Mengapa Ayam Berkokok Di Pagi Hari?


Selasa, 12 Maret 2019
Labels:
Advertisement
Penghuni 60 | Mengapa Ayam Berkokok Di Pagi Hari?

Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa segudang perilaku hewan pada umumnya didorong oleh jam internal dalam tubuhnya yang mengenali waktu. Misalkan pada malam hari, beberapa hewan menyelupkan diri mereka di rawa atau kubangan air, bahkan ikan-ikan di dalam gua menggunakan jam sirkadian untuk memberitahu waktu.

Baca Juga:

Mengapa Ayam Berkokok Di Pagi Hari?

"Suara ayam berkokok merupakan simbol atau pertanda bahwa waktu fajar telah tiba. Banyak orang di berbagai Negara percaya itu, namun penelitian ini belum cukup jelas membuktikan bahwa ayam jantan sesungguhnya memang berkokok karena memiliki kepekaan waktu dalam tubuhnya atau hanya respon untuk menstimulasi rangsangan eksternalnya" kata Takashi Yoshimura dari Nagoya University.

Karena rangsangan sepanjang hari, seperti menyalanya lampu mobil, akan memicu ayam jantan untuk berkokok setiap saat. Hal ini juga diduga menjadi alasan mengapa ayam jantan terus berkokok karena adanya cahaya yang mengarah pada ayam jantan.

Untuk mengetahuinya, Yoshimura dan rekan-rekan melakukan penelitian dan menempatkan 40 ayam jantan dalam pengaturan dengan cahaya konstan, kemudian direkam ketika mereka berkokok.

Benar saja, nyatanya ayam berkokok tidak hanya saat fajar. Ayam jantan juga berkokok karena merespon cahaya dan sebagai cara berkomunikasi sesama ayam, tetapi perilaku berkokok mereka memang jauh lebih kuat saat fajar. Sebagai tindak lanjut, tim berharap untuk menentukan dasar-dasar genetik dari suara binatang lainnya.

Hmmm, jadi faktor tidak langsungnya adalah karena adanya cahaya.

*******
Signp60




Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

24 comments:

  1. hohohooo aku ingat, ini blog lawas yak, dulu ditahun 2010 atau 2011an gitu kita sudah sering bw-bw an, gilak masih eksis aja min, ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, betul bgt sob.. wah senangnya bs ketemu kawan blogger lawas.. aku hampir kehilangan byk tmn gara2 jarang BW... :D

      Hapus
  2. Balasan
    1. nah, mungkin pas ada cahaya lampu motor lwt kali mlm2 jd disangkain pagi.. hehe

      Hapus
  3. wah baru tahu ane gan ternyata gara-gara cahaya ayam jantan bisa berkokok ya, makasih banyak gan nambah ilmu buat ane :)

    BalasHapus
  4. berkokok di pagi hari untuk membangunkan manusia
    cuma yang jantan saja, betinanya tidak

    BalasHapus
  5. Blogger mastah :v btw,kalau blog lawas kayak gini jadi ingat Blog Bung Enigma dan Blog Hawkson :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, sama saya juga kangen ama 2 blogger itu, apalagi sama bro E tuh inspirasi terlahirnya blog ini... entah ada dimna dia ya? Kalo Hawkson msh eksis ama buku2nya, eksisnya jg dimedsos.

      Hapus
  6. Ouwh gitu yaa.

    Jadi keinget cerita bandung bondowoso yang gagal cintanya gara gara ayam jantan berkokok wkwkkw.

    Ahh dasar ayam jantan

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, betul sekali, Bandung Bondowoso telah dikerjai, si ayam berkokok jg telah dikerjai dgn cahaya

      Hapus
  7. jadi ingat jokes kenapa ayam berkokok matanya merem... karena udah apal teksnya :D

    BalasHapus
  8. Refleksi cahaya. Karena ayam kan buta kalau gak ada cahaya. Bukan begitu? Maka nya ada istilah rabun ayam.

    BalasHapus
  9. Ohh pantas saja Koko ayam tengah malam jg sering dikaitkan dgn adanya malaikat yg sedang 'lewat', mungkin ayam bisa menangkap spektrum cahayanya

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.