Titik Terang Misteri Hilangnya Enigma


Jumat, 03 Februari 2012
Labels:
Advertisement
Penghuni 60 | Titik Terang Misteri Hilangnya Enigma

Entah aku harus berekspresi bagaimana, haruskah aku senang mendengar kabar berita ini? Atau justru malah sebaliknya. Aku sedih harus mendengar kenyataan ini. Kenyataan dimana aku harus kehilangan sosok seorang blogger yang selama ini secara tidak sadar telah memotivasi terbentuknya blog Penghuni 60 ini.

Mungkin kalian masih ingat dengan postinganku yang sebelumnya, dan alangkah baiknya sebelum kalian lanjut membaca berita ini, silahkan kalian baca terlebih dahulu postinganku yang berjudul:
Misteri Hilangnya Enigma
Kenapa? Karena postingan ini adalah jawaban yang mungkin akan mengungkap dimana keberadaan Enigma selama ini.

Baca Juga:

Titik Terang Misteri Hilangnya Enigma
Seperti yang sudah aku katakan bahwa Blog Misteri Enigma adalah blog yang ternama di Indonesia, bahkan di dunia sekalipun sudah mengenal Blog Misteri yang satu ini. Dikarenakan blog ini selalu mengungkap misteri-misteri yang terjadi diberbagai belahan dunia dengan analisanya yang sangat mendalam. Namun akhir-akhir ini blog tersebut seolah berhenti dari kegiatan postingnya, semua fansnya pun bertanya-tanya, ada apa dengan admin Blog Misteri Enigma? Kemanakah dia? Sakitkah? Sibukkah? Atau Dia telah pergi meninggalkan kita semua.

Mungkin, inilah jawabannya:

Tepat tanggal 01 Februari 2012, aku menemukan sebuah komentar dari seseorang yang menamakan dirinya “Tinta Merah”. Dia menyampaikan padaku bahwa ada seorang wanita yang telah mengaku sebagai adik dari Bang Enigma. Aku pun tertarik. Aku ikuti kemana profil komentar itu mengarah. Akhirnya aku pun menemukan sebuah blog yang berjudul header “Tinta Merah”. Di blog tersebut hanya aku temukan 3 postingan saja. Ini menandakan bahwa blog tersebut masih baru. Dan dari gaya menulisnya, serta susunan templatenya yang masih belum teratur itu juga menandakan bahwa dia adalah blogger pemula.

Namun apa yang menarik perhatian saya? Ketiga postingan tersebut membahas spesial tentang Enigma. Satu dari ketiganya adalah berisi tentang perkenalannya dengan sosok adik Enigma tersebut. Inilah percakapan yang terjadi diantara mereka berdua yang katanya melalui sebuah email dibawah ini:

(Sore hari Tanggal 04 Oktober 2011 sepulang saya kerja, saya membuka email dan saya pun agak terkejut ketika membaca salah satu email)

“Siang pak, mungkin bapak gak kenal saya tapi pasti kenal kakak saya, saya adik dari yang Bapak sebut Bung E (enigma), ada sesuatu yang mau saya sampaikan pak. Tapi please dengerin dulu, jangan kayak yg laen saya malah dianggap cari sensasi”

(saya terdiam dan dalam hati berkata Apa mungkin? Akh paling juga temen yang iseng, itu pikir saya. Akhirnya saya pun membalas dengan kurang serius)

Non…. Saya gak kenal Enigma, saya cuma sering ngirim email ke dia aja. Dan lagian saya bukan bapak-bapak banget, kok malah dipanggil bapak. Emangnya apa yang mau disampaikan?

(cukup lama saya terdiam memikirkan hal itu, Apa benar dari adiknya Bung E? Yang tahu bahwa saya adalah fans Enigma cuma 1 orang teman, mungkin teman saya iseng karena saya sering ngomong bahwa saya kehilangan bahan bacaan terbaik di internet apalagi pengirim memanggil saya dengan sebutan Bapak. Malam harinya sekitar jam 8 saya kembali membuka email, ternyata email yang tadi sore sudah dibalas. Dan di sinilah percakapan cukup panjang terjadi)

Saya serius mas, mas Enigma udah gak ada, yg mau saya katakan itu tolong sampaikan ke para Fans tentang kematian mas Enigma juga tentang artikel terakhirnya yang belum sempat diposting, caranya ya terserah mas.

(Kalau benar Bung Enigma sudah wafat, terus yang nerima komen di postingan siapa?)

Demi Tuhan Saya serius. Mas enigma udah meninggal bln Agustus lalu, saya udah umumin itu di komen tapi gak pernah di gubris. Mungkin gara2 sya pake profil anonymous. Yang acc komen itu saya, tapi cuma lewat Opera Mini di HP bekas mas Enigma saya juga nemu gak sengaja di history ada dashboard blogger. Awalnya sih bisa, Cuma sekarang gak bisa masuk lagi, gara2 HP nya kerestart.

(saya mulai tertarik dengan orang ini, sebab saya pernah membaca komentar dari Anonymous di postingannya yang isinya menyampaikan bahwa Enigma telah meninggal)

(Kenapa malah pake Anonymous kalo mbak benar bisa buka punya si abang?)

Saya gak berhak pake profil dia, selama ini dia menjaga privasinya. Kenapa harus saya rusak dengan tiba2 ngomong bahwa “Mohon maaf saya sudah meninggal”??? Ini kan jelas pasti ngundang kontroversi dan kekecewaan buat fansnya, kemungkinan blog enigma hanya jadi selingan dan bisa2 artikel terakhirnya gak akan pernah kebaca fans padahal itu yang jadi beban utama saya dan kalo misalnya bgitu lagi2 saya yg ngerusak prinsip dia yg slalu perhatian sama fans karna saya ingkar amanat.

(Terus kenapa Mbak malah email ke saya bukan ke fans yang lain? Dari mana mbak bisa tahu alamat email saya? Kenapa baru sekarang mbak ngasi tau saya?)


Saya baru ngasi tahu sekarang karena baru nemu, saya ngirim email gak ke mas doang kok..... Gini ni saya ceritain. setelah Mas E meninggal laptopnya saya yg pegang. Udah lama saya tahu dia blogger yg namanya enigma, saya juga yang bikin akun facebooknya soalnya dia gak mau dipromosiin. Saya penasaran banget tentang isi laptopnya, semua folder saya buka kebanyakan isinya file kerjanya, selain itu saya coba buka akun2 internetnya tapi ternyata masih terkunci. Akhirnya saya cuma pake laptopnya dia seperlunya krna saya juga megang laptop pribadi. Terus suatu hari saya iseng ngotak ngatik HP peninggalannya, saya masuk opera mini nah disitu saya nemu dashboard blogger dan mulai suka milih2 komen buat dimunculin ke postingan. Cuma blum pernah buka email, baru pas hari rabu saya buka email ternyata langsung masuk ke kingdom enigma. Disana banyak banget Inbox. yang bikin saya penasaran ada 11 pesan yg dia simpen. Mungkin disimpan karena emailnya menarik atau mungkin bahan buat artikel. Disitu ada 11 email yg salah satunya dari Mas ini. Semua email tadi saya kirim lagi ke email saya soalnya saya penasaran dan pengen buka di laptop. Saya baca yg 11 itu terus saya kirim email juga ke pengirimnya dan mas ini baru yg ke 7. Email saya ke yg lain ada yg gak dibalas, malah 3 orang anggap saya cari sensasi. Mudah-mudahan mas bisa dengerin saya.

(Saya terkejut, Ya Tuhan benarkah ini??? Semuanya mulai masuk akal sekarang, tapi saya tetap belum percaya pada orang ini)

(Jadi bener Mbak??? Terus yang mbak maksud artikel terakhir itu apa?)

Artikel terakhir itu tentang Red mist dari serial Spongebob saya nemuin di folder khusus artikelnya dia, kebetulan sekali setelah saya cocokan ternyata sama dengan laporan dari emailnya mas. Dan mas perlu tahu kalo mas Enigma itu selalu mencatat bahan artikelnya di buku saku dan disana saya nemu halaman ini.

(Saya benar-benar terkejut kali ini, karena tak ada seorangpun yang tahu saya melaporkan tentang kasus Red Mist berarti orang ini bukan sekedar membual. Ia adalah harapan dari fans Enigma setelah sang pembongkar misteri itu menghilang. Di email itu ada 2 lampiran yaitu sebuah artikel dalam format Ms. Word 2007 dan sebuah scan halaman buku saku. Kemudian saya membaca artikelnya, dan Ya Tuhan… ini identik dengan tulisan Bung Enigma, analisa yang dalam dengan sumber referensi asing beserta orientasi awal yang sederhana namun jelas. Di situ saya benar-benar terhenyak, Saya memandangi tulisan di catatan kecil itu, lingkaran merah yang menandai selesainya investigasi bung Enigma ada di tangan saya. Benarkah ini??? Saya terus memikirkannya dengan cukup lama sehingga malam sudah larut. Esok harinya sekitar jam 4 Sore kembali saya kirim email kepadanya)


(Maaf mbak sebenarnya saya mulai percaya dari bukti-bukti yang mbak sampaikan tapi masih ada sedikit ragu, sebagai fans enigma saya juga tentu gak bisa buru-buru untuk yakin dan menyampaikan ini ke fans Bung E yang lain, Gimana ya?)


(setelah ditunggu email belum juga dibalas, ternyata Poppy sering online malam hari, dan kami baru bisa mengobrol jam 9 malam)


Kok malah nanya? Maksud mas apa?

(Tolong yakinkan saya tentang siapa mbak, kalo bener mbak itu adiknya bisa kan cerita tentang Bung Enigma??)


Ya bisa, tapi tetap namanya gak akan saya kasi tau, soalnya saya yakin dia gak butuh popularitas dan pasti ia ingin kepergiannya tenang, bayangin aja berapa blogger dan berapa media yang akan menjambangi makam nya, kalo misalnya identitasnya ketauan???


(Oh kalo itu saya ngerti, ceritakan tentang mbak dulu lah ya, ini buat data soalnya nanti email ini saya posting agar saya gak jadi bulan-bulanan blogger atau fans bung E)


Saya Poppy adiknya bung E, saya baru berusia 20 Tahun sekarang ini tinggal di Jak-tim. Saya kuliah smt.4 Jurusan Akuntansi di salah satu universitas di Jakarta. Gea yg di email itu bukan nama tapi cuma singkatan. Udah cukup lakh yaaa?? Nanti kalo terlalu jelas, identitas kakak saya juga bisa kelacak. Saya gak keberatan chat kita diposting atau kalo perlu mas tampilin juga alamat email saya supaya yg anggap saya bohong bisa langsung konfirmasi.


(Ya makasi kalo gitu, jadi saya gak terlalu terbebani. Nah sekarang coba ceritakan tentang abang mu itu?)


Ibu kami dari Jambi sedangkan Ayah dari Jogja. Masa kecil hidup di Jambi tapi waktu saya masih SD kami pindah ke Jogja karena bisnis ayah banyak di sana. Kebetulan ayah buka beberapa toko Woodcraft. Ayah juga buka cabang di Jabodetabek. Mas E kuliahnya juga di Jakarta setelah lulus ia malah pengen tinggal di rumah Nenek di Jambi, Tahun 2003 barulah ia ke Jakarta lagi dan bekerja sebagai akuntan di perusahaan yg brgerak di bidang perumahan terus tahun 2009 saya lulus SMA dari Jogja saya nyusul mas E ke Jakarta dan tinggal sama dia, ia gak terlalu sibuk sih kayaknya cuma waktu tertentu aja kadang sampe gak pulang tapi kadang cuma diam di toko sama pegawai, ia juga buka warnet di samping toko. Temannya sedikit mas, kebanyakan bapak-bapak yang suka datang ke rumah, padahal mas E masih kelihatan muda, ia baru berumur 29 Tahun. Mas E itu baik, perhatian, pendiam dan suka music pop klasik. Band Favoritnya Michael Learns To Rock. Setau saya dia punya pacar temen kerjanya juga, namanya mbak V. Cuman 1 yg saya kecewa ama dia, dia itu perokok berat n peminum kopi, katanya sih orang tekun emang begitu supaya tetap gak bete. Tanggal 2 Agustus anemia nya parah mungkin karena sering begadang, sampe ia harus ke rumah sakit. Kata ayah bawa aja pulang ke jogja supaya ibu bisa ngurus. Pas malam jum’at sekitar jam 10 Malam tanggal 8 Agustus aku dijemput buat buru2 pulang ke Jogja ama anak buahnya ayah, aku gak tau kenapa ternyata setelah sampai di rumah kakak ku udah meninggal mas. Aku pingsan waktu itu dan sadar setelah ia dimakamkan. Bagitu kisah singkatnya mas, sekarang ini aku tinggal sama ayah di Jakarta, karena setelah Mas E meninggal ayah takut gak ada yg jaga aku di Jakarta.

(ini cukup rasional buat saya (admin Tinta Merah/mas Fent), bagaimana menurut anda?)

Di paragraf berikutnya, admin Tinta Merah ini menuliskan tentang pertemuannya dengan sosok yang bernama Poppy tersebut.

“Tanggal 20 Januari 2012 lalu kami bertemu di tempat konsernya Katy Perry di SICC Bogor. Ternyata sosok Poppy yang saya temui jauh dari apa yang saya bayangkan, Dia hanya Remaja putri Indonesia pada umumnya. Rambut rebonding, celana ketat, kaos oblong dan cukup manis menurut saya, yang menjadi perbedaan ia tampak lebih pendiam daripada teman-temannya.“

Dalam percakapan juga disinggung tentang buku saku yang menulis artikel terakhir Enigma yang hendak diterbitkan namun belum sempat diterbitkan, ini gambarnya:


Jika kalian masih penasaran silahkan kalian menuju langsung ke blog “Tinta Merah”(http://gloomy-red.blogspot.com/) yang katanya kelak akan menjadi penerus dari Blog Misteri Enigma itu. Entahlah...

Namun dari percakapan email di atas, aku berhasil menemukan 2 keganjilan.

Keganjilan yang pertama:

Disitu disebutkan diawal percakapan bahwa email pertama kali diterima tanggal 04 Oktober 2011, dan dalam tanggal yang sama email itu juga dibalas oleh Poppy, yang ganjil itu terletak pada pernyataan Poppy, ia mengatakan “Yang acc komen itu saya, tapi cuma lewat Opera Mini di HP bekas mas Enigma saya juga nemu gak sengaja di history ada dashboard blogger. Awalnya sih bisa, Cuma sekarang gak bisa masuk lagi, gara2 HP nya kerestart.”

Nah, disitu sudah jelas bahwa sejak tanggal 04 Oktober 2011, Poppy ini udah gak bisa acc komen lagi. Tapi kenyataannya, ketika saya memposting artikel Misteri Hilangnya Enigma itu pada tanggal 11 November 2011, dan jumlah komentar di blog Enigma yang tercatat pada tanggal tersebut sebanyak hampir mencapai 500 komentar. Sekarang silahkan kalian lihat sendiri jumlah komentar di blog Enigma hari ini tercatat sebanyak 910 komentar. Jika dari tanggal 04 Oktober 2011 si Poppy udah gak bisa meng-acc komen, lalu siapa yang meng-acc??? ada yang bisa jawab?

Keganjilan yang kedua:

Keganjilan masih terletak dipernyataan si Poppy, ia mengatakan, “Pas malam jum’at sekitar jam 10 Malam tanggal 8 Agustus aku dijemput buat buru2 pulang ke Jogja ama anak buahnya ayah”. Ini sebenarnya salah ketik atau apa, setahu aku tanggal 08 Agustus 2011 itu bukan hari kamis ataupun malam jum'at. Silahkan kalian cek sendiri di masing-masing kalender yang kalian punya.

Kesimpulan terakhir

Dalam hal ini aku secara pribadi memang percaya, namun rasa kepercayaanku itu aku sisakan 1 % untuk ketidakpercayaan. Meskipun baru saja aku mendapatkan sebuah email balasan dari Poppy langsung (gea.poppy@yahoo.com), yang mana di email itu disisipkan sebuah foto, jika aku amati foto itu, memang sama persis dengan foto mata yang ada diprofil blog Enigma.

Ini fotonya, sengaja aku crop fotonya, gak aku tampilin semua hanya sekedar menjaga privasi Bang Enigma untuk sejauh ini.


Bandingkan dengan gambar profil dari Enigma:


Nah, bagaimana menurut kalian, miripkah?


UPDATE (07-02-12):

Setelah melalui beberapa analisis tertentu dari para blogger pakar yang lebih berpengalaman, dengan ini akhirnya aku ingin menutup kasus Hilangnya Enigma ini sekarang juga. Karena ini hanyalah ulah tertentu dari seseorang yang "kurang kerjaan" alias "pengangguran" yang ingin mencemarkan nama baik seseorang.
Enigma masih Hidup, dia hanya sedang tidak ingin diganggu. Karena ada suatu hal yang sedang ia kerjakan di dunia nyata.
I miss U Enigma... wherever you are...

ini bukti screenshot email yang aku terima langsung dari bro Enigma sendiri:


dia baik-baik aja. so.. gak usah khawatir.

To Mr.Questio:
Terima kasih karena sudah menempatkanku di posisi yang kedua. Setidaknya aku merasa paling diperhatikan. Dan perlu kamu ketahui, tidak mudah membuatku percaya 100%.


UPDATE (05-04-13):

BUNG ENIGMA SUDAH MUNCUL KEMBALI, BERSAMA DENGAN PENERBITAN BUKUNYA YANG PERTAMA.
SILAHKAN KUNJUNGI SAJA DI BLOGNYA...

WELCOME BACK, BRO ENIGMA!!! ^_^

*******
Signp60

Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

77 comments:

  1. WOW,, jd kbanyang kalo misal ane udah gak ada, udah mati udah gak ada yg ngurusin Kopi Anget Blog lg,,, tp trlepas dri kejanggalan email tsb, ada kalimat yg ane pribadi setuju "dia itu perokok berat n peminum kopi, katanya sih orang tekun emang begitu" hehehe.. met nyruput kopi anget aja sobat ;)

    BalasHapus
  2. PERTAMAX!!

    apapun yang telah terjadi pada bung Enigma, yakinlah ini adalah jalan terbaik yang Allah berikan...

    Bung Enigma akan tetap selalu hidup di hati kita..
    di hati para pecinta Blog Misteri Enigma...

    BalasHapus
  3. AQ KAGET..!!

    ada lima artikel hoax dr bung E yg aq copas scr Full, sy trinspirasi jg dr dia.., sejak saat i2 aq cari hal2 yg berbau Hoax & berusaha mengkajix sndiri scr simple..,

    tp apa benar bhw Bang Enigma dah meninggal..???!

    BalasHapus
  4. aku ikut percaya kalo km jg percaya sob...
    semoga Bung E bs istirahat dgn tenang, krna berkat postinganmu ini, pasti semua fans gak mrasa khilangan lg. dan tntunya gak jd beban pikiran bagi smuanya

    BalasHapus
  5. gagal pertamax...
    heu heu heu...

    tp ga pa2 lah..

    aku ingat kawan, ada yang pernah komen "sundul gan.." pake akun googlenya bung Enigma..
    apa mungkin itu popy yang komen??
    klo ga salah komen yang ke 600, tanggal 6 desember 2011, pukul 2:22 PM.. silakan dicek!!
    klo adiknya bung Enigma yang komen, masa kata2nya "sundul gan..." ???

    kayaknya seperti ada yang hack akunnya bung Enigma..

    dan satu lagi, Bung Enigma menghilang bersama iklan di blognya.. klo bung Enigma memang punya postingan terakhir yang hendak di kirim ke blog, kenapa dia harus menghilangkan iklan??
    ini membuat menghilangnya bung Enigma jadi seperti memang sudah direncanakan oleh bung Enigma sendiri.. tetapi kalau memang direncanakan, kenapa bung Enigma tidak meninggalkan pesan secara tersirat??
    ataukah bung Enigma juga ingin menjadi salah satu misteri???

    ataukah yang menghapus iklan itu juga popy??

    segera meluncur ke tinta merah... :)

    BalasHapus
  6. wah nice inpo nih sob... :)
    Absen sore

    BalasHapus
  7. mengenai kejanggalan...
    orang tidak selalunya bisa benar dan tepat dalam menceritakan sesuatu, mungkin juga karena dia tidak melihat kalender jadi cuma mengingat-ingat waktu kirim mail ke ente gan.

    hadapi dengan senyum dan do'a buat bang E.

    BalasHapus
  8. blog misteri enigma membahas tentang misteri dunia, hingga kehilangan-nya pun menjadi misteri bagi para sahabat-sahibit se-dunia

    BalasHapus
  9. Ini Poppy walaupun tnpa izin mas Fent pke profil ini aku coba jawab. aku sndiri uda lupa nulisnya salah atw gimana, tp wktu itu memang mlm jum'at bln puasa(klo bnr mungkin tgl 11). trs yg kganjilan kdua emang gag bs dbuka sejak bln Oktober

    BalasHapus
  10. ngeri nih postingannya! analisa ente paten, sob! penuh misteri... ;(
    mending ente aja yg jd pnerusnya enigma!

    BalasHapus
  11. aku hanya berpikir, foto profil enigma, rambutnya kena mata, kalau foto yang di atasnya, nggak ada satu rambutpun yang kena ke matanya...

    BalasHapus
  12. mrinding gan.. apalagi aku sendirian di kamar T.T

    BalasHapus
  13. apakah tinta merah dan poppy adalah orang yg sama? mngapa ada percakapan diantara mreka brdua? komen dari tinta merah diatas knp ngaku namanya poppy? gk jelas!

    BalasHapus
  14. @Eksak... Baca dulu blog tinta merah baru ngerti

    BalasHapus
  15. Enigma sosok yang aku suka sob...baru tau nih kalau beliau sdh tidak ada lagi,turut berduka aku.

    BalasHapus
  16. @Kang Topjer: aku jg peminum kopi sob, hanya saja bedanya aku bkn perokok. makanya jgn suka ngrokok ama ngopi deh, ups, kalo misalnya gak ada yg suka ngopi,kasihan warung kopi kamu sob jd sepi, hehehe...

    @cindelaras: "Bung Enigma akan tetap selalu hidup di hati kita..
    di hati para pecinta Blog Misteri Enigma..."

    SETUJUUUU BGT SOB!!!
    yg penting doakan saja, biar jalan yg ia tempuh itu selalu dikelilingi dgn cahaya.amin

    @Rohis: kamu nanya kebenaran ke saya, saya gak bs jwb pasti sob.. ini aja saya gak percaya 100% kok..

    @Download Mp3: semoga saja sob, amiin, kita doakan saja sama2..

    @hero: :)

    @Rama: dibaca gak postingannya?jgn nice infonya doank...

    @Bercahaya: mungkin bener juga katamu sob...

    @Hariyanto: sepertinya begitu sob, coz orgnya jg misterius sih, hampir gak ada identitas sama sekali, bingung semua kan?jgn sampe hal ini terjadi ama kamu ya, kasihan para fans mu itu..

    @Tinta Merah: oke deh, utk soal tanggal gak aku permasalahkan, tp soal yg acc komen, itu gimna, kalo bkn kamu Pop, lalu siapa yg meng-acc ampe skrg, lihat aja, komentar trs bertambah.

    @thya: apanya yg "waw"??

    @eksak: awalnya sih gitu sob, aku awalnya ingin menobatkan diri jd penerusnya, tp kalo sekiranya ada saudaranya, ya alangkah baik saudaranya aja yg meneruskan...

    @Mine: matamu jeli jg ya... kalo dilihat dari jenis rambut, rambut itu kan terkadang kena hembusan angin, aku berpikir rambut enigma itu kalo terkena angin bisa saja menutupi mata. nah situasi dlm kedua foto tersebut berbeda, jd gak bs kita simpulkan berdasarkan rambut, cobalah lihat matanya, matanya itu mirip bgt. ada pepatah bilang: "mata itu gak bs berbohong"

    @Uswah: siapa bilang kamu sendiri, kan ada 2 malaikat dikanan dan kiri kamu yg selalu mengikuti kmn pun km pergi..
    ^_^

    @eksak: mungkin bener deh, kamu hrs mampir dulu ke blog Tinta Merahnya, atw aku jelasin disini aja ya, awalnya blog Tinta Merah itu dibuat oleh mas Fent yg akan dipersembahkan utk Poppy, dan yg bercerita dlm percakapan di atas jg adalah percakapan dari mas Fent dgn Poppy. otomatis, Poppy itu jg bs menggunakan akunnya mas Fent. karena dia tau passwordnya. nah komentar diatas kan udh jls,si Poppy itu nyolong2 utk berkomentar. udh jelas blm?

    @Icah: sama sob, justru aku merasa sangat kehilangan bgt, mungkin kalo blh aku diijinkan bertemu utk terakhir kali, aku ingin sekali menghadiri pemakamannya. kita doakan saja sama2.

    BalasHapus
  17. aku jadi ngeri bacanya bang. . . kokbisa kayak gitu ya. .. kalo melihat cerita tadi, aku kok masih belom percaya klo enigma udah meninggal. . .

    BalasHapus
  18. waw, ane blogger awam juga sih, coba cek blog enigma dulu deh ya sob :D

    BalasHapus
  19. Hmm.. baru dengar nih tentang Enigma.
    Semoga berita itu bukan hoax ya.. :)

    BalasHapus
  20. saya ngga tau enigma itu siapa :'(

    BalasHapus
  21. Innalillah...

    Aq baru tahu kalau ada blogger ternama yang bernama Enigma, alamat blognya bang-E apa ya ? aq pengen liad kalau belum di hapus sih..

    BalasHapus
  22. @jiah : coba kamu masuk ke sini : http://xfile-enigma.blogspot.com/

    lalu baca semua artikelnya, dan perhatikan cara analisanya..
    nanti kamu akan tahu kenapa blog enigma layak disebut sebagai blog misteri terbaik di indonesia.. mungkin juga di dunia..


    @nihis ; silakan masuk ke sini : http://xfile-enigma.blogspot.com/

    :)

    BalasHapus
  23. Innalillahi wainnailaihi rojiun
    Sumpah saya kaget.. Saya juga termasuk salah satu fans Enigma sejak saya belum punya blog.
    Saya juga ikut kehilangan. tapi, saya nggak menyangka kalau beliau sudah meninggal dunia.
    :'(

    BalasHapus
  24. Msalah yg acc komen aku tnya dlu lah ama yg udah senior,
    1. ada kmungkinan gak klo misalnya akun bs dibuka d 2 HP berbeda stelah yg 1 off..? Ingat apa mbak V yg aku critakan? BB mas E emang mbak Via yg pake. Aku blm brani tanya K dia
    2. Trs kmaren d postingan tinta merah ada yg yg komen pake profil enigma, pas aku klik trnyata link ke Blog Enigma. Apa itu asli?

    Maaf agak telat, maklum Sat-nite

    BalasHapus
  25. Tambahan : Rambut asli mas E itu sebenarnya lebih banyak ke kiri, cuma yg di pajang d profilnya tumbenan ke kanan. Nanti kalo aku sudah pulang ke jogja aku cari foto yg sama.

    BalasHapus
  26. Salam Blogger Indonesia!

    Terima kasih kpd admin atas invitationnya,..sejujurnya saya juga penasaran dg raibnya Bro E yang sangat tiba2.

    Sementara ini saya harus konfirmasi dulu dg seseorang yg saya tau cukup dekat dengan Bro E.

    So....BrB soon.

    BalasHapus
  27. wduh kok saya bru dger ya? tpi met berduka cita aja bgi kluarga enigma yg dtinggalkan . moga arwahnya dan amal baiknya diterima di sisi-NYA *sorry telat ya,bru bacca ni postingannya*.

    BalasHapus
  28. @Tinta Merah : eh kok saya mw komen postingannya,kok kepotong ya kode verifikasinya (jd gk bisa msukkin tuh kodenya?)

    BalasHapus
  29. HOAX . Klarifikasinya ada di salah satu komentar di blog saya, dan itu adalah komentar enigma sendiri. http://xnews-hawkson-blogmisteri.blogspot.com/2012/02/titik-terang-menghilangnya-enigma.html

    BalasHapus
  30. setiap yg bernyawa psti mati. rest in peace

    BalasHapus
  31. @susu segar: sama sob,aku jg baru 99% aja percayanya

    @naspard: oke,silahkan

    @try2bcool: aku harap jg begitu, tp kurang yakin jg,makanya aku minta pendapat kalian

    @jiah: kalo mau tau baca dulu artikel yg sebelumnya,biar ngerti

    @Nhinis: tuh, udh diksh tau ama cindelaras :)

    @cindelaras: thanks ya bro, dah bantuin aku menjelaskan.. :)

    @Juwita: sama sob

    @Tinta Merah: entahlah, yg jls aku msh penasaran siapa yg meng acc nya kalo bkn kamu.

    @Kelompok 4: smoga doa2 kita smua, didgr oleh-Nya.amiin.
    oya, utk bs komen di blog Tinta Merah, gunakan tab sob. pencet tab trs...

    @hawkson: bukti komentar yg km sajikan itu yg gak jls, Anonymous?sebegitu percayakah dgn Anonymous?apa dasarnya yg mmbuat km yakin kalo itu adalah enigma yg berkomentar?
    apakah dia gak berpikiran utk mmbuat akun baru yg lbh bs menampilkan sebuah identitas?padahal dia kan pemikir yg pintar,knp hrs tampil dgn sosok anonymous?
    komen yg km anggap enigma itu, hampir sama persis dgn apa yg ada dipikiranku saat pertama kali aku mendapati kabar ini.
    dan mau tau knp alasannya enigma tdk mmbuat akun baru?karena dia sudah tiada.hanya itu alasan yg tepat utk menggambarkannya.
    ingatlah bahwa yg hidup itu pasti bs mati, dan datangnya kematian itu adalah misteri.

    @kira: setuju sob..

    BalasHapus
  32. email kingdom.enigma masih balas2 email beberapa kawan kok sampai kemarin malam.

    BalasHapus
  33. @Penghuni60 : tab yg mana gan? ak udh pencet tab di mozilla gk ngruh tuh

    BalasHapus
  34. sebenarnya aku gak tahu tentang ini
    baru setelah beberapa postingan wawan terus aku ke tkp langsung ngeh :D

    cuma yaa~
    masih tetap misteri
    tinggal mau percaya atau tidak~

    eh tapi siapa tahu akan ada rahasia yang terkuak lagi :D

    BalasHapus
  35. paparan sangat mantab dan kritis banget mas..
    jadi nambah ngerti yang mana yang benar,salam kami:
    sigit hermawan

    BalasHapus
  36. @All My Best Friend:
    KASUS INI SUDAH SAYA TUTUP.
    ENIGMA MASIH HIDUP.
    silahkan kalian baca info updatenya.

    Terima kasih atas apresiasi kalian semua.

    Spesial untukmu Hawkson...

    BalasHapus
  37. jiyaaahh.... ada-ada ajah yach.

    tapi berurusan dengan misteri, *celingak-celinguk*. beneran, aku takut poll kalau ada kata-kata misteri.

    BalasHapus
  38. @cindelaras: sori sob, komenmu yg kedua kena deteksi spam tuh, jd kemarin2 gak muncul, aku baru tau skrg, sori ya...
    soal komen "sundul gan" itu aku udh tau kok...
    itu cm org iseng aja... aku jg bs niru2 kyk gitu.

    yg jls skrg "KASUS SUDAH DITUTUP" gak akan aku buka lg.

    kita tunggu aja kemunculan Enigma, setelah liburan panjangnya.

    @Purpperry: itu memang bnr kok... hanya saja email dariku blm jg di bls2..

    @kelompok 4: nanti aja aku akan bahas hal ini dipostingan..

    @Maya: ternya memang bnr, rahasiany skrg udh terkuak, bahwa Enigma itu msh hidup. gak sia2, aku mempelopori postingan ini, dan melaporkannya kepada yg berwajib, dlm hal ini sahabat dkt Bung E tentunya..

    @Sigit: salam jg sob..

    @Linus: hmmm, aku ampe numpang di Google utk bs menterjemahkan komenmu bro Linus, tp gak ada satu pun bahasa yg cocok... apa sih artinya? *garuk2 kpala ampe pada rontok

    @Vie: halah.. gak ush takut gitu donk..

    BalasHapus
  39. #Baca postingan di atas sambil mangap dan syok...

    Tapi, bagian update-nya mengatakan bahwa Bro Enig masih hidup. Sedikit lega sih, Tapiii.... Mohon dibagikan penjelasan analisanya.

    Karena, setelah diberondong oleh pernyataan-pernyataan awal yang mengatakan bahwa Bro Enig sudah meninggal, rasanya jadi agak gimanaaa gitu ketika baca bagian update'an yang cuma terdiri dari 2 paragraf.

    Tambahin penjelasan bagian update'nya ya Bro....

    Btw, blog tinta merah sekarang sudah dihapus kah? Kog saya tidak bisa loncat ke sana. Saya sempet berpikir bahwa, Bro Enig beneran udah meninggal..hiks..hiks..

    Eh iya, mulai kapan sih, komen newest di blognya Bro Enig bisa dibaca lagi. Sebelum-sebelum-sebelumnya, sepertinya tidak bisa dibaca...

    Maklum, minggu-minggu terakhir ini saya jadi ogah-ogahan berkunjung kesana. Karena enggak ada hal baru. Bahkan dalam beberapa minggu yang lalu komen terbaru pun enggak bisa dibaca.

    #eh anu, maaf,, malah jadi curhat. Saya terlalu senang bisa berkomentar di blog ini. Karena sebelum-sebelumnya, saya enggak punya blog. Pilihan anonymous buat nge-post komentar enggak ada. Jadi cuman bisa baca artikel doang...

    Bahkan saya dulu, ketika melakukan blogwalking, malah menggunakan nama-nama yang enggak jelas. Terutama jika komen di blog-nya Bro Enig, hehehehe...

    Apapun faktanya, entah itu Bro Enig masih hidup atau sudah meninggal, semoga saja dia mendapatkan yang terbaik dari-Nya. Karena hanya Dia yang Maha Tahu apa yang paling dibutuhkan oleh kita semua.

    BalasHapus
  40. Tadi malem saya juga sempet loncat ke blognya tetangga yg juga mbahas masalah Email Mr. Questio.

    Penjelasannya lengkap sih, tapi penyusunan kalimatnya bikin otak saya harus bekerja lebih keras.

    Saya jadi bertanya-tanya, seandainya yg membalas Email itu, ternyata adalah peretas Emailnya Bro Enig, masalahnya akan jadi tambah rumit.

    Si Mr. Questio bakal nongol lagi gak yaa???

    #mulai ngelantur lagi dah...

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. hahaha... lucu semua misteri ini... pasti beliau tertawa ataupun kesel sedikit tentang tulisan diatas... apalagiaq ma si poppy hehehe fotonya jg gak nyambung untuk foto matanya, tapi sy setuju sama poppy kalo dia memang pecinta kopi berat... tapi sy gak yakin 100% kalo dia perokok... gak semua orang penulis itu harus ngerokok.jeung... hehehe. . biarkan ini jadi misteri terus deh...

    BalasHapus
  43. @MazBrou Penghuni 60:
    Post tenebras spero lucem - bermakna "dari gelap menuju terang" :)

    meski jebakan betmen, kasus ini tetap menarik. ada 2 hal yang mau Linus tanya,(1)Mbak V - who is she, apakah dia juga rekayasa? (2)tulisan di balik kertas buku saku itu, apakah bisa terbaca?

    Tetap semangat ya, Brou...! :)

    BalasHapus
  44. nih orang2 pd ngapain sih....gt aja kq repot...., biar aja deh....yg penting berkarya untuk hal2 positif....maju terus bro..!!!!

    BalasHapus
  45. jadi Bung E belum meninggal
    Alhamdulilah
    Mr. Questio memang hebat membuat cerita(Hoak) yg membuat kita jadi pusing...?

    ane belum sempat liat blog tinta merah karne udah dihapus
    ada yg tahu gak blog tinta merah tentang apa..?

    BalasHapus
  46. mungkin itu poto Mr. Questio yg mau eksis

    BalasHapus
  47. http://whatt-happen.blogspot.com/

    blog dragon yg baru

    BalasHapus
  48. Aaaaaaaaaaaaaaa.. aku juga ngefans lho sama enigma ini. Caranya ngebahas fenomena-fenomena dengan cara yang ilmiah dan bikin aku manggut-manggut, "Oooohhh.. hoax toh."
    I miss him too.. T^T

    BalasHapus
  49. saya dataaang, hehe #maap baru sempat nongol kakabro :p

    eh jadi enigma masi idup kan? alamat blognya yang mana sih? blom pernah kesana saya nya...hikzhikz

    BalasHapus
  50. Saya juga suka cerita mistery, rasanya penuh tantangan dan bikin merinding...hihihihi

    BalasHapus
  51. Maaf kalau ada yang terlewat, saya lagi tak bisa baca komentar dari awal..

    - Percakapan via email tersebut mirip dengan yang ada di link ini: http://www.inmystery.com/2012/02/benarkah-misteri-hilangnya-enigma.html yang dibagikan user Dark Lune di blog enigma, post tentang Cadborosaurus. tapi bedanya, tak ada apa-apa tentang pertemuan dengan Poppy. Juga setelah kalimat (ini cukup rasional bagi saya, bagaimana menurut anda?)


    - Semua artikel yang saya baca (ini, in mystery, dan hawkson) semuanya mengutip percakapan yang sama. Kemungkinan besar, semua informasi ini berasal dari sumber yang sama, salah satu dari 11 orang yang merespons ketika Poppy menghubungi.
    Pertanyaan saya, mana 10 orang lainnya? Anybody, raise you arm? Saya yakin setelah link-link post ini di-share di kotak komen Cadborosaurus, dan membaca paling tidak post ini, harusnya ada yang bilang 'ya, saya juga menrima email dari Poppy!' atau sebagainya.

    BalasHapus
  52. Terlepas apakah "muspro"-nya Bung Enigma itu hoax atau mirip hilangnya Supriyadi dari Blitar, yang jelas memang ada keanehan sendiri bila seorang blogger produktif seperti Bung Enigma tiba-tiba mandeg dan tidak update blog.

    Sekalipun bagaimana, saya berharap Bung Enigma masih sehat walaffiat, hanya sekarang sedang "reses". Andai dia sungguh telah meninggal dunia, maka semoga Arwah Almarhum tenang di alam Baqa (RIP)...

    BalasHapus
  53. maaf belum bisa percaya...
    Anatar orng yg m'ngaku adik bung E, atau anda...
    Alasanx; -tentang blog yg m'ngaku b'temu dgn adik bung E (bisa jd blog itu hanya mrekayasa kisah)
    -tentang anda, (screenshot email yg anda tampilkan) bisa jd hax di buat2 aja,(apa yg g' bisa di buat di dunia maya, apalg screenshoot sprt yg anda tampilkn)
    NB;
    -MOHON MAAF INI HAX S'BUAH PENDAPAT(sprt anda), DAN G' B'MKSD APA2...

    BalasHapus
  54. @Wise_new: haha, bnr sob, gk repot2lah.. enjoy aja...

    @DRAGON: wow, km punya blog baru ya? tar aku kunjungi sob.. Bung E msh hidup sob, tenang aja.. :D

    @Koskakiungu: search aja di google, pake keyworg blog misteri enigma pasti ktmu

    @Nan: emang sob, sumbernya satu, yaitu dari postingan blog Tinta Merah, lalu aku posting kembali, karena aku korban yg kedua menurut Mr Questio ini jd otomatis, postinganku ini adalah peringkat yg kedua, setelah itu aku kabari hal ini ke Bro Hawkson, kemudian diposting jg oleh Bro Hawkson, dan sterusnya...

    dan mengenai angka 11, itu jg hoax, hanya karangan si pelaku aja.jujur aku sendiri tdk mendapatkan email dari si pelaku.

    @CahNdeso: bnr semua pendapatmu sob, tp kali ini aku tdk setuju kalo km bilang Bung E udh meninggal, karena aku menadpt konfirmasi melalui email lngsung dari dia.

    @daengbeta: soal anda percaya ato tdk terserah anda. bahkan saya berani bersumpah atas nama Tuhan sekali pun kalo screenshoot yg saya tampilkan itu adalah screenshoot asli dari email saya sendiri.

    terima ksh sudah mengungkapkan pendapat anda. Sekali lg kasus ini sudah ditutup, "BUNG E MSH HIDUP"

    BalasHapus
  55. Kalau ini cerita buatan, untuk poin satu yang mas bro tulis diatas saya
    punya (kemungkinan) penjelasan.

    "Pas malam jum’at sekitar jam 10 Malam tanggal 8 Agustus aku dijemput buat buru2 pulang ke Jogja ama anak buahnya ayah ..."

    Meskipun memakai banyak singkatan serta kata2 'gaul' (yg, aja, ama, gak, etc.) Poppy ini cukup strict dan selalu memakai huruf kapital untuk setiap awal kalimat, nama orang, dan tempat. Pada kalimat 'mengganggu' di atas, kata 'malam' kedapatan memakai huruf kapital.. jadi mungkinkah:

    Poppy hendak menulis "Malam tanggal 8 Agustus aku dijemput buat ..."
    tapi mau digantinya jadi "Pas malam jum'at sekitar jam 10 aku dijemput buat ..."
    dan sayangnya lupa menghapus yang pertama. Atau mungkin juga sebaliknya.

    sekali lagi, maaf kalau ada yang terlewat. Sudah lama sekali saya tak sempat mengikuti perkembangannya.

    BalasHapus
  56. just visit your blogs:)

    Thanks and keep it up!

    http://sunmagicflower.blogspot.com

    BalasHapus
  57. jadi merinding bacax mas...hihi

    BalasHapus
  58. senang bisa berkarya seperti anda.. banyak penggemar dan banyak di kunjungi orang,. berbagi ilmu ya mas,. tips sukses ini ungkap dong yang lain bisa ngikut sukses.

    salam by
    Agro Buah

    BalasHapus
  59. memang sanagt sedih klo telah ditinggalkan ssama orang yang menurut kita dia berarti :(

    BalasHapus
  60. Alhamdulilah kalau bang E masih hidup,,, berarti masih ada harapan untuk membaca artikel-artikelnya yg sanagat keren....

    BalasHapus
  61. ternyata masih hidup sob.. tapi kok absennya lama banget ya? hampir setahun. btw ngopi itu emang manteb sob :) bikin melek sampe malem

    BalasHapus
  62. saya jga terInspirasi dari Blog Enigma dan jga Blog akzerikho (wordpress) ,,mereka be3 sama bang penghuni60 ini yg memotivasi saya untuk meningkatkan Blog saya,,,tpi saya ga tau klo bang Enigma tlah meninggal,sama sperti Bang Akzericho jga yg sdah meninggal..!!!

    BalasHapus
  63. bang penghuni 60: trus apekerjaan apa yang dilakukan bung e sehingga ia gak update blog lagi...? aq mau usul... g mana kalo buat klub misteri gitu? jadi lebih bisa mengungkap misteri lebih banyak... g mana?

    BalasHapus
  64. @Adverbia: kalo soal pekerjaan, entahlah aku sendiri jg blm tau, kemungkinan sih, bang E itu lg jd manusia yg super sibuk sekali, sehingga gak bs sempat utk ngeblog lg.
    klub misteri itu udah ada kok, coba aja kamu cari infonya di facebook punya enigma sendiri.

    BalasHapus
  65. kok blog enigma tdk bisa di buka y..?? apakah sudah dihapus..?

    BalasHapus
  66. @Alyna: msh bisa dibuka kok, maksud kamu mungkin blog Tinta Merah kali ya, kalo blog Tinta Merah emang udh dihapus...

    BalasHapus
  67. hahah... semoga beneran Mr. E masih hidup ya.. karna sy email berkali-kali ke dia, tidak dibalas.

    Masih penasaran dengan kisah dia selanjutnya (kalau memang dia mau terusin blog-nya), kalau tidak yaaa.. sukses deh di dunianya yang baru \m/

    BalasHapus
  68. Haaaa aaa aaah? :O
    Mungkin Enigma kena writer's block akut :P
    Di forum FanFiction bahkan ada yang vakum 2 tahun, (GILA LAMA AMAT)

    Cuma numpang komen,

    BalasHapus
  69. Blom ada khbr jg dari bro E ya? Kapan atuh muncul lagi klo bner beliau msh hdup? :(

    BalasHapus
  70. BUNG ENIGMA SUDAH MUNCUL KEMBALI, BERSAMA DENGAN PENERBITAN BUKUNYA YANG PERTAMA.
    SILAHKAN KUNJUNGI SAJA DI BLOGNYA...

    WELCOME BACK, BRO ENIGMA!!! ^_^

    BalasHapus
  71. Ehye bro wawan.
    Slamat kenalan.

    Aku adalah salah sorg di antara million peminat blog kamu.

    Btw , i'm from malaysia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa sih peminat blog kok menutupi profilnya? Bahkan saya tdk bisa sama sekali membuka profil blogger kamu. cukup aneh, kok bisa sih? Namamu saja tdk muncul, lalu saya harus panggil apa? garuk2 kpala

      Tp makasih sebelumnya... lam knl juga, sayangnya kita gak bakal pernah bisa saling knl, kalo namamu gak muncul

      Hapus
  72. Hehe ^^,

    Sorry. Lambat reply.

    Bro wawan bleh anggap saja aku ini sebagai your secret admire.

    K bro.
    Apa2pon,
    Slamat maju jaya dlm khidupan kamu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secrets admire??? hmmm... berasa kyk artis, hehe... :D
      tapi BTW, bagaimana itu cara menyembunyikan nama profil??? bahkan notif di emailnya saja tertulis 'noreply-blogger'

      kok bisa?
      paling tidak kasih tau saya lah... kamu berasal dari daerah mana di Malaysia? Siapa tau saya bisa berkunjung ke Malaysia...

      Hapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.