Cara Membuat Postingan "Sticky Post" Di Blog


Jumat, 17 Januari 2014
Labels:
Advertisement
Penghuni 60 | Cara Membuat Postingan "Sticky Post" Di Blog

Sebenarnya trik ini sudah lama sekali ingin aku posting. Tapi entah kenapa aku selalu menganggapnya sepele, alias gak 'penting-penting banget'. Akan tetapi, justru bagi sebagian blogger yang mungkin baru mengetahuinya, pasti menganggap ini merupakan suatu pelajaran yang baru, dan penting sekali untuk diketahui. Apalagi untuk kalian yang masih newbie.

Mengapa sekarang aku malah mengatakannya penting?

Cara Membuat Postingan Sticky Post Di Blog

Yups, karena sudah terbukti tidak semua blogger mengetahui akan hal ini. Ini terbukti dari komentar salah satu sobat lama Penghuni 60 yaitu Sobat Dewi Fatma, yang menuliskan komentar di postinganku yang berjudul "4 Years of Blogging Giveaway Penghuni 60", berikut isi komentarnya:

Waahhh... udah ulang tahun lagi? Cepat banget ya waktu berlalu. Blog aku nggak pernah ultah tuh.. Habis sering hiatus sih..hihi...

Btw, kok tanggal postingnya 2 Februari 2014, Sob? *ucek-ucek mata* Apa aku salah lihat?

Mudah-mudahan bisa ikut GA nya yaa... Mudah2an hasrat hiatusku nggak kumat bulan ini.. :D

Dari komentar di atas, terbukti bahwa sobat Dewi ini belum tahu makna dari sebuah “Sticky Post”. Sehingga manakala dia melihat tanggal postingan yang “aneh” dia akan berpikir aneh pula. Serta bertanya-tanya dalam hati, “kok bisa?”, “kenapa bisa begitu?” dan sebagainya. Pertanyaan ini pun sama persis seperti yang aku alami saat pertama kali mengetahui tentang Sticky Post.

Apa sih sebenarnya Sticky Post itu?

Sticky Post adalah istilah untuk sebuah postingan yang posisinya selalu berada di atas dari postingan-postingan yang lainnya, sampai batas waktu yang ditentukan, dan biasanya batas waktu yang ditentukan itu adalah yang tertera pada tanggal postingan sticky post tersebut. Jadi otomatis, tanggal yang tertera pada sebuah Sticky Post itu pasti akan memunculkan tanggal di masa depan, alias tanggal yang belum terlewati oleh kita. Aneh memang, tapi seperti itulah sticky post. Yang jika diartikan secara Bahasanya maka berarti "postingan yang lengket" sehingga tidak bisa bergerak kemanapun tetap pada posisinya, yaitu di atas.

Sedangkan untuk postingan-postingan yang dipublish sebelum tanggal yang tertera pada postingan sticky post pasti akan muncul dan berada di bagian bawah dari sticky post tersebut.

Lalu, apa sih manfaatnya Sticky Post?

Sticky Post biasanya digunakan untuk menampilkan postingan yang ingin selalu dilihat pertama kali oleh pengunjung dalam rentang waktu tertentu (biasanya digunakan untuk postingan perlombaan, giveaway, atau semacamnya). Sebab, biasanya pengunjung blog pasti akan tertarik dengan postingan terbaru, dan mereka tahu kalo postingan terbaru itu posisinya ada di atas. Makanya cara inilah yang digunakan, agar postingan tersebut selalu ada di atas, meskipun update posting dilakukan terus menerus tapi tetap tidak mempengaruhi sticky post tersebut. Karena, jika tidak menggunakan trik ini otomatis posisinya akan terus menerus tergeser ke bagian bawah bahkan bisa lenyap dari halaman homepage.

Cara membuat Sticky Post itu bagaimana?

Nah, untuk sobat Penghuni 60 yang ingin membuat Sticky Post, ikutilah langkah-langkahnya berikut ini:

  • Silahkan login terlebih dahulu ke akun blogger kalian
  • Lakukan seperti hal biasa yang kalian lakukan saat membuat postingan baru. Kemudian publish postingan itu.
  • Setelah postingan baru itu di publish, kita anggap postingan baru ini yang ingin kita jadikan sebagai Sticky Post, maka lakukanlah proses editing untuk postingan baru tersebut. Caranya klik menu Pos pada bagian dashboard, kemudian klik Edit pada postingan tersebut. Maka kita akan masuk pada tampilan edit entri.
  • Lihat di sisi sebelah kanan, klik pada bagian tanggal “Dipublikasikan pada” maka akan muncul dua pilihan, silahkan pilih “Setel tanggal dan waktu”. Setelah memilih Setel tanggal dan waktu maka secara otomatis akan muncul sebuah kalender di bagian bawahnya. Nah, silahkan sobat pilih sampai tanggal berapa sobat ingin menampilkan Sticky Post itu di blog sobat.
Cara Membuat Postingan
  • Setelah dipilih, klik tombol “Selesai
Cara Membuat Postingan
  • Lalu klik tombol “Perbarui” yang ada di atas
  • Finish

Silahkan dilihat postingan yang tadi, apakah tanggalnya sudah berubah sesuai dengan keinginan kita. Jika sudah berarti Sticky Post Anda sudah jadi. Dan untuk mengetahui apakah sticky post ini benar-benar berjalan, silahkan kalian buat postingan-postingan baru sebelum tanggal yang tertera pada sticky post tersebut. Dan lihatlah sendiri keunikannya.

Aku rasa cukup sekian saja trik Cara Membuat Postingan Selalu Berada Di Atas (Sticky Post) ini. Ini memang trik yang sepele, dan mudah banget, tapi belum semua blogger mengetahui hal ini.  

Semoga bermanfaat. ^_^

*******
Signp60


Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

28 comments:

  1. oh, gampang juga ya..
    thanks sob...

    BalasHapus
  2. @Roel batu: oke sob, emang gampang bgt kok.. ^_^

    BalasHapus
  3. saya mlh br tau dari sini mas wawan, tadinya saya jg agak heran, kok tanggalnya Februari, ah barangkali salah setting pikir saya, ternyata gitu ya?

    BalasHapus
  4. ternyata cukup simpel ya mas, gk nyangka semudah ini, saya kira harus pake script hehe

    BalasHapus
  5. kalau aku malah gak ngeh kapan blogku ultah :)

    BalasHapus
  6. mantap mas tutorialnya ..sangat bermanfaat ..

    BalasHapus
  7. Menarik trik nya Mas wlau sederrhana
    Namun Lumayan sangat bermanfaat
    SALAM SUKSES Yah Mas :)

    BalasHapus
  8. uwalah, kirain sticky post itu apaan...
    maklum gak tahu istilahnya, hehe....

    BalasHapus
  9. oalah sticky post itu seperti itu, baru tau nih, hehe

    BalasHapus
  10. makasih tipsnya kang,,,
    nanti tak cobain deh...

    BalasHapus
  11. sy jg dulu pernah buat sticky post.. :D

    BalasHapus
  12. wah ternyata itu toh rahasia nya. Pantas saja postingan tentang giveaway di blog ini selalu diatas hehehe :D

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  14. mantap juga tuh tutorialnya

    BalasHapus
  15. oalah simple banget tho.. tak kira harus pakai penambahan kode-kode..
    oiya.. readmorenya udah normal di google chrome bro

    BalasHapus
  16. perlu di coba nh .trims mas!

    BalasHapus
  17. Saya kok belum paham ya ?? Kok tulalit begini ya ? Bisa pake bahasalain kah sobat ?

    BalasHapus
  18. okeh mas bagus juga artikelnya tuh.,

    BalasHapus
  19. saya mau coba nih..
    terima kasih atas informasinya..

    BalasHapus
  20. menarik! thx infonya gan, salam kenal :)

    BalasHapus
  21. Sangat bermanfaat, thanks gan

    BalasHapus
  22. Izin Repost ya kusertakan credit kok, visitback ya: www.heavenlyaisha.blogspot.com

    atau: www.artandfanfiction.blogspot.com

    BalasHapus
  23. sangat bermanfaat, makasih sobat

    BalasHapus
  24. kalau menggunakan cara ini apakah akan mempengaruhi hasil pencarian di Google?

    BalasHapus
  25. @Akademitelkom: mungkin sedikit berpengaruh, yaitu artikel terbaru yang dipublish setelah sticky post tidak dimunculkan di URL pertama pencarian, sebab google akan menganggap yg terbaru tetap pada sticky post tersebut

    BalasHapus
  26. Kalo tanggalnya 2 Februari sementara sekarang tanggal 2 Januari, bukankah postingan gak muncul di blog gan...dan baru muncul tanggal 2 Februari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya blm dibaca sampe tuntas nih cara diatas? coba baca dulu pelan2, pahami sampe tuntas... jadi intinya, postingan itu sebenarnya SUDAH DIPUBLISH hanya saja kita merekayasa kembali tanggal publishnya menjadi ke masa depan, otomatis postingan2 baru akan muncul di bawah postingan tersebut, karena urutan postingan blog itu diurut berdasarkan tanggal publish... kira2 paham blm nih sob?

      Hapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.