Minum Kopi Bisa Lindungi Mata dari Kebutaan


Sabtu, 30 Agustus 2014
Labels:
Advertisement
Dari sekian banyak sisi negatif yang berkaitan dengan minum kopi, ternyata dalam minuman kopi ini tersembunyi suatu zat yang sangat berguna bagi mata. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa meminum kopi mampu memberikan kesehatan bagi mata. Jaringan mata lebih terjaga sehingga memperlambat masalah penurunan kemampuan (degenerasi) dalam melihat objek pandangan.

Peneliti menemukan di dalam minuman berkafein ini terkandung chlorogenic acid sebesar 7 hingga 9 persen. Zat tersebut adalah antioksidan kuat yang membantu menangkal radikal bebas dalam menyebabkan penurunan kualitas jaringan. Pada percobaan dengan tikus, zat tersebut berkhasiat mencegah degenerasi di bagian retina mata.

Minum Kopi Bisa Lindungi Mata dari Kebutaan

Menurut penulis studi yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry ini, Chang Lee, temuan tersebut menegaskan bahwa kopi menjadi bagian dari makanan fungsional, yaitu makanan yang membantu kesehatan secara alami. Dengan demikian, minum kopi secara tidak berlebih memberikan kebaikan bagi tubuh.

"Kopi adalah minuman yang paling populer di dunia, dan kami sedang meneliti manfaat yang diperoleh dari kopi," kata Lee, seperti dilansir laman GuardianLV, Jumat (29/8).

kopi
Sebagai indera penglihatan, retina mata memiliki peran yang penting. Gunanya untuk menerima dan memberikan informasi secara visual untuk diteruskan ke otak. Di dalamnya ada jutaan sel yang sangat peka cahaya dan sel saraf. Dan, retina merupakan jaringan paling aktif dalam metabolisme tubuh.

Hanya saja sel dalam retina juga peka terhadap stres oksidatif atau hipoksia. Serangan radikal bebas tersebut dapat menurunkan kemampuan mata untuk melihat.

Retina juga dapat rusak oleh pengaruh penyakit seperti diabetes, penuaan, dan glaukoma. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang kaya antioksidan sangat baik melindungi jaringan tubuh dari pengaruh radikal bebas, termasuk di bagian mata dan kopi adalah salah satu sumber antioksidan.

So, siapa diantara sobat Penghuni 60 yang suka minum kopi? Ternyata, kopi itu memiliki manfaat tersembunyi yang begitu besar... Tapi ingat, tetap jangan berlebihan..!!  ^_^

yuuk, disrupuuut dulu kopinya ah.... 




Signp60



Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

10 comments:

  1. kopi tuh kan pahit mas, makanya saya gak begitu doyan minum kopi, kadang kalo suami bikin ada sih rasa kepingin minum, tp setelah beberapa teguk, trs udahan... ternyata bermanfaat jg ya

    BalasHapus
  2. kalau gitu aku harus mulai mencoba minum kopi ya

    BalasHapus
  3. @Fitriyana: hehe, iya mba, yg penting tdk berlebihan

    @Lidya: coba deh mbak... gak musti sering kok

    BalasHapus
  4. Pas banget baca ini..lagi nyeruput nih mas... hehe
    Sluruffff

    BalasHapus
  5. wah, benaran ini sob?
    padahal sudah mengurangi konsumsi kopi

    BalasHapus
  6. @Budi Purnomo: waduh, asik donk sob.. sambil dtemenin ama siapa sob disebelah? hehe... :D

    @JIM: itu yg bilang namanya Chang Lee sob.. beliau yg menelitinya, tp menurutku sih, apapun minumannya jika berlebihan justru dampak negatif yg diperoleh, sebaliknya jika takarannya pas, maka bs membantu kesehatan tubuh kita.. seperti kopi ini, jgn liat sisi negatifnya, tp kalo sesuai takaran, justru bs menyehatkan sob..

    BalasHapus
  7. Kira kira takaran yang pas brp gan?
    ane kalau minum kopi 1 saset di cangkir kopi dalam jangka waktu 2 hari 1x kira kira itu takaran yang pas atau masih terlalu banyak gan?

    BalasHapus
  8. @Rhevantine: aku pernah baca disebuah tulisan tp lupa dimana, bahwa minum kopi itu sebaiknya jgn lbh dari 2 cangkir kopi sehari. tapi aku gak yakin ini dijadikan patokan atau tdk. tp bisa utk referensi kan.. lbh baik sih memang gitu jgn lebih dari 2 cangkir kopi dlm sehari.

    BalasHapus
  9. minuman pencegah ngantuk kang :D

    BalasHapus
  10. Untung aku suka minum kopi, hehe

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.