Munculnya Lubang Besar Misterius di Yamal


Jumat, 18 Juli 2014
Labels: ,
Advertisement
Sebuah kawah raksasa telah muncul tiba-tiba di daerah yang kaya akan gas di Siberia utara. Seperti nampak dalam foto udara yang luar biasa itu menunjukkan sebuah gambar lubang misterius yang diperkirakan diameternya sekitar 80 meter dan dalamnya belum bisa diperkirakan karena masih dalam proses penyelidikan. Lubang itu tepatnya berada di wilayah semenanjung Yamal Rusia utara.

Sebuah tim ilmiah pun telah dikirim untuk menyelidiki lubang itu dan dijadwalkan tiba di tempat kejadian pada hari Rabu, kemarin (16/07/14).

Baca juga>> Misteri Tambang Berlian Mir di Rusia, Lubang Terbesar Kedua di Dunia

Penyebab munculnya lubang yang tiba-tiba di Yamal (kata 'Yamal' jika terjemahkan berarti "ujung dunia") di ujung utara Siberia ini belum diketahui secara pasti. Ada beberapa spekulasi dari para penggemar UFO bahwa kawah ini adalah bekas pendaratan UFO. Apakah itu benar?

lubang misterius

lubang misterius

lubang misterius

Akan tetapi seorang ahli Rusia mengatakan bahwa penyebab yang paling mungkin adalah pelepasan gas dibawah permukaan tanah akibat pemanasan global, yang kemudian meledak seperti gabus minuman sampanye.

Para ahli juga mengatakan bahwa warna kehitaman atau gelap di sekitar dinding bagian dalam kawah menunjukkan 'akibat dari terbakar parah' atau hangus.

Namun, teori lain mengungkapkan bahwa lubang itu dibentuk oleh meteorit yang jatuh di tempat yang tak berpenghuni ini di Daerah Otonomi Yamalo-Nenets, sekitar 30 km dari ladang gas Bovanenkovo.

"Ada kesepakatan bahwa tanah di sekitar lubang itu memang dilempar keluar dari dalam kawah, sehingga terciptalah lubang yang cukup besar bagi beberapa helikopter Mi-8 untuk terbang ke dalamnya”

Ekspedisi diselenggarakan oleh otoritas Yamal terdiri dari para ahli yang berasal dari pusat (Rusia), dan juga dari Cryosphere Institut Academy of Sciences. Mereka berencana untuk mengambil sampel tanah, udara dan air dari tempat kejadian. Mereka akan didampingi oleh seorang spesialis dari Kementerian Darurat Rusia.

lubang misterius

Seorang juru bicara untuk kementrian cabang Yamal telah mengesampingkan meteorit, tetapi mengatakan masih terlalu dini untuk mengatakan apa yang menyebabkan lubang itu tercipta.

"Kita telah memastikan bahwa lubang itu bukan akibat meteorit," katanya.

Anna Kurchatova dari Sub-Arctic Scientific Research Centre, berpikir bahwa kawah tersebut dibentuk oleh campuran air, garam dan gas yang memicu ledakan bawah tanah, akibat dari pemanasan global. Gas terakumulasi dalam es bisa tercampur dengan pasir di bawah permukaan, dan kemudian tercampur dengan garam.

lubang misterius

Sekitar 10.000 tahun yang lalu daerah ini adalah laut. Pemanasan global mungkin telah menyebabkan es bawah tanah mencair dengan signifikan, sehingga gas yang dilepas menyebabkan efek seperti terlontarnya tutup gabus pada botol Champagne, ungkap Ms Kurchatova.

Yamal, adalah semenanjung besar yang menjorok ke perairan Kutub Utara, area ini merupakan wilayah produksi utama Rusia untuk gas yang dipasok ke Eropa.

Lalu, lubang apakah itu? Kita tunggu saja hasil penelitian mereka..






Signp60



Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

16 comments:

  1. busyet deh dalem juga ya kliatannya mas, itu yg keluar dari dalemnya apaan ya

    BalasHapus
  2. @Apache: iya mas pache, lebih dalem dari sumur punya ane, hehe

    BalasHapus
  3. kira2 apa ya penyebabnya? bnr2 misterius

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Wah serem banget ya mas.. Kalo ntr lubangnya makin besar gimana tuh..

    BalasHapus
  6. wow 80 meter,4-5x dalamnya sumur,patut ditunggu hasil dari penelitiannya yamas

    BalasHapus
  7. Aku lebih sependapat dengan Anna Kurchatova terasa lebih ilmiah dan akurat.

    BalasHapus
  8. menurut saya juga akibat ledakan gas alam, kalau jejak alien sepertinya nggak mungkin

    BalasHapus
  9. Sepertinya dunia ini emang udah tua ya gan, banyak banget loh lubang seperti itu di bumi. Di negara-negara lain.

    BalasHapus
  10. @Fitriyana: msh penyelidikan mbak

    @Mas Nady: waduh jangan donk sob..

    @Adi Pradana: ^_^

    @Yanto: jelas sob, bikin penasaran

    @Djangkaru Bumi: iya mas aku juga setuju, kalo berhubungan dgn alien kyknya gak mungkin

    @Kang Ucup: iya Kang, apalagi disitu wilayah banyaknya gas

    @Abdurahman: bnr bgt itu mas, apalagi ulah manusia yg sudah tdk menghargai alam dan bumi ini, memperlakukan dgn semena2.. beginilah akibatnya

    BalasHapus
  11. helikopter aja bs masuk kedalamnya sob, bs dibayangin gedenya lubang itu, saya sangat setuju dgn pendapat bahwa itu adalah ledakan gas

    BalasHapus
  12. helikopter ae masuk , gede banget ya brarti tu lobang

    BalasHapus
  13. Dunia punya misteri yang tak akan habis sampai akhir jaman
    btw visit blog ane gan hello-code.blogspot.com

    BalasHapus
  14. Wah, misteri dunia emang gak mudah dipecahkan dalam hitungan waktu :) Tetapi asik buat disimak :)

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.