Penghuni 60


Basmalah














Jual Beli Bitcoin

Rabu, 21 Juli 2010

Fenomena Alam Telur Berdiri Menjadi Tradisi

Advertisement
Pernahkah Sobat Penghuni 60 mencoba mendirikan telur hingga dapat berdiri tanpa menggelinding?
Hmm.. sepertinya sulit juga ya...
Tapi yang ingin saya ungkap dalam postingan kali ini, adalah bagaimana sebuah telur ternyata bisa berdiri tanpa menggelinding.

Nah lho, apakah ini Magic? Sulap? atau Sihir? Jawabannya: “BUKAN!”
Lalu apa donk... ini sebuah fenomena..
yuuuk dilanjuuut......

Ada sebuah tradisi unik di masyarakat tionghoa dalam memperingati sembahyang ba-tzang yang jatuh setiap tanggal 5 bulan 5 kalender imlek, yaitu mendirikan telur. Tepat tengah hari tanggal 5 bulan 5 imlek, telur-telur itu dapat dengan mudah didirikan diatas lantai seperti pertunjukan sulap saja. Wow!!


Kok bisa ya, kenapa?

Alkisah, menurut para ahli pada tanggal tersebut posisi bulan tepat berada pada garis lurus bumi sehingga gaya gravitasi bulan pada tengah hari akan tepat berada dibawah bumi sehingga kuning-kuning telur akan tertarik sedikit lebih rendah dibanding pada hari-hari biasa, hal ini yang membuat titik berat telur lebih ke bawah dan membantu sang telur berdiri pada ujung lancipnya. Dan karena penanggalan imlek mengandalkan peredaran bulan, maka momen tersebut akan selalu jatuh tepat tengah hari tanggal 5 bulan 5 imlek.

Sebenarnya pada hari-hari menjelang dan sesudah tanggal 5 bulan 5 imlek, hal ini masih bisa dilakukan namun tepat pada tanggal itu akan relatif lebih mudah melakukannya.



Untuk tahun 2010, tanggal 5 bulan 5 imlek tepat jatuh pada hari Rabu (16/06/10) pukul 12.00 WIB (wah, udah telat ya sob, sori nih postingannya terlambat, tapi tenang aja masih ada tahun-tahun berikutnya kok. Mau nyoba? Yuuk..!!)

Di Taiwan, fenomena ini disebut sebagai “Twan Yang” (Saat matahari memancarkan energi cahaya yang paling kuat, sehingga menimbulkan gaya grafitasi lemah)

Sumber lain menyebutkan, ketika telur dapat berdiri disebabkan karena posisi bumi pada posisi Equinox atau ketika sumbu rotasi bumi dan garis bumi ke matahari tegak lurus. bahwa di antara matahari dan bumi terdapat garis-garis medan gravitasi yang dapat mempengaruhi elektron-elektron dalam telur. Gerakan elektron-elektron inilah yang menyebabkan terjadinya kestabilan pada telur sehingga telur dapat berdiri. Namun, teori tersebut masih dibuktikan lebih lanjut.

Apakah Sobat tertarik mencoba? Kalo Sobat ingin mencobanya, mulai sekarang juga Sobat cari atau telusuri tanggal 5 bulan 5 imlek tahun mendatang tepat jatuh pada tanggal berapa, maaf nih soalnya saya sendiri belum mengeceknya.



Nah, buat Sobat yang udah nemu tanggal berapa di share disini secepatnya ya, biar kita bisa bereksperimen bersama tahun depan. Jika tahun depan Sobat bisa membuktikan sendiri fenomena ini, Sobat termasuk orang yang beruntung bisa mendirikan sebutir telur. Tapi jika Sobat belum mengalaminya silakan dicoba lagi dan lagi, karena setiap tahun fenomena tersebut selalu ada.

Berikut metode atau caranya:

Siapkan beberapa butir telur mentah (boleh ayam, bebek, burung puyuh atau yang lainnya), usahakan yang belum pernah masuk ke lemari es, yang masih fresh dari peternakan akan lebih baik lagi. Carilah tempat yang tidak banyak anginnya (telur akan mudah rubuh kalau tertiup angin), tunggulah menjelang tengah hari, pukul 11 - 13 siang adalah yang terbaik, lalu mulailah mendirikan telur-telur itu di atas lantai yang licin dan bersih. Jika anda tinggal digedung bertingkat, mungkin akan lebih susah melakukan hal ini, usahakan telur-telur itu didirikan di atas lantai yang langsung bersentuhan dengan tanah.

Pegang telur dengan tenang dan sabar, berdirikan telur pada ujung elips yang besar dan lepaskan perlahan-lahan. Ulangi terus hingga telur yang anda pegang dapat berdiri sendiri. Jika anda merasa cukup ahli, cobalah mendirikan telur itu terbalik dengan ujung elips yang lancip menghadap ke tanah. Mustahil? Yuk, kita coba aja tahun depan !

----------
UPDATE:
Bagi yang mau tau kapan fenomena telur berdiri ini akan berlangsung di tahun depan, klik link di bawah ini:
Prediksi Tanggal "Fenomena Telur Berdiri"

*******
Author P60

Mobile Version


loading...

Related Post


0 comments

BTCClicks.com Banner
Apabila sobat menyukai Artikel yang aku tulis, Hayuk atuh diklik disini maka sobat akan mendapat kiriman artikel update terbaru dariku gratis melalui email Penghuni 60 atau masukkan email sobat di bawah ini lalu klik Subscribe

feedsburner
Comment Page :

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik, kalo ada yang meninggalkan link atau iklan di kolom komentar, maka komentarnya akan saya hapus.
Gunakan Form Komentar Klasik untuk hasil komentar terbaik. Terima kasih.


Cancel Reply
 
BacktoTopRN