Trik Memperoleh Sitelinks Google


Jumat, 21 Oktober 2011
Labels:
Advertisement

Sudah lama juga aku tidak lagi mengecek posisi blogku di search engine Google. Eh, ternyata, pas aku cek kemarin-kemarin blogku Penghuni 60 sudah mendapatkan sitelinks dari google. Wah, tentunya hal ini bikin aku seneng donk. Betapa tidak, karena dengan adanya sitelinks Google ini akan lebih banyak lagi membawa para pengunjung yang tersesat ke blogku secara tidak sengaja.

Nah, apakah kalian sendiri tau apa itu sitelinks google?

Sitelinks atau tautan link adalah kumpulan link di web tertentu dalam suatu pencarian di google, tidak semua web mendapatkan sitelinks dari pencarian google, karena sitelinks sulit di dapatkan terkecuali web tersebut sudah lama dan trafiknya tinggi. Menurut penjelasan webmaster google sitelinks dimaksudkan untuk memudahkan pengguna dengan memberikan navigasi alternatif link yang ada di hasil pencarian, sistem mereka menganalisis struktur link web kita dan menampilkannya di pencarian google secara otomatis.

Ini dia sitelinks Google Penghuni 60 : (klik pada gambar untuk memperbesar)


Nah, dalam In Trik kali ini, aku ingin berbagi tips dan cara untuk memperoleh sitelinks google:

  1. Daftarkan URL Blog sobat ke Google
  2. Daftarkan juga URL Blog sobat ke Google Webmaster, verifikasi kepemilikannya
  3. Usahakan jangan sampai ada "broken link" di blog sobat. Segera hapus jika ditemukan!
  4. Masukkan keyword dalam meta
  5. Berikan judul blog
  6. Berikan deskripsi blog
  7. Selalu posting yang rutin
  8. Setiap kali menulis posting, sisipkan keyword blog sobat dalam postingan, berikan cetak tebal.
  9. Berilah title dan alt pada setiap gambar yang sobat sisipkan dalam postingan, ini merupakan teknik SEO

Cara diatas berdasarkan pengalaman yang sudah saya lakukan akhir-akhir ini. Sebenarnya masih banyak cara lainnya, tapi cobalah terlebih dahulu cara diatas.

Nah, mudah bukan, yang penting satu saran saya, sering-seringlah memasang kata kunci yang akan kamu jadikan sebagai kata kunci blog pada sitelink blog kamu kelak.

Oke, semoga berguna...^_^



Signp60



Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

75 comments:

  1. Benar sob,sebelum kesini ane cek dulu di search google.Selamat dech atas raihan sitelinknya ane turut berbahagia juga bangga.Semoga tambah semangat berkunjung ke Cinta Deras,hehehe,canda sob.Yang pasti tambah semangat menelorkan ilmumu pada yg lain.Happy blogging ajah.

    BalasHapus
  2. Ketinggalan sory,makasih infonya yang sangat lengkap ini,terus berkarya demi kemajuan bangsa.

    BalasHapus
  3. info yg sngat komplet, tks sobat.

    BalasHapus
  4. wah, tapi dari dulu saya ngajukan site link ke google hingga sampai saat ini belum berhasil juga tuh sob..

    BalasHapus
  5. waaaa, lengkap banget nih tipsnya flend ...
    makasih nih infonya ...
    btw congrats sob atas sitelinknya, kpn yaach saya juga dpet ?? :D

    BalasHapus
  6. keren ^^
    aku juga udah dapat~ senang :) pas ngetiknya ^^ eh muncul

    BalasHapus
  7. Selamat atas sitelink-nya. Semoga makin memotivasi semangat ngeblog.

    BalasHapus
  8. wahh selamat atas sitelinknya ya sob,, makin di cinta google nih,, hehhe,, terima kasih atas penjelasannya yg sangat detail,, sangat bermanfaat buat saya yang masihawam akan blogging ini,, salam sukses sobat,,

    BalasHapus
  9. emm aku gg begitu ngerti sih, tapi emang asik ya klo page kita muncul di halaman pertama google :D
    yang penting aku nulis karena bahagia aja deh :D

    BalasHapus
  10. bisa nambah pengetahuan nih .... tp gk trlalu ngerti ttg site link ... asal bloging aja hehehe... mksh postingnya sob...

    BalasHapus
  11. hasil merenung berapa hari tuh...hihihi :D

    BalasHapus
  12. weleh... tnx bgt ya sob udah berbagi..^_^. btw Pa kbr nih?...anaknya udah lahiran blm?..salam buat istri tercinta ya..mg2 sll dilindungi Sang Pencipta..Amin.

    BalasHapus
  13. selameett atas sitelinknya kang.. kalo baca2 yang ginian, rasanya pengeeenn banget balik ke blogspot lagi.. :(

    BalasHapus
  14. Just googling and got your blog good blog you have nice to be a part of your blog. Spend more time here.

    Dental Implants Tampa

    BalasHapus
  15. sebenarnya aku ga ngerti sih maksudnya, tapi pas aku googling blog aku kyknya ada gituannya juga deh hahahaa..... *maklum gaptek x_x

    BalasHapus
  16. @Er'end: kamu jgn terlalu byk muji aku sob... tar aku bs besar kpala. blogku ini msh terlalu jauh dibandingkan dgn blogmu yg jauh lbh keren, simple, dan friendly.. sementara blogku ini, loadingnya msh lumayan berat. msh butuh beberapa renovasi lg. utk itu jgn segan2 mampir kesini dan berikan saran ya..

    @anak rantau: wah, kmn aja nih sob, baru kliatan lg sih?

    @Said: sabar donk sob..coba aja teruus. terapin aja tips2 di atas ya..

    @Shinobi: semua pasti dpt kok, hanya perlu wkt saja.. makasih ya..

    @Nurmayanti: iya bener sob, ternyata km jg udh dpt ya, td aku juga udh cek tuh... seneng ya.. :D

    @Ageboy: makasih sob...

    @alamendah: harus donk..

    @Rama: sama2 sob... BTW bagi2 tips utk naikin trafficnya donk... hehe :D

    @Fiction's World: syukurlah kalo gitu, berarti meskipun tulisannya bercerita duka, tetep bahagia donk.. :D

    @mastokkenari: semoga bs menambah pengetahuannya ya, dan bs bermanfaat..

    @Ninda: senengnya... ^_^

    @Beben: lho, gak nyampe 1 jam malah...hehe

    @Lolly: thanks very much :D

    @tiwi: amiin amiin... makasih ya Wi.. anakku udh msk usia 2 bulan kok.. :)

    @gamazoe: hayuk atuh ke blogspot lg...

    @rahul: thanks for your comment.. I wait for your next visit

    @Diana: thanks

    @Mila: aku udh cek td, ternyata bnr blogmu jg udh punya sitelink tuh... selamat ya Mil..

    BalasHapus
  17. kalo blogku msh jauh sob utk bs memperoleh sitelink..
    tp enjoy aja deh..
    ^_^
    selamat ya sob, semoga makin sukses!

    BalasHapus
  18. Waduh, masih ribet nih saya.. :X Maklum masih nyubi :D

    tapi, thanks buat infonya.. *meski gak paham* :p

    BalasHapus
  19. Ternyata banyak yg harus dilakukan agar bisa memperoleh sitelinks dari google ya?

    BalasHapus
  20. kbt;an aolih.blospot.com/ mjuga dapat sitelink slmt bloging kawan

    BalasHapus
  21. congrats for U my friend..
    thanks for tips
    ^_^

    BalasHapus
  22. Selamat sobat atas sitelink nya...sehat kita semua masih jauh kali yah..
    Selamat dan sukses.Tipsnya tak coba diterapkan nih

    BalasHapus
  23. buat teman2 yang ingin mengunjungi blog di blogspot dengan jauh lebih cepat, silahkan gunakan ekstensi google chrome

    BalasHapus
  24. Pena hadir dan absen siang gan...selamat dan sukses selalu sobat setelah mendapat site link dari Mbah Google

    BalasHapus
  25. huuu, enak yah udah dikasi sitelink.. punya saya kapan ya..? kyknya karena kebanyakan broken link deh. cek dulu ahh

    BalasHapus
  26. Informasi yang sangat bagus sobat, sekedar info juga sob, link blog dah saya pasang, silakan di cek

    BalasHapus
  27. maaf sob mau nanya nih,, cara biar sitelink nya tetap waktu di search di google gimana ya..? sitelink gw berubah2 terus kadang cuma 3 link yg muncul ,, hikshiks,, tau caranya gak sob..?

    BalasHapus
  28. trik yang sempurna untuk di cerna otak :) btw thanks ya ane jadi dapet sitelink deh :D

    BalasHapus
  29. where r ur guest book.No prob...your blog is to much cool.

    http://health-for-usa.blogspot.com/

    BalasHapus
  30. ya deh, tapi jujur blog saya belum dapat PR. gimana tuh?

    BalasHapus
  31. Tutorial Blogspot yang bagus gan,,,
    mampir ya di blog sy

    BalasHapus
  32. @Sukma: makasih Dok, semoga bisnis lelemu jg sukses ya..

    @edi: gak usah ribet gitu donk sob.. asal mau belajar smua pasti bisa dilakukan kok.

    @Beben: *halah* ^_^

    @Reni: emang sih mba. tp yg terpenting adalah yg saya tulis diakhir postingan itu. bahwa sering2 lah kita sebutkan kata kunci blog kita.

    @mugia: selamat juga ya...

    @Kay: thanks my friend... ^_^ you will be next !

    @Ferry: sabar aja sob... thnks ya

    @Kevin: okelah kalo begitu.. tp jujur saya males pake Google Chrome

    @Pena: makasih sob atas kunjungannya.

    @Meutia: gak ush sedih gitu donk.. mungkin kamunya aja Mut blm terlalu byk memasang kata kunci blognya. sering2 aja tulis kata kunci blogmu di dalam postingan. soal broken link, cpt2 deh dihapus.

    @Abah Koes: oke, akan saya cek.. makasih ya..

    @Rama: waduh, kalo soal itu, saya jg ngalamin hal yg sama sob, tp tebakan saya sih kemungkinannya dari trafik kali sob. jd sitelink yg dipasang oleh Google itu adalah sitelink yg byk dibaca. saya bingung nih mau ksh saran apa. perbanyak aja deh km tulis kata kunci blog kamu di dlm postingan. kata kunci blog kamu kan "Rama88", nah sering2 aja tulis kata Rama88 ditiap postingan.

    @farixsan: haha, bisa aja. selamat deh kalo begitu.. :D

    @Shahriar: If you're looking for the "Guest Book", is on the right bottom, you just click on the red "Chat Box". thanks before

    @Zeze: thanks... :)

    @Said: waduh, kalo soal PR, itu bkn wewenang saya yg nentuin, tp alexa tuh... coba aja km sering2 blogwalking dan berkomentar disetiap blog yg km temui. minimal 100 blog aja setiap hari. oke..

    @Andrey: oke sob.. mksh..

    BalasHapus
  33. wah bagus dong kalo begitu >> http://guru-komputer.com

    BalasHapus
  34. Kenapa ya blog saya busanamuslim-tanahabang.blogspot.com sudah muncul sitelinknya tapi tiba tiba menghilang lagi??? please bagi yg punya jawaban.

    BalasHapus
  35. wah, error css saya yg saya tau aja yg saya perbaiki, ehehee

    btw menurut blog luar yg pernah saya baca itu yg penting nama unik, trafik, dan struktur yg pas..

    makasih info tambahannya ^^

    BalasHapus
  36. @aza: ^_^

    @Masigit: seperti yg saya tulis utk jawaban sobat Rama, kemungkinan sitelink itu muncul karena traffiknya. coba deh kamu sering2 blogwalking, yg rutin aja stiap hari. trs, selalu sebutkan kata kunci blogmu dlm setiap postingan.

    @Ladida: kalo nama unik, gak juga ah.. nama bisa apa aja kok. nah kalo traffik saya sangat setuju. memang intinya sih "naikkan traffik" dan "bentuk kata kunci blogmu" itu aja kok. kalo yg lain2, mungkin mbah Google sendiri yg tau... hehe...

    BalasHapus
  37. saya ndak ngapa2in...tp tetap saja sitelink kyk itu muncul...aneh

    BalasHapus
  38. hmm kalo lawan sy cekinfo uda ad malah yg lawan sy uda dapet sitelink :)

    la gimana ni cara nyalaip ny :)

    BalasHapus
  39. selmaat ya mastah.Semoga segera nyusul ^_^ sukses selalu.

    Kunjungan kembali dan silahkn mampir jika berkenan ^_^

    BalasHapus
  40. info yang bagus gan n keep your brilliant post.

    BalasHapus
  41. kalo aku sih gak pa2 deh gak dpt sitelinks jg.. yg penting ngblog jln teruuusss...

    BalasHapus
  42. Kiunjungan silaturahmi petang hari sahabat...terima kasih atas berbagi ilmunya sobat

    BalasHapus
  43. o....itu di blogku juga ada, namanya sitelink toh. lumayan....

    BalasHapus
  44. wwkokwowkw, btw ane udah ada postingan terbaru nih :) susah banget cari inspirasi :D haha

    BalasHapus
  45. selamat dan bermanfaat postingannya...terima kasih

    BalasHapus
  46. @Skydrugz: ah yg bnr nih km gak ngapa2in? alias tidur doank gitu, trs tiba2 aja google ksh km sitelink? itu baru namanya aneh... barusan aja km ksh komentar diblogku, otomatis km nglakuin blogwalking kan? nah, dari BW itu km akan dpt traffik, dah aku singgung kan diatas soal traffik, trs umur blog km jg udh lumayan lama tuh... itu yg bikin km dpt sitelink. jd jgn bilang km gak ngapa2in.

    @Asmara: haha, gak usah salip2an... biar aja serahin ama google nya..

    @Candrameda: makasih...

    @Science Box: okelah kalo begitu :)

    @mdmk: sama2 sob..

    @M AVip: ^_^ lumayan ya sob, asiik donk

    @Farixsan: critanya ngledek nih.. :) sori ya sob, bukannya aku gak punya inspirasi bwt posting baru, mlh draft utk posting yg baru udh aku bwt lama kok, sengaja aja ingin aku terbitin satu minggu 1 posting.

    @admin: sama2 sobat, makasih kunjungannya

    BalasHapus
  47. Boleh tuch sob kerjasama kartu namanya, dan ada komisi 10% buat u.

    BalasHapus
  48. mantab nih. juga pengen rame pengunjung di http://aplikasi.us hehe

    BalasHapus
  49. wawww,keren sob..selamat ya..:)

    BalasHapus
  50. terimakasih kawan atas ilmu-2nya, smoga blog seumur jagung saya ini, mendapatkan sitelink dengan cepat,,jika saya terapkan dengan benar,..

    BalasHapus
  51. Alahmdulillah ya gan, blog ane dapat sitelink.,
    thanks gan infonya..

    BalasHapus
  52. mantab sitelink memang diperlukan untuk Seo..

    BalasHapus
  53. Terima kasih atas postingannya. Saya akan coba praktekkan pada blog saya yang baru berumur 1 bulan ini

    BalasHapus
  54. wah ternyata masih banyak ilmunya ya...hmmm...baiklah lanjutkan...semangat..thx bro

    BalasHapus
  55. good posting gan sitelink menurut saya simbol / tanda bahwa blog tersebut memiliki konten berkualitas..

    BalasHapus
  56. I m new blogger..this article really helps me..thank for the info..

    BalasHapus
  57. thank buar infonya mas bro, sungguh bermanfaat sekali....

    BalasHapus
  58. Gan, ane seneng banget ngendon (menjadi penghuni) di sini. Banyak suguhan yg lezat dan fresh, nikmat deh... Salam sahabat.

    BalasHapus
  59. Lengkap bener sob ,,, bisa dijadikan tutorial nih ,,, makasih ya...

    Happy blogging

    BalasHapus
  60. Beberapa dari hal di atas sdh saya lakukan pada blog saya namun masih ada dari point di atas pula yg saya bingung dalam pengapliksiannya pada blog saya seperti pada poin ke 25 karna ada juga pendapat teman di blog lain bahwa cara ke 25 itu bukan untuk mendapatkan sitelink dari google tapi menghapus sitelink yang sudah terindex oleh google. Sapa tau Admin dari blog ini punya penjelasan khusus tentang hal ini. Mohon tutor lengkapnya sob tentang point yg ke 25....???

    BalasHapus
  61. @Agung Talaga: emangnya knp dgn point ke 25, bagiku biasa2 aja kok.. itu kan hanya utk mengecek aja sob..
    aku sendiri bingung sebelah mana yg mau dijelasin, karena yg aku lakukan dgn point 25 tersebut sekedar utk mengecek saja, dan tdk berpengaruh apapun.. intinya sih justru kalo mau dpt sitelink, itu kita hrs sering2 memunculkan kata kunci sperti yg aku jelasin diatas.

    BalasHapus
  62. wah mantab infonya sob.. semoga kelak saya bisa mengikuti jejak kesuksesan sobat :)

    BalasHapus
  63. saya ga ngerti tuh cara yg ke 25,,,tapi saya cek sih blom bsa blog saya di pasang sitelink sperti sobat,,,

    tpi mkasih infonya sob,,,

    BalasHapus
  64. Kebetulan sob, blog ane lagi hilang sitelink. hal ini di karenakan kemarin ane memperbarui meta tag blog ane!
    thanks atas informasinya masbro....

    Happy Blogging!

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.