Air Garam Untuk Menghalau Flu


Kamis, 02 Mei 2013
Labels:
Advertisement
Baru-baru ini, aku baru saja sembuh dari penyakit flu batuk yang lumayan cukup bandel. Tidak cuma itu saja, melainkan diiringi dengan gejala-gejala flu seperti pilek, hidung tersumbat, serta badan meriang. Jujur saja, penyakit yang tergolong ringan tapi bikin aku risih dan merasa tersiksa yaitu batuk dan flu Kalian semua juga pasti sudah pernah mengalaminya kan? Tentunya juga sudah merasakan gimana risih dan menyiksanya terkena kedua penyakit itu.


Nah, biasanya kedua penyakit ini diawali dengan adanya tanda-tanda tenggorokan gatal dan sesak napas. Jika sobat Penghuni 60 mengalaminya, alangkah baiknya jangan terburu-buru meminum obat. Ternyata, ada cara sembuh lebih cepat yang telah terbukti secara klinis, yaitu dengan berkumur air garam. The American Journal of Preventive Medicine (2005) membuktikan, penurunan risiko flu sebesar 40% pada mereka yang rajin berkumur dengan air garam.


Ternyata, air garam memang sudah terbukti bisa meluruhkan dahak atau lendir, mengatasi peradangan tenggorokan yang mana saat menelan terasa sakit, juga bisa membunuh kuman dan bakteri serta menghilangkan penyebab alergi lainnya yang ada di tenggorokan. Sebagaimana hal ini pun sudah ditulis oleh dr. Philip T. Hagen dari Mayo Clinic dalam bukunya yang berjudul Home Remedies.


Untuk itu, garam sudah benar-benar teruji khasiatnya.




Lalu Bagaimana Caranya?

Ikutilah petunjuknya berikut ini:
  • Yang paling baik yang kita lakukan adalah dengan cara melarutkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas air putih yang penuh. 
  • Setelah dilarutkan, gunakan larutan air garam tersebut untuk berkumur
  • Berkumurlah hingga ke bagian pangkal tenggorokan dalam waktu beberapa detik saja
  • Buang air kumuran itu, jangan ditelan.
Larutan garam juga bisa dipakai untuk pereda batuk, berikut ini petunjuknya:
  • Lakukan hal yang sama seperti cara di atas
  • Campurkan dengan perasan lemon dan madu
  • Lain dengan yang tadi, larutan yang ini boleh ditelan


Itulah tips singkat yang sederhana, namun memiliki khasiat yang luar biasa.
Semoga berguna.... ^_^



Signp60



Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

104 comments:

  1. Makasih banget tipsnya, gan...baru tahu ane kalu air garam bisa jadi obat flu.

    BalasHapus
  2. wah, nambah lagi pengetahuanku tentang obat, maksih sob...
    aku save dulu

    BalasHapus
  3. itu garam daun yang didapur ya bukan garam yang kotak hoho. baru tau ni
    penghuni60 selalu share yang unik.. jadi nambah pengetahuan :)..
    cara tradisional jrg dipake ya.. kebanyakn langsung ke apotek atau skrg ditoko sembako juga jual obat ringan buat flu :) .

    BalasHapus
  4. baru tau kang , bisa buat jaga" nih

    BalasHapus
  5. saya baru tau kalau air garam bisa menyembuhkan flu. tips nya sederhana tapi mujarab nih. mksh ya mas

    BalasHapus
  6. Terimakasih atas informasinya ,sangat bermanfaat sekali dan semoga menjadi amal baik bagi anda dan orang lain
    Sukses selalu



    BalasHapus
  7. sederhana sob, dan saya baru tahu tentang ini, trims infonya

    BalasHapus
  8. tips yang pas nih untuksaya yg sedang batuk. gatel bgt tenggorokan ini hikz

    BalasHapus
  9. weww.. tipsnya bermanfaat bangett... tengkyu tengkyuuu...

    BalasHapus
  10. kalo aku dulu suka pake jeruk nipis sama kecap buat meredakan batuk. cara tradisiona; tapi ampuh Sob, heheh

    BalasHapus
  11. kalau saya meurut pengalaman
    saya biasa makan yang pedas kalau pilek...
    jadi terasa lega....

    BalasHapus
  12. jdi pengen nyoba komen back y

    BalasHapus
  13. Murah &gampang di dapat kan tapi sangat bermanfaat ,trimakasih sob

    BalasHapus
  14. kebetulan serumahan lg pd flu...terengkiyu tips nya eaaaa :)

    BalasHapus
  15. wah keren saya baru tau nih sob..
    sebelumnya yg saya tau air garam untuk menghilangkan rasa sakit gigi, ternyata juga bisa buat fli..ntar tak cobain deh...maksi tipsnya :D

    BalasHapus
  16. kebetulan saya sekarang lagi nggreges kena flu. Berarti ini cuman dikumur-kumur ya Kang, soale kalo diminum saya pasti merasa mual jika kebanyakan garam. Mungkin ini berfungsi sebagai antiseptik

    BalasHapus
  17. wah...jadi gak perlu ketergantungan obat warung nih...thanks ya tipsnya...

    BalasHapus
  18. yang deket dengan laut enak sob, tinggal cari gelas aja gak usah ngaduk2 :D

    BalasHapus
  19. Wah patut dicoba nih pak, tipsnya :)

    BalasHapus
  20. Wah informasi yang bermanfaat dengan bahan sederhana didapur bisa mengobati penyakit flu dan batuk, murah meriah hehe....

    BalasHapus
  21. wah, ane belum pernah nyoba neh, kapan2 ya kalau dilanda flu, ane coba teknik ini, thanks :D

    BalasHapus
  22. bisa mas pake garam ??

    BalasHapus
  23. selain lebih alami dan mudah di cari di sekitar kita...ternyata garam berkhasiat juga ya mas di buat sebagai obat...

    perlu juga sesekali utk di coba nih...trims mas
    #sala sehat selalu :)

    BalasHapus
  24. baru tau aq nih.., trnyata ada cr yg lbh murah dan tentux lbh alami, 100% gk ada bahan kimia.., thx infox sob *smile

    BalasHapus
  25. garam memang banyak manfaatnya ya
    suara serak karena batuk atau flu bisa segera sembuh dengan kumur air garam ...

    BalasHapus
  26. garam memang banyak manfaatnya kok
    seperti kalo kaki pegel kebanyakan jalan juga suka aku rendam pake air garam

    BalasHapus
  27. terima kasih infonya sobat, ini akan kita coba nantinya
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  28. Baru tahu nih sobat, terimakasih telah berbagi infonya. Salam,

    BalasHapus
  29. garam juga sangat bagus untuk gondok dan diare

    BalasHapus
  30. baru tau saya...
    bahwa garam bisa untuk menghalau flu :D

    BalasHapus
  31. sampai segitunya ya ternyata kasiat air garam..
    tapi klo ada perempuan masak kasinan katanya pingin kawin, betul sih ,,? hehe

    BalasHapus
  32. ilmu baru yang mudah untuk dipraktekkin dirumah, anak2 sering terkena flu(mudah2an ngga lagi)..dansaya lebih suka pengobatannya pake obat tradisional.
    ijin disimpen artikelnya kang.
    salam sehat dan ceria selalu yak

    BalasHapus
  33. kok baru pertama kali denger ya? hehehe boleh dicoba nih. mksh

    BalasHapus
  34. jurus ampuh nih, izin bookmark pals, buat jaga-jaga...

    BalasHapus
  35. mantap nih artikel nya, sangat berguna, kalo saya flu sering banyak minum air putih saja. Salam.

    BalasHapus
  36. Nah suatu saat tipsnya bleh d'cba kalau musim flu ntar :) makasih yah

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  38. makasih sob, tipsnya sederhana tp mujarab

    BalasHapus
  39. kebetulan sekali, saya lagi batuk dan flu.

    BalasHapus
  40. Sederhana ya .. :)
    Oya mas, bisa minta tolong gak, saya boleh minta script "Arsip" itu mas? Kayaknya bagus tuh karena gak panjang tampilnya.

    Kalau berkenan, mohon die-mailkan di mugniarmarakarma [at] gmail [dot] com.

    Terimakasih mas :)

    BalasHapus
  41. beberapa kali sempat pengen nyobain minum air garam plus madu n jeruk nipis.. tapi rasanya anehh >_<
    jadinya cuma minum teh manis, tambahin jeruk nipis dan madu.. nah lebih enak dan lumayan lah utk flu.. hihii

    BalasHapus
  42. wahhh, ditempat les B.inggris saya juga lagi belajar ini. kalo disana ditambahin Lemon, terus digargle/gargling. kepala keatas tahan dikerongkongan terus gargle/aduk make krongkongannya...

    BalasHapus
  43. mantap,,, cobain dulu ah.. thank's ya infonya...

    BalasHapus
  44. kalau KY biasanya minum air asam jawa, bisa juga meredakan batuk

    BalasHapus



  45. Kunjungan malam sobat...
    Jangan lupa kunjungan Baliknya ya...

    BalasHapus
  46. Kunjungan Perdana sobat..
    jangan lupa kunjungi blog saya juga ya

    BalasHapus
  47. Thank for your tips..
    I will try it

    BalasHapus
  48. .. benar kah itu?!? pengen nyoba ach kalo pas aq pas flu. cz nich aja udah bersin^ mulu dr kemaren. huhh ..

    BalasHapus
  49. Coba pas saya flu waktu itu tipsnya udah keluar ya, hoho. Tapi sudahlah... memang sudah waktunya flu, waktunya istirahat. Kalau garam saya pakainya buat kumur-kumur waktu dulu saya suka sakit gigi ^^

    BalasHapus
  50. Selama ini air larytan garam sy pake wktu sakit gigi kambuh gan. Sy baru tahu klo ternyata bisa juga utk cegah flu... tengkyu telah berbagi info sehat...

    BalasHapus
  51. wah ternyata garam banyak manfaatnya ya ,, baru tau saya, terima kasih atas informasinya.

    BalasHapus
  52. ternyata bisa juga pakai cara ginian ya ^_^

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  54. tips singkat tapi sarat manfaat mas, boleh dicoba nie, pilek di tengah kesibukan cukup menjengkelkan, terima kasih tips nya mas

    BalasHapus
  55. Nah aku tuh sering banget batuk2... jadi aku bisa cobain tips di atas. Terimakasih banyak yaaa... :)

    BalasHapus
  56. terimakasih mas informasinya :)

    BalasHapus
  57. hahaiii, saya juga nih ikutan mraktekin nanti sebentar lagi ahh, kayaknya tenggorokan saya kering nih..

    BalasHapus
  58. ternyata obat itu sebenarnya tersedia banyak dan mudah didapat ya Mas

    BalasHapus
  59. dulu almarhumah ibu saya selalu menganjurkan agar setelah menyikat gigi, kita berkumur dengan air garam, karena garam itu manfaatnya sangat baik untuk kesehatan..dan ternyata benar :-)

    BalasHapus
  60. boleh di coba alternatifnya..
    thanks gan infonya..

    BalasHapus
  61. Kunjungan siang sobat. Salam silaturahmi.

    BalasHapus
  62. idich,, ternyata obat flu ada di dapur ya bukan di apotek,, hehe baru tau saya sob,,

    BalasHapus
  63. @All my Best Friend:
    trima kasih semuanya, atas apresiasi dan komen2nya, mf kalo aku gak bs reply...

    BalasHapus
  64. ok gan tips nya simple mudah di gunakan

    BalasHapus
  65. keren nih, bisa nambah2 pengetahuanku tentang obat!. terimakasih :) . Jangan lupa berkunjung ke http://wahyu-juniyanto.blogspot.com/

    BalasHapus
  66. Makasih ya mas sudah mau repot2 meng-email saya padahal jawabannya simple (bisa ditulis di komen blog saya padahal :)). Rupanya simpel saja ya hehehe. Terimakasih yaa ...

    BalasHapus
  67. @Nurmayanti: bkn May, itu air garam...

    @Shalahuddin: semoga bermanfaat ya

    @Wahyu: sama2 sob, trima ksh jg udh mampir, InsyaAllah aku pasti berkunjung :)

    @Mugniar: ah, gak repot kok, biasa aja.. aku mlh seneng bs membantu kamu. :) skrg udh bisa kan? emang simple caranya... mksh jg ya udh masukin aku ke dlm lingkaran G+ nya..

    BalasHapus
  68. hmm, sederhana bgt ya ternyata, gak musti nyari ke apotek lg..
    mksh sob..

    BalasHapus
  69. Nice info nih gan,ternya bisa juga yah pakai air garam,ok dech akan saya bagikan kepada kawan lainya soal obat jitu ini,,,,

    BalasHapus
  70. blog mas penghuni ini memang sangat berilmu deh

    BalasHapus
  71. @Apache: sama2 sob

    @Sains Box: hehe.. :)

    @Dhani: iya donk

    @Dede: iya sob, coba aja sob, siapa tau cocok

    @zachflazz: haha, bisa aja mas zach nih, tp blog mas zach itu lbh rame dari blogku..

    BalasHapus
  72. thanks infonya gan,http://renunganharian4all.blogspot.com/2013/04/keadilan.html

    BalasHapus
  73. @pendidikan: sama2

    @priyono: sama2 sob.. mksh udh mampir

    BalasHapus
  74. boleh juga nih dicoba... soalnya kalau sring begadang besoknya flu....

    BalasHapus
  75. Kalau untuk meredakan batuk, takaran lemon dan madunya berapa ketika dicampur air garam?

    Kebetulan, sudah seminggu flu + batuk tidak kunjung reda...

    BalasHapus
  76. @Nayla: lemonnya 1 buah diperas ambil airnya, madunya satu atau dua sendok makan, diaduk bareng

    BalasHapus
  77. wah, ternyata garam punya manfaat lain juga ya selain untuk menyedapkan makanan..
    Hebat-hebat!!

    BalasHapus
  78. Waaah, infonya manfaat nih. Mamaku batuk2 mulu

    BalasHapus
  79. @lavixtastar: hehe, iya sob, byk manfaatnya

    @Mila: makasih :)

    @Chacha: nah kebetulan, dicoba aja tuh, siapa tau manjur

    BalasHapus
  80. salam kenal, blogger baru nih, msh tahap belajar, tipsnya mantep ijin saya ambil ya
    :) makasih

    BalasHapus
  81. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  82. wah, ternyata bisa ya?

    mampir di blog ane gan
    Lowongan kerja terbaru -> http://idloker.com
    Pediakita - > http://pediakita.com

    BalasHapus
  83. ternyata bisa ya untuk obat flu

    BalasHapus
  84. @Yayah: sama2, salam knl jg

    @Hun Han: sori, jgn ada link

    @FNU: bisa donk.. oke tungguin aja, pasti aku mampir

    @Yono: iya sob, bisa tuh, asalkan yg rutin

    BalasHapus
  85. info yang bagus,,, design blognya sedikit mistis,,, tapi kerenn sip

    BalasHapus
  86. @ibu hamil: hehe, makasih bu..

    BalasHapus
  87. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  88. ternyata bisa ya untuk obat flu
    http://copypaste-all.blogspot.com/

    BalasHapus
  89. @Bhima: sori, gak blh ninggalin link disini ya

    @Roeey: iya sob, coba aja

    BalasHapus
  90. wah infonya bagus gan..kebetulan saat ini aku sedang flu berat..mao coba gan..trimakasih

    BalasHapus
  91. bagus tipsnya gan, klo gak salah tips ini saya nonton di salah satu acara di trantv " DR.OZ INDONESIA" klo gak salah kayaknya edisi tgl 14/9/13 deh...di situ si dokter(Dr.Rian) memberikan resep sesuai dengan tips di atas. Thanks udah berbagi :)

    http://anaktimor-17.blogspot.com

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.