Penghuni 60


Basmalah














Jual Beli Bitcoin

Sabtu, 31 Maret 2012

Labah-labah Si Penjaga Rumah

Advertisement
[Penghuni 60] | Labah-labah si Penjaga Rumah

Apa kabar sobat Penghuni 60 semua? Semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja. Tidak seperti keadaan Indonesia saat ini yang sedang dilanda oleh demo dimana-mana. Hampir seluruh acara berita diberbagai media memuat hal yang sama, yaitu demo kenaikan BBM. Bosaaan !

Postinganku kali ini, hanya akan berbagi sedikit cerita yang aku alami. Kalian percaya dengan sebuah mitos? Atau entah apalah namanya, yang jelas semua bermula dari omongan orang tua, lebih tepatnya nenekku. Dulu. Dulu sekali, saat usiaku masih kecil.

Baca Juga:

Perlu kalian ketahui, dan mungkin sudah pernah aku singgung di postinganku “Identity of Penghuni 60”, bahwa aku fobia banget terhadap hewan yang bernama Labah-labah.

Ceritanya gini:

Dulu, saat aku masih kecil, aku menemukan seekor labah-labah yang berukuran besar di dalam rumahku, kira-kira besarnya sebesar telapak tanganku waktu itu, sontak aku pun ketakutan. Kakakku yang waktu itu berusia selisih 2 tahun denganku, mencoba membantuku dengan cara mengusir labah-labah itu dengan sapu, malah sapu itu hampir saja membunuh si labah-labah. Namun waktu itu nenekku mengetahui kejadian itu, nenekku berteriak,”jangan dibunuh labah-labah itu, biarkan dia pergi sendiri”.

Aku searching di google kira-kira bentuk labah-labahnya seperti ini:


“Emangnya kenapa Nek?” tanyaku,

“Jangan dibunuh, dia itu penjaga rumah sini”.

Walaupun aku dan kakakku masih belum mengerti apa yang dimaksud omongan nenek, tapi kemudian nenek pun bercerita tentang kisah labah-labah dan Rasulullah SAW. Kayaknya gak perlu aku ceritain disini lagi, karena aku yakin kalian pasti udah pada tahu ceritanya kan?

Sejak saat itu, setiap kali labah-labah besar itu muncul, kami gak pernah lagi merisaukan, atau bahkan mencoba membunuhnya, mungkin cukup mengusirnya saja.

Singkat cerita, usiaku sudah remaja, nenekku pun sudah tiada, suatu hari entah datang darimana, tiba-tiba saja labah-labah itu kembali muncul di tembok kamarku. Aku pun terkejut. Namun mendadak ada keinginan di benakku untuk berusaha menangkap labah-labah itu. Ya memang seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usiaku, rasa takutku itu agak sedikit berkurang. Malah semakin ingin mengetahui lebih banyak tentang labah-labah ini. Kenapa labah-labah ini bisa hidup di rumahku, tanpa sarang lagi, ukurannya tidak pernah berubah, bentuknya juga masih sama seperti dulu.

Dengan memberanikan diri aku mengambil sebuah toples plastik yang berukuran sedang, dengan perlahan tapi pasti aku dekati labah-labah itu, aku arahkan toples itu persis di atasnya. Setelah jaraknya pas langsung deh “hap !”

Berhasil!!!

Labah-labah itu masuk tepat ke dalam toples. Lalu dengan bantuan kertas karton yang udah aku persiapkan, aku selipkan kertas itu tepat di mulut toples yang masih aku tempelkan ke tembok, akhirnya aku berhasil menangkap labah-labah itu. Bayangkan, sedari umurku masih anak-anak baru sekarang aku berhasil menangkapnya.

Lalu aku apain labah-labah itu? Satu hari aku masih mengurungnya didalam toples. Malah aku berusaha memberinya makan, setiap hari aku beri dia beberapa ekor lalat yang masih hidup. Syukurlah dia mau memakan lalat itu. Tapi perlu kalian ketahui, ternyata labah-labah itu tidak memakan mangsanya sampai habis. Intinya, si mangsa hanya dihisap sari tubuhnya saja, sedangkan jasadnya dibuang begitu saja dalam keadaan mengering. Itu adalah sebuah pelajaran yang aku dapatkan waktu itu.

Dua hari berlalu. Tepat di hari ketiga, dia mogok makan. Aku merasa bersalah waktu itu, timbul juga rasa kasihan. Akhirnya, aku ambil keputusan, aku akan melepaskannya lagi, tapi tidak dirumahku. Aku bawa jauh-jauh ke sebuah kebun bambu yang jaraknya lumayan jauh dari rumahku. Disitulah labah-labah itu aku lepaskan.

Sejak itu aku merasa aman dirumahku...

Singkat cerita lagi. Setelah aku menikah, aku masih menumpang di rumah mertuaku sampai sekarang. Maklum, aku masih belum bisa mengontrak sebuah rumah. Ada hal yang bikin aku terkejut saat hari-hari pertama aku tinggal di rumah mertua. Apa coba? Labah-labah itu ternyata aku temui lagi di rumah mertuaku! Wah, gila! Aku yakin jenisnya sama, ukurannya juga sama. Aku tanya ke istriku, “labah-labah itu udah lama ada disini?”

“Iya” jawab istriku.

Disini aku kembali teringat dengan omongan nenek waktu dulu. Nenek pernah bilang, kalo kamu temui seekor labah-labah besar di dalam rumah, jangan kamu bunuh labah-labah itu, karena sebenarnya labah-labah itu adalah penjaga rumahmu. Apa benar omongan itu? Apakah semua rumah memiliki seekor labah-labah yang besar?

Sampai detik ini, pertanyaan itu masih terus mengambang di benakku. Hingga sampai kejadian tadi malam. Saat aku dan istriku terbangun di waktu subuh, istriku menunjuk ke arah langit-langit kamar. Mataku pun langsung tertuju pada objek yang nemplok di langit-langit kamarku, aku kaget, labah-labah besar itu sudah nemplok disana. Rasa takut yang masih ada, membuat ku segera beringsut menghindar. Eh, istriku malah bangun hendak mengusirnya, tapi aku cegah, “jangan, biarin pergi sendiri”.

Disinilah keanehan itu muncul. Saat perhatianku dan perhatian istriku tidak sedang tertuju ke labah-labah itu. Dan saat pandanganku kembali ke arah labah-labah itu, aneh, labah-labah itu udah lenyap. Padahal aku yakin, selang waktunya hanya 3 detik saja. Tiga detik aku tidak memperhatikannya, dan 3 detik itu pula dia lenyap. Mana mungkin bisa kabur secepat itu. Aku berusaha mencarinya kemana-mana, tapi nihil. Dia seperti menghilang begitu saja. Kemana dia? Entahlah...

Ini hanya sebuah cerita kecil, semoga ada hikmahnya yang bisa diambil di dalamnya, perlu diketahui juga, bukankah Labah-labah adalah salah satu dari ketiga nama hewan kecil yang namanya diabadikan dalam al-Qur'an.

1.semut (an-naml)
2.lebah (an-nahl)
3.labah-labah (al-ankabut)

Tapi aku masih penasaran dengan pertanyaanku di atas, apakah kalian bisa bantu menjawabnya?

Oya, minggu-minggu kemarin aku kembali mendapatkan award dari sobat-sobatku. Rasanya aku ingin sekali memajang award itu sekarang. Yuk kita intip awardnya.







1. Award ini berasal dari Sobat Cindelaras, thanks ya..


2. Award yang ini berasal dari Sobat Baruku Dwi Yulianto, makasih ya Sob..


3. Award yang ada di posisi ketiga adalah award spesial dari sobat baruku juga CodeXgigas, kereen banget awardnya, makasih ya udah menjadikan blogku sebagai inspirasimu..


4. Award keempat ini baru kemarin saya dapetin, Award ini award spesial dari Sobat Insan Robbani, yang menjadikan blogku sebagai penginspirasinya. Makasih ya..



5. Award yang kelima ini baru aja beberapa menit lalu aku menerimanya dari sobatku Dhe_Bie yang ternyata hari ini, detik ini juga sedang merayakan 100 postingannya, wow, selamat ya Dhe... semoga makin kece and keren blognya, dan sukses menyertainya.amiin.


Terima kasih buat kalian semua yang udah memberikan award keren di atas. Semoga blog kalian makin sukses!

Nah, untuk award yang no.1 ingin saya bagikan kepada Sobat Baru Penghuni 60 yang tercantum dibawah ini:
>> Rayen [http://noterian.blogspot.com]
>> Abi Say Drunk [http://www.abisaysdrunk.com]
>> BYANTUPA [http://byantupa.blogspot.com]
>> Blogadexme [http://blogadexme.blogspot.com]
>> Suhaila Gani [http://sprinklesnow.blogspot.com]
>> Fahrulrozi [http://tech-updatesoftware.blogspot.com]
>> infobisabanget [http://infobisabanget.blogspot.com]

Silahkan diambil awardnya ya....

Dan untuk kalian yang menempati posisi 5 komentator pertama disini, silahkan award yang no.2 kalian bawa pulang ya...

Happy Weekend...!!!

*******
Signp60


loading...

Related Post


114 comments

BTCClicks.com Banner
Apabila sobat menyukai Artikel yang aku tulis, Hayuk atuh diklik disini maka sobat akan mendapat kiriman artikel update terbaru dariku gratis melalui email Penghuni 60 atau masukkan email sobat di bawah ini lalu klik Subscribe

feedsburner
Comment Page :

Laba-laba memang mengagumkan, mulai dari penciptaannya dan manfaatnya.
btw, itu awardnya banyak banget ya...
Reply Delete
wiw~
aku malah baru tau ^^

coz jarang ada laba" dirumah....
jadi pengen tau juga :D
Reply Delete
hiii, seram juga tuh sob..
jgn2 laba2 siluman kali sob..

jd mrinding aku..

wah, berarti aku dpt awardnya ya.. ini award pertamaku loh..
Reply Delete
dhe malah baru tahu kang, kalo laba-laba itu adalah penjaga rumah.. hmm, jadi penasaran juga..

oya kang, ada hadiah spesial dari gamazoe.. diterima yaa http://gamazoe.wordpress.com/2012/03/31/seratus-cinta-gamazoe/ :)
Reply Delete
saya baru tahu ttg sugesti laba-laba sebagai penjaga rumah. Dan kebetulan beberapa waktu lalu ada laba-laba di pintu pagar depan, saya biarin saja. Tp beberapa hari ini saya sdh tidak melihatnya lagi, entah pindah tempat sendiri atau di pindahin oleh si bapak yg memang saya minta tolong bersih2 pekarangan rumah ya.
Reply Delete
@Arif: hehe, iya tuh, silahkan award yg no.2 kamu bw pulang ya...

@Jiah: aku mlh gak kpengen ktm laba2 lg..
award no.2 nya jgn lp dibawa pulang ya..

@Michael: waduh, masa sih siluman.. jgn nakut2in donk sob..

iya bnr tuh, km dpt award yg no.2 ya..

@Dhe: siiiiplah, lngsung aku proses award darimu Dhe. selamat ya utk posting 100 nya..
ambil jg tuh award yg no.2 utkmu Dhe..

@Ririe: baru tahu ya sob.. entahlah aku jg msh penasaran gitu..

oya, km dpt award yg no.2 tuh sob.. diambil ya..
Reply Delete
waktu kecil aku malahan pernah digigit serangga ini gan.
jadi spiderman dong gan
Delete
@Faisal: mending jadi spiderman, jadi bengkak iya.. haha :D
Delete
Reply Delete
pengalamanku kurang lebih seperti anda juga. awalnya takut tapi setelah diberitahu oleh bapakku bahwa tidak boleh membunuh laba-laba yah jadi tidak terlalu takut lagi. tapi biasanya ngagetin banget tiba-tiba muncul d dinding ato d wc.
Reply Delete
awardnya banyak ya,kak. slamattt. semoga makin semangat ngeblog ^^
Reply Delete
Wah, baru denger ada laba2 yang jadi 'satpam'. Kalo di rumah sih saya usir tu laba2, plus saya rusakin sarangnya.
Reply Delete
Loh jadi laba-laba cara makannya dengan menghisap sari tubuh mangsanya ya. Ane aja segede ini baru tahu. Tak kirain makan nyamuk.

Untuk penjaga rumah, ane kurang tahu sob. Tapi kalau sejarah laba-laba yang melindungi gua hira saat Rasulullah di kejar kaum Kafir, ane tahu sob.
Reply Delete
Dulu di rumah nenek ada laba2 besar, tapi d rumahku gak ada tuh..^^
Reply Delete
Anonim mengatakan... 31 Maret 2012 12.23
bicara tentang labah-labah, flash diabawah ada labah-labah yang mondar-mandir kesana kemari ternyata..

kunjungan perdana
Happy Blogging ^-^v..
Reply Delete
SYM mengatakan... 31 Maret 2012 13.41
saya juga phobia laba-laba :(
Reply Delete
. . wouwwww,, tapi kadang^ aq usir tuch laba^nya. takut kegigit. ntar bisa^ kayak spiderman lagi. he..86x . .
Reply Delete
Anonim mengatakan... 31 Maret 2012 15.21
Mantp sob, spider man yg baik...!
hehehe...
happy blogging!
Reply Delete
Aku belum pernah denger mitos kayak gitu sob. Tapi kalo kita gak gangguin mereka, kayaknya laba2 juga gak gangguin kita kali ya hehehe...
Reply Delete
Kunjungan balik gan..mampir ya dan joint site di http://boxfullalbum.blogspot.com/ dan http;//kumpulanjawaban.blgspot.com/
Reply Delete
hmmm, iya gitu laba2 penjaga rumah? saya nggak pernah ketemu laba2 di rumah deh. paling di langit2. hahaha
Reply Delete
makasih banyak ya :D
dengan award ini saya semakin termotivasi haha
apalagi ini adalah award kedua yang udah kamu kasih untuk saya :D hehe
makasih sobat
Reply Delete
Anonim mengatakan... 31 Maret 2012 18.44
Kalau soal mitos yang ini, di masyarakat jawa kadang emang masih dipercaya, tapi sayangnya saya pun belum berhasil menggalinya lebih jauh.
Bagi kaum santri, emang kerap kali dikaitkan dengan kisah hijrahnya Nabi Muhammad.
Reply Delete
waah, cerita nya bermakna juga, tapi agak aneh kang
Reply Delete
@Agriculture: waduh, gmn rasanya tuh sob? tp gak beracun kan?gak jd spiderman kan? hehe..

@Hima: bnr bgt sob, ngagetin.. sama tuh, kadang saya sampe mrinding kalo ngliat muncul dadakan gitu.

@Nidiana: makasih... kamu mau? ambil aja deh yg km suka.

@Millati: kalo yg bikin sarang sih jls aku rusakin sarangnya sob, biar gak kotor, tp laba2 yg dirumahku ini, dia gak bikin sarang. seolah2 dia itu laba2 pemburu yg mencari mangsanya dgn berkeliling kemana2, lain dgn laba2 malas yg mencari mangsanya hanya mengandalkan jaring sarangnya saja.

@Yitno: iya sob, mangsanya itu dihisap ampe kering loh.. trs ampasnya itu dibuang begitu aja.

@Sadah: berarti bnr ya, setiap rumah ada aja gitu yg mempunyai laba2 besar.

@Mimi: hehe, iya sob, matamu jeli juga ya.. kalo yg itu gak akan aku usir sob, biarin sengaja buat jadi penjaga blog ini.. hehe...

@Syam: berarti sama donk... :)

@VPie: kalo yg kegigit kamu bkn spiderman kali, spiderwoman, hehe.. 100x :P

@Irwan: lho, spiderman kan emang baik, emang ada yg jahat?

@Anak Rantau: maunya sih gitu sob, cm kadang bikin geli aja kalo misalkan mereka nemplok dibadan kita gitu.. apalagi susah nglepasnya karena jaringnya itu loh.. hiii

@Kumpulan: oke..

@Meutia: langit2 kan adanya dirumah Mut... berarti sama aja donk dirumah.

@Suhaila: sama2 sob.. silahkan diambil..

@Alamendah: tuh bnr kan, ternyata mitos ini memang ada kan, alias ada juga yg tau gitu selain nenekku. tp aku jg gak tau lbh byk tentang hal ini.

@Boby: emang aneh sob, misteri gitu deh..
Reply Delete
iwan mengatakan... 1 April 2012 09.38
wow pantas ada gambar spiderman diblog ini <---jadi pemilik blog ini laba2 juga ya?*pertanyaan aneh
Reply Delete
yg menerima award & pemberi award selamat ya.., smg silaturahim kalian erat & berberkah Aamiin... *smile
Reply Delete
kalau laba-labanya kecil gak takut tapi kalau besar takut :)
Reply Delete
Una mengatakan... 1 April 2012 11.30
Hihihi kalo di rumahku ga ada laba-laba yang begitu sih. Aku malah baru tau mitos penjaga rumah itu. :D
Reply Delete
. . wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . hu um spiderwomen. berarti ntar ada cow cakep yg suka ma aq. truz km jd musuh aq. he..86x . .
Reply Delete
ya..Cuma kayak di suntik gan,sayangnya bukan di Filem spiderman.jadi gak bisa berubah.xixixi
folow sukses gan.
Reply Delete
Saya tidak terlalu banyak mengetahui tentang laba-laba sob. Bicara laba-laba cuma satu yg saya ingat, Spiderman.:D

Tetapi harus di akui, banyak rahasia yg tidak terpecahkan oleh kemampuan manusia.

Selalu ada rahasia di balik rahasia.

Selamat untuk awardnya n Happy blogging.
Reply Delete
waha, kok phobia laba-laba bang .. gue malah pengen digigit biar jadi spiderman *kidding
btw, ane udah folbeck .. :)
Reply Delete
laba-laba memiliki keutamaan yang kita tidak tahu.. hingga ada surah dalam Al-quran tentang laba-laba.
Reply Delete
gila, itu laba2 serem jg sob..
misterius lagi..
Reply Delete
Anonim mengatakan... 1 April 2012 12.54
Betul itu. makasih artikelnya gan. Oiya Sastra Remaja 11 sudah muncul tuh sebagai followers ke-873. kapan2 bagi award ke ane yah. hehe
Makasih :)
Reply Delete
Gua takut sama laba-laba. karena bentuknya yang menakutkan, tapi mungkin di samping itu laba-laba menguntungkan bgi manusia. btw awardnya banyak bangettt. minta 1 donk. heeee
Reply Delete
froggy mengatakan... 1 April 2012 13.31
Kata almarhum nenek Froggy dulu, iya... ngga boleh dibunuh... trus kalau laba2 bawa telor, berarti bawa rejeki hihihi...
Reply Delete
Happy Sunday!! :D :D Have fun! :)
Reply Delete
Anonim mengatakan... 1 April 2012 15.14
tapi tetep aja serem
Reply Delete
Renova mengatakan... 1 April 2012 15.23
@ froggy :kalau bawa rezeki, biar az tuh rumahnya di penuhi sarang laba-laba, siapa tahu makin banyk telor makin nambah tuh rezekinya,hahaha
Reply Delete
Anonim mengatakan... 1 April 2012 16.12
berknjung lagi gan ...
Reply Delete
Salam silaturahmi sobat
Reply Delete
Unknown mengatakan... 1 April 2012 22.47
spiderman hehe... di rumahku banyak
Reply Delete
R10 mengatakan... 2 April 2012 10.56
jangan percaya sama takhayul yang tidak ada penjelasannya dalam islam
Reply Delete
@iwan: ???

@Rohis: kok artikelnya gak dikomentarin?

@Lidya: yg namanya phobia, gak liat ukuran sob, besar kecil ttp takut..

@Una: iya dirumah Una sih adanya si Shaun the Sheep.. hehe

@VPie: gak mau ah, aku maunya jadi sutradaranya.. haha 60x

@Agriculture: gitu toh? tp aku gak mau digigit..

@Mr TM: mungkin emang bnr kali ya apa yg km katakan.. okelah kalo begitu..

@EYSurbakti: ditemplokin aja aku udh takut sob, apalagi digigit...

@Hamparan: nah itu dia sob, disinilah letak rahasia terbesarnya..

@Sukma: iya tuh..

@Sastra: apanya sob yg betul, lbh spesifik donk.. thanks dah follow ya, awardnya kalo mau ambil aja sob.. yg no.1 ya..

@Fahmi: takut jg toh sob? sama donk.. emang bnr sih, skrg2 para ilmuwan tuh lg byk yg melakukan riset terhadap binatang yg satu ini, terutama jaringnya itu loh.. yg katanya sih akan dipake utk bahan pembuat rompi anti peluru. karena elastis dan kuat. kalo mau awardnya ambil aja sob..

@Froggy: ah masa sih? telornya byk rejekinya jg byk? hmm, baru dgr aku..

@Toxifier: thanks..

@infoobat: ya begitulah..

@Joe: tergantung jg sih, ada yg ternyata cm bikin sarangnya doank, tp telornya gak ada.. hehe.. :D bisa aja kamu..
kalo orangnya malas ya gak bakalan dpt rejeki.

@onesetia: makasih...

@Master: salam jg sob..

@katils: namamu kok unik sih? wah, dirumahmu byk spiderman sob? hebat..!! blh minta tanda tangannya gak, aku fans beratnya spiderman loh..
:D

@R10: penjelasannya sih gak ada sob, tp nama binatangnya tercantum dlm al-quran. apakah berarti laba2 itu punya keistimewaan?
Reply Delete
saya paling takut ama laba-laba....hhhee
Reply Delete
Anonim mengatakan... 2 April 2012 15.51
Award secepatnya akan saya jmput sob, thanks y.....
Reply Delete
Anonim mengatakan... 2 April 2012 16.23
sob,,Awardnya saya ambil ya ,,,yg nomor 2...!!!
okok,,,kan janji sobat memberikan saya awads
Reply Delete
Anonim mengatakan... 2 April 2012 16.28
off,,salah ambil awards sob,,,saya ambil award yg no 2 padahal seharusnya yg no 1...kwkwkw,,,,
Reply Delete
Unknown mengatakan... 2 April 2012 16.51
penghuninya dari bangsa hantu semua ya???
Reply Delete
saya termasuk pd binatang2 seperti laba2,kecoa,kaki seribu,cicak,dll...tp tidak pernah berfikiran untuk membunuhnya, kasian!

Mereka mahluk hidup dan ciptaan allah,itu alasannya. meski sebenarnya takut.. heuu saya gak tau hrs jwb apa untuk pertanyaanmu itu sobat :)
Reply Delete
walah awardnya banyak nie...
:P
Reply Delete
Aku baru tw soal laba pjaga rumah.
Beberapa kali aku ketemu laba² bsar drumah, bhubung emang takut jd gak di apa²in :P
Reply Delete
Unknown mengatakan... 3 April 2012 01.09
postingan nya kren gan
heheh salam kenal yachh
Reply Delete
oh jadi gitu yaah kang, tentang laba-laba yg jadi penjaga rumah :)
jadi alangkah baiknya kita jangan membunuh laba-laba tersebut ya, biar bisa jadi sahabat rumah. hehe


oh ya, mau backlink dong..
Reply Delete
Ninda mengatakan... 3 April 2012 05.40
heeemmm entah ya so far saya belum pernah menemui sih
Reply Delete
Bara tahu ada mitos seperti itu tapi memang binatang yang tidak berbahaya seperti laba-laba tidak pboleh dibunuh ya... di rumah nggak punya laba2 nih, kalau mau melihara nyari kemana ya? he..he..
Reply Delete
ane takut ama yg namanya laba-laba raksasa. Bentuknya itu lho, serem amat. Dirumah ane bahkan juga ada beberapa yang ukurannya lumayan gede. hiiii... >.<

seringkali nyamperin ane, tapi ane usir pake kibasan angin, eh tuh laba-laba malah ngejar2 ane...
bikin takut setengah mati.

kalo laba-laba raksasa bisa jd penjaga rumah, berarti penjaga rumah ane banyak ya kak??
hehehehehehe...

#oia, maaf baru sempet berkunjung kemari, koneksinya sedang lekong.
Reply Delete
bala-bala// hehey,.. takut ah kak,.. tapi lebih takut sam ulet,..hehehe
Reply Delete
kunjungan perdana Gan...
salam sukses selalu... :)

Btw, Nice share...

kalo sempat mampir ke gubug saya ya...
:D
Reply Delete
Bangsa laba-laba juga yang dicatat sejarah pernah menyelamatkan Rasulullah SAW =)
Reply Delete
@IT-Soft: sama donk...

@Irwan: oke deh..

@infobisabanget: ya udah terserah kamu aja deh mau yg mana. semuanya jg gak pa2 deh.. asal jgn no.4 dan 5 ya, itu award khusus utkku aja.. hehe..

@Stevfan: maksoed loe????

@Senja: bnr bgt sob, mereka juga berhak utk hidup, sama seperti kita2...

@Dihas: knp sob, mauuu??? ^_^

@Octarezka: hehe, trnyata byk jg ya yg takut laba2
:D

@Aieza: makasih..salam knl jg

@Indramayu Cyber: sahabat rumah??sahabat kamu aja deh.. hehe
boleh kita tuker link..tar aku pasang ya..

@Ninda: blm pernah ktm sama sekali sob?kok bisa ya?

@Haya: ke kebun bambu belakang rumahku aja sob, banyak... :P
asal jgn ke KFC aja, dijamin gak bakalan dpt deh..

@Enha: bnr bgt tuh, kebanyakan binatang yg namanya laba2 atw jg kecoa, itu kalo kita usir bukannya mlh lari, tp seolah2 malah nyamperin kita.. :D

emang ada brp byk laba2 dirumahmu?

@Hany: hahaha, km takut ama ulet? aku justru mlh gak takut sama sekali ama ulet, ulet kan lama2 jd kepompong trs jd kupu2 yg cantik.. masa takut sih?

@Ivan: tungguin aja sob nanti jg aku kunjungi istanamu.. makasih ya dah mampir, yg sering2 ya..
:D

@Uzay: betul itu sob..
Reply Delete
Wury mengatakan... 3 April 2012 14.36
Saya jarang sekali melihat laba-laba, tapi pernah mendengar mitos, kalau laba-laba di rumah itu mendatangkan rejeki, maksudnya rejeki kita lancar.
Semoga rejekimu lancar, Mas :)
Reply Delete
@Wury: amiiin.. tp tetep aja kita jg musti berusaha keras dan jgn lp berdoa, agar rejeki itu ttp lancar. thanks ya..
^_^
Reply Delete
Mmmph... penjaga rumah enggak ya? ^.^a

Yakin itu mirip dng yang di rumah Mas Wawan sendiri? jangan2 malah penjaganya Mas Wawan lagi... ih ngeriii... haha :D

Sesama makhluk-Nya, jangan saling menganiaya *saran sok tua* Yang pasti semua makhluk telah ada penjaganya, DIA yang nyiptain kita semua <<< sotoy, tapi bener kan ya.. ya.. ya... ? ;)
Reply Delete
bisa juga..
Reply Delete
Gugun mengatakan... 3 April 2012 20.09
laba-laba banyak ya yang phobia sama hewan ini, tapi saya tak termasuk hehe salam kenal

blogku http://www.idebagusku.com
Reply Delete
laba-laba juga penting dalam menjaga ekosistem, salah satunya mengendalikan populasi nyamuk. f=.=

mungkin maksud nenek itu menjaga ekosistem mikro di dalam rumah. [CMIIW]

:)
Reply Delete
wah kisah seperti yang kamu alami tentang labah-labah jarang aku denger sob, aku sendiri juga jarang memperhatikan gerak-gerih dari binatang ini.

Ma'af bgt ya sob aku gak bisa kasih jawaban he...He.,he...
Reply Delete
Anonim mengatakan... 4 April 2012 07.23
jadi makin merinding kalo liat labah labah, aku udah takut ._.
Reply Delete
. . loh,, tapi kayaknya km cucok jd musuh nya dech. he..86x . .
Reply Delete
isun geli kang ari ning laba-laba kah =))

hehehe...
Reply Delete
Hayoo nanti rajin bersih2 ya, biar laba2 nya gak bersarang lagi dirumah :D
Kunjungan balik, salam kenal ya...blognya bagus bangeet, kreatif
Reply Delete
Anonim mengatakan... 5 April 2012 16.18
Seppp,,sob...!!!
saya ambil jga Award nomor 2 langsung saya pajang di artikel terbaru saya..!!!
Reply Delete
hhaha, gak mau sahabat ane mah..

masbro, link sudah terpasang di sidebar/homepage :) thanks yaa :)
Reply Delete
Unknown mengatakan... 7 April 2012 10.05
Kalau yang ini postnya bagus tentang Laba2 :)
Reply Delete
gan, sekali2 kita memberi permen biar segar sdkit. ane udah belikan permen buat agan dgn AC. klo g prcaya cek di TKP nya. salam kembali dgn memberikan permennya...
Reply Delete
nsjdd mengatakan... 8 April 2012 10.19
akhirnya dipost juga tuh award dari saya. blog ini memang cucok abis kalo untuk dikasi award. langsung ada 20 traffic yang datang dari artikel ini dan pas saya cari - cari ternyata dari award yang dulu pernah saya titipkan.

^_^

kayaknya ceritanya sama nih mas W.

Dulu sewaktu nenek buyut saya masih ada, dirumahnya sering ada Kolo-Monggo (begitu Ia menyebut Labah2). katanya juga kolo-monggo itu adalah penjaga tidurnya.

seiring kepergian sang nenek, kolo-monggo itupun juga tidak pernah nampak

#aauuukkkk serem

-____-
Reply Delete
sungguh ciptaan yang sangat menakjubkan labah2, apa lagi saranya indah banget ya :D

makasih sharingnya..salam dan suport dari duniasharing.com
Reply Delete
Dalam sejarah perjalanan hidup Nabi Muhammad, Laba-laba dengan jaringnya pernah menyebabkan logika manusia terperdaya.Sehingga Nabi Muhammad terhindar dari kejaran kaum tertentu.Hakekatnya sang khalik lah yang telah menyelamatkan, ini merupakan salah satu kebesaranNya.
Reply Delete
Laba-laba merupakan hewan yang menakjubakn, terdapat banyak pelajaran yang bisa didapat terutama bagi kaum yang berpikir
Reply Delete
Aflah mengatakan... 18 April 2012 01.07
nice posting nya bro
sukses ya
Reply Delete
malam sobat...maaf nich baru berkunjung lagi sobat...
Reply Delete
kunjungan gan.,.
bagi" motivasi.,.
Seorang pesimis melihat kesulitan dalam setiap kesempatan,
orang optimis melihat kesempatan dalam setiap kesulitan.,
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,
Reply Delete
Unknown mengatakan... 2 Mei 2012 10.02
luar biasa ceritanya sob.. sampai bingun kok bisa - bisanya seperti itu :D
wah, luar biasa juga award2nya. ngomong2 bagi - bagi cara buat widget top commentators dan look recent comments dong.. mohon sharing infonya master penghuni60 :)
Reply Delete
Tebinfea mengatakan... 3 Mei 2012 14.56
Thank you for your visits.
Good Thursday.
Teb.
Reply Delete
keren nih , emang penjaga rumah tuh si laba-laba wkkwkw...
Reply Delete
cerita yang menarik untuk disimak gan..
Reply Delete
Waduh, .. ternyata 31 Maret 2012 saya dapat award disini. Maaf baru nyadar setelah meneliti komentar yg belum ke jwb :D

Saya ambil. Terima Kasih Mas Wawan Penghuni60 :D
Reply Delete
Barusan ada labah2 di kamar. Pas searching di internet ketemu tulisan kakak.. wah bikin penasaran..
tp jgn penasaran ama yg nulisnya ya :)
Delete
Reply Delete
i just killed the giant spiders yesterday ... saya gak takut.hantu ya bcos.iam.atheist lol
haha, whatever..
Delete
Reply Delete
Unknown mengatakan... 16 Juni 2016 09.04
Kejadiannya mirip om sama yg dialamin oleh saya dan keluarga saya. Entah darimana asalnya itu laba-laba gede masuk rumah kami.. dan kejafian itu selalu berulang ulang. Pokonya sering banget deh om.. saya juga heran ko bisa sesering itu.
Sering saya dengar mitos dari orang tua,itu laba-laba yg selalu Mengganggu kita pada saat kita sedang pules tertidur. Kalau orang sunda namain laba-laba itu si BIG SPIDER, wuihh keren kan namanya... kebarat baratan banget ya? Tapi bukan itu sih,, namanya aslinya versi sunda EUREUP-EUREUP. nah mitos ini sudah lama saya dengar dari orang tua semeNjak saya belum lahir,saya udah dengar tuh ceritaanya, hehe ko bisa ya? canda om.
Om pernah merasa sulit bangun dari tempat tidur ga? Untuk berteriak rasanya susahhh banget? terus serasa ada yang mencekik atau menindih ke tubuh kita? Nahh itu om kata orang zaman dulu itu akibat si eureup-eureup melewati atau menyentuh tubuh kita..terus eureup-eureup itu selalu dikait-kaitkan dengan hal2 gaib.(seperti jelmaan dari jin) ada juga yg berpendapat si eureup-eureup itu pembawa rizki. Om bingung kan? Sama om saya juga? Hehe.. yg jelas ini cerita yg sering saya dengar dari orang jadul. Ups!! mksudnya orang tempo dulu. Dan yg terakhir saya serahkan semuanya pada sang kholik,karena DIA yg mengetahui semuanya
Wallohua'lambisawab
yg namanya mitos memang selalu menggelitik, menarik utk dibahas, yg penting jgn sampe merubah keyakinan kita pada Yang Maha Esa... mksh cerita serunya sob.. :)
Delete
Reply Delete
Bro, baru kmaren senen gue sepulang dari malem skitar pukul 10 malam, saat gue masuk rumah gue lihat ade gue tertidur pules di depan tv saat gue mau balikin badan ngunci pintu ngga sengaja mata gue sensitiv bgt lihat prgerakan cepet, feeling gue pasti ngga bakal jauh kalo itu laba" trnayata pas gue sorot pake led hp bener aja laba" yg sama persis lu ceritain brwarna coklat khitaman ukuran besar mungkin krna kakinya panjang" ya,ada di dinding coklat motif kayu sbelah ade gue,, jujur gue emg phobia bgt sama serangga itu tapi kake sama nyokap gue pun brkata jangan di bunuh biar prgi sndiri itu (monggo) laba" bhs jawanya...itu kata" yg gue slalu inget, tapi knapa gue tetep bunuh itu serangga entah pake baygon sapu dll... Akhirnya gue pun merinding stengah mayi saat nyenter itu serangga sbelah ade gue pake hp, alhasil gue cari gagang sapu buat ngebunuh itu binatang, selang beberapa detik adik gue reflek di gihi nyamuk mungkin ya mukanya, belum sempet neprok itu nyamuk di kepala, laba" itu lari ngga ada dari 2 detik bro.... Gile gue cari ksana kmari kaga nemu ngilang gitu aja... Padahal ini hp masih ngorot itu mahluk sambil megang gagang sapu.... Dari crita ini gue banyak persamaan sama crita yg lu buat, tapi knapa sampe skrg gue masih phobia sama yg namanya laba" sayangnya :(
seru juga sob critanya, thanks udh berbagi disini. buat ngilangin phobia emang agak susah sob, jujur ya, ane jg phobia ama laba2, trs belakangan emang agak menurun phobianya, alias udh mulai berani nyomot laba2 yg ukurannya kecil. malah ane mainin ditangan. tp sampe skrg phobia itu ternyata msh blm ilang, apalagi kalo ngliat laba2 yg ukurannya gede trs nyeremin. tp dari cerita kamu dan cerita saya itu sudah jelas bahwa laba2 memang bukan makhluk yg dianggap sepele, apalagi mereka itu tercatat dalam Al-Quran. Jadi intinya sih, sebisa mungkin jangan dibunuh. Toh, memang bnr kata ortu saya mereka akan pergi sendiri, tanpa mengganggu kita. Terkecuali kalo laba2 yg jenisnya adalah tarantula atau yg beracun, itu lain lagi ceritanya. Daripada kita yg digigit, lbh baik kita lawan kan?
oya, kalo didaerahku laba2 itu bahasa daerahnya bernama "Gonggo"
Delete
Reply Delete
Baru baca blog ini gara2 googling di internet ttg hukum membunuh laba-laba. Dari semua bacaan saya nemplok juga kesini. Dapat pelajaran banyak cuma sebelum googling saya sudah terpaksa membunuh laba-labanya karena tiba2 saja saat tidur kaki saya dirasa ada sesuatu yang berjalan. Lalu karena reflek kaki saya ikut menendang tapi lba2nya malah berjalan naik ke bantal saya. Karena dari dulu memang geli an klo lihat laba2 jdnya reflek lagi ambi sapu lidi. Terus saya usir tapi dianya malah tetap nemplok diatas kepala kasur saya. Itu jam 3 pagi dan saya gak.bisa tidur. Akhirnya saya usir pertamanya sama sapu tapi dianya masih nemplok disana. Karena frustasi dan tingkat kegelian meningkat terpaksa saya bunuh. Saya bunuhnya sambil ngucap2 "astagfirulla maafkan aku maafkan aku.." sampai pagi ini saya gak bisa tidur karena merasa bersalah dan hampir nangis pas baca cerita ini. Penjaga kamar saya terbunuh :"(
Gak usah sedih gitu. Itu kan karena reflek dan rasa takut kamu yg memunculkan tindakan tanpa terkontrol. Dan itu msh dibilang wajar. Kamu sisipin aja doa kamu utk laba2 itu saat kamu berdoa. Setidaknya cm itu yg bs kita berikan utk menghapus kesalahan. Siapa tau nanti diberi penjaga kamar yg baru. :)
Delete
Reply Delete
saya baru ngalamin. dengan laba2 yg sama kaya d foto, 3hr lalu sy nemuin dia d depan kamar dengan posisi yg sama jam 2 dini hari. eh hari ini dia nongol lagi jam 2an lg. hehehe benernya seh ga pengen ngusir tp geli aja jd tk giring ke luar rumah. takutnya ntr malah ke bunuh. kl ak seh ikutin sunah aja. binatang yg dlarang dbunuh. kl masalah bahaya terkena gigitan atau ndak biar Allah SWT yg menentukan.
Betul mas Errik, soal bahaya atau tidaknya kita serahkan pada Allah, toh jikalau memang kita tdk mengganggu mereka. Laba-laba itu juga akan menyingkir sendiri. cukup kita usir secara halus saja agar menjauh.
Delete
Reply Delete
Unknown mengatakan... 23 Juni 2017 21.24
Klo yang aku alami itu... laba2 selalu muncul di kmr ku dan gk prnh di tmpt lain ... pdhl kn aku phobia serangga :'( ..... laba2nya bermacam2 variasi ukuran dr yg kecil smpe seukuran telapak tangan ... tp dsni gk ada jaring laba2 .... bru aja 5mnit yg lalu aku histeris gra2 di samping ku ada laba2 ... :'( bknx aku tega membunuh laba2nya tp ... aku cm takut klo laba2nya masuk telinga / baju ... :( ...
betul juga sih, takut kalo2 masuk ke telinga kan gawat. soalnya udh pernah tuh kejadian di orang luar sana kemasukan laba2 besar dalam perutnya, hidup lagi, dan bersarang, trs hrs dikeluarkan dgn jalan operasi... hiiii ngeri... itu katanya sih, masuk dari mulutnya ketika org itu sedang tidur pulas. gak bisa dibayangin deh... ya lbh baik coba kamu gunakan pengusir serangga dengan semprotan pestisida yang aman atau alat pengusir serangga lainnya. Setahu saya ada tuh alat pengusir laba2 yg dicolokin pake listrik, jd dia akan mengeluarkan gelombang suara bising yg hanya terdengar oleh2 laba2 dan serangga sejenisnya, sehingga mereka akan kabur mencari area yg lbh jauh. coba deh kamu cari di internet
Delete
Reply Delete
Di rumahku juga ada tuh laba2 rumah warna coklat. Bentuknya sama persis kaya gambar di atas. Aku pernah lihat itu laba-laba saat masih sd d kamar. Sampai sekarang udah kerja masih ada d rumah. Tapi jarang nampakkin diri sih. Kadang2+tiba2 aja nongolnya. Entah diam dmna itu laba2. Soalnya gak pernah lihat tuh sarang laba2 yang gede. Waktu kecil aku takut, tapi ibu bilang tidak apa2 itu laba2 penjaga rumah. Waktu ayah kaget mau bunuh juga, ibu marah2 supaya dibiarkan saja. Ibu percaya kalau itu laba2 penjaga rumah ini.
ternyata bnr ya apa yg dikatakan nenekku dan ibumu itu sama persis.
Delete
Reply Delete
Wah ternyata ceritanya sama yg pernah ku alami, dulu sewktu ku masih kecil dikamarku sering ada penampakan laba2 besar ini, sebesar telapak tangan warna hitam kecoklatan dia sering nemplok di tembok kadang2 hilang trus muncul lg, yg bikin aku bingung laba2 ini sarangnya gk ada, Krn aku belum prnh menemukan sarangnya dikamarku, atau memang laba2 jenis ini tidak membuat sarang jaring kah? karna wktu itu aku rada takut dg laba2 sebesar ini ak merasa risih, merasa gk nyaman, sering ku mengusirnya tp muncul2 lagi Sampai kesalnya suatu hari Aku Semprotkan pembasmi serangga B*y**n sampai 10x semprot mungkin, laba2 itu diam saja, kupikir nanti juga pasti mati, lalu kubiarkan saja.. lalu dua hari kemudian laba2 itu muncul lagi .. WTF !! Aku heran di semprot B*y**n kok tdk mati? Akhirnya saking kesalnya aku geprek laba2 itu pakai sapu lidi tp tdk langsung mati malah berhasil kabur.. waktu itu ibuku melihatnya dan berkata "jangan kau bunuh laba2 itu biarkan saja dia sudah ada dirumah ini sejak lama dia penjaga rumah" hah aku bingung apa maksudnya penjaga rumah? Entahlah sampe skrg juga masih bingung soal laba2 itu..
hmmm, mungkin memang bnr, bahwa disetiap rumah pasti memiliki laba2 yg besar. dan dia adalah penjaga rumah itu. mksh udh share ceritanya
Delete
Reply Delete
Alfa mengatakan... 18 Oktober 2017 08.17
sya barusan ketemu laba2 drumah,, mau diajakin kenalan eh malah kabur si beliau itu... hahaha...
berarti laba2nya jinak2 merpati itu, didekati lari.. haha...
Delete
Reply Delete
Sama..dikamar anak saya juga ada laba laba, ttau tau kok ilang ssndiri,laba laba nya,
Wah, jgn2 jenis laba2nya jg sama.. kayak apa laba2nya?
Delete
Reply Delete
Gue baru jumpa di kamar tadi.
Waduh.. trs gimana tuh?
Delete
Reply Delete

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik, kalo ada yang meninggalkan link atau iklan di kolom komentar, maka komentarnya akan saya hapus.
Gunakan Form Komentar Klasik untuk hasil komentar terbaik. Terima kasih.


Cancel Reply
 
BacktoTopRN