Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Sepatu


Senin, 14 April 2014
Labels:
Advertisement
Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Sepatu

Sepatu adalah salah satu benda yang mungkin takkan pernah ketinggalan kita pakai saat bepergian kemanapun. Misalnya, ke kantor, berolahraga, jalan-jalan, dan sebagainya. Tanpa memakai sepatu rasanya ada yang kurang pada diri kita. Ada sebagian orang bahkan menganggap sepatu itu merupakan bagian dari fashion dalam hidupnya. Sehingga, bagi mereka yang punya banyak uang, maka berbagai aneka jenis sepatu pun mereka beli.

Lalu, bagaimana jika kita bukan termasuk orang-orang yang memiliki banyak sepatu? Maka sepatu yang hanya sepasang pun seringkali dipakai terus-menerus sepanjang waktu. Nah, dikarenakan seringnya sepatu itu dipakai, sampai-sampai kita lupa untuk mengurusnya, berbagai masalah pun bisa timbul. Salah satunya adalah 'masalah bau sepatu'.

Bau yang keluar dari sepatu memang sangat mengganggu sekali, bukan hanya akan menghilangkan rasa ketidak percayaan diri kita saja, melainkan juga mengganggu orang-orang yang berada di sekeliling kita.

Untuk menghilangkan bau sepatu memang banyak sekali cara yang bisa kita lakukan, perlu dicatat saja, jika anda termasuk orang yang rajin mencuci sepatu dan mengganti kaos kaki minimal seminggu dua kali saja, setidaknya masalah bau sepatu ini bisa saja tidak akan terjadi. Sebenarnya, masalah bau sepatu itu biang keladinya adalah kaki yang berkeringat. Keringat lalu menempel pada kaos kaki, dan saat kaos kaki tidak sering diganti, maka akan mengundang bakteri pemicu bau.

Namun, disini aku ingin berbagi kepada sobat Penghuni 60 semuanya, cara lain agar sepatu tidak menjadi bau, cobalah cara berikut:

1. Sering-seringlah mengganti kaos kaki

Kaos kaki yang kotor karena sudah terlalu lama dipakai akan menarik bakteri-bakteri yang memicu kemunculan bau. Oleh karena itu, usahakanlah untuk mengganti kaos kaki yang anda pakai. Carilah juga kaos kaki yang terbuat dari bahan penyerap keringat.

2. Rajin mencuci sepatu

Seperti yang sudah aku bilang diawal, bahwa kalo anda rajin mencuci sepatu minimal 2x dalam seminggu, masalah bau ini pasti tidak akan timbul. Saat mencuci sepatu usahakanlah agar semua bagian dari sepatu itu ikut tercuci atau terbilas dengan air.

3. Usahakan kaki anda selalu tetap sehat terjaga

Poin yang ketiga ini, adalah poin yang teramat penting. Masalah bau sepatu itu sebenarnya berasal dari kaki kita yang tidak sehat. Untuk itu jagalah selalu kesehatan kaki anda. Caranya anda bisa menggunakan larutan garam dalam air hangat, lalu rendamlah kaki anda selama beberapa menit. Lakukanlah hal ini minimal seminggu sekali. Dengan berendam dalam air garam, bisa membunuh bakteri yang melekat pada kaki.

4. Angin-anginkan sepatu anda sehabis dipakai

Sepatu anda sehabis dipakai usahakan jangan langsung dimasukkan ke dalam tempat penyimpanan. Apalagi jika ternyata tempat penyimpanan itu berasa lembab. Angin-anginkan terlebih dahulu, bisa di luar ruangan yang luas, sehingga terkena hembusan angin dan menghilangkan kelembapan pada sepatu. Perlu dicatat, bakteri itu lebih menyukai tempat yang lembap. Ingat juga jangan sekali-kali menyimpan kaos kakinya di dalam sepatu saat sedang tidak digunakan.

5. Semprot dengan pengharum khusus sepatu

Jika anda tahu tempat membeli pengharum sepatu, alangkah baiknya anda mencobanya terlebih dahulu. Cara ini bisa menjadi alternatif yang lebih mudah untuk dilakukan. Hanya saja bagi sebagian orang, sangat jarang yang tahu tempat dimana untuk membelinya. Jika anda merasa kesulitan untuk membelinya, cobalah menggunakan sedikit taburan baking soda.


------------------------

Dari pengalamanku secara pribadi, jenis kaki itu biasanya berbeda-beda. Ada kaki yang mudah sekali berkeringat dan mengundang bakteri, ada juga yang selalu kering sehingga jarang terjangkiti oleh bakteri. Hal ini biasanya berkaitan dengan sebuah penyakit yang disebut dengan Hiperhidrosis, yaitu keringat berlebih.

Nah, bagi sobat Penghuni 60 yang memiliki masalah keringat berlebih, disarankan untuk menerapkan kelima poin di atas. Karena cenderung lebih mudah terkena masalah bau pada sepatu.

Semoga berguna untuk anda... ^_^




Signp60



Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

23 comments:

  1. mksh tipsnya mas.. :)
    mau nanya, jadi yg bau itu sepatunya atau kaki kitanya mas?

    BalasHapus
  2. haha.. yg pasti, rajin-rajinlah utk membersihkan diri, terutama di sini kaki.. :D

    BalasHapus
  3. @Obat Tradisional: hehe, lucu jg pertanyaan mbak, otomatis yg bau itu kakinya mbak, trs nempel ke kaos kaki, lalu menyebar ke sepatu

    @JIM: hehe, itu sih udh wajib JIM, terutama jempolnya tuh, haha :D

    @Yobert: iya sob :) siapa tau ada yg kakinya bermasalah, hehe

    @Virlyz Nyzam: sama2 sob.. kmn aja baru kliatan?

    BalasHapus
  4. hihihi, jd inget pengalaman pribadi.. :)

    BalasHapus
  5. Setuju, biasanya yang menyebabkan bau tak sedap pada sepat itu ya kaki. Walaupun sepatu baru dan diberi pengharum tapi kalau jenis kakinya berbau tetap aja tercium baunya. Soalnya saudaraku begitu, hoho. Jadi aku lebih sarankan sering2 cuci kaki dengan air hangat ke saudaraku itu :)

    BalasHapus
  6. @Apache Kingdom: hayoo, ketauan nih.. :)

    @Ave Ry: hehe, bnr itu sob, pengalamannya sama kyk aku.. saudaraku jg begitu tuh.. :)

    BalasHapus
  7. caranya jangan sampai terkena air aja gan, bisa bau banget soalnya. hehe

    BalasHapus
  8. @Irvan Robiansyah: bnr jg sih, apalagi kalo abis kena ujan tuh, mendingan kalo udh kena basah jgn dipake dulu, keringin dulu aja.. oke sob, thanks masukannya..

    BalasHapus
  9. untung jenis kaki saya gak seperti itu mas wawan, tp mksh deh tipsnya, nanti aku sebarin ke temen2 yg kakinya pd bau.. :D

    BalasHapus
  10. Harus rajin rawat kebersihan ya Kang..biasanya pakai kopi biar tidak bau ya..info sangat bermanfaat

    BalasHapus
  11. terima kasih sharenya, untuk diri sendiri dan juga orang lain ya, kalau bau hihihi gak enak di cium orang lain

    BalasHapus
  12. salam kenal gan
    artikel yang sangat menarik dan bermanfaat gan
    lanjutkan terus gan

    terima kasih

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  14. @Fitriyana: hehe, syukur deh kalo seperti itu sih, kakiku jg mbak gak bau kok :)

    @Oyo Sukarya: Kopinya diapain sob? kok ane baru tau

    @Lidya: hehe, iya mbak, jls bgt bakalan bikin heboh kalo punya kaki bau..

    @Sundul: oke gan... :)

    @Wong Jawa: emangnya mau dicuci terus2an tiap menit?

    @Obat herbal: sori, jgn pake link ya

    BalasHapus
  15. kalo menurut saya, yg perlu diobatin itu ya kakinya sob, kalo kakinya bersih otomatis bersih jg kan sepatunya

    BalasHapus
  16. tips ini berlaku utk semua jenis sepatu ya sob? kalo sepatu kulit gimana?

    BalasHapus
  17. Apalagi hujan 2 begini... tipsnya pas sekali

    BalasHapus
  18. kalo emang dasarnya yang bau itu kakinya , berarti harus sering2 ganti kaos kaki dong hehe

    BalasHapus
  19. Pengalaman dengan bau sepatu yang enggak enak tuh saat sorenya kehujanan, besoknya belum benar2 kering trus dipakai lagi ke kampus, wooww, baunya menyengat :D

    BalasHapus
  20. pengen sih ane praktekkin, tapi masalahnya, ane suka pakai sepatu kk ane gan hehehe, jadi biar deh tuh spatu bau, bukan spatu ane ini *kabooooorrrr :v

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.