Pentingnya Memback Up Data Blog Secara Rutin


Kamis, 17 April 2014
Labels:
Advertisement
Pentingnya Memback Up Data Blog

Akhir-akhir ini blogger sedang melakukan pemberantasan blog-blog spam yang bertebaran di dunia maya, tentunya yang menggunakan domain blogspot. Alhasil, dikarenakan pemberantasannya berdasarkan analisa yang dilakukan oleh robot, maka tidak sedikit juga blog yang sebenarnya bukan spam, jadi ikut terkena imbasnya. Salah satunya blog milik temanku.

Coba saja Anda bayangkan, bagaimana rasanya saat tiba-tiba saja blog milik kita dituduh spam oleh pihak blogger lalu dihapus begitu saja dari peredaran tidak dapat di akses, padahal kita sendiri sudah yakin tidak ada unsur spam dalam blog milik kita tersebut. Memang sih, namanya juga robot, pasti lebih banyak salahnya ketimbang manusia.

Akan tetapi jika permasalahan tersebut menimpa diri kita sendiri, lalu apa yang bisa kita lakukan? Ujung-ujungnya kita harus membuat blog yang baru. Dan yang sangat disayangkan, kita harus kehilangan semua data-data blog kita yang lama, termasuk data-data postingannya. Apakah mungkin kita bisa mengulangi lagi menulis semua postingan kita yang sudah pernah dibuat.

Nah, disinilah letak pentingnya agar kita selalu memback up data blog milik kita. Bila perlu lakukan sesering mungkin, apalagi jika Anda termasuk blogger yang aktif melakukan posting.

Lalu, bagaimana caranya memback up data blog?

Bagi sobat Penghuni 60 yang ingin memback up data blog termasuk data-data postingannya, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Login terlebih dahulu ke akun blogger Anda
  • Pilih menu SetelanLainnya
  • Kemudian pilih Ekspor blog (lihat gambar di bawah)
Pentingnya Memback Up Data Blog
  • Maka akan muncul jendela baru, pilih Unduh Blog
Pentingnya Memback Up Data Blog
  • Akan muncul jendela unduhan, pilih “Save File” lalu OK
Pentingnya Memback Up Data Blog
  • File hasil download memiliki ekstensi xml, dengan format nama file: blog-tgl back up.xml
  • Selesai

Langkah-langkah di atas adalah untuk memback up data blog. Jika dikemudian hari kita mengalami masalah pada blog kita, maka tidak perlu khawatir, karena data-datanya sudah kita simpan. Sehingga saat kita harus membuat blog yang baru, maka yang perlu kita lakukan adalah kebalikannya, yaitu 'mengimpor data'.

Langkah-langkah untuk mengimpor data blog adalah sebagai berikut:

  • Login ke akun blogger Anda
  • Pilih menu SetelanLainnya
  • Pilih Impor blog, maka akan muncul jendela untuk mengupload file hasil back up tersebut.
Pentingnya Memback Up Data Blog
  • Pilih Browse, cari filenya
  • Isi verifikasi kode captcha yang muncul
  • Klik Impor blog
  • Selesai

Maka semua postingan yang pernah sobat Penghuni 60 buat akan diposting secara otomatis. Dengan begitu sobat tidak pernah kehilangan karya tulis sobat. Saranku, lakukan back up data blog setiap kali sobat melakukan posting.


Semoga bermanfaat... ^_^

"Sudahkah sobat memback up data blog sobat hari ini?"


Signp60



Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

26 comments:

  1. iya bnr mas, aku nyesel knp aku gak pernah back up data blogku, kini aku hrs kehilangan blogku yg lama http://peluangusahaonline-oke.blogspot.com.
    blogku itu disangka spam. kini aku hrs mengulang lg dr awal.
    ini blog baruku mas: http://infopeluangusahaonline.blogspot.com
    mksh ya udh posting tentang ini. smoga aku selalu ingat utk memback upnya rutin

    BalasHapus
  2. penting banget nih Mas buat saya. OK saya laksanakan sesuai posting ini, makasih banyak ya.
    saya pengin data saya aman, itu aja.

    BalasHapus
  3. satu pertanyaan saya: saat blog kita hilang ya Mas, emang kita bisa masuk ke menu setelan dan impor blog? bukankah blog kita udah ilang?

    BalasHapus
  4. @Info Peluang Usaha: aku turut berduka sob atas dihapusnya blogmu, padahal blogmu yg lama itu byk memberikan keuntungan buatku sebagai pemasang iklan di blogmu.. semoga yg baru lbh bisa sukses lg ya sob... untung google adsensenya gak dibanned ya sob?

    @Uda Awak: yups, betul sekali Uda, karena setiap ada back up yg baru otomatis data di back up yg lama itu jg udah masuk ke data back up yg baru

    @Zachflazz: wah, kayaknya mas Zach belum membacanya secara mendetail nih, jgn buru2 mas bacanya... jd maksudku, jika blog kita dihapus, kita tetap punya data isi blog kita. maka kita pun terpaksa bikin blog yg baru. nah, diblog yg baru itu, barulah kita impor data blog lama kita. hasilnya ya akan sama persis isinya dgn data yg lama, gitu mas, istilahnya "reinkarnasi" gitu mas Zach... :)

    BalasHapus
  5. saya juga rutin melakukan ini Sob, minimal seminggu 2 kali untuk jaga-jaga :)

    BalasHapus
  6. Baru sadar, klo blog punya saya gak pernah sy back up, mungkin belum pernah kerjadian di hapus kali yaaa, makasihh gan info nya

    BalasHapus
  7. Benar sekali ya, seengganya kita harus jaga-jaga :)

    BalasHapus
  8. betul juga mas, buat jaga-jaga jangan sampai kita kehilangan backup, itu aja.

    Betul ga?

    BalasHapus
  9. Wahh terima kasih saran nya mas..
    bisa dicobain deh ni kayak nya

    BalasHapus
  10. saya juga kena sama google,, padahal tu blog sma sekali bukan blog spam,, sedih banget,, mana kw nya uda d pge 1,, :'((
    mampir sini ya: www.tradisionalobat.com

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah saya sering membackup data saya kang :)

    BalasHapus
  12. emng penting sekali nge backup itu

    BalasHapus
  13. @Penghuni 60:
    iya mas wawan, mohon mf ya atas kejadian ini, saya sedang usahakan utk menampilkan kembali iklan2 punya mas wawan

    BalasHapus
  14. ternyata blog jg bs di back up ya mas? kok saya baru tau, langsung deh praktekin, bwt jaga2

    BalasHapus
  15. @Yobert: wah, bagus itu sob

    @Aliyustanto: kalo gitu mulai skrg diback up ya sob, jgn sampe nyesel nantinya

    @Firman: yups.. :)

    @Ustadz: bukan kehilangan back up mas, tp kehilangan blog

    @Munawir: silahkan sob..

    @Angelique Lemercier: berarti nambah lg daftar temanku yg kena hapus

    @Cak Oni: syukurlah... :)

    @Archer: sangat penting sob..

    @Info Peluang Usaha: nyantai aja sob, jgn buru2.. biar rapih..

    @Fitriyana: iya mbak Fit, lbh baik mulai skrg jg diback up ya

    BalasHapus
  16. kasus yang sama juga pernah terjadi pada blogku 2 tahun yang silam. meskipun trafiknya tidak terlalu banyak tapi sangat disayangkan. hemm..

    BalasHapus
  17. Makasih sob atas postnya ,tapi gak ada gunanya juga buat blog saya ,karena blog saya sepi ..jdi walaupun dianggap spam ya gpp asal spam nya gk menjangkit keblog teman-teman saya ketika berkunjung keblog saya...

    BalasHapus
  18. @Mahsus: jls donk sob, sangat disayangkan, itu kan karya asli kita, masa hilang begitu saja

    @Aully: lho, kok ngomongnya gitu, kalo ente ngomong gitu, ya lebih baik saranku ente gak usah ngeblog lagi, daripada capek2 ngeblog, tp blognya gak dihargai sama sekali ama yg bikinnya, sama aja ente bikin rumah, trs gak ngurusin rumahnya.

    BalasHapus
  19. mksh sob udh mengingatkan, kebetulan sekali aku blm pernah melakukan back up data blogku.. :)

    BalasHapus
  20. terima kasih kang cara membackup data blognya sangat bermanfaat.... :)

    BalasHapus
  21. saya sudah mengikuti saran Mas Wawan. sudah saya lakukan. terima kasih banyak ya Mas.

    BalasHapus
  22. terima kasih sudah di ingatkan, kadang aku lupa belum memback up

    BalasHapus
  23. Gan, ane mau tanya ni. Sebaiknya membackup blog berpa kali dalam sebulan ya ?

    BalasHapus
  24. @Hendra frans: kalo bisa sih setiap kali ente update postingan baru, langsung diback up aja...

    BalasHapus
  25. sedang aku terapkan tipsnya buat jaga-jaga.
    thanks sob!

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.