Manfaat Tersembunyi Dalam Minuman Bir


Rabu, 16 Juli 2014
Labels:
Advertisement
Bir

Sebagian orang, tidak akan percaya meminum bir punya manfaat bagi kesehatan. Jenis minuman ini memang mengandung kadar alkohol yang bisa merusak fungsi tubuh.

Seperti bahaya rokok yang dituduh sebagai biang keladi berbagai jenis penyakit misalnya penyakit hipertensi, begitu juga dengan minuman alkohol seperti bir ini dapat membahayakan fungsi hati. Manfaat minum bir seakan hanya sebuah mitos bagi sebagian orang, karena meminum minuman dengan kadar alkohol apapun jenisnya tidak akan membawa kesehatan bagi tubuh.

Bir tergolong ke dalam minuman keras namun, beberapa diantaranya di jual dengan bebas di pasaran. Hal tersebut karena kadar alkohol pada bir tergolong rendah yang berasal dari fermentasi beras dan gula. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa bir dapat membantu melindungi terhadap penyakit alzheimer, membantu penurunan berat badan serta keseimbangan hormon.

"Jika anda menganalisis bir maka anda akan kagum pada begitu banyaknya super-nutrisi yang terkandung di dalamya," kata direktur medis dari The Original FX Mayr Health Centre di Austria, Dr. Stephan Domenig, seperti dilansir laman Daily Mail, Selasa (15/7).

Sebuah studi oleh Tufts University di Amerika Serikat pada tahun 2009 menemukan bahwa konsumsi bir moderat dapat melindungi kepadatan mineral tulang karena bir kaya akan kalsium, magnesium, fosfor dan kalium.

Dibandingkan dengan minuman ringan dan mengandung pemanis seperti coke, minum sekaleng bir jauh lebih menyehatkan karena sebenarnya bir mengandung sedikit gula dan mengandung sekitar 93 persen air.

Berikut manfaat lain bir bagi kesehatan:

1. Bir itu kaya antioksidan

Bir yang berwarna gelap melalui proses pengolahan dengan suhu tinggi dari hop dan malt yang mengandung antioksidan alami dan vitamin yang lebih banyak daripada bir yang warnanya terang. Manfaat antioksidan pada bir, sama seperti yang ditemukan pada manfaat teh hitam, buah-buahan dan sayuran pada bir dan mampu memperkuat sel tubuh, menekan resiko gejala penyakit jantung dan kanker.

2. Bir bisa mencegah penyakit batu ginjal

Kandungan bir yang terdiri dari 93 persen air akan mencegah dari bahaya kekurangan cairan dehidrasi sehingga akan terhindar dari resiko penyakit batu ginjal. Meskipun memang belum ada yang jenis minuman apapun yang menggantikan manfaat terapi air putih untuk kesehatan fungsi ginjal bagi tubuh.

3. Bir dapat mencegah virus-virus berbahaya

Pada bir terdapat semacam senyawa kimia pada kandungan hop, yaitu tanaman yang memberikan efek rasa pahit pada bir. Kandungan tersebut ternyata menciptakan pertahanan terhadap serangan virus penyakit berbahaya seperti kanker, serta menurunkan kadar kolesterol.

Nah, sobat Penghuni 60, ternyata minum bir itu merupakan win-win solution. selain anda dapat menikmati minuman kesukaan anda, bir juga memberikan tubuh anda berbagai asupan yang bermanfaat bagi kesehatan anda. Namun, perlu diingat manfaat ini bisa anda peroleh hanya dengan mengkonsumsi bir dalam jumlah sedang, yang berarti rata-rata dua gelas bir per hari untuk pria dan segelas bir per hari untuk wanita.

"Sesungguhnya, dalam keburukkan itu pasti ada kebaikan"

Ini sih hanya sekedar tahu saja, bukan berarti aku mengajak kalian untuk meminum bir ya,  just for knowledge, OK... ^_^




Signp60



Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

5 comments:

  1. lumayan untuk menambah ilmu, jd tahu apa itu kandungan bir

    BalasHapus
  2. Och ternyata banyak juga ya manfaatnya kalau diminum sesuai aturan :)

    BalasHapus
  3. @Download Mp3: hehe, iya mas.. :D

    @Sazlina: iya mbak ternyata memang bermanfaat, dan mungkin inilah mengapa org2 barat byk yg mengkonsumsinya, bedanya mereka tau takaran yg hrs diminum, lain dgn org2 di negara kita, mereka miunumnya berlebihan, hasilnya ya malah mabok, hehe :)

    BalasHapus
  4. tapi tetep aja haram kan sob bagi umat muslim?

    BalasHapus
  5. Mantap informaisnya. Boleh minum bir banyak ini. :)

    http://goo.gl/C1DT0g

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.