Tips Aman Browsing Melalui WiFi Gratisan


Senin, 25 Agustus 2014
Labels:
Advertisement
Siapa sih yang tak senang bisa ber-internet di area hotspot zone, bisa browsing bahkan download tanpa takut kehabisan kuota. Masalah mungkin hanya ada pada bandwith yang kurang tokcer aja.

Akan tetapi, kita harus waspada. Karena area hotspot WiFi gratis seringkali dimanfaatkan oknum pelaku kejahatan komputer untuk meretas data pribadi kita. Bahkan lembaga penegak hukum Uni Eropa, Europol memperingatkan untuk tidak mengirim atau menerima data penting menggunakan jaringan WiFi gratis.

Baca juga ya: Membuat Hotspot Sederhana Sendiri Di Rumah

Pemimpin divisi kejahatan dunia maya dari Europol, Troels Oerting mengatakan bahwa serangan melalui jaringan WiFi publik semakin meningkat dan sulit untuk dideteksi.

Tips Aman Browsing Melalui WiFi Gratisan

"Browsing di kafe atau restoran merupakan ancaman terbesar. Hacker bisa dengan mudah masuk ke akun Anda atau membobol informasi sensitif lainnya. Mereka memiliki kunci yang dapat membuka kehidupan digital Anda," kata peneliti keamanan senior di Kaspersky Lab, David Emm.

David menyebut, jangkauan WiFi router sekitar 100 meter. Bisa jadi hacker yang tengah menjaili Anda tengah duduk di samping Anda atau di sekitar tempat parkir kendaraan.

Nah, untuk sobat Penghuni 60 yang ingin tahu bagaimana cara agar terhindar dari kejahatan online di area hotspot WiFi gratisan, berikut beberapa tips yang harus Anda terapkan:

  • 1. Gunakan jaringan WiFi yang aman dan terpercaya saat mengetik username dan password atau transmisi data rahasia.
  • 2. Sebelum log-in ke situs web, pastikan bahwa itu aman - cari 'https' dengan simbol gembok terkunci dan periksa sertifikat keamanannya.
  • 3. Lindungi komputer atau gadget dengan produk keamanan internet terkemuka.
  • 4. Sebisa mungkin hindari transaksi online menggunakan fasilitas hotspot WiFi gratisan. Kalau terpaksa, lebih baik matikan WiFi dan gunakan internet pribadi. Lebih baik kehilangan kuota daripada data dan uang di rekening Anda bukan?
  • 5. Pastikan selalu menggunakan Public Area ketika perangkat mendeteksi WiFi gratisan. Laptop dan gadget produksi mutakhir biasanya dilengkapi feature ini.

Nah, itulah tips aman browsing melalui wifi gratisan. Ingat ya sobat, jangan karena gratisan, sobat lupa segalanya, lupa juga bahwa kejahatan ada dimana-mana.




Signp60



Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

15 comments:

  1. Betul juga masukannya mas, kita perlu cerdas dalam memakai wifi gratisan karena bisa saja ada oknum yang tidak bertanggungjawab mensalahgunakannya.

    BalasHapus
  2. kalo saya lebih suka pake modem sendiri kang, lebih aman kayaknya hehehe

    BalasHapus
  3. jaringan wifi yang aman dan terpercaya, kualifikasinya gimana Mas?

    BalasHapus
  4. harus lebih hati-hati online di luar ya. aku banyak ketinggalan postingan di blog ini ya, maaf baru mulai bs lagi

    BalasHapus
  5. kalau saya kurang suka wifi di tempat umum yg rata2 gratis krn biasa akan lebih lelet dengan penggunanya yg banyak

    BalasHapus
  6. Bagai mana cara mengetahui kalau jaringan WiFi itu aman?

    BalasHapus
  7. wah...kepandaian seseorang ng'hek ternyata merugikan banget buat para nubi seperti saya, ngenet cuman bisa jalaninnya doangan ngga ngerti ternyata resiko maen di Wifi bisa menjerembabkan kita.
    makacih ah

    BalasHapus
  8. bisanya kalo di wiifi gratis emang kadang saat kita pakai perlu hati -hati, karena banyak orangg - orang iseng yang biasanya suka nimrung :D

    BalasHapus
  9. wah saya kalau masuk situs tahunya tidak aman dari antivirus saja mas, kalau ada peringatan berarti tidak aman, wifi dimana mana ternyata juga berbahaya ya

    BalasHapus
  10. @Muhammad Adam Hussein: memang sob, yg serba gratisan itu biasanya membuat kita terlena dan lupa terhadap bahaya yg bs saja timbul

    @EKA: betul itu sob, sangat terjamin keamanannya

    @Zachflazz: sangat sulit sekali mas zach, karena biasanya yg gratisan itu tdk terlalu difasilitasi dgn keamanan yg cukup, istilah, "dicuekin aja" gitu, yg penting bs menarik byk pengunjung...

    @Lidya: eh mbak Lidya br keliatan, sibuk ya mbak?

    @Alya Zahra: nah, ini jg faktor yg tdk menyenangkan lainnya dari yg serba gratis :D mending byr yg penting nyaman dan aman kan?

    BalasHapus
  11. sangat setuju sekali mas wawan, saya sih hampir gak pernah tuh pake wifi gratisan, tp kalo wifi gratisannya punya tmn deket sih gak pa2 kali ya..

    BalasHapus
  12. @Heri: sulit mas, sama aja kyk bagaimana caranya agar blog kita tdk copas? karena hacker itu punya byk cara utk melumpuhkan korbannya. makanya cara yg ampuh ya kita gak usah pake wifi gratisan, tp setidaknya coba aja trik dr saya diatas.

    @Cilembu: makanya kalo maen jgn ke Wifi mas Lembu, maen ke rumahku aja, dijamin aman deh, satpamku ada 5 loh.. hehe.. :D
    gmn kbrnya warga Cilembu?

    @Ahmad Zaelani: nah tuh dgr kata mas Ahmad, mas Ahmad ini sudah pengalaman main di Wifi gratis..

    @Dedaunan: itu sih pengaman utk virus mbak.. kalo pengaman utk hacker kyaknya blm ditemukan tuh mbak..

    @Fitriyana: kalo punya tmn dkt sih gak pa2 deh, asalkan main wifinya dlm kamar aja mbak, biar org lain gak tau... daripada ada yg ikutan nimbrung juga

    BalasHapus
  13. untungnya saya hanya online pake modem saya aja.. mksh tipsnya

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. Kalo saya malah ga pernah konek sama wifi kang, lebih enak pake quota atau modem sendiri :)
    makasih tips nya kang.

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.