Bangun Pagi-pagi Yuukk


Sabtu, 17 Juli 2010
Labels:
Advertisement
[Penghuni 60] Apakah ada di antara sobat yang ingin sekali bisa bangun tidur pagi-pagi tapi kok rasanya susaaaaaah banget membuka mata. Sepertinya ada setan yang selalu menggelayuti di kelopak mata kita. Beraaaat banget rasanya pengen bangun, akhirnya malas eh lanjut tidur lagi deh..

Kalo kejadian seperti itu terjadi pada waktu liburan atau hari Minggu atau juga hari yang bener-bener gak ada aktifitas sih gak pa-pa. Tapi kalo kejadian itu terjadi pas hari Senin atau kita punya jadwal penting di pagi hari, wah bisa kacau tuh..

Okelah, aku punya beberapa tips ringan untuk kalian yang agak sukar bangun pagi-pagi..
Mauuu?? Yuuuk!

1. Niatkan Diri Anda Untuk Bangun Pagi

Memang terlihat seperti suatu hal yang sepele, namun bila anda sebelum tidur benar-benar meniatkan dalam hati dengan sungguh-sungguh bertekad untuk bangun pagi jam sekian, niscaya itu akan menjadi sebuah sugesti yang akan masuk alam bawah sadar anda saat tidur, seperti alarm pribadi untuk benar-benar bangun pada jam sekian sesuai yang anda niatkan. Tentu saja tak lupa beserta doa sesuai agama dan kepercayaan anda masing-masing sebelum tidur.

Baca Juga:

Tips Agar Bisa Bangun Pagi-pagi

2. Pasanglah Alarm Ganda

Pasanglah tidak hanya satu alarm, karena biasanya jika kita masih malas bangun kita akan segera mematikannya dan tidak akan berbunyi lagi. Pasanglah beberapa alarm, baik berupa jam weker, handphone atau alarm lainnya. Agar lebih efektif, pasanglah salah satu alarm agak jauh dari jangkauan anda, mungkin di meja seberang tempat tidur, agar anda terpaksa bangun dan berjalan untuk mematikan bunyi alarm yang mengganggu tidur anda. Pada handphone keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi fasilitas snoozing ( pengulangan alarm ) yang mana alarm akan berbunyi berulang-ulang jika anda tidak bangun dan menekan tombol yang benar, satu ponsel ini juga sudah cukup efektif berfungsi sebagai alarm ganda.

3. Sediakan Air Putih di Samping Tempat Tidur


Siapkan air putih / air mineral dalam gelas atau botol sebelum anda tidur, agar mudah dijangkau letakkan disamping tempat tidur anda, sehingga waktu anda bangun bisa langsung meminumnya untuk menyegarkan tenggorokan serta cukup efektif juga untuk menghilangkan rasa kantuk, proses bangun pagi pun bisa lebih mudah.

4. Tidurlah di Ruangan yang Terkena Cahaya Matahari Saat Pagi

Tidurlah di ruangan yang terkena cahaya matahari saat pagi, kalau perlu carilah posisi tidur yang memungkinkan sinar matahari akan langsung menerpa wajah anda ketika pagi. Kalaupun terpaksanya anda bangun agak kesiangan, maka sinar matahari akan secara alami membangunkan anda. Jangan tidur di ruangan gelap sepanjang hari, karena badan akan menganggap hari masih malam terus, sehingga secara tidak langsung badan kita tertipu untuk tidur nyaman lebih lama.

5. Jangan Terlalu Banyak Makan Sebelum Tidur

Pada saat makan malam jangan terlalu banyak makan sehingga anda tidur dalam keadaan terlalu kenyang, hal ini akan sangat memberatkan anda untuk bangun pagi. Tetapi makanlah secukupnya saja saat anda makan malam, ini akan membantu membuat anda mudah terjaga untuk bangun bagi. Jangan tidur dalam kondisi terlalu lapar, karena terlalu lapar juga akan melemahkan syaraf-syaraf sensorik dan motorik sehingga akan menyulitkan untuk tetap fresh saat bangun pagi

6. Mintalah Dibangunkan Keluarga / Teman

Cara ini sangat efektif untuk bisa membantu anda bangun pagi, mintalah dibangunkan oleh ibu, ayah, adik, kakak, keluarga, atau teman. Anda juga harus komitmen, sehingga akan timbul perasaan malu atau tidak enak apabila sudah meminta bantuan kepada mereka untuk membangunkan namun ternyata anda masih ingin tidur lagi. Tidak harus keluarga/teman satu rumah, keluarga/teman yang jauh pun bisa anda minta bantuannya untuk menelpon pada jam sekian, namun sekali lagi ini adalah komitmen untuk tidak mengecewakan mereka yang telah berusaha membantu anda.

7. Tidurlah Lebih Awal

Tidur lebih awal dari biasanya cukup membantu, meski tidak sepenuhnya. Memang ada yang tidur lebih awal dari biasanya malah tidak bisa bangun pagi. Namun tidur lebih awal tetap saja akan memberikan anda istirahat malam lebih cukup sehingga akan menjaga kebugaran untuk bisa bangun pagi seperti yang diharapkan.

Nah, siapkah sobat untuk bangun pagi-pagi esok hari, wah, kayaknya gak mungkin deh... esok kan hari Minggu...

"Bangun tidur...tidur lagi..."

hehe... ^_^ smoga bermanfaat ya...


*******
Author P60

Mobile Version


Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 comments:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.