Misteri Kereta Api Zanetti Menghilang Tahun 1911, Tapi Masih Gentayangan


Sabtu, 07 September 2024
Labels: , ,
Advertisement
Penghuni 60 | Misteri Kereta Api Zanetti Menghilang Tahun 1911, Tapi Masih Gentayangan

Kereta yang berangkat dari Roma menuju Milan, secara misterius menghilang di dalam terowongan, lalu muncul di belahan dunia lain dan dikelilingi oleh kejadian-kejadian yang sungguh tidak biasa, bahkan bisa dibilang aneh.

Dulu, sewaktu masih anak-anak, saya paling suka jika diajak Ayah menaiki kereta api. Jujur saja, naik kereta api itu menawarkan seribu emosi dan, secara pribadi, saya merasa itu adalah cara yang sempurna untuk bepergian... Kita hanya duduk manis, tidak melakukan apa pun, menatap dunia yang berlalu begitu saja, dalam relaksasi total. Kita bisa menikmati pemandangan yang menemani kita melalui jendela. Ribuan warna pedesaan, keramaian jalan raya, pemandangan di sepanjang pantai, rasa ingin tahu yang perlahan mendekati stasiun kota besar, dan ketegangan memasuki terowongan yang gelap.

Baca Juga:

Saat memikirkan kereta api, saya baru-baru ini menemukan misteri yang jarang diketahui tentang kereta api yang menghilang di terowongan antara Emilia-Romagna dan Lombardy pada awal tahun 1900-an. Saya telah banyak meneliti tentang hal itu. Sebagai pencinta legenda dan misteri, kisah itu benar-benar membuat saya terpesona dan saya berharap dapat menyampaikan sentimen ini dalam kisah saya tentang peristiwa legendaris ini.

Misteri Kereta Api Zanetti Menghilang Tahun 1911, Tapi Masih Gentayangan
Ilustrasi kereta api Zanetti, gambar photo yang sebenarnya tidak ada yang tahu. (Kredit:e-borghi)


Tetapi mari kita mulai dari awal, yaitu, dari stasiun Roma. Saat itu tanggal 14 Juli 1911… Semua orang berada di dalam kereta!

Namun sebelum hari itu, perusahaan kereta api Zanetti telah membuat kampanye iklan penting untuk perjalanan perdana kereta wisata baru, yang terdiri dari lokomotif dan 3 gerbong mewah, yang akan membawa penumpang dari ibu kota ke Milan, melewati jalur spektakuler Lazio, Umbria, Tuscany, Emilia-Romagna, dan Lombardy.

Perlu dicatat bahwa, antara Emilia dan Lombardy, kereta harus melewati terowongan sepanjang sekitar satu kilometer yang pada saat itu dianggap sebagai terowongan terpanjang yang pernah digali di gunung. Oleh karena itu, ini adalah keajaiban teknik. Untuk perjalanan perdananya, Zanetti telah memilih 100 penumpang dari kelas atas setempat dan anggota beberapa keluarga perusahaan kereta api. Enam orang lainnya menemani mereka, termasuk masinis kereta dan staf di atas kereta. Peluit dari Manajer Stasiun pun terdengar, dan kita berangkat!

Kereta bergerak perlahan di sepanjang rutenya agar para penumpang yang anggun dapat menikmati pemandangan sepuasnya sambil dihibur oleh sonata pemain biola, suguhan yang menggoda, dan sampanye. Semuanya berjalan lancar dan perjalanan terbukti lebih dari memuaskan dan dalam beberapa jam kereta tiba di terowongan. Ada kerumunan kecil di pintu masuk dan di pintu keluar untuk melihat kereta baru melewati terowongan yang luar biasa itu (yang sebelumnya telah digunakan oleh kereta lain). Kereta mendekat di tengah kegembiraan orang-orang yang hadir dan begitu memasuki sepenuhnya ke dalam kegelapan gunung... kereta tidak pernah keluar lagi. Kerumunan kecil yang menunggunya tidak pernah melihatnya keluar! Kemana kereta tersebut?

Menit-menit penuh rasa ingin tahu dan kebingungan berlangsung lama, dan setelah memanggil polisi di tempat kejadian, mereka yang hadir memasuki terowongan untuk memeriksa karena mengira itu semacam kerusakan, tetapi dalam kegelapan terowongan itu mereka tidak menemukan apa pun kecuali 2 penumpang dalam keadaan syok. Tidak ada jejak kereta dan tidak ada tanda-tanda kecelakaan. Staf perusahaan kereta api juga memeriksa bagian rel tanpa hasil apa pun.

Butuh beberapa hari bagi mereka berdua untuk mendapatkan kembali sedikit kewarasan dan salah satu dari mereka memberikan laporan yang aneh:

"Saya mendengar dengungan aneh sesaat sebelum pintu masuk terowongan, di dalamnya kabut putih aneh telah naik yang tampaknya melilit kereta yang benar-benar tertelan di dalamnya. Itu adalah pengalaman yang mengerikan meskipun saya mampu menyelamatkan diri bersama penumpang lain dengan melompat dari salah satu dari beberapa gerbong kereta api tepat sebelum lokomotif memasuki terowongan. Kami berdua jatuh di tanah yang keras dan ini adalah hal terakhir yang saya ingat dari apa yang terjadi."

Tidak ada bukti tentang korban selamat lainnya.





Karena takut akan kecelakaan lain, bagian rel kereta api itu ditutup dan perusahaan kereta api Zanetti mengerahkan banyak sumber daya untuk menutupi insiden tersebut. Yang dipertaruhkan adalah masa depan dan kredibilitas perusahaan. Namun, untuk secara definitif meletakkan "batu sandungan" pada peristiwa misterius ini adalah pemboman udara yang selama Perang Dunia Kedua benar-benar memblokir akses ke terowongan, mencegah penyelidikan lebih lanjut.

Kenangan tentang kereta wisata Zanetti yang baru, 104 penumpang, dan hilangnya mereka telah sirna seiring waktu, tetapi apa yang terjadi pada mereka? Jika penumpangnya berasal dari kelas menengah ke atas, mungkinkah tidak seorang pun, bahkan pers, pernah bertanya? Lalu kedua saksi itu dan "pernyataan" misterius mereka? Tetapi yang tak masuk di akal... seluruh kereta yang lenyap begitu saja?!?

Satu dekade berlalu sejak hilangnya Zanetti ketika salah seorang kerabat penumpang yang hilang menemukan kesaksian aneh dalam kronik abad pertengahan Biara Modena. Ini menceritakan tentang kereta logam setan, yang mengeluarkan asap hitam, diikuti oleh tiga kereta lainnya yang lebih kecil. Dari kereta-kereta ini keluar tiga pelayan iblis yang tidak berjanggut dan mengenakan jubah hitam yang aneh. "Pelayan iblis" itu mulai mengetuk pintu biara dan meminta untuk masuk, tetapi baut yang kuat, melalui perantaraan Perawan Maria yang Terberkati yang diserukan oleh doa para biarawan, mencegah hal itu. Mungkinkah kereta api kita yang hilang itu melakukan perjalanan waktu ke Abad Pertengahan? Sejak saat itu, kisah Zanetti dan penumpangnya tidak pernah dibicarakan lagi dan tampaknya manuskrip yang berisi catatan sejarah itu pun hancur saat gempa bumi Messina tahun 1908.

Surat kabar Ukraina "Gloria di Sebastopol" mengangkat sejarah Zanetti Roma-Milan tahun 1911, yang dalam terbitannya tanggal 12 Agustus 1992 menerbitkan artikel "Kereta hantu di jalan-jalan Ukraina", yang mengutip:

"Hantu tiga gerbong muncul di persimpangan petugas jaga Elena Spiridonovna Chebrets... Kereta dengan tirai tertutup rapat, pintu terbuka, dan kokpit kosong bergerak tanpa suara, menghancurkan ayam-ayam yang berjalan di sepanjang jalan."

Faktanya, tampaknya, dari waktu ke waktu, sebuah kereta muncul selama beberapa saat di perlintasan sebidang dekat desa Zavalichi, di Poltava (Ukraina). Artikel tersebut mengutip ketua komisi untuk studi fenomena anomali di Akademi Ilmu Pengetahuan Ukraina, Vasily Leshchaty, yang telah mempelajari penampakan ini selama beberapa waktu. Leshchaty-lah yang mengusulkan gagasan bahwa kereta hantu itu adalah Zanetti yang terkenal yang entah bagaimana mampu melakukan perjalanan menembus ruang dan waktu.

Saat mempelajari beberapa dokumen, ia menemukan kesaksian seorang psikiater terkenal dari Mexico City, José Saxino, yang pada tahun 40-an abad ke-19 telah menahan 104 orang Italia di rumah sakit jiwa ibu kota Meksiko, yang berperilaku masam dan membingungkan. Tampaknya, setelah memastikan bahwa mereka bukanlah orang Meksiko, atau Spanyol, tetapi orang Italia, mereka mengaku telah tiba di Mexico City dengan kereta api... kereta api yang berangkat dari Roma. Ada yang mengatakan bahwa seiring berjalannya waktu, 104 orang gila itu beradaptasi dengan realitas baru mereka dan menyatu dengan kehidupan baru itu. Beberapa menjadi gila di fasilitas seumur hidup. Ada juga yang mengatakan bahwa tidak ada jejak mereka yang pernah ditemukan lagi dan tentang masa tinggal mereka di Meksiko, hanya catatan Dokter Saxino yang ada. Sekali lagi, kereta api itu tidak pernah ditemukan. Apakah ia menurunkan penumpangnya dan kemudian mulai mengembara sendirian dalam ruang dan waktu? Namun, kembali ke ketua komisi untuk studi fenomena anomali di Akademi Ilmu Pengetahuan Ukraina, Leshchaty begitu terobsesi dengan kereta hantu itu sehingga ia sendiri menghilang setelah "menyergap" dan menaikinya di depan beberapa saksi. Sejak malam itu, 25 September 1991, tidak ada jejak Leshchaty dan tidak ada yang tertarik untuk mengurus kereta misterius itu lagi.

Untuk membuat seluruh cerita ini semakin aneh, ada kesaksian yang ditinggalkan oleh Pyotr Ustimenko, seorang juru sinyal di perlintasan kereta api dekat Balaklava (Krimea), kepada penulis Rusia, Nikolai Cherkashin, yang mengutip:

"Saya mengusap mata saya, saya pikir, sepertinya kereta api tidak bisa berjalan tanpa rel, sebaliknya: sebuah lokomotif uap dan tiga karavan penumpang. Baik lokomotif maupun seluruh kereta itu bukan milik kita, mereka tampak seperti sebelum perang, atau bahkan sebelumnya. Bepergian tanpa lampu dari sisi Gunung Gasfort di sepanjang lintasan bekas rel kereta api. Saya bahkan berlari ke tempat itu: tidak ada jejak, tidak ada jumbai rumput yang hancur. Ternyata, hantu murni? Sialan! Jadi saya pikir: itu tidak baik, itu bisa menimbulkan masalah."

Kesaksian ini dijalani pada bulan Oktober 1955.

Sejak saat itu, penampakan kereta api pra-perang dengan tiga gerbong penumpang di belakangnya, yang bergerak seolah-olah mengambang, tanpa masinis dan dengan jendela bertirai tertutup dan pintu terbuka, muncul di malam hari lalu menghilang setelah beberapa saat, telah banyak terjadi: di Moskow (tahun 1975, 1981, dan 1986), di Chernobyl (sesaat sebelum kecelakaan di pembangkit listrik tenaga nuklir), di Norwegia, di Balkan, lagi tahun 1986 di Terowongan Channel dan di tempat-tempat serta waktu lainnya. Saya tidak mengerti mengapa, tetapi sejarah Zanetti Roma-Milan telah membangkitkan minat yang kuat juga di India dan jika Anda mencoba mencari di Youtube, Anda akan memahaminya, tetapi untuk banyak video, Anda harus memahami bahasa Hindi.

Jika Anda berpikir bahwa misterinya sudah berakhir di sini, Anda salah! Faktanya, di sinilah misterinya semakin rumit.

Tampaknya di Zanetti, selama perjalanan pelantikan yang tragis itu, ada peti kayu rosewood yang di dalamnya terdapat tengkorak penulis Ukraina yang terkenal, Nikolai Gogol, tetapi mengapa? Tampaknya tengkorak itu dicuri di Moskow pada tahun 1909 oleh pedagang Alexei Bakrushin, seorang fanatik teater Rusia. Pencurian itu menimbulkan sensasi hingga sampai ke telinga cicit penulis itu, seorang Yanovsky, letnan armada kekaisaran Rusia.

Yanovsky menodongkan senjata ke Bakrushin dan mengatakan kepadanya: “Ada dua peluru di sini. Satu di bagasi. Yang satu lagi di drum. Yang satu di bagasi itu untukmu jika kamu menolak memberiku tengkorak Nikolai Vasilyevich. Yang satu di drum itu untukku..."

Menghadapi undangan yang baik ini, pedagang yang jelas bukan berhati singa, dengan sukarela setuju untuk berpisah dengan relik itu dan tengkorak itu menemani letnan itu ke Sevastopol untuk menaiki kapal tempat ia bertugas.

Pada tahun 1910, orang Italia mengundang pelaut Rusia ke peringatan gempa bumi Messina tahun 1908 (keterkaitan pertama) di mana Rusia telah memberikan bantuan penting kepada penduduk kota Sisilia itu. Itu adalah kesempatan Yanovsky untuk membawa tengkorak itu ke kedutaan Rusia di Roma, yang dianggapnya sebagai rumah keduanya. Tetapi perjalanan itu, karena berbagai alasan, tidak terjadi.

Sebaliknya, itu adalah kapal perusak Italia yang pergi ke Sevastopol untuk mengumpulkan abu jenderal Sardinia yang tewas selama pengepungan kota tahun 1854-1855 yang dimakamkan di pemakaman Gunung Gasfort (keterkaitan kedua).

Pada kesempatan itu, letnan tersebut menyerahkan peti kayu rosewood (yang berisi tengkorak) kepada komandan Borghese, yang membuatnya berjanji untuk menyerahkan relik tersebut kepada konsul Rusia di Italia. Namun janji ini tidak pernah ditepati dan sang kapten mengirimkan permintaan maafnya kepada letnan tersebut dalam sebuah surat yang mengatakan "Nasib seseorang tidak berakhir dengan hidupnya." Surat tersebut kemudian diduga ditemukan oleh jurnalis terkenal Carlo Vicentini. Pada musim semi tahun 1911, Borghese harus berangkat untuk sebuah misi panjang dan peti kayu rosewood yang terkenal itu ditemukan oleh adik laki-lakinya (sebut saja dia Borghese Jr.) yang mengira akan menyenangkan untuk membawanya bersamanya dalam perjalanan kereta wisata yang telah diundangnya. Orang yang sama yang meninggalkan stasiun di Roma pada tanggal 14 Juli.

Rencananya adalah untuk menakut-nakuti para penumpang pada saat yang tepat dengan menunjukkan isi peti kayu rosewood yang terkenal itu, tetapi sesuatu benar-benar salah. Sebenarnya, mungkin karena panik, atau mungkin karena peringatan paranormal, saya tidak tahu... faktanya adalah salah satu dari 2 orang yang melompat dari kereta dan orang yang menceritakan kisah kabut putih susu itu adalah Borghese Jr.

Jadi, sekarang tengkorak penulis terkenal Gogol mengembara dalam ruang dan waktu di kereta hantu yang telah menghilang di sebuah terowongan antara Emilia-Romagna dan Lombardy yang tidak dapat ditemukan oleh siapa pun. Kereta yang disebutkan dalam sebuah manuskrip abad pertengahan yang hancur saat gempa bumi, dan yang membawa pergi ketua komisi untuk studi fenomena anomali di Akademi Ilmu Pengetahuan Ukraina, satu-satunya sarjana "sejati" yang pernah tertarik pada kasus tersebut berdasarkan kesaksian seorang psikiater Meksiko "terkenal" yang menahan 104 orang gila Italia 150 tahun sebelumnya (kurang lebih).

Sejauh ini, semuanya jelas, bukan?

Kembali ke kronik Biara Modena. Kronik ini disimpan di perkebunan Kasta-Sole, dalam koleksi unik manuskrip kuno yang dikumpulkan oleh banyak generasi keluarga Sadzhino. Tampaknya salah satu pemilik perkebunan adalah salah satu dari 2 orang yang selamat.

Namun, kaitan dalam cerita ini tentu saja tidak kurang. Apakah Anda ingat penulis yang telah mengumpulkan kesaksian juru sinyal di Krimea? Saya berbicara tentang Nikolai Cherkashin, yang memainkan peran penting dalam apa yang akan saya jelaskan kepada Anda tentang kereta hantu. Penulis, pada tahun 1988, berada di Sevastopol untuk mengumpulkan informasi tentang kecelakaan kapal perang Rusia "Novorossijsk" yang meledak pada pagi hari tanggal 29 Oktober 1955, yang menyebabkan kematian lebih dari 600 orang. "Novorossijsk" yang sebenarnya adalah kapal perang Italia "Julius Caesar" yang diambil oleh Rusia sebagai piala perang setelah perang, meledak tepat pada pagi hari setelah kereta api itu terlihat di Krimea... tepat sehari setelah seseorang melihat kereta hantu itu, dia berkata "tidak bagus, itu bisa menimbulkan masalah."

Dan orang itu, yang heran bahwa kereta api dapat berjalan tanpa rel di Gunung Gasfort. Nah, Cherkashin menemukan bahwa di gunung itu, pada tahun 1855 tentara Italia yang tewas selama pengepungan Sevastopol dikuburkan dan 100 tahun kemudian, atas perintah penguasa Soviet, kuburan itu diratakan dengan tanah dan kapelnya diledakkan.

Berdasarkan hal ini, penulis Nikolai Cherkashin membuat kesimpulan:

"Siapa pun yang menembak masa lalu dengan senjata, masa depan akan menembaknya dengan meriam," kata Cherkashin. - Dan sebatang dinamit, yang ditanam di bawah kapel tua, berubah menjadi ledakan dahsyat di bawah dasar Novorossiysk. Saya sepenuhnya yakin akan hubungan karma antara kedua peristiwa ini..."

Lebih lanjut, sejarawan lokal Yevgeny Venikeev, yang mendampingi penulis dalam penelitiannya, menambahkan: “Di sini, di kamp Italia Gasfort, Inggris membangun rel kereta api dari Balaklava. Kemudian rel itu dipindahkan. Namun tanggulnya tetap ada. Cabang dari Balaklava ke Sevastopol melewati persis sepanjang rute yang dilacak oleh Inggris ”.

Apakah ini berarti kereta hantu itu mengikuti jejak kereta tidur yang dipindahkan?

“Ambil jiwa tentara Italia, yang terganggu oleh ledakan tempat perlindungan terakhir mereka? Atau apakah salah satu dari 106 penumpang memiliki kerabat yang dimakamkan di sini dan mereka datang untuk membayar tol terakhir? Atau mungkin mereka, para penumpang yang hilang ini, membalas dendam atas kuburan yang dinodai dari pemenjaraan sementara mereka, mengganggu hubungan sebab akibat duniawi. Apakah itu sebabnya "Julius Caesar" - "Novorossiysk" meledak? Cherkashin berujar.

Ada begitu banyak hal yang harus dipikirkan... tetapi saya keras kepala dan terinspirasi oleh segalanya Sejauh ini saya menemukan bahwa saya ingin tahu di mana mitos itu berakhir dan di mana kenyataan dimulai. Nah, sebelum saya memberi tahu Anda apa yang akhirnya saya temukan, saya ingin seluruh cerita ini kembali kepada Anda saat Anda, seperti saya, merasakan ketegangan saat memasuki terowongan saat bepergian dengan kereta api.

Meski begitu: tentang perusahaan kereta api Zanetti yang membangun kereta api di Italia, saya belum menemukan jejaknya. Sama halnya dengan surat kabar Ukraina "Glory of Sevastopol". Sama halnya dengan ketua "terhormat" komisi untuk studi fenomena anomali di Akademi Ilmu Pengetahuan Ukraina, Vasily Leshchaty. Cerita yang sama tentang psikiater Meksiko "terkenal", José Saxino, tentang Kapten Borghese, tentang perkebunan Kasta-Sole, dan tentang keluarga Sadzhino. Belum lagi terowongan dan kronik abad pertengahan yang dihancurkan. Satu-satunya hal yang pasti adalah tengkorak Gogol telah menghilang, kekejaman perang dan bahwa, di banyak negara dan di waktu yang berbeda, ada orang-orang yang melihat kereta Zanetti Roma-Milan yang menghilang selama pelayaran perdananya pada 14 Juli 1911 membawa serta 104 orang yang tidak pernah ingin diketahui siapa pun.

“Kedengarannya seperti bacaan yang bagus untuk perjalanan kereta api,” ujar Ivan Pisoni, yang telah menulis panjang lebar kisah yang menarik ini.

Kembali saya pribadi bertanya, “Kira-kira apa yang bisa menghilangkan kereta api sebesar itu?” Bagaimana menurut Sobat Penghuni 60?

*******

Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

19 comments:

  1. misteri yang akan menimbulkan konspirasi

    BalasHapus
  2. Hmmm, sangat pelik. Kisahnya ibarat alur film yang maju mundur ya mas? Tapi memang bnr ada keterkaitan di antara semua penggalan kisah itu. Dan tebakan saya bahwa mungkin bnr arwah penasaranlah yg telah melakukan trik ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya Sob, kyk nonton film mesin waktu ya, loncat sana loncat sini. Tapi anehnya semua kisah2 itu memang saling terkait.

      Hapus
  3. Seperti menonton film tentang misteri, agak pelik juga,apakah memang benar-benar cerita sesungguhnya atau bukan, tapi ya koq bisa menghilang gitu aja kereta segede gitu...apalagi latar belakang masih jamannya perang ya..betul barangkali ada konspirasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal bnr gaknya saya juga masih bertanya2 mbak... tapi sudah byk sekali para yutuber ataupun artikel2 yg ditulis di web2 salah satunya web India yg juga byk sekali yg membahasnya. Aneh kan? Kok kereta tersebut bisa muncul di India?

      Hapus
  4. Karena penasaran aku coba cari di google dan hasilnya ada berita dari Okezone kalo kereta api Zanetti ada di dasar danau Ontario Kanada. Kok bisa ada di sana ya? 🤔

    https://news.okezone.com/read/2016/08/27/18/1474333/tahun-hilang-kereta-api-ditemukan-di-dasar-danau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa yakin kalo itu adalah kereta api Zanetti? Soalnya saya baca di beritanya msh blm tuntas. Mungkin karena blm ditelusuri sampai jauh. Jika memang itu kereta Zanetti, bagaimana bisa sampai nyemplung ke danau ya? Padahal byk masyarakat yg waktu itu menyaksikan sendiri saat kereta tersebut memasuki terowongan dan tdk keluar lagi. 🤔

      Apa jgn2 ini ulah Doctor Strange ya, salah buka portal... hmmm... 🤔

      Hapus
  5. Saya pernah mendengar kisah kereta Zanetti ini dari yutuber Indonesia, dia mengaitkannya dgn fenomena portal waktu gitu... apa iya portal waktu itu ada?

    Tapi kisah yg ditulis mas Wawan ini jauh lebih komplit. Karena menyinggung tentang tengkorak penulis segala, serta meledaknya kapal perang yang menewaskan byk org. (next tulisin berita tentang kapal ini dong mas...)

    Selebihnya, menurut saya msh misteri, kecuali memang jika fenomena portal waktu itu ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo berbicara soal portal waktu atau mesin waktu dan semacamnya, hingga detik ini teknologi tersebut blm ditemukan. Jd utk mempercayainya agak mustahil jg.

      Dan soal kapal perang yang meledak, insyaAllah akan saya usahain cari beritanya.

      Yg jls misteri ini memang msh blm terpecahkan. Dan melihat clue yg ditemukan oleh mas Agus di atas tentang penemuan bangkai kereta api di danau juga msh menjadi pertanyaan, apakah itu memang Zanetti yg sebenarnya, lalu dikaranglah sebuah cerita legenda ini oleh pihak2 tertentu.

      Hapus
  6. Balasan
    1. Mungkin ini bisa dibilang, perpaduan dari keduanya Uncle... ada konspirasi di balik misteri ini.

      Hapus
  7. Balasan
    1. iya, kan sesuai dengan kereta api yg panjang, hehe

      Hapus
  8. Terkadang ada sesuatu yg tidak bisa dijelaskan akal yaa. Ini sama aja kayak kecelakaan mh370 yg ntah kemana sampai skrg , ga ketemu pesawatnya. Bedanya kalo di zaman dulu kereta api yg menghilang. 😅


    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, rencananya pengen saya bahas juga tuh misteri MH370, nanti deh mdh2an saya bisa ngumpulin bahan2nya.

      Hapus
  9. betul betul misteri ni. kalau kapal terbang hilang seperti MH370 tentu sukar dijejaki sebab berada di udara tapi untuk kereta api yg berada di darat... ni memang betul2 misteri kehilangannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul juga pendapat mbak Anies, makanya sampai sekarang saya juga masih bingung, gimana kereta api sebesar itu bisa menghilang?

      Hapus
  10. Mungkin kah ada portal waktu yang dimasuki oleh kereta api itu sehingga menghilang?

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.