Konflik P60 dan Komunitas IAPD Terselesaikan


Kamis, 27 Agustus 2015
Labels:
Advertisement
Penghuni 60 | Konflik P60 dan Komunitas IAPD Terselesaikan

Di postinganku kemarin, aku telah memposting surat kritik untuk moderator komunitas IAPD. Bagi sobat Penghuni 60 yang sudah sempat membacanya pasti mengetahui inti cerita konflik tersebut. Namun bagi yang belum membacanya, tidak akan aku ulangi untuk menceritakannya lagi disini. Serta postingan kemarin pun sudah aku hapus sesuai permintaan moderator IAPD. Dan postingan kali ini adalah pemecahan permasalahan tersebut.

Kemarin sengaja aku membuat surat kritik untuk moderator IAPD karena menyangkut pencemaran nama baik Penghuni 60 khususnya di dalam komunitas dan bisa juga berdampak secara umum di dunia maya. Sehingga istilahnya mati-matian aku mempertahankan nama baikku dengan segala cara. Membuktikan bahwa aku bukanlah seorang 'penipu' seperti yang dituduhkan.

Konflik P60 dan Komunitas IAPD Terselesaikan

Baca Juga:


Lalu apa sih sebenarnya yang membuat konflik tersebut terjadi?

Konflik ini sebenarnya tidak perlu terjadi, ini hanya kesalahpahaman saja. Berawal dari sebuah screenshoot penghasilan adsenseku yang nampak berbeda dengan interface screenshoot yang lainnya. Perbedaan tersebut terletak pada tanda titik dan koma yang memisahkan satuan sen. Sehingga timbulah prasangka bahwa aku telah melakukan rekayasa screenshoot tersebut.

Kemarin, setelah melalui perbincangan langsung dengan moderator IAPD lewat hangout, akhirnya kita pun menemukan 2 cara untuk membuktikan bahwa aku bukanlah penipu yang melakukan rekayasa screenshoot. Cara itu adalah:

  • 1. Memberikan username dan password akun adsenseku ke moderator lalu mengijinkan moderator mengintip langsung ke dalam akunku. Setelah itu aku rubah lagi passwordnya.
  • 2. Merekam dengan video dimulai dari login ke akun hingga masuk ke dalam akun

Untuk poin pertama, jelas sekali aku masih ragu untuk menyetujuinya. Ini bukan berarti aku tidak mempercayaimu mas Juan. Tapi hal ini mengingatkan pada nasehat yang sering aku berikan kepada teman-temanku yang meminta bantuan karena kehilangan akun gmail mereka oleh ulah para hacker. Aku selalu memberi nasehat bahwa "jangan pernah mempercayai siapapun dengan memberikan password akun milikmu meskipun orang tersebut adalah temanmu atau bahkan saudaramu. Karena password akunmu ibaratkan nyawa akunmu." Mengingat hal itulah maka aku menolak poin pertama.

Untuk poin kedua, sebenarnya sudah aku pikirkan sebelumnya, untuk merekam video proses login akun lalu mengirimnya ke moderator melalui email. Maka poin kedua lah jalan satu-satunya yang harus aku lakukan. Berbekal dengan kamera hape yang pas-pasan, aku rekam dari awal hingga akhir lalu mengirimnya ke moderator IAPD.

Dan, Alhamdulillah, video tersebut berhasil menjadi pemecah konflik diantara kita. Dan mas Juan Feju selaku moderator komunitas IAPD sudah menepati janjinya untuk meminta maaf dan mengembalikan nama baik Penghuni 60 di dalam forum. Berikut permintaan maafnya aku copas dari forum:
[Pengumuman] Permintaan Maaf Secara Terbuka Moderator dan Pembersihan Nama Baik dan Kredibilitas +Penghuni Enam Puluh

Beberapa waktu yang lalu di forum ini terjadi konflik yang berkaitan dengan sebuah screenshot earnings yang dishare oleh salah satu member, yaitu Penghuni Enam Puluh.

Saya sebagai moderator meragukan keasliannya. Sebab pada screenshotnya terdapat inkosistensi penggunaan pemisah angka titik dan koma di dalam preferensi bahasa yang digunakan.

Secara detil tidak lagi saya jelaskan disini.

Atas dasar fakta yang ada dan respon dari Penghuni Enam Puluh, sebagai moderator yang bertugas untuk melindungi member dan menjaga situasi forum ini saya mengatakan Penghuni Enam Puluh adalah penipu dan membannednya dari forum IAPD.

Singkatnya setelah situasi lebih dingin, saya dan Penghuni Enam Puluh berbicara kembali di Google hangout, dan saya mengajukkan usul untuk membuktikan kejujurannya.

Saya meminta ia video capture interfacenya.

Penghuni Enam Puluh setuju dan memvideokannya dari laman login hingga masuk ke interface AdSense. Hasilnya meskipun interfacenya bahasa Inggris, tampilan ASLInya memang demikian. Lain sendiri dan pemisah ribuan dan desimal tidak konsisten . Tapi memang demikian adanya.

Dari video tersebut saya menyatakan keanehan atau inkonsistensi pemisah koma dan titik pada screenshot interface Penghuni Enam Puluh bukan rekayasa.
Terkait dengan angka fantastis yang diperolehnya dalam 1 hari, itu bukan masalah di dalam konflik ini.

Sesuai janji saya kepada Penghuni Enam Puluh, karena dia telah membuktikan keaslian screenshotnya,

Saya sebagai moderator IAPD meminta maaf secara terbuka kepada Penghuni Enam Puluh di forum ini.

Digarisbawahi, saya tidak meminta maaf atas keputusan yang saya ambil. Karena sudah berdasarkan fakta dan alasan pada waktu itu.

Namun, saya meminta maaf yang sebesar-besarnya atas dampak dari keputusan yang saya ambil, yang berakibat negatif pada nama baik dan kredibilitasnya.

Oleh karena itu saya menyatakan kepada owner, moderator dan seluruh member IAPD, Penghuni Enam Puluh bukan penipu dan telah menampilkan screenshot yang sebenarnya tanpa rekayasa. Semua yang disampaikan dan dikatakannya di forum ini adalah benar adanya. Dan Penghuni Enam Puluh sudah tidak lagi di banned.

Juan Feju
Moderator IAPD

Terima kasih untuk mas Juan yang sudah memberikan waktunya untuk mendengarkan penjelasan dariku. Tentang permintaan maafnya sudah aku maafkan sebelum terucap. Dan akhirnya konflik ini sudah terselesaikan dengan baik.

Hanya satu saja yang masih menjadi misteri dan belum terjawabkan yaitu:
“Kenapa interface akun adsense milikku berbeda sendiri dengan milik yang lain?”
Mungkin yang bisa menjawab hanyalah tim Google Adsense.

CASE CLOSED

*******
Author P60


Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

27 comments:

  1. Syukurlah kalo sudah terselesaikan secara baik2, kita ambil hikmahnya saja. semoga komunitasnya tmbh maju dgn pengalaman baru ini. nanti saya intip komunitasnya ^_^

    jd mulai nulis lg ya mas Wawan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sudah selesai kok Fit...
      Nulis? harus itu... itu udah kewajiban bagi seorang blogger. Jangan pernah berhenti menulis. mksh ya sebelumnya

      Hapus
  2. sduah clear ya mas.. klo kepala dingin selalu ada solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, untung aja kepala td langsung dimasukin kulkas jd cpt dingin, hehe.. :D

      Hapus
  3. Alhamdulillah deh, saya juga ikut senang, kalau begitu, semoga jadi pembelajaran. Kalau biasanya orang ahli butuh bukti kuat dalam argumentasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mas Adam, semua sudah terselesaikan dgn baik, memang bnr kadang segala sesuatu itu butuh bukti yg kuat.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. @Arys Setyawan:
    sori sob baca peraturannya ya, tdk boleh ada link...
    ^_^

    BalasHapus
  6. wah bagi bagi info earning ternyata bisa jadi masalah ya mas kalay saya mending adem ayem saja lah...yang tau saya sendiri

    BalasHapus
  7. Saya jarang berkunjung ke IAPD. jadi baru tau permasalahan yang terjadi, Syukurlah kalau semuanya sudah di selesaikan secara baik baik. Kalau kata saya sih bukannya ragu, Tapi orang tersebut IRI sama penghasilan Blog penghuni60...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan itu sob yg dipermasalahkan, tp interface akun adsenseku itu loh tampilannya berbeda dgn yg lain. terutama pd tanda titik dan koma pemisah sen.

      Hapus
  8. Buat pengalaman yg bergarha ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, betul sekali sob.. :)
      pengalaman bahwa jgn suka pamer, hehe... pdhl tujuan awal ane cm ingin berbagi doank..

      Hapus
  9. alhamdulillah kalau sudah selesai masalahnya mas.. tidak apa-apa mas, yang penting ada berkah di balik semua kejadian ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sob, selalu ada hikmah dan berkah, setidaknya nama ane jd terkenal di forum itu, hehehe.... :D
      nambah temen lg jadinya

      Hapus
  10. Permisi mas penghuni 60. Izin komentar...saya penasaran dengan gambar screenshot yang katanya penghasilan fantastis itu. Karena gak sempat liat kmren. Harus banyak blajar lg ni biar bisa seperti itu.
    Sukur2 klo mas penghuni 60 mau berbagi ilmunya. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah mas Dhani ini terlalu berlebihan memujinya, itu blm seberapa mas dibanding dgn master yg lainnya, terutama punya mbak Indri tuh.. screenshootnya udh dihapus ya? kalo soal tips silahkan dibaca2 saja di kategori Google Adsense, disitu sudah aku posting semua pengalamanku bermain adsense beserta tips2nya. Menunya ada disidebar kiri atas ya mas.. ^_^ trima ksh sudah berkunjung

      Hapus
  11. Allhamdulillah kalau sudah terselesaikan semoga kedepannya damai2 aja ya

    BalasHapus
  12. syukurlah sudah selesai kesalahpahamannya mas
    semoga besok-besok tidak tjd lagi

    BalasHapus
  13. semoga ini bisa dijadikan penbelajara buat yang lainnya juga ya mas.

    BalasHapus
  14. Wah ini pasti gara gara earning yang gede ni, hahaha
    saya ngak baca pulak, gemana cerita lengkapnya, tapi alurnya masih bisa di pahami disini, mantap gan, kredibelitas kita memang harus dipertahankan

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.