemplok disana. Rasa takut yang masih ada, membuat ku segera beringsut menghindar. Eh, istriku malah bangun hendak mengusirnya, tapi aku cegah, “jangan, biarin pergi sendiri”.

Disinilah keanehan itu muncul. Saat perhatianku dan perhatian istriku tidak sedang tertuju ke labah-labah itu. Dan saat pandanganku kembali ke arah labah-labah itu, aneh, labah-labah itu udah lenyap. Padahal aku yakin, selang waktunya hanya 3 detik saja. Tiga detik aku tidak memperhatikannya, dan 3 detik itu pula dia lenyap. Mana mungkin bisa kabur secepat itu. Aku berusaha mencarinya kemana-mana, tapi nihil. Dia seperti menghilang begitu saja. Kemana dia? Entahlah...

Ini hanya sebuah cerita kecil, semoga ada hikmahnya yang bisa diambil di dalamnya, perlu diketahui juga, bukankah Labah-labah adalah salah satu dari ketiga nama hewan kecil yang namanya diabadikan dalam al-Qur'an.

1.semut (an-naml)
2.lebah (an-nahl)
3.labah-labah (al-ankabut)

Tapi aku masih penasaran dengan pertanyaanku di atas, apakah kalian bisa bantu menjawabnya?

Oya, minggu-minggu kemarin aku kembali mendapatkan award dari sobat-sobatku. Rasanya aku ingin sekali memajang award itu sekarang. Yuk kita intip awardnya.







1. Award ini berasal dari Sobat Cindelaras, thanks ya..


2. Award yang ini berasal dari Sobat Baruku Dwi Yulianto, makasih ya Sob..


3. Award yang ada di posisi ketiga adalah award spesial dari sobat baruku juga CodeXgigas, kereen banget awardnya, makasih ya udah menjadikan blogku sebagai inspirasimu..


4. Award keempat ini baru kemarin saya dapetin, Award ini award spesial dari Sobat Insan Robbani, yang menjadikan blogku sebagai penginspirasinya. Makasih ya..



5. Award yang kelima ini baru aja beberapa menit lalu aku menerimanya dari sobatku Dhe_Bie yang ternyata hari ini, detik ini juga sedang merayakan 100 postingannya, wow, selamat ya Dhe... semoga makin kece and keren blognya, dan sukses menyertainya.amiin.


Terima kasih buat kalian semua yang udah memberikan award keren di atas. Semoga blog kalian makin sukses!

Nah, untuk award yang no.1 ingin saya bagikan kepada Sobat Baru Penghuni 60 yang tercantum dibawah ini:
>> Rayen [http://noterian.blogspot.com]
>> Abi Say Drunk [http://www.abisaysdrunk.com]
>> BYANTUPA [http://byantupa.blogspot.com]
>> Blogadexme [http://blogadexme.blogspot.com]
>> Suhaila Gani [http://sprinklesnow.blogspot.com]
>> Fahrulrozi [http://tech-updatesoftware.blogspot.com]
>> infobisabanget [http://infobisabanget.blogspot.com]

Silahkan diambil awardnya ya....

Dan untuk kalian yang menempati posisi 5 komentator pertama disini, silahkan award yang no.2 kalian bawa pulang ya...

Happy Weekend...!!!

*******

Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

114 comments:

  1. Laba-laba memang mengagumkan, mulai dari penciptaannya dan manfaatnya.
    btw, itu awardnya banyak banget ya...

    BalasHapus
  2. wiw~
    aku malah baru tau ^^

    coz jarang ada laba" dirumah....
    jadi pengen tau juga :D

    BalasHapus
  3. hiii, seram juga tuh sob..
    jgn2 laba2 siluman kali sob..

    jd mrinding aku..

    wah, berarti aku dpt awardnya ya.. ini award pertamaku loh..

    BalasHapus
  4. dhe malah baru tahu kang, kalo laba-laba itu adalah penjaga rumah.. hmm, jadi penasaran juga..

    oya kang, ada hadiah spesial dari gamazoe.. diterima yaa http://gamazoe.wordpress.com/2012/03/31/seratus-cinta-gamazoe/ :)

    BalasHapus
  5. saya baru tahu ttg sugesti laba-laba sebagai penjaga rumah. Dan kebetulan beberapa waktu lalu ada laba-laba di pintu pagar depan, saya biarin saja. Tp beberapa hari ini saya sdh tidak melihatnya lagi, entah pindah tempat sendiri atau di pindahin oleh si bapak yg memang saya minta tolong bersih2 pekarangan rumah ya.

    BalasHapus
  6. @Arif: hehe, iya tuh, silahkan award yg no.2 kamu bw pulang ya...

    @Jiah: aku mlh gak kpengen ktm laba2 lg..
    award no.2 nya jgn lp dibawa pulang ya..

    @Michael: waduh, masa sih siluman.. jgn nakut2in donk sob..

    iya bnr tuh, km dpt award yg no.2 ya..

    @Dhe: siiiiplah, lngsung aku proses award darimu Dhe. selamat ya utk posting 100 nya..
    ambil jg tuh award yg no.2 utkmu Dhe..

    @Ririe: baru tahu ya sob.. entahlah aku jg msh penasaran gitu..

    oya, km dpt award yg no.2 tuh sob.. diambil ya..

    BalasHapus
  7. waktu kecil aku malahan pernah digigit serangga ini gan.

    BalasHapus
  8. pengalamanku kurang lebih seperti anda juga. awalnya takut tapi setelah diberitahu oleh bapakku bahwa tidak boleh membunuh laba-laba yah jadi tidak terlalu takut lagi. tapi biasanya ngagetin banget tiba-tiba muncul d dinding ato d wc.

    BalasHapus
  9. awardnya banyak ya,kak. slamattt. semoga makin semangat ngeblog ^^

    BalasHapus
  10. Wah, baru denger ada laba2 yang jadi 'satpam'. Kalo di rumah sih saya usir tu laba2, plus saya rusakin sarangnya.

    BalasHapus
  11. Loh jadi laba-laba cara makannya dengan menghisap sari tubuh mangsanya ya. Ane aja segede ini baru tahu. Tak kirain makan nyamuk.

    Untuk penjaga rumah, ane kurang tahu sob. Tapi kalau sejarah laba-laba yang melindungi gua hira saat Rasulullah di kejar kaum Kafir, ane tahu sob.

    BalasHapus
  12. Dulu di rumah nenek ada laba2 besar, tapi d rumahku gak ada tuh..^^

    BalasHapus
  13. bicara tentang labah-labah, flash diabawah ada labah-labah yang mondar-mandir kesana kemari ternyata..

    kunjungan perdana
    Happy Blogging ^-^v..

    BalasHapus
  14. saya juga phobia laba-laba :(

    BalasHapus
  15. . . wouwwww,, tapi kadang^ aq usir tuch laba^nya. takut kegigit. ntar bisa^ kayak spiderman lagi. he..86x . .

    BalasHapus
  16. Mantp sob, spider man yg baik...!
    hehehe...
    happy blogging!

    BalasHapus
  17. Aku belum pernah denger mitos kayak gitu sob. Tapi kalo kita gak gangguin mereka, kayaknya laba2 juga gak gangguin kita kali ya hehehe...

    BalasHapus
  18. Kunjungan balik gan..mampir ya dan joint site di http://boxfullalbum.blogspot.com/ dan http;//kumpulanjawaban.blgspot.com/

    BalasHapus
  19. hmmm, iya gitu laba2 penjaga rumah? saya nggak pernah ketemu laba2 di rumah deh. paling di langit2. hahaha

    BalasHapus
  20. makasih banyak ya :D
    dengan award ini saya semakin termotivasi haha
    apalagi ini adalah award kedua yang udah kamu kasih untuk saya :D hehe
    makasih sobat

    BalasHapus
  21. Kalau soal mitos yang ini, di masyarakat jawa kadang emang masih dipercaya, tapi sayangnya saya pun belum berhasil menggalinya lebih jauh.
    Bagi kaum santri, emang kerap kali dikaitkan dengan kisah hijrahnya Nabi Muhammad.

    BalasHapus
  22. waah, cerita nya bermakna juga, tapi agak aneh kang

    BalasHapus
  23. @Agriculture: waduh, gmn rasanya tuh sob? tp gak beracun kan?gak jd spiderman kan? hehe..

    @Hima: bnr bgt sob, ngagetin.. sama tuh, kadang saya sampe mrinding kalo ngliat muncul dadakan gitu.

    @Nidiana: makasih... kamu mau? ambil aja deh yg km suka.

    @Millati: kalo yg bikin sarang sih jls aku rusakin sarangnya sob, biar gak kotor, tp laba2 yg dirumahku ini, dia gak bikin sarang. seolah2 dia itu laba2 pemburu yg mencari mangsanya dgn berkeliling kemana2, lain dgn laba2 malas yg mencari mangsanya hanya mengandalkan jaring sarangnya saja.

    @Yitno: iya sob, mangsanya itu dihisap ampe kering loh.. trs ampasnya itu dibuang begitu aja.

    @Sadah: berarti bnr ya, setiap rumah ada aja gitu yg mempunyai laba2 besar.

    @Mimi: hehe, iya sob, matamu jeli juga ya.. kalo yg itu gak akan aku usir sob, biarin sengaja buat jadi penjaga blog ini.. hehe...

    @Syam: berarti sama donk... :)

    @VPie: kalo yg kegigit kamu bkn spiderman kali, spiderwoman, hehe.. 100x :P

    @Irwan: lho, spiderman kan emang baik, emang ada yg jahat?

    @Anak Rantau: maunya sih gitu sob, cm kadang bikin geli aja kalo misalkan mereka nemplok dibadan kita gitu.. apalagi susah nglepasnya karena jaringnya itu loh.. hiii

    @Kumpulan: oke..

    @Meutia: langit2 kan adanya dirumah Mut... berarti sama aja donk dirumah.

    @Suhaila: sama2 sob.. silahkan diambil..

    @Alamendah: tuh bnr kan, ternyata mitos ini memang ada kan, alias ada juga yg tau gitu selain nenekku. tp aku jg gak tau lbh byk tentang hal ini.

    @Boby: emang aneh sob, misteri gitu deh..

    BalasHapus
  24. wow pantas ada gambar spiderman diblog ini <---jadi pemilik blog ini laba2 juga ya?*pertanyaan aneh

    BalasHapus
  25. yg menerima award & pemberi award selamat ya.., smg silaturahim kalian erat & berberkah Aamiin... *smile

    BalasHapus
  26. kalau laba-labanya kecil gak takut tapi kalau besar takut :)

    BalasHapus
  27. Hihihi kalo di rumahku ga ada laba-laba yang begitu sih. Aku malah baru tau mitos penjaga rumah itu. :D

    BalasHapus
  28. . . wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . hu um spiderwomen. berarti ntar ada cow cakep yg suka ma aq. truz km jd musuh aq. he..86x . .

    BalasHapus
  29. ya..Cuma kayak di suntik gan,sayangnya bukan di Filem spiderman.jadi gak bisa berubah.xixixi
    folow sukses gan.

    BalasHapus
  30. Saya tidak terlalu banyak mengetahui tentang laba-laba sob. Bicara laba-laba cuma satu yg saya ingat, Spiderman.:D

    Tetapi harus di akui, banyak rahasia yg tidak terpecahkan oleh kemampuan manusia.

    Selalu ada rahasia di balik rahasia.

    Selamat untuk awardnya n Happy blogging.

    BalasHapus
  31. waha, kok phobia laba-laba bang .. gue malah pengen digigit biar jadi spiderman *kidding
    btw, ane udah folbeck .. :)

    BalasHapus
  32. laba-laba memiliki keutamaan yang kita tidak tahu.. hingga ada surah dalam Al-quran tentang laba-laba.

    BalasHapus
  33. gila, itu laba2 serem jg sob..
    misterius lagi..

    BalasHapus
  34. Betul itu. makasih artikelnya gan. Oiya Sastra Remaja 11 sudah muncul tuh sebagai followers ke-873. kapan2 bagi award ke ane yah. hehe
    Makasih :)

    BalasHapus
  35. Gua takut sama laba-laba. karena bentuknya yang menakutkan, tapi mungkin di samping itu laba-laba menguntungkan bgi manusia. btw awardnya banyak bangettt. minta 1 donk. heeee

    BalasHapus
  36. Kata almarhum nenek Froggy dulu, iya... ngga boleh dibunuh... trus kalau laba2 bawa telor, berarti bawa rejeki hihihi...

    BalasHapus
  37. Happy Sunday!! :D :D Have fun! :)

    BalasHapus
  38. tapi tetep aja serem

    BalasHapus
  39. @ froggy :kalau bawa rezeki, biar az tuh rumahnya di penuhi sarang laba-laba, siapa tahu makin banyk telor makin nambah tuh rezekinya,hahaha

    BalasHapus
  40. berknjung lagi gan ...

    BalasHapus
  41. spiderman hehe... di rumahku banyak

    BalasHapus
  42. jangan percaya sama takhayul yang tidak ada penjelasannya dalam islam

    BalasHapus
  43. @iwan: ???

    @Rohis: kok artikelnya gak dikomentarin?

    @Lidya: yg namanya phobia, gak liat ukuran sob, besar kecil ttp takut..

    @Una: iya dirumah Una sih adanya si Shaun the Sheep.. hehe

    @VPie: gak mau ah, aku maunya jadi sutradaranya.. haha 60x

    @Agriculture: gitu toh? tp aku gak mau digigit..

    @Mr TM: mungkin emang bnr kali ya apa yg km katakan.. okelah kalo begitu..

    @EYSurbakti: ditemplokin aja aku udh takut sob, apalagi digigit...

    @Hamparan: nah itu dia sob, disinilah letak rahasia terbesarnya..

    @Sukma: iya tuh..

    @Sastra: apanya sob yg betul, lbh spesifik donk.. thanks dah follow ya, awardnya kalo mau ambil aja sob.. yg no.1 ya..

    @Fahmi: takut jg toh sob? sama donk.. emang bnr sih, skrg2 para ilmuwan tuh lg byk yg melakukan riset terhadap binatang yg satu ini, terutama jaringnya itu loh.. yg katanya sih akan dipake utk bahan pembuat rompi anti peluru. karena elastis dan kuat. kalo mau awardnya ambil aja sob..

    @Froggy: ah masa sih? telornya byk rejekinya jg byk? hmm, baru dgr aku..

    @Toxifier: thanks..

    @infoobat: ya begitulah..

    @Joe: tergantung jg sih, ada yg ternyata cm bikin sarangnya doank, tp telornya gak ada.. hehe.. :D bisa aja kamu..
    kalo orangnya malas ya gak bakalan dpt rejeki.

    @onesetia: makasih...

    @Master: salam jg sob..

    @katils: namamu kok unik sih? wah, dirumahmu byk spiderman sob? hebat..!! blh minta tanda tangannya gak, aku fans beratnya spiderman loh..
    :D

    @R10: penjelasannya sih gak ada sob, tp nama binatangnya tercantum dlm al-quran. apakah berarti laba2 itu punya keistimewaan?

    BalasHapus
  44. saya paling takut ama laba-laba....hhhee

    BalasHapus
  45. Award secepatnya akan saya jmput sob, thanks y.....

    BalasHapus
  46. sob,,Awardnya saya ambil ya ,,,yg nomor 2...!!!
    okok,,,kan janji sobat memberikan saya awads

    BalasHapus
  47. off,,salah ambil awards sob,,,saya ambil award yg no 2 padahal seharusnya yg no 1...kwkwkw,,,,

    BalasHapus
  48. penghuninya dari bangsa hantu semua ya???

    BalasHapus
  49. saya termasuk pd binatang2 seperti laba2,kecoa,kaki seribu,cicak,dll...tp tidak pernah berfikiran untuk membunuhnya, kasian!

    Mereka mahluk hidup dan ciptaan allah,itu alasannya. meski sebenarnya takut.. heuu saya gak tau hrs jwb apa untuk pertanyaanmu itu sobat :)

    BalasHapus
  50. Aku baru tw soal laba pjaga rumah.
    Beberapa kali aku ketemu laba² bsar drumah, bhubung emang takut jd gak di apa²in :P

    BalasHapus
  51. postingan nya kren gan
    heheh salam kenal yachh

    BalasHapus
  52. oh jadi gitu yaah kang, tentang laba-laba yg jadi penjaga rumah :)
    jadi alangkah baiknya kita jangan membunuh laba-laba tersebut ya, biar bisa jadi sahabat rumah. hehe


    oh ya, mau backlink dong..

    BalasHapus
  53. heeemmm entah ya so far saya belum pernah menemui sih

    BalasHapus
  54. Bara tahu ada mitos seperti itu tapi memang binatang yang tidak berbahaya seperti laba-laba tidak pboleh dibunuh ya... di rumah nggak punya laba2 nih, kalau mau melihara nyari kemana ya? he..he..

    BalasHapus
  55. ane takut ama yg namanya laba-laba raksasa. Bentuknya itu lho, serem amat. Dirumah ane bahkan juga ada beberapa yang ukurannya lumayan gede. hiiii... >.<

    seringkali nyamperin ane, tapi ane usir pake kibasan angin, eh tuh laba-laba malah ngejar2 ane...
    bikin takut setengah mati.

    kalo laba-laba raksasa bisa jd penjaga rumah, berarti penjaga rumah ane banyak ya kak??
    hehehehehehe...

    #oia, maaf baru sempet berkunjung kemari, koneksinya sedang lekong.

    BalasHapus
  56. bala-bala// hehey,.. takut ah kak,.. tapi lebih takut sam ulet,..hehehe

    BalasHapus
  57. kunjungan perdana Gan...
    salam sukses selalu... :)

    Btw, Nice share...

    kalo sempat mampir ke gubug saya ya...
    :D

    BalasHapus
  58. Bangsa laba-laba juga yang dicatat sejarah pernah menyelamatkan Rasulullah SAW =)

    BalasHapus
  59. @IT-Soft: sama donk...

    @Irwan: oke deh..

    @infobisabanget: ya udah terserah kamu aja deh mau yg mana. semuanya jg gak pa2 deh.. asal jgn no.4 dan 5 ya, itu award khusus utkku aja.. hehe..

    @Stevfan: maksoed loe????

    @Senja: bnr bgt sob, mereka juga berhak utk hidup, sama seperti kita2...

    @Dihas: knp sob, mauuu??? ^_^

    @Octarezka: hehe, trnyata byk jg ya yg takut laba2
    :D

    @Aieza: makasih..salam knl jg

    @Indramayu Cyber: sahabat rumah??sahabat kamu aja deh.. hehe
    boleh kita tuker link..tar aku pasang ya..

    @Ninda: blm pernah ktm sama sekali sob?kok bisa ya?

    @Haya: ke kebun bambu belakang rumahku aja sob, banyak... :P
    asal jgn ke KFC aja, dijamin gak bakalan dpt deh..

    @Enha: bnr bgt tuh, kebanyakan binatang yg namanya laba2 atw jg kecoa, itu kalo kita usir bukannya mlh lari, tp seolah2 malah nyamperin kita.. :D

    emang ada brp byk laba2 dirumahmu?

    @Hany: hahaha, km takut ama ulet? aku justru mlh gak takut sama sekali ama ulet, ulet kan lama2 jd kepompong trs jd kupu2 yg cantik.. masa takut sih?

    @Ivan: tungguin aja sob nanti jg aku kunjungi istanamu.. makasih ya dah mampir, yg sering2 ya..
    :D

    @Uzay: betul itu sob..

    BalasHapus
  60. Saya jarang sekali melihat laba-laba, tapi pernah mendengar mitos, kalau laba-laba di rumah itu mendatangkan rejeki, maksudnya rejeki kita lancar.
    Semoga rejekimu lancar, Mas :)

    BalasHapus
  61. @Wury: amiiin.. tp tetep aja kita jg musti berusaha keras dan jgn lp berdoa, agar rejeki itu ttp lancar. thanks ya..
    ^_^

    BalasHapus
  62. Mmmph... penjaga rumah enggak ya? ^.^a

    Yakin itu mirip dng yang di rumah Mas Wawan sendiri? jangan2 malah penjaganya Mas Wawan lagi... ih ngeriii... haha :D

    Sesama makhluk-Nya, jangan saling menganiaya *saran sok tua* Yang pasti semua makhluk telah ada penjaganya, DIA yang nyiptain kita semua <<< sotoy, tapi bener kan ya.. ya.. ya... ? ;)

    BalasHapus
  63. laba-laba banyak ya yang phobia sama hewan ini, tapi saya tak termasuk hehe salam kenal

    blogku http://www.idebagusku.com

    BalasHapus
  64. laba-laba juga penting dalam menjaga ekosistem, salah satunya mengendalikan populasi nyamuk. f=.=

    mungkin maksud nenek itu menjaga ekosistem mikro di dalam rumah. [CMIIW]

    :)

    BalasHapus
  65. wah kisah seperti yang kamu alami tentang labah-labah jarang aku denger sob, aku sendiri juga jarang memperhatikan gerak-gerih dari binatang ini.

    Ma'af bgt ya sob aku gak bisa kasih jawaban he...He.,he...

    BalasHapus
  66. jadi makin merinding kalo liat labah labah, aku udah takut ._.

    BalasHapus
  67. . . loh,, tapi kayaknya km cucok jd musuh nya dech. he..86x . .

    BalasHapus
  68. isun geli kang ari ning laba-laba kah =))

    hehehe...

    BalasHapus
  69. Hayoo nanti rajin bersih2 ya, biar laba2 nya gak bersarang lagi dirumah :D
    Kunjungan balik, salam kenal ya...blognya bagus bangeet, kreatif

    BalasHapus
  70. Seppp,,sob...!!!
    saya ambil jga Award nomor 2 langsung saya pajang di artikel terbaru saya..!!!

    BalasHapus
  71. hhaha, gak mau sahabat ane mah..

    masbro, link sudah terpasang di sidebar/homepage :) thanks yaa :)

    BalasHapus
  72. Kalau yang ini postnya bagus tentang Laba2 :)

    BalasHapus
  73. gan, sekali2 kita memberi permen biar segar sdkit. ane udah belikan permen buat agan dgn AC. klo g prcaya cek di TKP nya. salam kembali dgn memberikan permennya...

    BalasHapus
  74. akhirnya dipost juga tuh award dari saya. blog ini memang cucok abis kalo untuk dikasi award. langsung ada 20 traffic yang datang dari artikel ini dan pas saya cari - cari ternyata dari award yang dulu pernah saya titipkan.

    ^_^

    kayaknya ceritanya sama nih mas W.

    Dulu sewaktu nenek buyut saya masih ada, dirumahnya sering ada Kolo-Monggo (begitu Ia menyebut Labah2). katanya juga kolo-monggo itu adalah penjaga tidurnya.

    seiring kepergian sang nenek, kolo-monggo itupun juga tidak pernah nampak

    #aauuukkkk serem

    -____-

    BalasHapus
  75. sungguh ciptaan yang sangat menakjubkan labah2, apa lagi saranya indah banget ya :D

    makasih sharingnya..salam dan suport dari duniasharing.com

    BalasHapus
  76. Dalam sejarah perjalanan hidup Nabi Muhammad, Laba-laba dengan jaringnya pernah menyebabkan logika manusia terperdaya.Sehingga Nabi Muhammad terhindar dari kejaran kaum tertentu.Hakekatnya sang khalik lah yang telah menyelamatkan, ini merupakan salah satu kebesaranNya.

    BalasHapus
  77. Laba-laba merupakan hewan yang menakjubakn, terdapat banyak pelajaran yang bisa didapat terutama bagi kaum yang berpikir

    BalasHapus
  78. nice posting nya bro
    sukses ya

    BalasHapus
  79. malam sobat...maaf nich baru berkunjung lagi sobat...

    BalasHapus
  80. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    Seorang pesimis melihat kesulitan dalam setiap kesempatan,
    orang optimis melihat kesempatan dalam setiap kesulitan.,
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    BalasHapus
  81. luar biasa ceritanya sob.. sampai bingun kok bisa - bisanya seperti itu :D
    wah, luar biasa juga award2nya. ngomong2 bagi - bagi cara buat widget top commentators dan look recent comments dong.. mohon sharing infonya master penghuni60 :)

    BalasHapus
  82. Thank you for your visits.
    Good Thursday.
    Teb.

    BalasHapus
  83. keren nih , emang penjaga rumah tuh si laba-laba wkkwkw...

    BalasHapus
  84. cerita yang menarik untuk disimak gan..

    BalasHapus
  85. Waduh, .. ternyata 31 Maret 2012 saya dapat award disini. Maaf baru nyadar setelah meneliti komentar yg belum ke jwb :D

    Saya ambil. Terima Kasih Mas Wawan Penghuni60 :D

    BalasHapus
  86. Barusan ada labah2 di kamar. Pas searching di internet ketemu tulisan kakak.. wah bikin penasaran..

    BalasHapus
  87. i just killed the giant spiders yesterday ... saya gak takut.hantu ya bcos.iam.atheist lol

    BalasHapus
  88. Kejadiannya mirip om sama yg dialamin oleh saya dan keluarga saya. Entah darimana asalnya itu laba-laba gede masuk rumah kami.. dan kejafian itu selalu berulang ulang. Pokonya sering banget deh om.. saya juga heran ko bisa sesering itu.
    Sering saya dengar mitos dari orang tua,itu laba-laba yg selalu Mengganggu kita pada saat kita sedang pules tertidur. Kalau orang sunda namain laba-laba itu si BIG SPIDER, wuihh keren kan namanya... kebarat baratan banget ya? Tapi bukan itu sih,, namanya aslinya versi sunda EUREUP-EUREUP. nah mitos ini sudah lama saya dengar dari orang tua semeNjak saya belum lahir,saya udah dengar tuh ceritaanya, hehe ko bisa ya? canda om.
    Om pernah merasa sulit bangun dari tempat tidur ga? Untuk berteriak rasanya susahhh banget? terus serasa ada yang mencekik atau menindih ke tubuh kita? Nahh itu om kata orang zaman dulu itu akibat si eureup-eureup melewati atau menyentuh tubuh kita..terus eureup-eureup itu selalu dikait-kaitkan dengan hal2 gaib.(seperti jelmaan dari jin) ada juga yg berpendapat si eureup-eureup itu pembawa rizki. Om bingung kan? Sama om saya juga? Hehe.. yg jelas ini cerita yg sering saya dengar dari orang jadul. Ups!! mksudnya orang tempo dulu. Dan yg terakhir saya serahkan semuanya pada sang kholik,karena DIA yg mengetahui semuanya
    Wallohua'lambisawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg namanya mitos memang selalu menggelitik, menarik utk dibahas, yg penting jgn sampe merubah keyakinan kita pada Yang Maha Esa... mksh cerita serunya sob.. :)

      Hapus
  89. Bro, baru kmaren senen gue sepulang dari malem skitar pukul 10 malam, saat gue masuk rumah gue lihat ade gue tertidur pules di depan tv saat gue mau balikin badan ngunci pintu ngga sengaja mata gue sensitiv bgt lihat prgerakan cepet, feeling gue pasti ngga bakal jauh kalo itu laba" trnayata pas gue sorot pake led hp bener aja laba" yg sama persis lu ceritain brwarna coklat khitaman ukuran besar mungkin krna kakinya panjang" ya,ada di dinding coklat motif kayu sbelah ade gue,, jujur gue emg phobia bgt sama serangga itu tapi kake sama nyokap gue pun brkata jangan di bunuh biar prgi sndiri itu (monggo) laba" bhs jawanya...itu kata" yg gue slalu inget, tapi knapa gue tetep bunuh itu serangga entah pake baygon sapu dll... Akhirnya gue pun merinding stengah mayi saat nyenter itu serangga sbelah ade gue pake hp, alhasil gue cari gagang sapu buat ngebunuh itu binatang, selang beberapa detik adik gue reflek di gihi nyamuk mungkin ya mukanya, belum sempet neprok itu nyamuk di kepala, laba" itu lari ngga ada dari 2 detik bro.... Gile gue cari ksana kmari kaga nemu ngilang gitu aja... Padahal ini hp masih ngorot itu mahluk sambil megang gagang sapu.... Dari crita ini gue banyak persamaan sama crita yg lu buat, tapi knapa sampe skrg gue masih phobia sama yg namanya laba" sayangnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru juga sob critanya, thanks udh berbagi disini. buat ngilangin phobia emang agak susah sob, jujur ya, ane jg phobia ama laba2, trs belakangan emang agak menurun phobianya, alias udh mulai berani nyomot laba2 yg ukurannya kecil. malah ane mainin ditangan. tp sampe skrg phobia itu ternyata msh blm ilang, apalagi kalo ngliat laba2 yg ukurannya gede trs nyeremin. tp dari cerita kamu dan cerita saya itu sudah jelas bahwa laba2 memang bukan makhluk yg dianggap sepele, apalagi mereka itu tercatat dalam Al-Quran. Jadi intinya sih, sebisa mungkin jangan dibunuh. Toh, memang bnr kata ortu saya mereka akan pergi sendiri, tanpa mengganggu kita. Terkecuali kalo laba2 yg jenisnya adalah tarantula atau yg beracun, itu lain lagi ceritanya. Daripada kita yg digigit, lbh baik kita lawan kan?
      oya, kalo didaerahku laba2 itu bahasa daerahnya bernama "Gonggo"

      Hapus
  90. Baru baca blog ini gara2 googling di internet ttg hukum membunuh laba-laba. Dari semua bacaan saya nemplok juga kesini. Dapat pelajaran banyak cuma sebelum googling saya sudah terpaksa membunuh laba-labanya karena tiba2 saja saat tidur kaki saya dirasa ada sesuatu yang berjalan. Lalu karena reflek kaki saya ikut menendang tapi lba2nya malah berjalan naik ke bantal saya. Karena dari dulu memang geli an klo lihat laba2 jdnya reflek lagi ambi sapu lidi. Terus saya usir tapi dianya malah tetap nemplok diatas kepala kasur saya. Itu jam 3 pagi dan saya gak.bisa tidur. Akhirnya saya usir pertamanya sama sapu tapi dianya masih nemplok disana. Karena frustasi dan tingkat kegelian meningkat terpaksa saya bunuh. Saya bunuhnya sambil ngucap2 "astagfirulla maafkan aku maafkan aku.." sampai pagi ini saya gak bisa tidur karena merasa bersalah dan hampir nangis pas baca cerita ini. Penjaga kamar saya terbunuh :"(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak usah sedih gitu. Itu kan karena reflek dan rasa takut kamu yg memunculkan tindakan tanpa terkontrol. Dan itu msh dibilang wajar. Kamu sisipin aja doa kamu utk laba2 itu saat kamu berdoa. Setidaknya cm itu yg bs kita berikan utk menghapus kesalahan. Siapa tau nanti diberi penjaga kamar yg baru. :)

      Hapus
  91. saya baru ngalamin. dengan laba2 yg sama kaya d foto, 3hr lalu sy nemuin dia d depan kamar dengan posisi yg sama jam 2 dini hari. eh hari ini dia nongol lagi jam 2an lg. hehehe benernya seh ga pengen ngusir tp geli aja jd tk giring ke luar rumah. takutnya ntr malah ke bunuh. kl ak seh ikutin sunah aja. binatang yg dlarang dbunuh. kl masalah bahaya terkena gigitan atau ndak biar Allah SWT yg menentukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Errik, soal bahaya atau tidaknya kita serahkan pada Allah, toh jikalau memang kita tdk mengganggu mereka. Laba-laba itu juga akan menyingkir sendiri. cukup kita usir secara halus saja agar menjauh.

      Hapus
  92. Klo yang aku alami itu... laba2 selalu muncul di kmr ku dan gk prnh di tmpt lain ... pdhl kn aku phobia serangga :'( ..... laba2nya bermacam2 variasi ukuran dr yg kecil smpe seukuran telapak tangan ... tp dsni gk ada jaring laba2 .... bru aja 5mnit yg lalu aku histeris gra2 di samping ku ada laba2 ... :'( bknx aku tega membunuh laba2nya tp ... aku cm takut klo laba2nya masuk telinga / baju ... :( ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul juga sih, takut kalo2 masuk ke telinga kan gawat. soalnya udh pernah tuh kejadian di orang luar sana kemasukan laba2 besar dalam perutnya, hidup lagi, dan bersarang, trs hrs dikeluarkan dgn jalan operasi... hiiii ngeri... itu katanya sih, masuk dari mulutnya ketika org itu sedang tidur pulas. gak bisa dibayangin deh... ya lbh baik coba kamu gunakan pengusir serangga dengan semprotan pestisida yang aman atau alat pengusir serangga lainnya. Setahu saya ada tuh alat pengusir laba2 yg dicolokin pake listrik, jd dia akan mengeluarkan gelombang suara bising yg hanya terdengar oleh2 laba2 dan serangga sejenisnya, sehingga mereka akan kabur mencari area yg lbh jauh. coba deh kamu cari di internet

      Hapus
  93. Di rumahku juga ada tuh laba2 rumah warna coklat. Bentuknya sama persis kaya gambar di atas. Aku pernah lihat itu laba-laba saat masih sd d kamar. Sampai sekarang udah kerja masih ada d rumah. Tapi jarang nampakkin diri sih. Kadang2+tiba2 aja nongolnya. Entah diam dmna itu laba2. Soalnya gak pernah lihat tuh sarang laba2 yang gede. Waktu kecil aku takut, tapi ibu bilang tidak apa2 itu laba2 penjaga rumah. Waktu ayah kaget mau bunuh juga, ibu marah2 supaya dibiarkan saja. Ibu percaya kalau itu laba2 penjaga rumah ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata bnr ya apa yg dikatakan nenekku dan ibumu itu sama persis.

      Hapus
  94. Wah ternyata ceritanya sama yg pernah ku alami, dulu sewktu ku masih kecil dikamarku sering ada penampakan laba2 besar ini, sebesar telapak tangan warna hitam kecoklatan dia sering nemplok di tembok kadang2 hilang trus muncul lg, yg bikin aku bingung laba2 ini sarangnya gk ada, Krn aku belum prnh menemukan sarangnya dikamarku, atau memang laba2 jenis ini tidak membuat sarang jaring kah? karna wktu itu aku rada takut dg laba2 sebesar ini ak merasa risih, merasa gk nyaman, sering ku mengusirnya tp muncul2 lagi Sampai kesalnya suatu hari Aku Semprotkan pembasmi serangga B*y**n sampai 10x semprot mungkin, laba2 itu diam saja, kupikir nanti juga pasti mati, lalu kubiarkan saja.. lalu dua hari kemudian laba2 itu muncul lagi .. WTF !! Aku heran di semprot B*y**n kok tdk mati? Akhirnya saking kesalnya aku geprek laba2 itu pakai sapu lidi tp tdk langsung mati malah berhasil kabur.. waktu itu ibuku melihatnya dan berkata "jangan kau bunuh laba2 itu biarkan saja dia sudah ada dirumah ini sejak lama dia penjaga rumah" hah aku bingung apa maksudnya penjaga rumah? Entahlah sampe skrg juga masih bingung soal laba2 itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm, mungkin memang bnr, bahwa disetiap rumah pasti memiliki laba2 yg besar. dan dia adalah penjaga rumah itu. mksh udh share ceritanya

      Hapus
  95. sya barusan ketemu laba2 drumah,, mau diajakin kenalan eh malah kabur si beliau itu... hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti laba2nya jinak2 merpati itu, didekati lari.. haha...

      Hapus
  96. Sama..dikamar anak saya juga ada laba laba, ttau tau kok ilang ssndiri,laba laba nya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, jgn2 jenis laba2nya jg sama.. kayak apa laba2nya?

      Hapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.