Surat Kritik Untuk Admin VIVALog


Rabu, 14 Januari 2015
Labels: ,
Advertisement
Penghuni 60 | Surat Kritik Untuk Admin VIVALog

Sebelumnya, saya minta maaf jika ada yang salah dalam tulisan saya. Postingan ini adalah surat kritik dan saran dari saya sebagai anggota VIVALog, yang selalu aktif mengirimkan postingan blog saya ke VIVAlog.

Bagi sobat Penghuni 60 yang belum mengenal VIVALog, mungkin akan bertanya, apa itu VIVALog? Vlog atau VIVAlog adalah platform untuk berbagi, mempromosikan, dan meningkatkan traffic blog-blog terbaik dan paling menarik di Indonesia. Jadi jika Anda ingin menaikkan traffic pengunjung blog Anda maka tidak ada salahnya Anda bergabung menjadi anggota VIVAlog.

Surat Kritik Untuk Admin VIVALog

Vlog sudah terkenal dimana pun, sehingga anggotanya sudah mencapai banyak sekali. Dari sekian banyak blogger yang tertampung menjadi anggota VIVAlog, merupakan blogger yang terpilih, terbaik, dan menarik di Indonesia, tentu saja informasi yang disajikan oleh para blogger pun bukan sembarang informasi, melainkan yang terbaik dan menarik.

Tampilan homepage VIVAlog juga saat ini muncul dengan performa yang baru, yang menurut saya lebih memudahkan para pembaca yang mengaksesnya melalui ponsel. Karena tampilan terbaru ini sangat mendukung sekali untuk hal itu. Sayangnya, ada satu tampilan yang sangat saya tidak sukai. Tampilan ini memang baru berubah kemarin (atau baru saya sadari kemarin).

Apa itu?

Yaitu tampilan frame saat kita mengklik link “baca selengkapnya.”

Kenapa saya tidak suka?

Saat kita mengklik link “baca selengkapnya”, kita akan dibawa ke jendela baru yang berbentuk frame. Saya ingat tampilan frame ini seperti frame yang dipakai oleh situs-situs PTC, dimana dibagian header itu akan tetap menampilkan header situs VIVAlog sendiri (header ini akan mengikuti meskipun halaman di roll), sedangkan blog anggota akan tampil dalam bingkai frame dengan satu navigasi untuk roll ke atas dan ke bawah yang ada disamping kanannya. Link yang dipakai pun berubah, bukan backlink asli yang mengarah langsung ke blog anggota. Melainkan masih dalam link VIVAlog sendiri yang mungkin dihasilkan dari script yang dipakai. Sebelumnya VIVAlog tidak seperti ini, saya lebih suka tampilan yang lama. Justru dengan tampilan seperti ini, menurut saya akan merugikan blog dari para anggotanya, terutama bagi mereka yang menjadi publisher Google Adsense.

Surat Kritik Untuk Admin VIVALog

Surat Kritik Untuk Admin VIVALog

Mengapa saya bilang demikian?

Ini alasan yang berkaitan dengan Google Adsense:

  • 1) Di dalam kebijakan Google Adsense, pernah saya baca, bahwa iklan google Adsense itu tidak boleh dimunculkan dalam bingkai frame bentuk apapun. Apalagi muncul atas nama situs lain. Nah, jika VIVAlog memunculkan blog anggotanya dalam bingkai frame, sementara URL situsnya masih memakai URL VIVAlog, dan blog anggota tersebut menampilkan iklan google Adsense, maka ini berarti blog anggota tersebut telah melanggar kebijakan. Lalu hukumannya apa jika melanggar? Siap-siap aja untuk terkena banned.
Surat Kritik Untuk Admin VIVALog
Kebijakan google adsense tentang frame - klik utk memperbesar
  • 2) Karena link yang dipakai adalah link VIVAlog, otomatis bagi Anda yang menjadi publisher google adsense harus memasukkan situs VIVAlog ke dalam daftar situs milik Anda, itu jika Anda tidak ingin penghasilan adsense yang didapat dari URL VIVAlog hilang begitu saja. Nah, secara logika, jika semua anggota mengklaim situs VIVAlog adalah milik mereka dalam setingan authorisasi Google Adsense, apa hal itu tidak menimbulkan pertanyaan? Masa sih satu situs tapi memiliki pemilik yang berbeda-beda. Dari situ pun bisa menimbulkan kecurigaan pada tim google adsense. Alhasil, Anda jangan mengklaim situs VIVAlog sebagai milik Anda, tapi resikonya adalah pendapatan Anda akan berkurang.

Nah, itu alasan mengapa saya tidak menyukai tampilan terbaru frame ini. Ini juga berlaku bagi yang menjadi publisher adsense lainnya, seperti misalnya adsense chitika. Chitika juga memiliki kebijakan yang hampir sama dengan google adsense. Jujur saja, awalnya saya mengetahui hal ini karena tiba-tiba saja situs VIVAlog itu muncul ke dalam daftar situs yang belum diklaim di akun chitika milik saya. Padahal saya yakin sekali, kalo saya tidak pernah memasang iklan chitika di VIVAlog. Dari situlah akhirnya saya menemukan tampilan frame tersebut.

Chitika

Kesimpulannya, ada beberapa kerugian yang akan diterima oleh blog anggota VIVAlog setelah adanya tampilan frame terbaru ini.

Kerugiannya adalah:

  • 1) Tidak memperoleh backlink yang baik, karena link yang dipakai tetap memakai URL VIVAlog sendiri, sehingga dengan begitu akan menurunkan kualitas SEO blog anggotanya secara perlahan-lahan dimata search engine yang sebelumnya memperoleh backlink bagus dari VIVAlog.
  • 2) Bagi blog anggota yang menjadi publisher google adsense, siap-siap saja terkena banned.
  • 3) Kehilangan pendapatan google adsense, terkecuali mengauthorisasi VIVAlog sebagai situs milik Anda dan Anda menyisipkan beberapa link aktif dalam postingan Anda yang menggunakan kode target_blank untuk membantu blog Anda keluar dari dalam frame secepat mungkin. Itu pun jika pengunjung yang berasal dari VIVAlog mengklik link tersebut.
  • 4) VIVAlog seolah-olah menjadi pemilik blog kita. Karena tampilan blog kita saat muncul dalam frame itu tidak begitu baik menurut saya.

Seperti itu kira-kira kerugian yang akan didapat oleh anggota VIVAlog jika tampilan frame ini masih digunakan. Saya lebih cenderung menyukai VIVAlog memasang backlink asli blog anggotanya pada link “baca selengkapnya”. Itu justru lebih baik.

Semoga apa yang saya tulis diatas, bisa menjadi bahan untuk dikaji lebih dalam lagi oleh admin VIVAlog. Dan saya, mewakili anggota yang lainnya memohon agar setingan link pada “baca selengkapnya” dikembalikan seperti sebelumnya. Serta menghapus tampilan frame tersebut.

Sekian kritik dan saran dari saya, kebenaran dari hasil pemikiran saya diatas, memang memerlukan waktu untuk membuktikannya, namun daripada hal-hal negatif terjadi di waktu mendatang, lebih baik kita mencegahnya dari sekarang. Bukankah akan lebih baik jika kerjasama yang terjalin antara VIVAlog dengan blog anggotanya itu dapat saling menguntungkan?

Sekian dan terima kasih... mohon dipertimbangkan.

Salam blogging..........

Note:
  • Postingan ini akan dihapus, jika ada permintaan dari admin VIVAlog untuk menghapusnya.
  • Untuk Anda yang membaca postingan ini dan juga termasuk anggota VIVAlog, mohon pendapatnya di kotak komentar, apakah setuju dengan saya atau tidak.

UPDATE (14-01-15 17:00 WIB):

Alhamdulillah, ternyata surat kritik dan saranku ini diterima dengan baik oleh admin VIVAlog, barusan aku langsung mendapatkan email balasannya, ini screenshootnya:

email balasan

Setelah aku cek memang tampilannya sudah berubah kembali.

Terima kasih VIVAlog, semoga hubungan kerja sama dengan para anggotanya akan saling menguntungkan satu sama lain, dan VIVAlog tetap jaya di dunia maya..

Salam VIVA !!!

UPDATE (16-01-15 16:00 WIB):

Ternyata setingan VIVAlog berubah kembali menggunakan FRAME... Setelah saya mengajukan pertanyaan kembali, mereka bilang sudah konsultasi dengan pihak google adsense dan katanya aman bagi kedua belah pihak. Tapi saya masih belum puas.

UPDATE (18-01-15 09:00 WIB):

Kemarin saya mengajukan pertanyaan lagi, seputar tampilan frame yang nantinya akan membuat pengunjung terjebak selamanya dalam frame. Terkecuali mereka menemukan script target_blank baru mereka bisa keluar. Dan jika mereka tidak bisa keluar alias terjebak, otomatis akan merugikan kita yang menjadi publisher google adsense. Mengapa? Logikanya sederhana: iklan google adsense kita muncul di URL VIVA, jika ada yang mengklik maka pendapatannya akan hilang, kecuali kita klaim situs VIVA sebagai situs milik kita.

Akhirnya, saya dengan pihak VIVA sepakat untuk memberikan jalan keluar dari dalam frame yaitu dengan memasang tombol "TUTUP FRAME".

Untuk itu bagi Anda yang kebetulan berkunjung ke blog saya dari URL VIVA, jika ingin keluar dari frame carilah tombol close yang bertuliskan "TUTUP FRAME". (lihat gambar bawah)

tombol tutup frame

Semoga ini jalan keluar yang terbaik.

--------------
CASE CLOSED

*******

Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

48 comments:

  1. Yah.. Di satu sisi, Viva log jugak punya kebijakan sendiri, Bang.. Rada susah ya.. :(

    BalasHapus
  2. Hello Sobat Penghuni 60,

    Gimana kabarnya?
    Boku juga merupakan member dari Viva Log, tapi sudah lama Boku gak update baik di Blog Boku maupun di Viva Log.

    Tapi hebat, sobat bisa jeli akan hal itu.., salut dech..

    Keep posting & Happy Blogging..

    Boku no Blog

    BalasHapus
  3. @Beby: iya sih, tp gak musti gitu amat kali, masa ya merubah tampilan blog kita

    @Boku no Blog: Alhamdulillah kabar baik sob.. ah jgn memuji sob, justru aku lg butuh pendapat nih bukan pujian..

    BalasHapus
  4. saya mlh baru daftar mas wawan, trs postingan pertama saya gak dipublish, susah jg.
    tp kalo membahayakan google adsense saya, mendingan gak diterusin deh..

    ya semoga saja VIVAlog mendengar keluhan mas wawan. Saya dukung mas..

    BalasHapus
  5. @Fitriyana: trima kasih Fit.. ^_^ hrs sabar jika ingin dipublish, jgn cpt nyerah. trs bikin yg menarik artikelnya

    BalasHapus
  6. susah payah akhirnya kebuka juga surat kritik untuk admin vivalog ini.
    bentar ya kang tak baca secara lengkap dulu kritikkannya

    BalasHapus
  7. @Cilembu thea: waduh, susah ya kang ngebuka blog ku ini? perasaan, aku disini gampang bgt jeh... silahkan atuh kang dibaca dulu

    BalasHapus
  8. Smg vlognya baca n dipertimbangkan deh surat ini..sy bkn anggotanya sih hehe

    BalasHapus
  9. jadi ngerti nih Bang, tapi belum bisa kasih komen

    BalasHapus
  10. Semoga saja para admin dan akhli IT dari Vivalog dapat segera merubah hal ini segera, Sangat membahayakan sekali bila memang ini benar-benar terjadi.

    BalasHapus
  11. @Ajeng Sari Rahayu: iya mbak Ajeng, sudah berhasil kok mbak..

    @Ketty Husnia: lho?? knp?

    @Indra Kusuma Sejati: Alhamdulillah bang Indra, sudah langsung ditindaklanjuti oleh VIVA, skrg sudah berubah lg. ^_^

    BalasHapus
  12. submit ke direktori dan tempat lainnya sudah tidak begitu dianjurkan lagi oelh master-master saat ini, hal itu karena dampaknya tidak terlalu berpengaruh pada blog kita, malahan blog mereka yang lebih terkenal dari pada blog kita, kalau menurut saya cara mengatasinya adalah dengan blogwalking dan share ke forum-forum saja dengan mencantumkan tautan berupa link :D

    BalasHapus
  13. Ide bagus mas, semoga jadi bahan pertimbangan buat adminnya, sehingga enggak merugikan pihak blogger ya?

    BalasHapus
  14. wah baru tau saya, untuk aja gak daftar kemarin

    BalasHapus
  15. gue gak pernah make vlog, Gan ... so, nyimak dulu. :)

    BalasHapus
  16. wah masukkannya akhirnya didengar juga ya.., sepertinya memang merugikan jika tdk dirubah, sesua kebijakan GA

    BalasHapus
  17. semoga vivalog akan menindak lanjuti kritik dari mas wawan nih

    BalasHapus
  18. Semoga segera di tanggapi oleh pihak vivalog ya

    BalasHapus
  19. saya gak mendaftar di VivaLog.
    jadi gak ngerti masalahnya.

    BalasHapus
  20. semoga dibaca ama vlog amiien, mau juga donk gabung disini...divlog...

    BalasHapus
  21. Waw keren mas surat keritikannya, saya juga kemarin daftar ke vivalog, tapi belum sempet posting atau submit artikel karena melihat tampilan yang sekarang... ngeri takut Google Adsense saya kena banned ... Terus saya urungkan aja pas mau submit..

    BalasHapus
  22. Wah maksudnya berbingkai itu gimana ya mas? saya kurang mengerti penjelasan hubungannya dengan TOS Google adsense

    BalasHapus
  23. @Ibrahim M.Pd.I: itu tdk berlaku utk VIVAlog sob, ada pengecualian tersendiri utk VIVAlog, dan aku lbh menyukai VIVAlog ketimbang yg lain. penasaran? coba aja sendiri

    @M. Adam Husein: seperti itulah kira2 sob..

    @Admin Rungan: skrg udh bnr kok, daftar aja

    @Uda Awak: sama2 mas Uda, hrs ada yg berani mengingatkan daripada kerugian kita yg tanggung

    @Eksak: kalo celana pake kan sob? :D

    @Wong crewchild: yup, bnr bgt mas, rugi bingitlah kata ABG skrg :)

    @Yanto: sudah mas yanto

    @Topiknug: sudah

    @Lidya: sudah kok mbak, mbak Lidya gak dibaca ya artikelnya? kan udh aku tulis di UPDATE bawah

    @JIM: daftar donk... :) biar gak ketinggalan info2 menarik

    @Dwiex: sudah mbak, sudah dirubah kembali kok, boleh daftar aja..

    @Mang Yono: tp skrg udh normal lg kok mang, submit aja mang..

    @Rachmat Tubagus: yg dimaksud bingkai itu jadi menmpatkan blog kita dalam sebuah frame. contohnya bs dilihat di atas postingan ini sob, disitu kan ada banner VIVAlog. Itu sebenarnya bukan sebuah gambar ataupun banner, melainkan situs asli VIVAlog yang dimunculkan melalui bingkai frame. Makanya jika blog yg memiliki frame byk, itu loadingnya lambat, karena hrs meloading kedua situs sekaligus. kira2 paham blm ya?

    BalasHapus
  24. wah ternyata vivalog begitu ya, saya baru tau maklum newbie :)

    BalasHapus
  25. ko bisa begitu ya mas, saya kayaknya blm pernah join ke sana.

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah Syukur deh keluhan telah di terima dan di perbaiki hal yang cenderung merugikan salah sayunya hinga jadi hubungan saling menguntungkan kembali antara Vilog dengan angotanya. Untuk bisa tergabung dalam member VIVAlog adalah bloger terbaik ya, kalau bloger ndeso kayak saya bisa di terima kagak ya?

    BalasHapus
  27. @Sucipto Kuncoro: iya nih sob, pdhl kemarin udh berubah kok kembali lg pake frame

    @Ajay: bingung deh kalo blm join sih

    @Mus Djono: kemarin sih didengar keluhannya, tp hari ini kok berubah lg, capek deh...
    kalo msh seperti itu mungkin aku cabut deh jd anggota VIVA. udh mas gak usah daftar lg... percuma, blog kita akn terkurung dlm tampilan frame VIVA.

    BalasHapus
  28. kali ini saya baca hingga tuntas surat kritik untuk admin vivalog.
    awal ngeblog seingat saya viva dan produk lainnya adalah yang pertama saya nglink kesana kang, malah ada beberapa artikel saya yang tayang, cuman setelah script bannernya ngga valid HTML5 saya lepas dan ngga pernah maen lagi ke semua produk viva, jika kritikan diatas itu bener adanya, (mereka tentu para ahli blog) tapi kenapa sedemikian rupa mengakali kita-kita ini ya, mungkinkah khilaf, bisa jadi juga..kesempurnaan kan hanya milik Allah..betul kan.
    selamat berkarya terus, sehat dan ceria selalu yea.

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  30. wah teliti bener agan dalam hal politik. hehe bisa seperti itu karena mengerti bener pastinya tentang seo. saya sudah lama enggak posting di viva untuk blog suhendri tips. ternyata sudah banyak perubahan ya. menurut saya tetep saja sob. karena pengunjung enggak akan mengerti tentang hal itu. penghasilan kalau tombol tsb enggak dipencet ya tetep saja pendapatan masuk dompet viva hehe

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  32. iframe ternyata menimbulkan banyak masalah ya, untunglah akhirnya sudah ada solusinya...
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
  33. Semoga vlognya bisa lebih mempertimbangkan lagi mas ... Salam sukses ...

    BalasHapus
  34. saya sudah tidak memasang vivalog lagi di blog saya mas, frame nya itu bisa merugikan GA saya dan SEO saya.

    BalasHapus
  35. Halo, Mas Wawan :D Rasanya, gara2 postingan ini, saya jadi tahu nama pemilik blog ini :v

    Saya dulu kayaknya pernah daftar di vivalog ginian, tapi cuma daftar2 aja deh -__-" Ini mainan iklan klik gitu kah, mas? Saya baru2 ini tertarik untuk iklan klik, tapi belum terlalu paham juga -___-"

    BalasHapus
  36. kemarin sih sempat juga mau gabung di vivalog, tapi kalau udah begini saya nunggu berita bagusnya aja deh gan dari vivalog...ok makasih infonya...

    BalasHapus
  37. Wahh baru tahu saya gan, terimakasih sudah membagikan secara termasuk dalam anggota vlog yang biasanya mengirimkan informasi tentang info wisata

    BalasHapus
  38. Saya member VIVA LOG juga. Saya sudah curiga ada yang nggak beres pada teknik publish artikelnya karena yang mucul hanyalah link tuan rumah Berharap dapat backlink bagus dari VIVALOG rupanya masih di awan awan

    BalasHapus
  39. banyak"kritik itu bagus tapi jangan yang menjatuhkan ya kasian

    BalasHapus
  40. Alhamdulillah ya, ada jalan keluar. Kritik dan saran memang lebih baik di ajukan langsung kepada yg brsangkutan. Supaya masalah jelas, sejelasnya..

    BalasHapus
  41. alhamdulillah dapat ilmu baru lagi

    BalasHapus
  42. aku masih gak ngerti dengan vivalog itu gan? sepatu murah

    BalasHapus
  43. jadi intinya aman gak mas buat adsense ???

    BalasHapus
  44. @Hud Soetisna: kalo membaca surat dari googlenya sih katanya aman. cuma kita rugi aja mas sebab pendapatan yg berasal dari URL VIVA itu gak masuk ke kita.

    BalasHapus
  45. Gara2 ada baca selengkapnya juga, kita jadi harus buka banyak tab. Dan itu nggak ngenakin bgt :-(

    BalasHapus
  46. Gan, boleh minta email adminnya gak? Soalnya user saya tidak bisa masuk vivalog skrng. Thanks

    Klo boleh mohon di email ke hasibuan271@gmail.com

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.