Misteri Pembuatan Piramida Di Mesir


Minggu, 06 April 2014
Labels:
Advertisement
Jika berbicara tentang Mesir, ada satu bangunan yang paling terkenal yang akan segera terbayang di benak Anda, yaitu Piramida. Piramida di Mesir, memang kerap kali mengundang banyak pertanyaan, terutama bagi para arkeolog. Mulai dari untuk tujuan apakah Piramida itu dibangun, sampai kepada siapakah yang telah membangunnya? Semua pertanyaan-pertanyaan itu masih menjadi misteri yang belum terjawabkan secara pasti.

Contohnya pembangunan Great Piramida di Giza. Bayangkan sendiri oleh sobat Penghuni 60, menurut keadaan saat itu serta berdasarkan kesimpulan para arkeolog, bahwa penduduk Mesir saat itu mencapai 50 juta orang. Sedangkan, pembangunan Piramida terjadi pada tahun 3.000 SM, yang mana saat itu jumlah penduduknya sekitar 20 juta orang. Lalu siapa sisanya yang 30 juta orang?

Misteri Pembuatan Piramida Di Mesir

Disinilah, teori-teori mulai diungkapkan. Dari sekian banyak teori yang ada, dua diantaranya mendapatkan banyak dukungan tentang kebenarannya. Berikut kedua teori itu:

1. 30 juta orang misterius itu bisa jadi Alien dari planet lain

Memang teori ini sebenarnya agak konyol, tapi sampai detik ini pun misteri tentang keberadaan Alien dari planet lain belum bisa dibuktikan kebenarannya. Namun perlu diketahui, laporan tertua mengenai adanya pesawat dari luar angkasa yang mendarat di bumi ini asalnya dari abad ke-15 sebelum Masehi, yaitu ditemukan dalam sebuah tulisan Mesir kuno atau biasa dikenal dengan papirus, yang mana tulisan kuno tersebut merupakan cuplikan yang berasal dari dalam buku harian Raja Thutmosis III yang berkuasa pada tahun 1504-1450 SM. Raja Thutmosis III merupakan raja Mesir terbesar di masa lalu yang memiliki daerah kekuasaan hingga ke sungai Euphrat dan Sudan.


Dalam laporan itu menunjukkan kejadian yang terjadi saat Thutmosis III sedang melakukan ekspedisi penaklukkan yang ia pimpin secara langsung. Nah, dalam perjalanannya itulah Thutmosis III sempat melihat adanya sebuah lingkaran api yang muncul terbang di angkasa dengan panjang sekitar 1 rod atau ± 5 meter tanpa mengeluarkan suara bising serta bergerak sangat perlahan namun bertambah tinggi dan terus naik ke angkasa menuju ke Selatan kemudian menghilang ditelan kegelapan malam.

Dari situlah timbul teori bahwa alien memang sudah mulai mengunjungi bumi sejak jaman dahulu kala.

Lalu hal menarik lainnya juga ditemukan pada analisa pengukuran ketinggian Piramida di Giza yang jika dikalikan dengan angka 1 milyar, maka akan diperoleh jumlah 148.208.000 km, angka jumlah tersebut ternyata sangat mendekati angka jarak antara Bumi ke Matahari yaitu 149.450.000 km. Apakah ini hanya kebetulan semata?

Sekarang kita beralih kepada contoh menarik lainnya. Ada sebuah pulau terkenal dengan nama Elefantine atau Gajah di Mesir. Konon katanya, pulau tersebut sudah sejak dulu kala bernama Pulau Gajah. Pulau ini mungkin diberikan nama tersebut sesuai dengan bentuknya, terutama jika dilihat dari atas langit, yang mana pulau ini menyerupai gading seekor gajah. Lalu, darimana orang Mesir kuno bisa memberi nama “Gajah” untuk pulau itu? Apakah ini juga kebetulan yang kedua? Hmm, terlalu banyak kejadian-kejadian yang mengarah kepada 'kebetulan'. Apakah tidak ada penjelasan secara ilmiahnya?

Teori ini pun masih menjadi misteri.

2. Piramida itu dibangun jauh lebih awal dari yang diperkirakan

Dalam teori kedua ini, ilmuwan memperkirakan keadaan Mesir sekitar ribuan tahun yang lalu. Menurut mereka, Mesir pada ribuan tahun lalu itu dihuni oleh suatu bangsa yang mempunyai teknologi tinggi serba canggih. Namun sayangnya, bangsa yang berteknologi tinggi ini pun akhirnya musnah terkena bencana Nuh, yaitu berupa banjir besar melanda muka bumi ini.


Menurut ilmuwan pula, ketika kita melihat pada badan patung Sphinx, maka kita akan menemukan bekas termakan karat atau erosi. Nah, dari sinilah akhirnya ilmuwan pun berprediksi bahwa patung Sphinx itu mungkin dibuat jauh lebih awal, kemungkinan ribuan sampai puluhan ribu tahun yang silam sebelum masehi.

John Washeth, seorang sarjana yang menjadi penulis buku berjudul "Ular Angkasa" mengungkapkan pendapatnya mengenai bangunan piramida dan patung Sphinx. Katanya, kedua bangunan tersebut jika dibandingkan dengan bangunan-bangunan lainnya sangatlah jauh berbeda, John memperkirakan keduanya dibangun pada masa yang jauh lebih silam.

Dalam buku yang ia tulis juga mengatakan, "perkembangan kebudayaan Mesir, mempunyai kemungkinan tidak berasal dari wilayah aliran sungai Nil, akan tetapi mungkin juga berasal dari kebudayaan yang jauh lebih awal lagi."


Swalle Rubich, seorang ahli ilmu pasti pun ikut berpendapat, ia menuangkan pendapatnya dalam buku "Ilmu Pengetahuan Kudus". Disitu ia mengungkapkan bahwa pada tahun 11.000 SM budaya Mesir kemungkinan adalah sebuah budaya yang hebat. Dan di saat itu patung Sphinx memang belum ada, terbukti dari adanya bekas erosi yang ditemukan pada badan Sphinx. Bekas erosi itu menunjukkan bahwa telah terjadi banjir yang sangat besar dan hebat, sehingga ketinggiannya mampu mencapai badan Sphinx.

Lalu jika kita memperhatikan Piramida Khufu yang berada di Giza. Bangunan tersebut adalah bangunan batu dengan berbagai ruangan di dalamnya yang memiliki luas 4.072 meter persegi. Jika kita perhatikan balok batu yang digunakan untuk membangunnya itu berjumlah 2,3 juta batu. Yang mana masing-masing batu memiliki berat berbeda berkisar antara 2,5 ton hingga 50 ton. Anehnya, batu-batu ini sanggup disusun hingga mencapai tinggi 481 kaki.

Kalo dipikir-pikir, bagaimana cara mereka membawa batu-batu itu? Sebuah teori mengatakan mereka membawa batu itu dengan menggunakan batang-batang pohon yang dijajar lalu digelindingkan. Jika memang seperti itu pastinya akan membutuhkan ratusan ribu jumlah batang kayu. Lalu darimana Fir'aun Mesir bisa mendapatkan semua batang kayu itu?

Dan yang lebih membuat kita tidak habis pikir, adalah bagaimana cara mereka mengangkat batu-batu berat itu hingga sampai ke atas? Juga bagaimana mereka memotong-motong batu itu hingga terbentuk sudut yang tegak disebelah Tenggara, hanya setengah inci lebih tinggi dari sudut yang ada di bagian Barat Laut. Agak mustahil memang?

Namun, tetap saja teori ini masih menjadi misteri.

Kedua teori di atas, memang lebih banyak diterima oleh para ilmuwan, meskipun bukti-bukti yang pasti masih terus dicari sampai sekarang. Sama halnya dengan keberadaan Candi Borobudur di negara kita, yang juga masih menyimpan banyak teka-teki. Apakah bangunan-bangunan besar pada masa lalu, memang sengaja dibangun untuk tujuan tertentu? Apakah tujuan tertentu itu menyangkut tentang astronomi? Ataukah ada tujuan yang lain yang masih belum terungkap?



Signp60



Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

25 comments:

  1. artikel sudah cukup ilmiah tapi sayangnya sumber referensinya kurang memadai karena enggak disebutkan mas.

    makasih atas ulasannya

    BalasHapus
  2. Mmmm... benar-benar sebuah misteri, alien memang jadi satu misteri sampai sekarang....

    BalasHapus
  3. mungkin karena itu piramida dikelompokkan menjadi salah satu keajaiban dunia. memang kalau dipikir secara nalar sepertinya mustahil kalau yang membangun hanya dari bangsa manusia.
    terlepas dari itu semua, yang berbau misteri selalu menarik untuk di ikuti :)

    BalasHapus
  4. Coba kita perhitungkan juga alat pembuat pilar pilar pyramida menggunakan jenis mesin apa ya?

    BalasHapus
  5. sungguh luar biasa, teknologi yg sederhana bisa mewujudkan keajaiban

    BalasHapus
  6. selalu ada cerita macam ini ya bukan hanya pembangunan piramida

    BalasHapus
  7. Wihh.. pasti ada Mummy nya tuh gan

    BalasHapus
  8. @Ustadz: sepertinya mata mas Ustadz ini yg gak jeli, karena bagi yg matanya jeli pasti tau dimana link sumbernya berada, apalagi yg sering baca di blogku ini

    @Yobert: iya sob, karena blm ada bukti yg pasti

    @Najwa: sama2 sob

    @Kang Ucup: hehe, iya Kang, org Indonesia pasti lbh suka bgt tuh yg berbau misteri.. :D

    @Bewe: nah lho, pake apa tuh sob kira2??

    @Oyo Sukarya: yup, betul bgt sob, agak aneh memang

    @Lidya: terkadang rasa penasaran manusia itu bisa mengalahkan realita sains mbak..

    @Munawir: asalkan jgn hidup aja ya sob.. hehe... :D

    BalasHapus
  9. kalo membahas misteri bangunan2 jaman dulu yg besar2 memang sulit juga untuk bisa dimasukan ke akal sehat

    BalasHapus
  10. @Fitriyana: iya mbak Fit, kadang kita jg hrs berani menyingkirkan yg namanya berpikir dgn akal sehat, karena siapa tau kemungkinan-kemungkinan atas jawabannya itu diluar dari akal sehat

    @Superhero: kayaknya akan selamanya menjadi misteri mas..

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. yah namanya situs kuno, pasti banyak pendapat dalam menanggapinya

    BalasHapus
  13. @Rian: sayang bgt sob, komenmu padahal bagus, tp kamu menyisipkan link, jd aku hapus, sori

    @Zachflazz: kalo situs blogku kuno gak mas Zach? :)

    BalasHapus
  14. benar-benar sebuah misteri yang sangat luar biasa..

    mungkin karena itu piramida menjadi salah satu keajaiban dunia.

    mas saya minta maaf ya?? soalnya saya tidak posting artikel penghargaan yang sudah memilh blogku tampil di blognya mas.. Guest This Week

    BalasHapus
  15. @Yahya: hehe, gak pa2 mas Yahya, la wong aku kan ikhlas kok ngasih penghargaan itu, bukan utk diposting di blog.. ^_^

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  17. setidaknya misteri seperti ini sangat bagus, membuat berpikir, tidak seperti film-film misteri Indonesia #salahfokus

    suka banget, baca ini jadi tambah pengetahuan lagi buat saya ^_^

    BalasHapus
  18. @Cara Tes: sori sob gak blh naruh link disini, baca peraturannya

    @Suci Mine: iya mbak Suci, kebanyakan misteri Indonesia sudah melenceng tuh.. BTW, mksh ya..

    BalasHapus
  19. Makasih infonya gan...

    BalasHapus
  20. Weh. itu semua sangat menabjubkan bro. :D hehehe
    saya tunggu kunjungan diGubuk ane, biar makin akrab. hehe

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  22. @Petualangan: sama2 sob

    @Dian: oke sob, tunggu aja ya...

    @Asrizal: gak usah diumpet2in segala sob, link hidupnya pasti ketauan kok.. pake diumpetin... :P

    BalasHapus
  23. ane setuju sama poin 1 gan, cuma yg dimaksud alien disini adalah mahluk sebelum manusia dibumi, yaitu Jin, Bin & Jan. kenyataannya raksasa aja ada kok gan, flash back ke cerita nabi Daud yg melawan tentara Jallut, sementara Jallut itu diketahui adalah manusia raksasa yg tingginya sekitar 30m ;D

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.