Google Doodle Untuk Rachel Louise Carson


Selasa, 27 Mei 2014
Labels: ,
Advertisement
Rachel Carson in doodle

Selalu saja ada tampilan yang beda saat kita membuka halaman Google di hari-hari istimewa. Seperti hari ini Selasa (27/5), google doodle mempersembahkan penghormatan khusus buat Rachel Louise Carson. Perusahaan raksasa mesin pencari di internet itu merubah tampilan layarnya dengan sosok wanita yang berdiri di bibir pantai dengan animasi.

Di air, disajikan hewan-hewan laut seperti anjing laut, penyu, dan ikan. Sementara di udara, ada burung dan kupu-kupu.

Animasi ini tentu mengarahkan kita kepada sosok Carson yang lahir pada 27 Mei 1907. Dia adalah wanita yang merupakan ahli biologi kelautan Amerika Serikat dan aktivis lingkungan hidup.

Rachel Carson

Dengan karyanya, Silent Spring dan tulisan ilmiah lainnya, Rachel merubah paradigma soal lingkungan. Buku ini membukakan mata terhadap pentingnya penyelamatan lingkungan hidup. The Sea Around Us juga menjadi buku yang paling banyak dipuji sehingga memperoleh penghargaan dari US National Book Award.

Buku Silent Spring yang diterbitkan tahun 1962 menentang penggunaan pestisida sintetis. Carson meyakini penggunaan bahan kimia akan membawa masalah terhadap lingkungan.

Rachel Carson

Meskipun mendapat perlawanan dari perusahaan yang memproduksi bahan kimia untuk pertanian, namun pemikiran Carson dalam bukunya mampu mempengaruhi kebijakan pemerintah Amerika Serikat soal penggunaan bahan kimia. AS akhirnya melarang penggunaan DDT (Dichloro-Diphenyl-Trichloroethane) dan pestisida lainnya.

Carson juga menjadi inspirator terhadap gerakan lingkungan akar rumput yang mengarah pada penciptaan Perlindungan Lingkungan AS kala itu. Atas jasanya, wanita yang meninggal 14 April 1964 itu menyandang anumerta dengan anugerah Presidential Medal of Freedom oleh Jimmy Carter.

Wow, salut untuk Carson d(^_^)b



Signp60



Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

13 comments:

  1. Mengenang jasa apa yang dilakukan oleh google tersebut.

    Sungguh luar biasa.

    Bisa jadi kalau kita punya jasa pada dunia pada bakalan seperti itu.

    Semoga kita terus termotivasi untuk memberi yang terbaik. ^.^

    BalasHapus
  2. salah satu orang yang patut dicontoh karena kepeduliannya terhadap lingkungan :)

    BalasHapus
  3. wwaww hebat bangeet mba' carson inih! salutt

    BalasHapus
  4. dari doodle ini aku jadi tahu tokoh2 dunia

    BalasHapus
  5. @Andre Kocak: siplah ^_^)b

    @Muhammad Adam: udah jelas itu mas Ustadz.. :)

    @Kang Ucup: bnr sob, kita memang hrs bs menjaga lingkungan, apalagi mengingat keadaan bumi skrg ini yg semakin parah saja.

    @Maryam: iya mbak.. saluut, makanya diberi penghargaan oleh Google

    @Lidya: wah, betul bgt itu mbak, aku aja terkadang baru tau setelah di tunjukin ama google

    BalasHapus
  6. memang mereka pantas untuk mendapatkan penghargaan ini.. jasa2 mereka begitu luar biasa

    BalasHapus
  7. melihat jasa terhadap lingkungan yang sangat luar biasa, sangat pantas jika google melirik Rachel untuk mendapat penghormatan seperti itu yia bos...

    BalasHapus
  8. Memang terkadang opini publik itu sulit untuk dibantah, harus diikuti fakta yang meyakinkan walaupun sebenarnya orang-orang ga mau menerima kenyataan itu. Tapi kemudian Rachel Carson bias memberikan bukti nyata dan sekarang masyarakat banyak yang lebih peduli sama lingkungan. Bener-bener keren..

    BalasHapus
  9. waduh, saya hari selasa tidak sempat menyaksikan Rachel Louise Carson, tapi berkat postingan ini saya jadi tahu tentang Rachel Louise Carson ahli biologi kelautan Amerika Serikat dan aktivis lingkungan hidup

    BalasHapus
  10. Google Doodle sangat bermanfaat, karena sering menampilkan tokoh2 yg sangat fenomenal :)
    met sore kang

    BalasHapus
  11. yah, sangat mulia dan idealis

    BalasHapus
  12. Perghargaan yang bagus untuk mengenang perjuangan yang sangat mulia...

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.