Di Balik Cerita Fenomena Telur Berdiri


Rabu, 08 Juni 2011
Labels:
Advertisement

Mau ngebahas soal fenomena yang kemarin Senin baru saja terjadi nih. Entah kenapa aku begitu bersemangat untuk mengulas fenomena unik yang satu ini, apalagi kalo bukan “Fenomena Telur Berdiri”. Begitulah mereka menyebutnya. Sebuah fenomena unik yang berasal dari tradisi masyarakat Tionghoa dalam memperingati sembahyang ba-tzang. Konon, setiap tanggal 5 bulan 5 kalender imlek kita akan dengan mudah bisa membuat sebutir telur berdiri tegak tanpa menggelinding.

Nah, pada tanggal 06 Juni 2011 tepatnya hari Senin kemarin adalah bertepatan dengan tanggal 5 bulan 5 kalender imlek, maka hampir semua masyarakat yang sudah setahun menanti, mungkin akan berlomba-lomba berusaha mendirikan butir-butir telur yang sudah mereka siapkan, begitupun denganku. Sehari sebelumnya, aku sudah persiapkan beberapa butir telur yang aku beli di pasar.

Seperti janjiku kemarin, bagi siapa saja yang mengirimkan hasil fotonya saat berhasil membuat telur berdiri, akan aku sertakan dalam sebuah postingan. Hanya saja sampai detik ini aku masih belum menerima satu pun email yang masuk. Maka gak ada salahnya aku posting saja pengalamanku sendiri saat melalui fenomena telur berdiri kemarin.

Ceritanya, hari Senin itu berhubung aku masuk kerja. Maka aku bawa saja 2 butir telur ke kantor. Tepat pukul 11:00 siang, aku mulai beraksi. Awalnya begitu sulit, telur itu terus-terusan menggelinding. Lalu aku bolak-balik posisinya, namun tetap aja telur belum bisa berdiri. Aku pun berpikir, ah jangan-jangan telur yang ini udah pernah masuk kulkas nih, aku coba deh telur yang satunya.

Setelah aku coba ganti telurnya, ternyata benar saja, entah sepertinya ada sesuatu medan magnetik yang terasa saat ujung lancip telur itu bersentuhan dengan lantai. Seolah-olah ada gaya tarik yang menariknya dan sim salabim.. fantastik, TELUR ITU BERDIRI TEGAK !

Aku bersorak dalam hati. Segera saja aku panggil teman kerjaku yang sama-sama penasarannya denganku. Sontak saja dia pun terkejut, lantas langsung bermain-main dengan kamera yang sudah kita persiapkan. Jepret sana, jepret sini pun berlangsung, seperti layaknya artis di atas panggung, telur itu menjadi objek sasaran sang fotografer.

Inilah foto sang artis tersebut:





Jujur, ini adalah pengalaman pertamaku yang berhasil membuat sebutir telur berdiri tegak. Awalnya aku sendiri masih diliputi antara rasa percaya dan tidak. Tapi setelah membuktikannya sendiri, aku pun percaya.

Tapi tidak berhenti sampai disini ceritanya. Kenapa? Karena seperti yang sudah banyak dibahas oleh situs-situs lain, bahwa dikatakan jam yang terbaik terjadinya fenomena ini adalah berkisar antara pukul 11:00 sampai 13:00 siang. Dalam hal ini aku secara pribadi membantahnya! Kenapa? Karena malam harinya, sepulang kerja sesampainya aku dirumah, aku coba lagi, dan ternyata sekitar pukul 18:30 aku malah berhasil membuat 7 butir telur berdiri semua. Ini berarti, bahwa tidak ada waktu khusus untuk mendirikan telur. Mungkin selama masih di dalam tanggal 5 bulan 5 imlek.

Inilah ke 7 telur itu, maaf gambarnya kecil soalnya aku jepret pake kamera hape jadul sih... hehe..


Namun, masih ada satu pertanyaan lagi yang masih membuatku penasaran. Apakah mungkin telur ini hanya bisa berdiri di tanggal 5 bulan 5 imlek saja?
Akhirnya aku pun berpikir, lalu tepat hari Selasa di waktu yang sama, aku mencobanya lagi. Memang benar agak sulit sekali membuat telur itu berdiri. Sengaja ketujuh telur itu aku coba lagi, dan ternyata apa yang terjadi?

Aku masih bisa berhasil membuat 1 telur berdiri. Ini mustahil, berarti hal ini bertentangan dengan ketentuan yang sudah ada. Telur itu masih bisa berdiri diluar tanggal 5 bulan 5 imlek. Apakah ini berarti semua itu bohong? Apakah sebenarnya kita bisa membuat telur berdiri kapan pun waktunya?
Inilah yang membuatku tertarik untuk memposting hal ini.

Jadi, intinya ada 2 kesimpulan yang bisa aku ambil:
1) Bahwa sebuah telur bisa berdiri dengan mudah itu tepat tanggal 5 bulan 5 imlek, diluar tanggal itu kita masih bisa melakukannya hanya saja tingkat kesulitannya sangat besar.
2) Bahwa telur itu bisa berdiri bukan hanya pada pukul 11:00 sampai 13:00 siang saja, melainkan diluar jam itu juga bisa.

Oke, sekian dulu ya ceritanya.


Bagi yang masih penasaran dan ingin mencobanya, tunggu saja tahun depan. Menurut prediksi, tahun depan fenomena ini akan berlangsung pada tanggal 23 Juni 2012 hari Sabtu.
See you...


Signp60



Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

52 comments:

  1. Mau nyoba lg ah tahun depaaaan....
    :D coz td gak sempet sob, maklum gi sibuk trs nih..

    BalasHapus
  2. Mungkin begini nih dalam fenomena telur berdiri. Yang coba ndiriin telur kan menggunakan telur yg. Sama berulang.
    Sehingga bagian ujungnya ada yang retak atau terkena kotoran. Nah, karena retak muncul sedikit penyangga agar telur dapat berdiri.
    *komentarku pxl = luas
    haha. . .

    BalasHapus
  3. @Yunan: aku juga berpikir hal yg sama sob... tp disini aku yg mengalami sendiri, dgn mataku sendiri pula, hampir setiap sisi telur itu udah aku telusuri, dan blm ada goresan sedikit pun. makanya cobalah sendiri!

    cm butuh 1 hal kok, sabar dan fokus, itu saja!

    BalasHapus
  4. Aha! Akhirnya bisa juga komen dimari tanpa harus ganti ke google chrome. Asyyyiikkk... :D

    Btw, kalo dihari lain nggak bisa ya, Bro? Kenapa hanya dihari itu aja yang bisa?

    BalasHapus
  5. @Dewifatma: kan udah diterangkan td, dihari lain bisa, hanya saja tingkat kesulitannya sangat besar. mungkin karna pengaruh gaya tarik gravitasi tersebut

    BalasHapus
  6. padahal udah niat nyobain, tp nggak sempet, huhu *ngiris bawang

    liat hasil percobaan nya penghuni 60 aja de..hihi ;p

    BalasHapus
  7. Waduh, kemarin saya kelupaan. Padahal kepengen banget untuk ikut membuktikan dengan tangan dan mata sendiri.

    BalasHapus
  8. hari itu, pada pukul 11.00, saya masih memasak di dapur buat makan siang. beberapa kali saya coba, namun mungkin karena nggak sabaran aja yah, makanya nggak coba sampe berhasil. tdinya nggak percaya mas, tapi lihat postingan mas ini, saya ikutan percaya juga deh. mungkin, masih bisa di hari lain yah????

    salam hangat ^_^

    BalasHapus
  9. Bravo .... Tahun depan aku nyoba ah ...

    BalasHapus
  10. baru tau nih kalau ada fenomena telur berdiri, dan ternyata ini berlangsung tiap tahun ya ? sangat menarik :D

    BalasHapus
  11. eh, ikuitan juga thooo??aku baca di koran kemaren sih katanya itu karena matahari dan bumi sedang berada pada garis yang paling lurus ato gimanaaa gitu, jadi mempengaruhi hal2 kecil seperti itu juga...heheh gak tau juga ding.

    congrats ya!!berdiri banyak e..

    BalasHapus
  12. Moment ini terlewatkan padahal koment yang lalu saya ingin mencobanya.
    Maklum semakin kedepan perkara lupa juga semakin bertambah.

    Saya sudah ngebayangin ramenya waktu di kator ketika itu ya...pada lihat telur berdiri tepat jam 11.

    BalasHapus
  13. hihih keren juga tuh mas, kemaren saya gak sempet praktek buat telur berdirinya, karna saya seharian sibuk nih

    BalasHapus
  14. sayang sekali senin kemarin aku lupa utk mencobanya... padahal aku penasaran juga lho. semoga saja tahun depan aku tak lupa lagi.

    BalasHapus
  15. Before it I had not believed, but after reading your writing, I so want to try it next year

    BalasHapus
  16. mau lapor nih..., aku sudah pajang award yang 100 posting lho. maaf banget ya, karena aku telat memajangnya.

    BalasHapus
  17. wah, saya gak sempat mencobanya
    tapi ada acara khusus di parangtritis orang ramai2 mencoba mendirikan telur waktu itu termasuk bupati Bantul

    BalasHapus
  18. wah,, klupaan saya,, pdahal kmren pgen di coba,,

    BalasHapus
  19. @first gamut: hehe... ngiris bawang???masak apaan nih? :)

    @alamendah: tenang aja sob, kalo msh diberi umur panjang, mdh2an bs ikutan di thn depan

    @bangauputih: msh tenang aja kok.. intinya nanti kalo mau nyoba hrs fokus sabar dan tenang

    @Aina: mksh... gak ikutan nyoba ya? :)

    @Mpey: silahkan... ^_^

    @M.Iqbal: bnr bgt sob, tiap tahun kok

    @rabest: hehe...jd berita ini masuk koran juga toh

    @IbuDini: haha, bnr bgt sob.. tp hanya org2 tertentu saja kok, org2 yg punya jiwa "rasa ingin tahu" aja yg heboh..

    @xamthone: iyalah sibuk jualan obat ya sob?

    @catatan kecilku: tunggu tahun dpn aja mbak

    @YippeeKayYay: OK, no problem

    @eko: ya iyalah... :P

    @the other: ga pa2, gak ada kata telat kok :)

    @HALAMAN PUTIH: wah, masa sih sob?Bupati jg ikutan? pasti seru donk...

    BalasHapus
  20. aku dari kecil coba hal ini nggak pernah berhasil susah sekali tapi ternyata anda berhasil, btw blog saya berubah apanya sob apa karena jarang bw atau karena jadi blogger matre he he

    BalasHapus
  21. Nanti coba2 juga ah..seru sepertinya

    BalasHapus
  22. semestinya...itu bisa dijelaskan secara fisika :D

    BalasHapus
  23. Mantab....
    Bisa di coba nih buat bahan referensi.
    :D

    BalasHapus
  24. memang bener juga tuh sob, saya juga nyobain waktu itu, tapi saya kan nyobanya pake telur kampung,tapi gak berdiri maksimal , mungkin sob juga tau kan kalo ayam kampung agak kcil tuh, tapi saya juga ada tuh foto koleksinya di hp, hehe, memang seru juga tuh sob,ku tunggu berita teruniknya lagi ya sob

    BalasHapus
  25. wah kereeeeeeeen..... pengen nyoba ah

    BalasHapus
  26. sangat heboh nih fenomena nya,,

    apalagi liat telur bisa berdiri tegap...

    BalasHapus
  27. wew ,,, yakin tuh bisa berdiri sungguhan di tanggal itu
    padahal kan ga harus tanggal itu juga bisa bediri

    BalasHapus
  28. Jyah! aku kelupaan!! Jadi ga sempet nyobaaa

    BalasHapus
  29. @Yadi dan Martha: knp sih byk yg lupa

    @SMP 3 lembang: hehe... bnr tuh jd matre, iklannya bejibun haha.. :D

    @I-one: silahkan..

    @Skydrugz: jelasin donk... kok gak km jelasin sih...

    @Express: boleh boleh..

    @penyakit: berarti ketauan km gak baca artikelku semuanya... aku tegasin ya.. pake telur cicak jg bs kok.lbh kcl mana tuh?

    @tiwi: siang jg... katanya lg semedi?

    @Eel: silahkan dicoba sob

    @xamthone: emang heboh, Bupati Bantul aja ikutan nyoba kok :P

    @John: emang gak hrs sob, kan udah aku jelasin, kalo ditanggal itu tingkat kesulitannya kecil, alias gampang bgt bikin telur berdiri

    @Tukang Colong: lg2 lupa, lagi2 lupa... lupa semua pada ngapain sih...

    BalasHapus
  30. Wah, memang patut diacungi jempol si Columbus "Menjadi PENGEKOR sangatlah mudah, tapi untuk menjadi PELOPOR hampir mustahil dilakukan, tapi dengan keyakinan, kita pasti bisa, jangan hanya bisa mengikuti dan menertawakan orang lain....

    Lho?? Kok malah OOT, maaf sob, sebenarnya masih berhubungan sih dengan ceritanya Columbus...

    Salam spirit dari Fahri's Articles

    BalasHapus
  31. uwala wala, saya penasaran...! Sangat hebat bung ! Hebat3x...

    BalasHapus
  32. wah?

    massa sih bupati sampe ikut ikutan nyoba?
    kaya gk ada kerjaan saja?

    hehe
    lucu juga tuh BUPATI..

    BalasHapus
  33. ddduuuuh jd penasaran sama tanggal 5 bulan 5 imlek.... masa iya siihhh ?!!?

    BalasHapus
  34. benarkah? Hm.. mesti dicari penjelasan ilmiahnya nih ^^ hihihihi

    BalasHapus
  35. All, Dilike ya fanpage ku ini, soalnya sukses via hp buatnya ! Asik..www.obinhut.blogspot.com makasih !

    BalasHapus
  36. wahh... sudah kelewatan..
    terpaksa tunggu tahun depan...
    info yg menarik, baru kali ini saya tahu fenomena telur berdiri ini...

    BalasHapus
  37. tulisan ini sangat menarik menurut Saya

    BalasHapus
  38. gile sob, saya takjub dgn rasa penasaran sobat. eksperimen dan hasilnya menakjubkan.. bisa ya telur berdiri.. kalo saya baca ni postingan, saya pasti nyoba jg. aaaaaaaaaaaaah, masa saya harus nunggu tahun depaaan!! T_T

    BalasHapus
  39. saya sudah mencoba beberap kali..
    tapi belum bisa juga..
    kenapa ya?

    BalasHapus
  40. hebat bner yah. . .
    Bisa brdiri gtu telur. . .
    Mungkn itu sebuah legenda yah gan. . .
    Ya seperti batu malin kundang. . Tangkuban perahu dll. .
    Tp i like it. .

    BalasHapus
  41. Apakah ada penjelasan ilmiahnya ?

    BalasHapus
  42. info nya menarik.
    terus tingkatkan

    BalasHapus
  43. Wah jadi penasaran nyoba nie tahun depan hehehe

    BalasHapus
  44. Wah postingannya sangat menarik
    dan sangat setuju kata2 ini,
    "hal paling sederhana di dunia. Setiap orang dapat melakukannya, setelah orang itu ditunjukan bagaimana caranya!"

    BalasHapus
  45. Hello. I wish you a nice Friday, super weekend. Keep smile and come again. http://fotisbazakas.blogspot.com

    BalasHapus
  46. sangat bijak dan orang yang melegenda.salam kenal boss.kalau tak keberatan tukeran link yuk..!



    makeityourring diamond engagement rings

    BalasHapus
  47. tapi bisa juga pas jam 00:00 saat pergantian tahun

    BalasHapus
  48. Tepat jam 00:00 tiap hari bisa kok..
    Akan jatuh dengan sendirinya setelah 5 mnit.ingat cuma sekali saja tdk bisa diulang...

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.