Misteri Hilangnya Enigma


Jumat, 11 November 2011
Labels: ,
Advertisement
Penghuni 60 | Misteri Hilangnya Enigma

Postingan kali ini adalah sebuah ungkapan terdalam dari saya pribadi terhadap menghilangnya sosok seorang blogger yang selama ini sudah dikenal oleh hampir sebagian penduduk di Bumi. Siapa yang tidak mengenal Blog Misteri Enigma? Bagi kalian yang belum mengenalnya, mungkin hal ini biasa-biasa saja. Tapi tidak bagi saya. Blog Misteri Enigma, adalah blog yang pertama kali saya kenal sejak pertama kali saya mulai mempublikasikan blog Penghuni 60 ini. Itulah alasannya mengapa saya menempatkan posisi link Blog Misteri Enigma ini di urutan yang pertama.

Blog Misteri Enigma adalah blog yang mengulas tentang misteri-misteri yang terjadi di berbagai belahan dunia, misteri itu dijabarkan secara detail lalu akan diulas dan diungkap melalui berbagai sisi, sehingga akan didapat sebuah kesimpulan yang ternyata sanggup memecahkan misteri tersebut.

Baca Juga:


Tapi justru anehnya, sampai detik ini tidak ada seorang pun yang bisa mengungkap siapa sebenarnya sosok admin Enigma tersebut. Malah dalam beberapa bulan terakhir ini blognya ditinggal begitu saja oleh si empunya. Kemanakah perginya Bang Enigma?

Hampir disetiap postingannya tidak pernah terlewati untuk saya baca. Apalagi jika sudah membahas topik tentang kemunculan Crop Circle. Dan selalu saja mendapat banyak respon dari para pengomentar. Itu salah satu hal yang setidaknya telah memberi motivasi kepada saya tentang bagaimana caranya agar saya bisa seperti dia. Menghadirkan banyak pengomentar, tanpa perlu melakukan apapun, karena saya yakin, Bang Enigma ini jarang melakukan blogwalking, karena hampir disetiap buku tamu blog-blog yang saya kunjungi jarang saya temukan link Enigma.

Kembali kepada sosok misteriusnya. Entah kenapa admin Blog yang satu ini sama sekali tidak mengungkap identitas pribadinya, kalo kita lihat di profilnya, kita hanya akan menemukan gambar sebelah mata saja. Tapi tetap saja itu tidak mengungkap siapa sebenarnya dia.



Jika dilihat dari tanggal postingannya yang terakhir, maka sudah 3 bulan lebih Bang Enigma tidak melakukan update. Ini hal yang sangat tidak biasa untuknya. Bahkan dia sama sekali tidak membalas komentar-komentar yang masuk. Lihat saja di situ, komentarnya sudah hampir mencapai 500, wow, blog mana coba yang bisa menghasilkan komentar sebanyak itu?


Mulai dari komentar kehilangan, bahkan sampai celoteh liar pun mulai keluar dari para pembaca. Ada yang bilang Bang Enigma itu sudah kehabisan ide-lah, sakit-lah, ini-itulah, bahkan ada juga yang bilang kalo Bang Enigma itu sudah meninggal. Mana yang benar? Padahal setiap komentar yang masuk itu kan butuh diapprove, kalo Bang Enigma meninggal, lalu siapa yang mengapprovenya? Makin misterius saja.

Tapi yang lebih misterius lagi, blog Mbah Ware dan Blog Enigma sama-sama gak aktif lagi. Aneh kan? Adakah keterkaitan di antara mereka berdua?

Yang jelas, ada sebaris kalimat yang baru kali ini menarik perhatian saya. Yaitu sebaris kalimat yang ada di bagian bawah Blog Enigma:

"If I see in the darkness, it's because there is light....And it is the light which guides me now...."

Sebenarnya antara yakin dan tidak yakin, kalimat yang bagian belakang itu sepertinya baru ditambahkan. Karena yang saya ingat adalah deretan kalimat diawalnya saja. Sejak pertama kali saya mengenal Blog Enigma baru kali ini saya sadar, mungkinkah kalimat ini sengaja ditulis sejak awal sekaligus sebagai pesan terakhir dari si penulis?


Kalo memang benar begitu adanya, semoga cahaya itu akan selalu menerangi setiap jalanmu sobat.
I Miss U Enigma...



Pesan dari Penghuni 60 untuk semua Blogger:
“Mulailah menulis sebuah surat wasiat tentang blog yang kamu punya, akun-akun blog yang kamu punya, beserta passwordnya, email-email yang kamu miliki beserta passwordnya, lalu wasiatkan kepada saudara atau teman terdekatmu, atau kamu save di sebuah rekaman video, kaset atau apapun. Ingatlah bahwa Kita tidak pernah tahu kapan, bagaimana dan dimana mengakhiri Hidup ini.”

Jika memang benar kenyataannya Bang Enigma sudah tiada, lalu semua password akun-akun blognya itu sama sekali gak ada yang tahu. Bagaimana jika itu terjadi pada Anda?

*******
Signp60

Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

73 comments:

  1. aku belum kenal :( lagi bertapa mungkin, siapa tahu pas kembali mengungkap anonimitasnya :D

    BalasHapus
  2. ane gak kenal,, wakwakwak,, siapakah dia,, :D

    BalasHapus
  3. Belum pernah kesana kayaknya. Jadi ikut penasaran. Mungkin aja dia hiatus dulu, Sob. Aku punya blog yang aku anggurin sampe setahun :D

    Kalaupun seandainya aku meninggal, aku udah kasih tau blog2 aku sama suami. Tapi nggak ngasih password. Nggak ada guna juga. Coz dia nggak suka nulis :D

    BalasHapus
  4. Belum kenak dg blog Enigma... jadi penasaran setelah baca tulisan diatas hehehe

    BalasHapus
  5. iya ni...
    udah lama banget bung enigma ini ga nongol.. aku juga suka baca2 artikelnya.. udah jadi reading list di urutan pertama..
    hehehehee...

    semoga nanti nongol lagi...
    :D

    BalasHapus
  6. buat yang belum tahu blog enigma:

    blog enigma adalah blog misteri terbaik di indonesia..
    mungkin juga di dunia..
    silakan langsung di cek..

    BalasHapus
  7. wew benerkah itu sob, aku belum pernah mengunjunginya
    but nice info dah coba cek blog nya dolo :D

    BalasHapus
  8. semoga bang enigma ngeblog lagi....

    bnkyg rindu postingannya

    BalasHapus
  9. Belum tau dg blog Enigma... jadi penasaran setelah baca tulisan diatas hehehe

    BalasHapus
  10. sama, saya juga belum tau ada blog itu..
    tapi dari cerita diatas, kayaknya misterius banget ya orang yang punyanya...

    soal password masuk admin ke fb, blog dll,..kayaknya boleh juga tuh,,hihihi

    BalasHapus
  11. Belum pernah kenal....Tapi bener juga.
    Beberapa bulan yang lalu aku juga pernah baca tentang artikel penulis blog yang meninggal dunia.
    Sahabatnya entah teman dekatnya yang memberitahu kepada teman-temannya...dan blog terakirnya juga tertulis..tapi lupa .

    BalasHapus
  12. seingatku dlu, di salah satu postingan bang enigma yang sudah usang dia pernah mengatakan kalau dia mendapatkan salah satu foto dari teman kerjanya di banjarmasin...... "banjarmasin"

    coba gan dbuka2 file bang enigma kalo gak salah yang tahun 2009-an yang sengingat Q berdekatan sama postingan tentang naga di pantai selatan jogja sama langit jogja terbelah

    Bung enigma.... we miss U so much

    BalasHapus
  13. Q rindu sama lomba pertamax di blog enigma yang lebih parah dibanding k*skus

    blog enigma adalah blog misteri terbaik 3 tahun berturut2 dari tahun 2009-2010-2011 dan bahkan dimuat di koran beberapa kota terkenal

    BalasHapus
  14. saya pernah membaca artikel2 disana, tapi beberapa bulan terakhir sudah jarang ke blog enigma..mudah2an bang enigma yg dirindukan segera muncul yaa..

    BalasHapus
  15. hye, done folow u, dont forget folow me back k. :)

    BalasHapus
  16. Saya juga pernah ke blognya beberapa kali. Kesan yang saya dapatkan: SANGAT BAIK.
    iya yah, lama nggak ada, saya sendiri suka menghilang, tapi suka mendadak muncul kalau selesai bertapa.
    Btw, AKHIRNYA BISA KOMEN, COBA PAKAI OPERA eh ternyata BISA.... BAHAGIAAAANYAA.. :)

    BalasHapus
  17. lagi bahas bang enigma ya, dia yang memberi inspirasi saya menulis blog saya yang sekarang.
    Kalau untuk keberadaanya tak ada yang tahu pasti. Apapun yang terjadi kita doakan dia baik baik saja sebagai sesama rekan blogger.

    BalasHapus
  18. hmmmm jika kita menyayangi blog kita hendaknya menyiapkan sebuah pesan agar jika sesuatu terjadi, blog tersebut dapat dilanjutkan. salah satu caranya adalah memberi hak admin kepada temen terdekat, saudara atau siapapun yg dipercaya.

    semoga enigma dalam keadaan baik2 saja.

    nb :
    iya itu semua blog milikku
    ada yg terurus, ada yg agak keteteran

    BalasHapus
  19. Saya juga pernah berpikiran begitu, terutama kemarin sebelum mengumumkan pemenang endorsement for Abi Sabila. Sempat terlintas bagaimana jika kemudian ajal menjemput sebelum pemenang saya umumkan, tentu akan banyak sahabat yang bertanya-tanya. Juga mengenai kelanjutan proyek penerbitan buku, siapa yang akan mengurusnya. Dan, apa yang terlintas dalam benak saya ternyata juga ada pada kang Wawan. Barangkali memang perlu, kita memberi tahu akun-akun beserta passwordnya kepada orang yang kita percaya agar apabila suatu saat ajal datang, masih ada orang yang memberi tahu sekaligus meminta maaf apabila selama menggunakan akun tersebut pernah berbuat salah dan khilaf.

    Oh ya, Kang. Ada PR untuk Kang Wawan, Mohon dilihat dan semoga berkenan mengerjakannya. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  20. hehe..mungkin lebih updol dikasihkan pada orang yang suka ngeblog juga..

    BalasHapus
  21. ohhh enigma itu blog orang ya? wahhhh mungkin dari mulut ke mulut ini bahwa bang enigma hilang atau apa. mungkin juga kan bisa juga kalau dia sibuk atau bagaimana :D

    BalasHapus
  22. nasihat yang bagus...Ok deh nanti password blog saya akan saya simpan

    BalasHapus
  23. @All my best friend: buat sobatku semua mf ya aku gak bs reply komen kalian satu persatu, yg jls terima ksh atas semua apresiasi kalian terhadap menghilangnya sosok seorg blogger Bang Enigma. Meskipun lbh byk dari kalian yg msh blm mengenalnya. kita sebagai sesama blogger hrs bs menyikapi hal ini secara positif, ambil sisi yg baiknya buang sisi yg buruknya. semoga kelak harapan kita semua bahwa Bang Enigma dlm keadaan baik2 saja, dan akan mulai ngeblog lg suatu saat. Tp tetap kita tdk bs menutup kemungkinan2 yg lain.

    apa yg sudah saya pesankan di atas, alangkah baiknya kita lakukan dari skrg, daripd kita menyesal kemudian.

    Thanks for U all... I love U all..

    BalasHapus
  24. saya jg mlh br tau dari postinganmu sob..
    emang sih, ajal ssorg itu rahasia Allah, gak akan ada yg bs menebak.
    pesanmu itu adalah ide yg sngt bgs sob.. thnks

    BalasHapus
  25. RSI SAKINAH MOJOKERTO telp/sms : +6285648280307

    BalasHapus
  26. Now I know Enigma blog is interesting...

    BalasHapus
  27. Assalamu'alaikum,,, salam kenal.

    Mr. E .... meninggal ?
    Innalillahi wa inna ilaihi roji'uun...

    Koq dari temen ato sodara dekatnya ga kasih pemberitahuan ya, Kang ?

    BalasHapus
  28. ternyata blog ini terinsvirasi sedikit dari enigma yg misterius y sob,, pantes juga nih blog headernya misteri banget,, hehe

    BalasHapus
  29. ane juga salah satu fan enigma,

    abis baca posting + komen disini jadi kepikiran
    VIRAL MARKETING

    coba search google ada lagi trit yg bahas hilangnya enigma...

    just my opinion

    BalasHapus
  30. jangan suudzon dulu, mungkin saja enigma tak ada koneksi internet :D

    bikin blog itu susah kalau ga punya background yang mendukung termasuk bahasa inggris

    FYI aku posting artikel blog TAR saja butuh 6 jam-an

    BalasHapus
  31. wadoh,akan saya wasiatkan pada siapa blogku nanti...

    BalasHapus
  32. @wawan penghuni60: maaf kawan, numpang konfirmasi.. url blogku sekarang sudah berubah jadi sidik-supomo.blogspot.com .

    mohon link saya di blog ini diedit ulang..
    terimakasih..
    :D

    BalasHapus
  33. @Sukma: silahkan dilakukan mulai skrg sob..

    @RSI SAKINAH: thanks

    @Easy: ^_^

    @Samaranji: wah, ketahuan gak baca postingan dari awal ampe abis ya...
    siapa yg bilang Mr. E meninggal sob?
    disini kan lg dibahas knp Mr. E itu gak nongol2, apakah kemungkinan meninggal itu ada? gak tau jg kan.. jd intinya msh misterius.

    @al kahfi: haha, jd ketauan jg deh.. :D

    @Radit: VIRAL MARKETING? *garuk2 kpala
    ini bkn gosip sob, ini nyata yg terjadi dgn blognya yg ditinggal begitu saja. hal yg tdk wajar utk Bang E.

    @r10: kan seperti yg aku bilang, kita tdk blh menutup kemungkinan2 yg lain. apa yg km bilang itu mungkin saja kok. tp apa mungkin semua koneksi di daerah si Mr.E ini hilang semua gitu. gak mungkin kan, intinya berilah kabar melalui cara bagaimanapun kepada para fans nya. itu kan merupakan kewajiban bagi blogger yg sudah terkenal, yg mana postingannya itu selalu ditunggu2. ini sih kyk org yg gak bertanggung jwb, menghilang begitu saja.

    @kira: sama sob, saya msh mikir tuh..

    @Kay: kamu bnr Kay.. sangat misterius.

    @Cindelaras: sudah saya rubah sob, silahkan cek

    BalasHapus
  34. Great blog & info here, please visit back, thanks

    BalasHapus
  35. kunjungan kesini lagi sob siapa tau ada postingan terbarunya :) numpang ramei ramein ya :)

    BalasHapus
  36. bagi saya, Enigma itu sumber inspirasi utk koleksi2 Crop Circle di blog saya.

    BalasHapus
  37. masih belum nongol dia??
    apa nunggu tahun depan?? mau buka misteri 2012??

    BalasHapus
  38. Penggemar blog enigma juga ya gan?

    Saya sendiri udah hampir 2 tahun baca blog enigma. Tapi baru tadi saya ngasih komen dan saya lihat moderasi komentar juga masih jalan. Artinya, siapapun itu blog enigma masih ada yang ngurusi, soalnya hampir setiap hari ada komentar baru yang muncul.

    Tapi gak tahu juga lah sob.

    BalasHapus
  39. btw ane menyelenggarakan kontest kecil kecilan nih sob siapa tau sobat mau ikutan :) hadiahnya sih lumayan dari pada gak dapet :)

    BalasHapus
  40. wahhhhhhh,,, ane gak kenal endigma kang, hadoh hadohhh.. kbanyakan ngoprek jd gak ngarti dunia mistery

    BalasHapus
  41. pemilik blognya persis dengan tema blog yang dipunyaninya : misteri :D

    BalasHapus
  42. ingat sob kentes dikit lagi jangan lupa :)

    BalasHapus
  43. Ih serem juga ya,, baru tau ane enigma ini.

    Btw kalo berkenan berkunjung ke web ane juga ya.

    Pabrik Tas

    BalasHapus
  44. itulah misteri yang belum terpecahkan... follow http://www.grafis71.com/

    BalasHapus
  45. datang dan menyimak saja sob, cos baru newbie .. infonya keren abis

    BalasHapus
  46. Semoga Broer Enigma baik-baik saja.
    kalimat "If I see in the darkness, it's because there is light....And it is the light which guides me now...." kayaknya memang sudah ada dari awal.
    Viral Marketing? Broer Enigma sepertiya tidak menyukai hal yang berbau viral marketing, "Tidak Ber-etika" katanya. (Jd ingat pengungkapan kasus SONY) Ini buktikan dengan tidak adanya iklan di Blog Enigma sekarang ini.
    Awal 2010, seingat Linus ada bbrp iklan di sana, bahkan ada AdSense di sudut kanan bawah.
    Bagaimanapun, bagi Linus, Enigma adalah orang baik. Sama seperti kalian yang ada di Blog Penghuni 60 ini. :)

    BalasHapus
  47. http://www.kaskus.us/showthread.php?p=569683568#post569683568

    cek itu bang.

    BalasHapus
  48. ada bilang bloknya terblokir .. tpi siapa yg menapprove semua komen terakhir ?

    BalasHapus
  49. Saya juga penggemar enigma, dan saya juga salah satu dari sekian banyak pembaca setia enigma yang kehilangan. :'(

    BalasHapus
  50. Di Post ke 600 Bang E ngepost tp kenapa cuma bilang " Sundul gan :D " 6 Desember Jam 2:22 PM
    Kalau moe bukti tingal buka FB q aja

    "profile.php?id=100003177118074"

    BalasHapus
  51. @Alfane: sebenarnya sih, Bang Enigma itu gak punya akun FB, seperti yg ia ucapkan sendiri di komentar blognya mbah Ware(baca tulisan diatas yg berwarna hijau). hanya saja para penggemarnya sendiri yg membentuk sebuah kumpulan di FB. jd sebenarnya itu bkn update post dari Bang Enigma.

    BalasHapus
  52. Kesedihan ane sangat-sangat susah dilukiskan. Saking asyiknya ngikutin blog itu, ane sampe udah lupa kapan awal ngikutin blog Bang E. Dan memang benar bahwa blog beliau, walo mgkn sangat kecil bidang bahasannya, sudah menjadi Priority Interest dalam ber-internet ria buat ane.
    Kahilangan seseorang yg sangat kritis dan pencerita yg hebat benar-benar terasa berat.

    Just as you know, Bang E.
    Anda sudah menjadi salah satu orang yg paling aku kagumi di jagat internet walau tak sekalipun aku pernah melihatmu. Your hardworks will forever be remembered, Bang E. (T^T)

    Junglemount

    maaf, numpang curhat :D

    BalasHapus
  53. Beliau mungkin exist di blog yg lain tanpa qt sadar.......
    coba amati mungkin ada kemiripan dgn gaya yg lain.......
    Wallahualam........

    BalasHapus
  54. luh juga misterius profile aja anak anak
    wkwkwkwk

    BalasHapus
  55. Ada yang mengaku kepada saya bahwa ia adalah adiknya. Jujur saya masih ragu, Untuk jelasnya baca di blog saya gloomyred.blogspot.com

    BalasHapus
  56. biarlah waktu yg akan menjawabnya #huadah

    BalasHapus
  57. Ini Poppy walaupun tnpa izin mas Fent pke profil ini aku coba jawab. aku sndiri uda lupa nulisnya salah atw gimana, tp wktu itu memang mlm jum'at bln puasa(klo bnr mungkin tgl 11). trs yg kganjilan kdua emang gag bs dbuka sejak bln Oktober

    BalasHapus
  58. jadi orang yg misterius mmng mengasyikkan...hehehe

    semoga bangE cepat kembali dan menyapa para pengs-pengs nya...

    BalasHapus
  59. Hihihihi makasih mas infonya...
    Aku udah baca post yang satu lagi juga.
    Aku pernah post cerita pendek di blogku, ada yang komen katanya kok mirip cerita enigma, yang katanya meninggal trus muncullah adik perempuannya. Trus si yang komen bilang, kalau mau jelas baca aja di blognya penghuni60.

    Eh kok ya tadi malam aku cari referensi-referensi eh di mana mana gak nemu, (yang bahasa indonesia), malah nemunya di blog enigma. Blognya keren banget!

    BalasHapus
  60. mungkin tugas bang E sudah selesai
    ingat... tujuan beliau menciptakan blognya :)

    BalasHapus
  61. Bung Enigma Telah kembali gan... nie kalimat pembuka posting terbarunya: Dear Readers.. It's good to be back (walaupun dalam situasi yang berbeda).

    atau cek disini:
    http://xfile-enigma.blogspot.com/2013/04/its-good-to-be-back.html

    Visit me back: http://dpc-faster.blogspot.com

    BalasHapus
  62. saya sudah kenal dari dulu sob.. bener identitasnya tidak di kenalkan..http://valentinofebrian.blogspot.com

    BalasHapus
  63. Enigma udah update lagi gan .......

    :)

    BalasHapus
  64. @Bayu Armstrong: iya sob, udah tau, makanya infonya udh aku update disini:
    http://penghuni60.blogspot.com/2012/02/titik-terang-misteri-hilangnya-enigma.html

    BalasHapus
  65. Gak perlu dibesar2kanlah.. Jelas2 genre blognya mistery kan? Jadi admin nya sendiri membuat imegnya juga terlihat misteri dan menutup2i idnya.. Itu juga pernah saya lihat di blog luar, saya lupa namanya. Penulis misteri juga dan adminnya sampai sekarang tidak diketahui identitasnya. Tapi overall saya juga sangat suka jika berkunjung ke blognyanya enigma. Karna beda dengan blog2 lainnya yang asal copas dan asal jadi saja. Dan selalu mengangkat fenomena2 yang tidak umum.

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.