Solvay Hut, Pondok Gunung Tertinggi Di Swiss


Kamis, 22 Mei 2014
Labels:
Advertisement
Penghuni 60 | Solvay Hut, Pondok Gunung Tertinggi Di Swiss

Ada-ada saja kerjaan orang luar itu ya. Di lereng pegunungan yang terjal dan tinggi mereka membuat sebuah rumah pondok kecil. Posisinya memang terlihat strategis, tapi jangan salah, resiko bahaya bisa mengancam keberadaan rumah singgah itu kapan saja.

Rumah pondok itu dibangun untuk tujuan sebagai tempat bersinggah atau beristirahatnya para pendaki. Disitu disediakan berbagai persediaan makanan dan minuman juga sebagai tempat perlindungan bagi para pendaki. Pondok kecil yang telah banyak membantu para pendaki gunung itu terkenal dengan sebutan "Solvay Hut".

Baca Juga:

Pondok Gunung Tertinggi Di Swiss


Meskipun digunakan hanya khusus untuk situasi darurat saja, namun tetap saja banyak para pendaki yang singgah ke pondok melepas lelah serta memanfaatkannya untuk mengambil foto yang berlatar pemandangan menakjubkan serta luar biasa jika dilihat dari bagian teras pondok itu.

Pondok Gunung Tertinggi Di Swiss-2

Pondok Gunung Tertinggi Di Swiss-3

Pondok Gunung Tertinggi Di Swiss-4

Solvay Hut merupakan pondok gunung tertinggi yang dimiliki oleh Swiss Alpine Club, yaitu sebuah club pendakian gunung terbesar di Swiss. Posisinya yang berada pada ketinggian 13.133 kaki atau sekitar 4.003 meter di punggung gunung Matterhorn, menjadikan pondok kecil itu akan terlihat seperti sebuah titik dari kejauhan. Apalagi jika disekitarnya dipenuhi dengan salju putih yang tebal. Pondok ini banyak dimanfaatkan oleh para pendaki Matterhorn yang lelah ingin beristirahat serta ingin mengagumi keindahan pemandangan dari atas gunung.

Rumah pondok ini dibangun pada bulan Agustus 1915. Sobat Penghuni 60 pasti berpikir bagaimana caranya mereka bisa membangun pondok itu? Tentunya segala macam peralatan dan perkakas harus diangkut ke atas donk. Yup, memang benar, peralatan yang diperlukan untuk membangunnya itu diangkut dengan memakai jasa dari hewan. Lalu untuk membawanya ke atas itu dengan menggunakan mobil kabel pengangkut hingga sampai ke tahap ketinggian 4.000 meter saja. Selebihnya diangkut sendiri oleh para pendaki. Tapi pembangunannya tidak membutuhkan waktu lama kok, hanya butuh lima hari saja untuk merampungkan pekerjaan membangun pondok kecil itu. Kemudian sekitar tahun 1966, pondok itu mengalami renovasi dan baru pada tahun 1976 di pondok itu dipasangilah telepon darurat. Tentunya ini sangat bermanfaat sekali jika terjadi keadaan genting.

Pondok Gunung Tertinggi Di Swiss-5

Pondok Gunung Tertinggi Di Swiss-6

Pondok Gunung Tertinggi Di Swiss-7

Pondok Gunung Tertinggi Di Swiss-8

Nama sebenarnya dari pondok ini adalah Belgia Ernest Solvay, yaitu diambil dari nama seorang penemu dan pengusaha yang telah berhasil menemukan proses industri dalam memproduksi natrium karbonat, ia menyumbangkan pembangunan pondok ini sebagai perwujudan rasa syukurnya yang telah banyak ia habiskan di gunung, mengingat di gunung banyak sekali hal-hal yang takkan pernah terlupakan olehnya. Kini ia pun telah pensiun dari club Alpine. Namun jasanya memang pantas untuk kita hargai.

*******

Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

22 comments:

  1. memang sangat nyaman jika bisa menemukan tempat demikian diatas gunung, nyaman ya kelihatannya, tapi untuk bisa masuk ke dalam pondok, butuh perjalanan luar biasa tuh, sayang di gunung indonesia, pondok di ketinggian demikian, mudah rusak :(

    BalasHapus
  2. tinggi bngt yag an :D

    Cerita Dewasa

    BalasHapus
  3. 1915 di swis udah kepikiran untuk menarik para pendaki untuk mendaki dan menikmati keajaiban pondok yang sengaja dibikin dipuncak yang ekstrim, tentu jadi tantangan tersendiri untuk mencapainya.
    Solvay Hut...tunggulah...ay-em koming...:D

    BalasHapus
  4. wow... menakjubkan sekali yia bos... pembuatanya sih emang tidak lama tapi pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit yia bos... kira2 biayanya habis berapa yia bos? hehehe...

    BalasHapus
  5. membangu sebuah pondok di lereng gunung adalah sebuah ide brilian :)

    BalasHapus
  6. Solvay Hut, pondok ditas gunung ya mas, saya kira itu poto Hoax ternyata beneran ya... sungguhluar biasa

    BalasHapus
  7. Lihat pondoknya jadu gemetar juga nih kaki sob, ngeri...

    BalasHapus
  8. Widihhh... kagak takut longsor apa tuh dianya

    BalasHapus
  9. indah cantik pemandangannya tapi aduhh...rasa gayat lah duduk dari atas dn pandang kebawah..mesti lutut ni bergegar jadinya

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. kunjungan malam sob....gimana tangganya tu sob...

    BalasHapus
  12. Mantap sob informasinya, kunjungi balik ya, trus coment di blog saya, nanti saya kunjungi balik kesini :)

    http://www.inisukabumi.com/

    BalasHapus
  13. ih ngeri juga ya, tp berguna sekali itu terutama membantu para pendaki yg terkena musibah

    BalasHapus
  14. Tinggi banget ya.. Itu yg bikin bingung cara bikin pondoknya gimana ya?..

    BalasHapus
  15. Serem banget :3 ..

    BalasHapus
  16. MAEN LAGI KESINI SAMBIL MENIKMATI SENSASINYA SOLVAY HUT

    BalasHapus
  17. perjuangan berat membawa peralatan dan bahan2 bangunan untk membuat pondok itu ya. Walaupun cenerugn tidak aman tapi setidaknya membantu para pendaki untuk singgah ya

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  19. kalau kita mau usaha,,apapu yg gak mungkin menjadi mungkin..tetap semangat..

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  21. kalau merekasih cuma modal uang paling langsung jadi tuh rumah gan, yg hebat itu mas mas kuli yg buat rumah itu gan :v ..ga kebayangkan gimana hororrnya itu, soalnya ane gak percaya kalau itu beneran mereka yg buat sendiri gan :D

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.