Sejarah Tempat Berhantu: RMS Queen Mary, Eks Kapal Perang yang Menjadi Hotel


Jumat, 09 Februari 2024
Labels: ,
Advertisement
Penghuni 60 | Sejarah Tempat Berhantu: RMS Queen Mary, Eks Kapal Perang yang Menjadi Hotel

Belum lama, saya selesai menonton sebuah film horor yang lumayan menegangkan. Film horor yang menceritakan tentang pembunuhan sadis di atas kapal besar yang nama kapalnya diambil dari kisah nyata. Di ceritakan bahwa karena pembunuhan tersebutlah maka setelah kapal itu pensiun menjadi kapal yang berhantu.

Meski hantu-hantu yang muncul tak seseram hantu Indonesia, namun pembunuhan dan beberapa adegan kemunculannya ada yang cukup mengagetkan. Yang jantungan dilarang nonton ya…

Film tersebut berjudul “Haunting of the Queen Mary”. Lalu apa yang ingin saya bahas di sini?

Baca Juga:

Sejarah Tempat Berhantu: RMS Queen Mary, Eks Kapal Perang yang Menjadi Hotel
Scary Mary pertama kali diperkenalkan sebagai bagian dari atraksi Dark Harbor “Submerged,” tapi sekarang dia menghantui labirin “Lullaby: Hush Hush Don't Cry” di mana dia mengerjai semua orang yang berani masuk. (Kredit: Leonard Ortiz, Orange County Register/SCNG)


Konon katanya, kisah keangkeran dari kapal Queen Mary adalah terinspirasi dari kisah yang nyata. Meski pembunuhan yang terjadi dalam film itu fiktif belaka, namun ada beberapa hantu yang dimunculkan terinspirasi dari kenyataan. Di dunia nyata, kapal yang sudah pensiun ini juga angker, dan seringkali muncul penampakan-penampakan hantu.

Bagaimana kapal ini bisa seangker itu? Ternyata, ada sejarahnya.

Royal Mail Ship (RMS) Queen Mary dibangun di Clydebank, Skotlandia, di bawah kepemilikan Cunard White Star Line. Dirancang dan dilengkapi untuk menjadi kapal laut super transatlantik, kapal ini berlayar pada tahun 1936 dari Inggris ke New York City.

Sejarah Tempat Berhantu: RMS Queen Mary, Eks Kapal Perang yang Menjadi Hotel
Queen Mary ketika berlayar pada tahun 1936. (Kredit: The Mariner’s Museum and Park)


Selama tiga tahun, penumpangnya yang bergengsi dan kaya termasuk para bangsawan, bintang film, negarawan, dan politisi terkemuka yang berlayar dengan anggun dan mengalami era agung perjalanan kapal laut.

Namun, Perang Dunia II pecah pada akhir tahun 1939. Saat itulah, Queen Mary dimodifikasi dan berubah menjadi kapal pasukan. Hal ini dikarenakan kemampuan kecepatan, ukuran, dan teknologinya. Perabotan elegan dilucuti dari bagian dalam kapal dan disimpan di gudang. Selama konversi, sebagian besar kapal dicat abu-abu tua dan dia pun dikenal sebagai “Hantu Abu-abu”.

Queen Mary mengangkut lebih dari 15.000 orang dalam banyak pelayaran, beberapa di antaranya sakit atau terluka akibat pertempuran perang. Area kapal pun menjadi rumah sakit di atas air dengan dokter dan perawat yang merawat pasukan.





Setelah perang berlalu, Queen Mary dikembalikan ke statusnya sebagai kapal laut transatlantik kelas dunia. Namun, pada tahun 1960 perjalanan udara menjadi moda transportasi pilihan. Setelah bertahun-tahun mengalami kesulitan keuangan, Queen Mary pun akhirnya pensiun pada tahun 1967 dan pindah ke Long Beach, California.

Ketika Queen Mary beralih ke peran barunya sebagai objek wisata dengan hotel, restoran, museum, dan fasilitas acara, ada rumor tentang hantu dan roh yang berkeliaran di kapal tersebut.

Suara anak-anak terdengar bermain di kamar bayi, arwah seorang pelaut yang terbunuh secara tidak sengaja di ruang mesin masih ada, seorang “wanita berbaju putih” misterius sering berkunjung. Para pengunjung di area kolam renang melaporkan bahwa bulu di lengan mereka “berdiri” dan diiringi perasaan menakutkan dari roh-roh di samping mereka.

Sejarah Tempat Berhantu: RMS Queen Mary, Eks Kapal Perang yang Menjadi Hotel
RMS Queen Mary kini beralih ke peran barunya sebagai objek wisata dengan hotel, restoran, museum, dan banyak fasilitas acara yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Terletak di Long Beach, California. (Kredit: City of Long Beach)


Bagi Sobat Penghuni 60 yang penasaran, silahkan intip saja beberapa link EVP dan Bukti Video dari Kapal Queen Mary di bawah ini (bersama Nick Groff dan Lee Kirkland):

Video Hantu Queen Mary 1

Video Hantu Queen Mary 2

Video Interview bersama Ghost Host Sophia Temperilli


Setidaknya 49 awak dan penumpang tewas selama bertahun-tahun sebagai kapal laut super transatlantik. Tidak ada yang mengetahui jumlah korban perang yang tewas di kapal tersebut, karena catatan ini disegel oleh Militer AS.

Menyusul banyaknya pergantian pemilik dan manajemen selama bertahun-tahun, pada tahun 2015 pemilik baru merombak banyak area kapal.

Akan tetapi, pertanyaannya adalah “Apakah mereka yang terus hidup lama di Queen Mary setelah kematiannya menyukai hal ini?”

Sobat Penghuni 60 penasaran? Yuk, berlibur aja ke tempat mangkalnya kapal ini.

*******

Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

37 comments:

  1. seram pulak bila membacanya...mungkin kerana banyak korban peperangan yang mati di dalam nya, maka kapal itu berhantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, byk arwah pasukan yg meninggal jd penasaran dan mendiami kapal itu.

      Hapus
  2. Namanya kapal habis dipakai perang mungkin ya bawa jasad pasukan yang sudah mati juga. Terus dalam kapal tuh hantunya jalan-jalan terus gentayangan di blog penghuni 60.😂

    Eh tapi itu hanya tebakan ku sih. Untuk lebih jelasnya tunggu suhu Ajay yang jelas kan, pasti lebih detail.😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha 😅
      Kalo begitu saya ucapkan welcome buat para hantu yg mampir ke blog ini.

      BTW, suhu Jaey sepertinya lg sibuk ya... dia msh berupaya nyari cara meloloskan diri dari tenda bergoyang. 🙄😂😂

      Hapus
    2. Dari tenda bergoyang sudah lolos, sekarang lagi mau coba2 terbang ke langit ke tujuh wkwk..

      Hapus
    3. Waduh, ketemu Superman donk nanti... 😅 atau bidadari di langit tujuh ya?

      Hapus
  3. Sepertinya selalu begitu ya, dimana tempat banyak orang meninggal disitulah banyak hantu, di Indonesia sendiri sepertinya begitu, entah bangunan Belanda, Penjara, Rumah sakit bekas, rata-rata berhantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh kan kata saya jg apa, seperti itu mas Agus teorinya. Eh, mas Agus kmn ya... bukannya td nungguin suhu Jaey 🙄

      Hapus
  4. cocok nih buat ke wisata horror :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, betul.. kpn mas wisatanya? Mumpung libur nih. Biar cpt pake teleportasi daun bergoyang aja.. 😂😂

      Hapus
  5. Balasan
    1. Hi Sunika, what's up?
      Have a nice day 😊😊😊

      Hapus
  6. Hallo! Thank you for your Visit. Happy Weekend

    BalasHapus
  7. Yang gemar film horor pasti bakalan dapet sensasi tegangnya, ngerinya,plus kagetnya,secara namanya aja kapal berhantu, tapi saya gak bakalan mau,wong saya penakut

    BalasHapus
    Balasan
    1. khusus buat mbak sih, nonton Drakor ajah deh.....

      Maksud saya....
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      . Dracula Korea gitu... haha.. 😂😂

      Hapus
  8. Balasan
    1. Dari informasi yg saya dpt, biasanya, Queen Mary tidak menjual boarding pass tanpa tur. Biaya tiket masuk, ditambah tur, berkisar antara $15 hingga $20. Mereka hanya akan menjual tiket masuk sendiri jika tur terjual habis; dan para tamu dapat datang untuk makan dan minum seharga $10 setelah jam 6 sore.

      Hapus
    2. Mahal juga $20 atau sekitar 300 ribu. Kirain cuma $1.😂

      Hapus
    3. Haha.. kalo dikonvert ke mata uang rupiah ya mahal jadinya 😂
      Mungkin bagi mereka sih segitu gak terlalu mahal 😉

      Hapus
  9. Berarti kematian dari beberapa awak kapan atau orang-orang yang diangkut itu terjadi saat pasca perang itu yaa. Setelah dialihfungsikan barulah muncul penampakan efek dari kapal yang pernah digunakan untuk perang.

    Tapi emang ngeri banget sih, dari jumlah belasan ribu yang diangkut pasti banyak banget yang mati secara mengenaskan dikapal itu, apalagi dalam keadaan ditengah laut selama berhari-hari. Sadis euy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jd mau gak nih kalo saya ajak tur ke situ??? 🙄

      Hapus
  10. alur cerita yang sangat menarik
    saya dibuatnya penasaran dengan filmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo penasaran nonton donk bang... jgn ngurusin chanel aja bang, refresing jg nonton pilem gitu... 😁

      Hapus
  11. owh...ini ternyata film ya Mas Wawan....Mbul hurak wani nongton aaahhh...tatud...hahhaha...bicara soal kapal...mbul pernahnya itu nyebrang kapal waktu darmawisata SMA dari ketapang ke gilimanuk, yang ada mbul mabuk laut mual mual karena kapalnya goyang goyang..padahal goyangnya sih ga banter..pelan pelan ja...sesampai di gilimanuk baru deh napas lega dan serasa menghirup udara bali yang segar hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bkn cm film Mbul, kisah nyatanya jg ada. Jd ceritanya kapal Queen Mary tuh tadinya kapal yg mewah tempatnya para artis dan bangsawan berlayar, tp juga ikutan perang bawa pasukan. Trs akhirnya pensiun. Skrg udh jd objek wisata dan hotel. Tp ternyata... berhantu. 👻👻👻

      Hapus
  12. Ini pasti tempat yg menantang bagi para penyuka horor, betul gak mas?

    BalasHapus
  13. Sepertinya film-nya asik juga ditonton nih Mas.
    Bikin penasaran saja, Coba nanti saya cari di torrent deh.

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gak suka horor dan suka kagetan disarankan jgn nonton Pak, 😊
      Tp kalo pemberani, wajib nonton hehe 😉

      Hapus
  14. hantu Indoensia dan Malaysia mmg sgt menyeramkan.. xboleh dibayangkan dan terbayangkan.. xleh nk g toilet malam2.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya.. hantu Malaysia mirip tidak dengan hantu Indonesia? Di Malaysia ada pocong tidak? 🤔

      Hapus
  15. Interesting post. Thanks for sharing-

    Best regards

    BalasHapus
  16. I love horror so this looks very interesting, thanks for sharing!
    xx

    BalasHapus
  17. Muy interesante aunque da miedito. Te mando un beso.

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.