Gagak Kota Bikin Sarang Dari Gantungan Baju


Senin, 28 April 2014
Labels:
Advertisement
sarang burung gagak

Apakah sobat Penghuni 60 ada yang suka membaca atau mendengarkan dongeng? Umumnya saat usia kita masih anak-anak, seringkali diceritakan kepada kita tentang dongeng-dongeng mengenai binatang. Saat itu hampir seratus persen kita akan berpikir bahwa yang terjadi dalam dongeng adalah benar dan nyata. Lalu, begitu usia kita beranjak dewasa, kita pun mulai berpikir, "ah, itu kan cuman dongeng.."

Apakah benar, bahwa dongeng bukanlah hal yang nyata?

Coba kita pelajari. Ketika Aesop menulis dongeng terkenal berjudul "The Crow and the Pitcher", ia tidaklah mengarang cerita belaka. Dongeng ini didasarkan pada pengamatan aktual yang dikonfirmasi oleh studi ilmiah baru-baru ini. Studi tersebut mempelajari tentang perilaku gagak yang cukup mencengangkan. Dalam studi itu, mereka menemukan bahwa, burung gagak memang suka melakukan hal-hal yang sama seperti gagak dalam dongeng ketika disajikan dengan situasi yang sama pula.

Gagak adalah makhluk yang sangat cerdas, mereka seringkali menunjukkan keterampilan kompleks seperti kemampuannya untuk memproduksi dan menggunakan alat-alat, mengingat wajah manusia, dan menggunakan pengalaman individu untuk memprediksi, merencanakan serta beradaptasi dengan lingkungan sekitar mereka.

Tidak jarang, ditemukan gagak yang menekuk kawat menjadi pisau saat memperoleh makanan yang keras, meretakan buah kenari hingga terbuka dengan cara menjatuhkannya ke trotoar dari ketinggian, bahkan menghafal jadwal truk sampah sehingga bisa mengambil beberapa potongan makanan yang lezat.

Makanan bukan satu-satunya faktor motivasi yang mendorong gagak untuk beradaptasi. Gagak juga menunjukkan kecerdasan ketika membangun sarangnya, menggunakan bahan apa pun yang tersedia untuk membangun sarang mereka. Sebuah sarang yang khas terdiri dari interlocking ranting-ranting, sering didaur ulang dari sarang yang lama, dengan menggunakan potongan kabel dari berbagai ukuran dan ketebalan. Alat-alat itu mereka kumpulkan dari sekitarnya, tujuannya tentu untuk memperkuat struktur sarang mereka.

sarang burung gagak

Baru-baru ini, warga Tokyo telah mengamati bahwa burung gagak di kota kini mulai belajar membuat sarang menggunakan gantungan baju. Sungguh unik dan cerdas.

Di sebuah kota yang besar, dengan jumlah bangunan yang padat, mengakibatkan sangat jarangnya pepohonan yang dijumpai. Dengan adanya keterbatasan pepohonan inilah, membuat gagak berpikir keras dalam mencari bahan-bahan alami untuk membuat sarang mereka. Akhirnya, mereka pun menemukan solusi dengan memakai gantungan baju. Akibatnya, burung-burung gagak ini pun sering mencuri gantungan baju dari orang-orang yang tinggal di apartemen di dekat mereka. Dengan penuh kehati-hatian, mereka mengumpulkan gantungan baju itu serta memodifikasikannya ke dalam sarang mereka. Hasilnya, bisa dilihat sendiri, nampak sarang mereka yang berbentuk rumit dan terlihat seperti sebuah karya seni.

sarang burung gagak

sarang burung gagak

sarang burung gagak

sarang burung gagak

sarang burung gagak

Sarang gagak yang dibentuk dari gantungan baju juga ditemukan di kota-kota Jepang lainnya. Di Fukuoka City, gagak hutan sering membuat sarang di atas saluran listrik selama musim kawin. Tentunya hal ini pun seringkali mengakibatkan terjadinya hubungan arus pendek sehingga pemadaman listrik skala besar pun tidak bisa dihindari. Akhirnya, perusahaan Kyushu Electric pun membentuk pasukan "patroli gagak" yang bertugas mencari serta menghancurkan sarang-sarang burung gagak yang terbuat dari gantungan baju, jika ditemukan di jaringan listrik mereka.

Hmm, jika dipikir-pikir, ulah burung gagak seperti itu pun bukankah karena ulah manusia sendiri? Mereka hanya ingin bertahan hidup, dan menyesuaikan diri dengan gaya hidup kota yang jauh dari sifat alami mereka.



Signp60



Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

14 comments:

  1. gagaknya pengin dijadiin bahan baku baju kali ya Mas? hehe

    BalasHapus
  2. @Zachflazz: haha, mas Zach ini bisa aja.. mana ada gantungan baju terbuat dari gagak? :)
    mungkin gagaknya pengen baju kali mas, jd butuh gantungan baju, hehehe

    BalasHapus
  3. wah, gagaknya smart juga ya, memakai sesuatu yg ada, meskipun mereka tdk menyadari bahwa yg mereka lakukan itu justru merepotkan orang2..

    BalasHapus
  4. Kayaknya kalau di pelihara keren tuh Sob, ternyata pintar juga ya :D

    BalasHapus
  5. @Fitriyana: mereka tetep aja burung mbak, meskipun smart tp mereka gak tau kalo gantungan baju itu gunanya utk apa

    @Yobert Parai: gak bakalan ada yg mau sob miara burung gagak, apalagi org Indonesia yg kepercayaan mitosnya msh kental, tau sendiri kan burung gagak itu selalu dikaitkan dgn hal2 gaib

    BalasHapus
  6. itu cm ada di Jepang doank ya sob?

    BalasHapus
  7. Gagak.. hati2 ntar sarangnya dipungut tukang besi kiloan hehehe

    BalasHapus
  8. gantungan baju yang tidak terpakai lagi ya

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. gagaknya kreatif banget, sarang betulan itu ya
    gagak jepang pinter pinter

    BalasHapus
  11. ternyata gagak burung yang cerdas ya mas wawan

    BalasHapus
  12. wah, berarti dia suka nyolong di jemuran orang ya....

    BalasHapus
  13. subhanallah.. keren juga ya.. tapi kasian sebenarnya.. seandainya semakin banyak pohon..

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.