Penghuni 60


Basmalah














Selasa, 12 Maret 2019

Mengapa Ayam Berkokok Di Pagi Hari?

Advertisement
Penghuni 60 | Mengapa Ayam Berkokok Di Pagi Hari?

Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa segudang perilaku hewan pada umumnya didorong oleh jam internal dalam tubuhnya yang mengenali waktu. Misalkan pada malam hari, beberapa hewan menyelupkan diri mereka di rawa atau kubangan air, bahkan ikan-ikan di dalam gua menggunakan jam sirkadian untuk memberitahu waktu.

Baca Juga:

Mengapa Ayam Berkokok Di Pagi Hari?

"Suara ayam berkokok merupakan simbol atau pertanda bahwa waktu fajar telah tiba. Banyak orang di berbagai Negara percaya itu, namun penelitian ini belum cukup jelas membuktikan bahwa ayam jantan sesungguhnya memang berkokok karena memiliki kepekaan waktu dalam tubuhnya atau hanya respon untuk menstimulasi rangsangan eksternalnya" kata Takashi Yoshimura dari Nagoya University.

Karena rangsangan sepanjang hari, seperti menyalanya lampu mobil, akan memicu ayam jantan untuk berkokok setiap saat. Hal ini juga diduga menjadi alasan mengapa ayam jantan terus berkokok karena adanya cahaya yang mengarah pada ayam jantan.

Untuk mengetahuinya, Yoshimura dan rekan-rekan melakukan penelitian dan menempatkan 40 ayam jantan dalam pengaturan dengan cahaya konstan, kemudian direkam ketika mereka berkokok.

Benar saja, nyatanya ayam berkokok tidak hanya saat fajar. Ayam jantan juga berkokok karena merespon cahaya dan sebagai cara berkomunikasi sesama ayam, tetapi perilaku berkokok mereka memang jauh lebih kuat saat fajar. Sebagai tindak lanjut, tim berharap untuk menentukan dasar-dasar genetik dari suara binatang lainnya.

Hmmm, jadi faktor tidak langsungnya adalah karena adanya cahaya.

*******
Signp60




loading...

Related Post


16 comments

BTCsurf Banner
BTCClicks.com Banner
Apabila sobat menyukai Artikel yang aku tulis, Hayuk atuh diklik disini maka sobat akan mendapat kiriman artikel update terbaru dariku gratis melalui email Penghuni 60 atau masukkan email sobat di bawah ini lalu klik Subscribe

feedsburner
Comment Page :

Aorlin mengatakan... 29 Maret 2019 15.27
hohohooo aku ingat, ini blog lawas yak, dulu ditahun 2010 atau 2011an gitu kita sudah sering bw-bw an, gilak masih eksis aja min, ;)
yup, betul bgt sob.. wah senangnya bs ketemu kawan blogger lawas.. aku hampir kehilangan byk tmn gara2 jarang BW... :D
Delete
Reply Delete
Malam juga suka berkokok gan hehehe
nah, mungkin pas ada cahaya lampu motor lwt kali mlm2 jd disangkain pagi.. hehe
Delete
Reply Delete
wah baru tahu ane gan ternyata gara-gara cahaya ayam jantan bisa berkokok ya, makasih banyak gan nambah ilmu buat ane :)
hehe, sama sob, ane jg baru tau tuh.. :D
Delete
Reply Delete
berkokok di pagi hari untuk membangunkan manusia
cuma yang jantan saja, betinanya tidak
betina ngurusin dapur aja deh... hihihi
Delete
Reply Delete
bekokok ayam :)
petok petok.. :D
Delete
Reply Delete
Blogger mastah :v btw,kalau blog lawas kayak gini jadi ingat Blog Bung Enigma dan Blog Hawkson :v
haha, sama saya juga kangen ama 2 blogger itu, apalagi sama bro E tuh inspirasi terlahirnya blog ini... entah ada dimna dia ya? Kalo Hawkson msh eksis ama buku2nya, eksisnya jg dimedsos.
Delete
Reply Delete

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik, kalo ada yang meninggalkan link atau iklan di kolom komentar, maka komentarnya akan saya hapus.
Gunakan Form Komentar Klasik untuk hasil komentar terbaik. Terima kasih.


Cancel Reply
 
BacktoTopRN