Membersihkan RAM Bisa Dengan Penghapus


Senin, 28 Oktober 2013
Labels:
Advertisement
Terkadang, saat kinerja komputer kita menjadi lemah, semua aktifitas menjadi terganggu. Apalagi jika loading menjadi jauh lebih lambat. Seakan-akan mengerjakan tugas yang mudah pun menjadi jauh lebih lama selesainya. Memang banyak faktor yang mempengaruhi kinerja komputer. Selain karena infeksi virus, ternyata fungsi kerja RAM juga ikut berpengaruh. Ada baiknya kita sesekali membersihkan RAM pada PC kita.


Apa itu RAM?

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, RAM disini berguna sebagai penyimpanan sementara dalam memori komputer. Jika diibaratkan, RAM adalah sebuah kotak mainan yang HANYA akan menyimpan MAINAN yang paling sering dicari dan yang sering digunakan, jadi saat si PC mencari A (file tersering) pencarian pun akan cepat karena tidak perlu ke kamar-kamar yang lain cukup ke Kamar C/: saja.

RAM juga berfungsi sebagai pemercepat kinerja PC. Mengapa? karena RAM menyediakan ruang penyimpanan sementara bagi komputer untuk menyimpan data-data yang mudah diambil sehingga dapat mempercepat proses loading data dan program yang sering diakses.

Sobat Penghuni 60, perlu diketahui, RAM (Random Access Memory) merupakan tempat untuk menyimpan informasi tetapi hanya bisa menyimpan jika ada sumber daya listrik, maka dari itu disebut sebagai volatile memory. Membersihkan RAM mungkin agak aneh, tetapi di sini akan dijelaskan mengapa RAM perlu dibersihkan.

Untuk membersihkan RAM ada dua cara yang bisa kita lakukan, yang pertama adalah secara fisik dan yang kedua adalah secara sistem. Kedua cara ini memang jarang sekali dilakukan. Namun, setidaknya jika kita melakukannya, siapa tahu bisa membuat kinerja PC kita menjadi jauh lebih baik.

1. Membersihkan RAM secara fisik

Pembersihan secara fisik perlu dilakukan untuk menghilangkan listrik statis. Listrik statis dapat terjadi karena adanya gesekan sehingga RAM tersebut mengandung muatan listrik. Untuk menghilangkan listrik statis pada RAM, Anda dapat menggunakan alat yang mudah didapatkan. Alat ini adalah penghapus. Penggunaannya pun cukup mudah tetapi perlu ketelitian.


Caranya seka penghapus ke pin RAM. Pin-pin ini letaknya ada di bagian bawah. Seka bagian depan dan belakang RAM dengan hati-hati karena di dekat pin itu terdapat beberapa komponen yang kecil-kecil, usahakan untuk tidak mengenai komponen-komponen tersebut. Setelah itu, bersihkan bekas dari sisa penghapus yang menempel pada pin tersebut dengan cara meniupnya, atau Anda dapat menggunakan blower untuk meniupnya.

2. Membersihkan RAM secara sistem

Perlakuan seperti membersihkan RAM secara sistem mungkin jarang sekali dilakukan mengingat kapasitas RAM yang ada di pasaran sudah cukup memadai. Trik untuk membersihkan RAM ini sebenarnya akan menghapus semua data yang tidak aktif yang mungkin masih disimpan dalam RAM.

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Tutup semua aplikasi yang berjalan, termasuk browser internet
  • Buka aplikasi Notepad lalu ketikkan: FreeMem=Space(128000000)
  • Kemudian Anda simpan dimana saja. Saat akan menyimpan, jangan lupa hapus ekstensi .txt lalu ubah menjadi .vbs. Ekstensi .vbs akan berubah menjadi sebuah aplikasi, sebagai contoh kita beri nama filenya: ram_free.vbs
  • Klik dua kali file ram_free.vbs di tempat menyimpan yang sebelumnya telah dibuat. Hal ini akan melakukan reorganisasi dan pembersihan RAM protokol. Proses ini tidak akan menggunakan banyak waktu, hanya dalam hitungan detik sudah selesai.
  • Selesai. Mudah bukan?

Nah, seperti itulah kira-kira cara membersihkan RAM sendiri tanpa bantuan tukang service, alias gratis, hehe.. ^_^)b
Semoga setelah RAM dibersihkan, proses kerja PC kita menjadi lebih baik dari sebelumnya.



Signp60



Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

11 comments:

  1. Saya pernah mengalami kejadian monitor mati, gan! Dan ternyata setelah membersihkan CPU dan Pin RAM Alhamdulillah nyala kembali.... #bukanmasladiVGA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukur deh kalo pake cara tersebut bisa berhasil, daripada diservice lumayan jg kan budgetnya :D

      Hapus
  2. Ini baru cara yg saya cari2 dari dulu, thanks banget infonya

    BalasHapus
  3. Gan cara mengatasi blue screen gmn ya?
    Ane coba pake cara penghapus masih ga bisa gan..

    BalasHapus
  4. Trimakasih gan sangat bermanfaat tadi nya pc saya gk bisa nyala sekarang pakai cara ini jadi bisa nyala

    BalasHapus
  5. Maksih infonya gan..cara gk ribet dan memudahkan...#goodjob

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.