Fenomena Award Di Dunia Blogger


Jumat, 20 April 2012
Labels: ,
Advertisement
Entah siapa pencetusnya atau siapa yang pertama kali memulai. Yang jelas aku temukan award blogger ini makin kesini semakin bertambah marak saja. Terlepas dari makna sesungguhnya award itu sendiri, seolah para blogger sudah tidak menghiraukan lagi arti sebenarnya dari sebuah award. Seperti yang kita ketahui, award adalah sebuah penghargaan, dimana penghargaan ini diberikan oleh seseorang kepada orang lain karena sebuah pencapaian dalam suatu hal. Setidaknya ada momen tertentu atau momen khusus dalam pemberian award ini.

Fenomena Award Di Dunia Blogger

Sedangkan award dalam dunia blogger, sebagian memang bermakna sama, yaitu diberikan oleh seorang blogger kepada blogger lain. Biasanya juga mewakili suatu momen yang sedang dia alami, misalnya dalam rangka ulang tahun blognya, dalam rangka penyelenggaraan Give Away, dalam rangka berbagi kebahagiaan, dan lain-lain sebagainya. Semua itu pasti ada alasan tersendiri sehingga terbentuklah award tersebut. Namun, sepertinya, semakin kesini, aku temukan semakin hilang saja momen-momen itu. Kenapa?

Entahlah...

Seorang blogger bahkan bisa dengan mudahnya menciptakan award, lalu membagi-bagikannya begitu saja, seolah-olah, award itu seperti sebungkus permen, yang bisa ditebarkan sesuka hati si empunya, kapan saja, dimana saja, dan kepada siapa saja. Ada apa dibalik ini semua?

Selidik punya selidik, aku pun mencoba menelusurinya, hasilnya sangat mencengangkan, ternyata ada hal terselubung dalam pemberian award ini. Apa itu? Tak lain dan tak bukan, adalah teknik SEO. Aku sendiri jujur, belum tahu apa-apa tentang SEO. Yang jelas, percaya atau tidak, sebuah award bisa meningkatkan traffic bagi blog kita. Bagaimana bisa? Sekali lagi, entahlah...

Coba kita simak saja sebuah komentar yang masuk ke kotak komentarku yang berhubungan dengan sebuah award, komentar ini berasal dari Sobatku Zero.

“akhirnya dipost juga tuh award dari saya. blog ini memang cucok abis kalo untuk dikasi award. langsung ada 20 traffic yang datang dari artikel ini dan pas saya cari - cari ternyata dari award yang dulu pernah saya titipkan.“

Nah, udah bisa kebayang kan? Kalo dari satu artikel aja diperoleh 20 traffic, berapa traffic yang didapat jika ada 100 artikel? Itung sendiri ya...

Memang sih, kalo dipikir-pikir, jika kita menciptakan sebuah award, lalu menyisipkan nama URL blog kita di award tersebut, lalu menyebarkannya, tentunya akan membuat blog kita terkenal kan? Disinilah letaknya, bahwa makna sesungguhnya dari pemberian award itu sudah lenyap. Justru yang ada dipikiran si pemberi award adalah berharap sebuah backlink atau setidaknya traffic yang akan datang, yang bisa mendongkrak angka alexa, atau hal-hal lain yang berhubungan demi kepentingan blognya tersebut.

Untuk itu aku menghimbau kepada kalian semua Sobat-sobat Penghuni 60, agar bisa lebih bijak lagi dalam mengartikan makna sesungguhnya sebuah award. Award itu bukan permen, yang bisa diciptakan dan diberikan sesuka hati. Carilah momen, karena dengan sebuah momen akan menambah award itu lebih bermakna.

Dalam kesempatan kali ini aku juga ingin memajang 2 award spesial di bawah ini:







1. Award yang pertama ini aku peroleh dari sobat Animanga Sign, award ini berjudul Fleanding Site's Choice. Award ini sebenarnya award berantai, tapi aku ingin simpan award ini sendiri, gak pa pa donk...



2. Kalo award yang kedua ini adalah award spesial yang aku peroleh dari sobat Putri Cahaya, alias Nurmayanti Zain, award ini ia berikan khusus untuk para peserta GAnya yang baru saja kemarin ia tutup, lumayan meskipun aku gak dapat bukunya, tapi aku mendapatkan pulsa. Makasih ya May...Sukses untukmu...



Terima kasih buat kalian semua yang udah memberikan award keren diatas. Semoga blog kalian makin sukses.



Signp60



Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

78 comments:

  1. Selamat sob hehehehe... sobat emang pantas mendapatkannya. Yang dari mbak maya aku juga dapat, tapi masih disimpen dulu hehehe... :)

    BalasHapus
  2. hujan kan termasuk fenomena juga, sob! termasuk hujan award.. hehehehe

    BalasHapus
  3. wahh...selamat sobat...
    jadi pingin dpt award....belum pernah nih...:D

    BalasHapus
  4. hmm, mungkin selama ngeblog, baru 3 kali saya ngeluarin award. hanya ketika blog saya berulang tahun saja :D

    BalasHapus
  5. Nah untuk masalah bagi-bagi award saya belum pernah membagikan award kepada siapa pun. Dan kalau masalah SEO saya blank bener-bener gak ngerti, karena tujuan nge blog cuman buat happy-happy dan teman curhat. Bagus ya award yang di terima. Semakin terkenal saja blog ini. Terlihat banyaknya iklan di sana-sini.

    Congratulations.

    BalasHapus
  6. wah, masbro, blog mu jadi pendongkrak blog lain dong tuh namanya.
    penyalahgunaan properti nih...
    eh, kog malah jadi aku yg sewot sih??

    btw, terus, apa yg masbro lakukan dlm menyikapi award yg nge-link ini?

    BalasHapus
  7. ada yang senang ada juga yg gak :) tapi aku menghargai pemberi award ini

    BalasHapus
  8. saya kagak pernah dapat award & berharap dapat award,karena tujuan ngeblog bukan untuk itu :)
    aku lebih suka tulisanku bermanfaat dibanding dapat award ataupun traffik tinggi

    BalasHapus
  9. Pengen dong gan. Dibagi awardnya. berkunjung disini. :)

    BalasHapus
  10. wow :D
    hmm.. maksud terselubung ya?
    tapi yahh~ ambil positifnya saja ^^
    thank you wan, awardku dipajang

    BalasHapus
  11. Wah, baru kepikiran kalo bagi2 award bisa nambah backlink :D

    BalasHapus
  12. soalnya pas awardnya di review oleh si penerima, pasti link ke blog pemberi di cantumkan.. jadinya kita bisa memperoleh backlink gratis. :D

    nice post :D

    BalasHapus
  13. Apapun alasannya, yg penting kita menghargai niat baik si pemberi award. Naik trafik, kita anggap aja sebagai bonus krn kebaikan hati si pemberi award ^_^

    Congrats for your awards!

    BalasHapus
  14. selamat atas awardnya ya...
    kadang-kadang award juga dapat meningkatkan gairah buat ngeblog

    BalasHapus
  15. akhirnya ada juga blogger yang post topik ini hehe :p

    sebenernya dari dulu dah tahu sih kalau yang namanya award atau giveaway, pasti ujung2nya nyari backlink buat SEO hihi.
    yah tapi sah2 aja selama momen-nya tepat, asal gak tiap hari aja ngasih award wakaka , seperti yang ditulis di atas :)

    no offence yah ^_^
    akhirnya bisa kembali lagi ke dunia blogging setelah sekian lama vakum hihi

    BalasHapus
  16. @Anak Rantau: maksih sob..
    buruan dipajang sob, biar momennya gak ilang

    @eksak: haha, jd ngebayangin kalo hujan award tuh gimana, bisa2 smua genteng rumah pada bolong kali ya, haha..
    :D

    @Sripilan: tar deh kalo aku bagi2 lagi, kamu aku masukin daftar

    @Meutia: aku baru 2 kali Mut.. entah kpn yg ketiga.. msh nyari momen yg tepat

    @enha: haha, sebenarnya sih, sah2 aja kok awardnya diksh link, justru yg lagi aku bahas itu, award yg diciptakan dan diberikan setiap hari, aneh kan, masa bikin award trs stiap posting.. jd nilai penting dari sebuah award itu seolah ilang..

    @Lidya: semua hal pasti selalu memiliki 2 sisi yg berbeda, ada yg senang ada yg tdk. tp bagiku yg bikin senang itu kalo ada seorg blogger yg sudah aku kenal lama, trs memberikan award spesial tnpa syarat, gak ngrepotin, trs gak setiap hari, dan mewakili sebuah momen tertentu. wah, alangkah senangnya aku. lngsung awardnya aku posting gak nunggu lama.

    @Andy: setuju sob, aku jg gak terlalu berharap dpt award. hanya senang aja mengkoleksi gambar2 award yg unik dan kreatif itu. aku lbh menghargai mereka yg membuat award itu dgn kreatifitas mereka sendiri.

    @Sastra: tungguin aja ya sob, tar kalo aku bagi2 award lagi.

    @Maya: sama2 May..asal gak setiap hari aja deh ngasih award, bikin bosen nantinya :D

    @Millati: makanya sob, buruan bikin award biar dpt backlink byk, hehe... :D

    @Ahmad: kalo soal link yg itu gak masalah sob, ini soal pemberiannya itu loh.. jgn setiap hari selalu bikin award. hilang deh makna dan momen penting yg terkandung dalam award itu sendiri.

    @Mayya: emangnya kamu mau diberi award trs setiap hari? bisa2 isi blogmu itu bercerita tentang award aja. gak ada yg lainnya.. maukah seperti itu?
    dan menurutku itu bkn award lg namanya, melainkan sebuah pemberian belaka, gak ada unsur maknanya. kalo yg dikasih berupa "duit" sih gak pa2 deh, tanganku terbuka lebar... hahahaha... :D

    @Frendli: itu memang betul sob, apalagi kalo awardnya bnr2 spesial bgt hanya utk kita pribadi

    @nostalgia90: haha, welcome back sob!!! kmn aja? ya seperti itulah intinya sob, award itu hrs ada pada momen yg tepat, bukan muncul setiap hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @penghuni60 : sibuk di dunia offline bro hehehe. paling sempet ngeblog di akhir minggu aja :D

      Hapus
  17. aku baru punya 1 award aja sob, itu jg dari kamu...
    :D
    emang seneng sih kalo udh dpt award.
    tp setuju jg kalo award itu bkn sebuah permainan belaka, tp sebuah nilai terkandung di dalamnya..

    BalasHapus
  18. Saya baru punya 1 Award aja sobat.. Gak ada yang mau ngasih. Hehe

    BalasHapus
  19. Klau dapat award, saya berusaha positif thinking sebagai tali silaturahim. Soal back link buat sang pemberi itu saya anggap bonus buat dia krn sdh kreatif membuat award dan membagikannya...hehehe..so simple saja kalau saya sih.

    BalasHapus
  20. yup.. post yang sangat bermanfaat. senang untuk kembali mengunjungi blog ini. please visit me to :)

    BalasHapus
  21. memang betul sobat award blogger ini makin kesini semakin bertambah marak saja.

    oke sobat, terima kasih, ditunggu komentarnya dan suport di
    http://penyuluhpi.blogspot.com/2012/04/ternyata-kotoran-sapi-bisa-dijadikan.html

    BalasHapus
  22. Sukses buat award, jadi motivasi aja.

    BalasHapus
  23. wahh kayaknya iya tuh sob... awalnya bagi2 award, rajin koment sana-sini, namun setelah pencapaian misalnya alexa oke, baclink dah numpuk,,,, kayaknya banyak yang males blog walking, dan sharing2 ya,, apalagi ngoment dipostingan sahabat,, kenapa ya?????

    BalasHapus
  24. Ikutan nyimak aja sob,salam blogger

    BalasHapus
  25. aq blm pernah bikin award cm dapat award mulu nih...
    :P

    BalasHapus
  26. selamat aja buat yg dapat award :)

    BalasHapus
  27. mkasih infonya,,,emang benar sih byk org yg bkin Awards cuma ingin meningkatkan trafiknya,,,jadi gmn caran lebih baiknya sob,,,

    jelas saja saya kena efeknya,,tpi itu efekan yg sangat baik.

    terima kasih sebelumnya dan sesudahnya..!!!

    BalasHapus
  28. Award emang ada buat SEO kan..?
    Jarang ada Award yang bener2 "Award", penghargaan yang nyata kk..

    http://animanga-sign.blogspot.com/

    BalasHapus
  29. selamat ma bro!!!

    emang pantes.. blog ini keyen!!

    BalasHapus
  30. mampir lagi sekedar menyambung silaturrahmi :D

    BalasHapus
  31. hahaha wan, kamu dapat award lagi di tempatku
    well, mungkin ini trik tapi yahh~ have fun :D

    top komentator
    http://www.nurmayantizain.com/2012/04/award-berantai-loudest-chimer.html
    thank you

    BalasHapus
  32. wah gitu to gan, tapi ya.. ada baiknya juga dari sisi silarurahmi.

    BalasHapus
  33. ada yg mau ngasih award buatku gak ya? aku mlh blm punya 1 pun..
    kpengen nih...

    BalasHapus
  34. Wahhh tergantung juga sih kl menurut ane,,selama comment di blog kita tidak bertolak belakang dengan artikel blog ya monggo" aja,,kl yg gratisan aja perhitungan apalagi yg ga gratis brow :D piss

    BalasHapus
  35. heheheh award ya kang, dulu sering banget post tentang award ini , banyak temen2 yang kasih.

    selamat buat awardnya kang..

    dengan award semoga bisa terjalin hubungan erat sesama blogger

    BalasHapus
  36. award seperti kontes seo pantas diperjuangkan brader,hadiahnya lumayan guede

    BalasHapus
  37. ajiib. Sebenernya gua juga gak terlalu mengerti apa itu award di kalangan blogger,gue baru disini. Tapi btw. Ini berguna banget.

    BalasHapus
  38. saya yg masih baru dalam dunia blog ikut merasakan fenomena ini,,sempat terkagum2 dengan blogger yg awardnya buanyak ,sempat hueran dengan mereka yg rajin bagi2 award..apa maksud? o maksudnya biar terkenal..hehe..ada2 saja..

    barangkali hal istimewa ,akan lebih istimewa lagi jika di berikan pada momen yg istimewa..

    BalasHapus
  39. setuju mbak award itu tidak sekedar untuk nambah backlink saja tapi lebih dari itu.

    BalasHapus
  40. pengen award juga dongk... :)

    BalasHapus
  41. jangan marah & sedih ya sob, kejadiannya sudah dua kali dipanggil mbak, betul-betul diluar kesengajaan mohon dipersori lagi hehe...

    BalasHapus
  42. memang untuk saat ini banyak sobat blogger dgn bgitu gampangnya yang bagi² award, yg kalo diselidiki sebenarnya hanya untuk kepentingan sendiri...

    Btw nice share sob.. :)

    BalasHapus
  43. blogwallking gan, visback ya ...
    oh ya, aq udah join blog agan, kalo gak keberatan join balik ya...

    BalasHapus
  44. siapaun pencetusnya yang pasti memberikan award kepada blogger lain cukup berhasil sob manambah trafik blog si pemberi award. :)

    BalasHapus
  45. Iya juga..
    sering orang2 bagi2 award padahal g ada apa2.
    ternyata maksudnya buat melebarkan trafic lagi to..

    Fenomena - http://www.fenomena.tk/

    BalasHapus
  46. sukses aja sob selalu dapat award.

    BalasHapus
  47. bener bgt, tpi sya prnh ngsh award tapi itu pun tidak menyisipkan link sama sekali

    BalasHapus
  48. ane pernah membagikan sebuah award, tidak ada maksud lain hanya untuk mempererat tali silaturahmi aja sob...
    klo ane pribadi ya ga pa2 link nya atau pun nama sipemberinya tidak dicantumin ga tau klo yang laen :D, yang pasti tujuan ane kemarin hanya untuk menambah tali silaturahmi aja di dunia maya sob... ane jg pernah baca di tempat lain penjelasan mengenai ini..

    tapi nice info sob....
    keep blogging n keep spirit...

    BalasHapus
  49. mampir lagi sekedar nyambung silaturrahmi :D

    BalasHapus
  50. award yang disertai pr untuk dibagikan lagi ke 10 teman ini yang bikin repot

    BalasHapus
  51. Anjang sana ke rumah sahabat sambil melihat koleksi awardnya.

    BalasHapus
  52. bener banget, kawan...
    award pertama yang saya terima adalah award 2 years of blogging nya penghuni60..
    rasanya sangat istimewa banget..

    tapi ke sini2 kok banyak award yang saya terima tapi tanpa ada kesannya.. ga ada istimewa2nya..

    jujur aja jadi males bawa pulang award2 itu.. apalagi mempostingnya..
    heheheee.... :D

    BalasHapus
  53. @Download mp3: oke sob, makasih ya... semoga makin byk award lg yg km dpt, terutama award yg spesial2

    @Master: masa sih?

    @Ririe: setuju deh.. asalkan jgn tiap hari aja ngasih, itu sih namanya bkn bnr2 award donk...yg aku permasalahkan kan bukan backlinknya, tp waktu dlm pemberian award itu.

    @Mas Irfan: makasih sob, sama2.. makasih jg udh mau tukeran link..

    @Penyuluh: ya begitulah sob, ada sisi positif ada sisi negatif jg..

    BalasHapus
  54. begitu sobat..lain orang lain pula cara pandang-nya terhadap anugrah award ini, btw-selamat ya atas perolehan awardnya..salam sukses selalu :)

    BalasHapus
  55. Wah baru tau nih... Seru banget kyanya.... Lanjut aja gan... salam blogger... :)

    BalasHapus
  56. @Majalah Siantar: boleh kok...

    @binkbenk: mungkin punya kesibukan laen kali sob, positif thinking ajalah..

    @Rinko: silahkan, salam juga

    @nomad: thanks

    @Dihas: hehe, ya ga2 pa2 sob, berarti bagus donk km dpt trs..

    @Angelo: tungguin aja ya nanti kalo aku bagi2 award lg km pasti aku kasih sob..

    BalasHapus
  57. jd seperti itu toh caranya biar blog kita terkenal..
    aku mlh gak kpikiran nyampe situ sob

    BalasHapus
  58. @Nur: makasih...

    @infobisabanget: yg baik ya udh jls kan sob, bikin award jgn tiap hari, bikin award utk momen2 yg istimewa, biar terasa kalo award tersebut bnr2 istimewa..

    @Chess: ya begitulah, sangat jarang sekali, apalagi akhir2 ini awrd blogger itu udh berserakan dimana2...gak ada kesan istimewanya.

    @nostalgia90: gak jauh beda dgnku sob.. aku paling sempet cm hari sabtu ama minggu, itu jg kalo hari minggunya msk kerja, kalo engga ya, males utk online, paling2 ama keluarga di rmh.

    @haris: makasih sob..

    @ahmad: silahkan, jgn bosen ya..

    @Maya: oke May, aku ambil kok, aku simpen dulu ya.. makasih

    @Drieant: silahturahmi itu bs melalui blogwalking sob.. ataw tukeran link deh sekalian, follow juga bs tuh..

    @PadangHotel: aku agak gak ngerti apa yg km maksud, komenmu itu sepertinya gak nyambung dgn isi artikel.. yg gratis jg apa, yg bayar jg apa? sebenarnya yg km komentarin itu apa sih?

    @Duniasharing: okelah kalo begitu...

    @Fx Guard: nice komen.. :P

    @Jamilludin: SETUJU BGT SOB!!
    hehe

    @ini blog: silahkan aja sob kalo berguna diterapin aja sob..

    @RahMa: nah ini nih yg aku maksud dari isi artikel di atas:
    "hal istimewa ,akan lebih istimewa lagi jika di berikan pada momen yg istimewa."
    bukankah award itu hal yg istimewa?

    @Arif: knp sih sob, gak inget2 ama aku ya? masa aku dipanggil "mbak" trs?

    @Ryan: tingal minta aja sob ama yg suka bagi2 award tuh..

    @ivan: ya begitulah sob... arti istimewa dari award udh ilang begitu aja

    @Miftahul: makasih sob, udh aku laksanakan tuh..

    @Yasir: tuh bnr kan?

    @PTC: kira2 seperti itu sob.. kamu setuju gak?

    @Budi: makasih..

    @Sadeva: bagus donk kalo gitu.. itu namanya "keikhlasan" tp gak ada salahnya kok disipin jg.. yg aku permasalahkan itu bkn backlinknya, tp waktu pemberian awardnya itu sob..

    @Black2Share: pernah baca ditempat laen sob? berarti ada yg copas artikelku donk.. atau cm intinya aja yg sama?

    @Cerita Tugu: nah ini nih, yg pake syarat jg kadang bikin repot..

    @Bagus: makasih sob.. pa kabar?

    @Master: makasih

    @Claudia: thanks :)

    @Cindelaras: haha, kalo gak diposting, ya dipajang aja donk sob.. bikin tempat galeri khusus award kyk aku..
    setidaknya kan, kita gak mengecewakan mereka yg ngasih..

    @Hariyanto: tp tetep tujuannya pasti sama kok..

    @Bali Top: salam juga sob...

    @Kay: ^_^ tunggu aja Kay

    @Sukma: awalnya jg aku gak kpikiran kesitu sob, sama kyk km..

    BalasHapus
  59. heheheh,bagi2 award sama halnya bagi-bagi link.

    BalasHapus
  60. numpang tenar lagi deh.. hhe

    iya bener, sekarang award cuman mentingkan backlink aja, buktinya sering tu digilir.. kalo award yang saya kasih, selain pengen backlink juga pengen mempererat tali kawat *eh maksudnya tali persahabatan antar blogger..

    ya buktinya aja, yang saya kasih award juga berdasarkan penilaian saya juga..

    hihihihi

    BalasHapus
  61. wah , baru tau saya kalo award bisa dibikin kaya gitu...

    BalasHapus
  62. ijin promosi blog gan:

    http://worldpeace8281.blogspot.com/

    BalasHapus
  63. Saya pernah dikasih tau lewat komentar pada blog saya bahwa saya disuruh ambil award yg diberikan oleh komentator tsb pada blognya dan setelah saya cek, dibawah banner awardnya, ada kode yg harus di copy dan ditempatkan pada blog sendiri. Di dalam kode tsb, ada sisipan url salah satu artikel pada blog tsb lantas saya tanya pada pemilik nlog tsb, ini award atau mau tukaran link lagi nih padahal sdh tukaran link sebelumnya. Ini mungkinsalah satu pemaknaan award yg sdh bergeser dari makna awal dari award tsb mas....

    BalasHapus
  64. A happy Sunday, hoping the sun.
    Teb.

    BalasHapus
  65. wow... congratulation guys
    semoga maju terus dan jaya buat blog ente

    BalasHapus
  66. kunjungan sahabat.....maaf baru bisa berkunjung.................

    BalasHapus
  67. maksih gan buat infonya, menrik sekali untuk saya simak..........

    BalasHapus
  68. thank f or allinformation..............

    BalasHapus
  69. Kapan saya dapat award sebanyak itu. He,.. :D

    Ikut senang dan selamat ya,..

    BalasHapus
  70. wah, banyak juag ya awardnya,kalau saya belum dapt award satupun..hehe

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.